PENERAPAN METODE DEMONSTRASI DALAM PEMBELAJARAN MENGGAMBAR ILUSTRASI FLORA PADA SISWA KELAS VII

SEBUAH STUDI DI SMP PGRI OTAM

Authors

  • Sitti Wahdini Mokodompit Universitas negeri Manado
  • Ruly Rantung Universitas Negeri Manado
  • Arie Tulus Universitas Negeri Manado

DOI:

https://doi.org/10.53682/kompetensi.v5i2.10835

Keywords:

Metode Pembelajaran, Metode Demonstrasi, Ilustrasi Flora

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan metode demonstrasi dalam pembelajaran menggambar ilustrasi flora pada siswa kelas VII SMP PGRI Otam, Kabupaten Bolaang Mongondow. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Lokasi penelitian bertempat di SMP PGRI Otam, Kabupaten Bolaang Mongondow, dengan pelaksanaan penelitian selama tiga bulan, yaitu dari 22 Juli hingga 23 September 2024. Data dalam penelitian ini diperoleh melalui observasi langsung terhadap proses pembelajaran di kelas VII serta melalui wawancara dengan guru, siswa, dan kepala sekolah. Selain itu, dokumen dan foto-foto pendukung digunakan sebagai bahan analisis tambahan. Analisis data dilakukan secara deskriptif melalui tahap reduksi data, penyajian data, serta penarikan kesimpulan berdasarkan hasil observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode demonstrasi memberikan dampak positif dalam pembelajaran menggambar ilustrasi flora. Metode ini memudahkan siswa dalam memahami tahapan penggunaan bahan dan alat secara sistematis, serta meningkatkan keterampilan mereka dalam menggambar. Selain itu, penerapan metode demonstrasi memungkinkan guru untuk merencanakan, menetapkan urutan kegiatan, serta memperkirakan waktu yang diperlukan dalam proses pembelajaran, sehingga siswa dapat meniru dan mempraktikkan teknik menggambar dengan lebih efektif. Dengan demikian, metode demonstrasi terbukti sebagai strategi pembelajaran yang dapat meningkatkan pemahaman dan keterampilan siswa dalam menggambar ilustrasi flora.

References

Akbar. (2012). Kemampuan mengarsir dalam menggambar bentuk pada mahasiswa angkatan 2011 Program Studi Pendidikan Seni Rupa Fakultas Seni dan Desain Universitas Negeri Makassar (Skripsi). Universitas Negeri Makassar.

Anggalio, S. (2007). Belajar mengarsir gambar dengan pensil. Agromedia Pustaka.

Apiyani, A. (2022). Implementasi pengembangan keprofesian berkelanjutan (PKB) guru madrasah dalam meningkatkan keprofesian. JIIP-Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 5(2), 499–504.

Apriyatno, V. (2004). Cara mudah menggambar dengan pensil. Kawan Pustaka.

Arifudin, O. (2020). Psikologi pendidikan (Tinjauan teori dan praktis). Widina Bhakti Persada.

Arikunto, S. (2008). Dasar-dasar evaluasi pendidikan (Edisi revisi). Bumi Aksara.

Arikunto, S. (2013). Prosedur penelitian: Suatu pendekatan praktik (Cetakan ke-5). Rineka Cipta.

Azzahrah, F., Hartono, & Triyanto. (2017). Revitalisasi tari Sigeh Penguten melalui pendidikan seni budaya di SMP Negeri Tanjung Raya, Kabupaten Mesuji. Catharsis: Journal of Arts Education, 6(1), 38–41.

Barokah, L. (2013). Meningkatkan kreativitas menggambar anak taman kanak-kanak melalui metode drill (Skripsi). Universitas Pendidikan Indonesia.

Benny, A. P. (2010). Model desain sistem pembelajaran. Dian Rakyat.

Bogdan, R. C., & Biklen, S. K. (1990). Reset kualitatif untuk pendidikan: Pengantar ke teori dan metode. Depdiknas.

Chabibah, N. (2020). Penerapan metode demonstrasi untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran IPA tentang struktur dan fungsi bagian tumbuhan. Jurnal Tahsinia, 1(2), 199–208.

Mudjiono. (2006). Belajar dan pembelajaran. PT. Bumi Aksara.

Rantung, R. (2012). Buku ajar menggambar ilustrasi. LP2AI Universitas Negeri Manado.

Riduwan. (2011). Dasar-dasar statistika. Alfabeta.

Shomin, A. (2014). Model pembelajaran inovatif dalam kurikulum 2013. Ar-Ruzz Media.

Sugiyono. (2011). Metode penelitian pendidikan. Alfabeta.

Ulfah, U. (2019). Peran konselor dalam mengembangkan potensi peserta didik. Jurnal Tahsinia, 1(1), 92–100.

Ulfah, U. (2020). Implementasi bimbingan dan konseling di sekolah dalam kurikulum 2013. Jurnal Tahsinia, 1(2), 138–146.

Wadiyo, W., & Utomo, U. (2018). Pengembangan materi ajar seni budaya sub materi musik pada sekolah umum jenjang pendidikan dasar. Resital: Jurnal Seni Pertunjukan, 17(2), 87–97. https://doi.org/10.24821/resital.v17i2.2221

Wena, M. (2011). Strategi pembelajaran inovatif kontemporer: Suatu tinjauan konseptual operasional. Bumi Aksara.

Downloads

Published

2025-02-13

How to Cite

Mokodompit, S. W., Rantung, R., & Tulus, A. (2025). PENERAPAN METODE DEMONSTRASI DALAM PEMBELAJARAN MENGGAMBAR ILUSTRASI FLORA PADA SISWA KELAS VII: SEBUAH STUDI DI SMP PGRI OTAM. KOMPETENSI, 5(2), 946-954. https://doi.org/10.53682/kompetensi.v5i2.10835