PENERAPAN METODE DEMONSTRASI DALAM PEMBELAJARAN MENGGAMBAR ILUSTRASI FLORA PADA SISWA KELAS VII
SEBUAH STUDI DI SMP PGRI OTAM
DOI:
https://doi.org/10.53682/kompetensi.v5i2.10835Keywords:
Metode Pembelajaran, Metode Demonstrasi, Ilustrasi FloraAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan metode demonstrasi dalam pembelajaran menggambar ilustrasi flora pada siswa kelas VII SMP PGRI Otam Kabupaten Bolaang Mongondow Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif Lokasi penelitian bertempat di SMP PGRI Otam Kabupaten Bolaang Mongondow dengan pelaksanaan penelitian selama tiga bulan yaitu dari 22 Juli hingga 23 September 2024 Data dalam penelitian ini diperoleh melalui observasi langsung terhadap proses pembelajaran di kelas VII serta melalui wawancara dengan guru siswa dan kepala sekolah Selain itu dokumen dan foto foto pendukung digunakan sebagai bahan analisis tambahan Analisis data dilakukan secara deskriptif melalui tahap reduksi data penyajian data serta penarikan kesimpulan berdasarkan hasil observasi wawancara dan dokumentasi Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode demonstrasi memberikan dampak positif dalam pembelajaran menggambar ilustrasi flora Metode ini memudahkan siswa dalam memahami tahapan penggunaan bahan dan alat secara sistematis serta meningkatkan keterampilan mereka dalam menggambar Selain itu penerapan metode demonstrasi memungkinkan guru untuk merencanakan menetapkan urutan kegiatan serta memperkirakan waktu yang diperlukan dalam proses pembelajaran sehingga siswa dapat meniru dan mempraktikkan teknik menggambar dengan lebih efektif Dengan demikian metode demonstrasi terbukti sebagai strategi pembelajaran yang dapat meningkatkan pemahaman dan keterampilan siswa dalam menggambar ilustrasi flora < p>
References
Akbar 2012 Kemampuan mengarsir dalam menggambar bentuk pada mahasiswa angkatan 2011 Program Studi Pendidikan Seni Rupa Fakultas Seni dan Desain Universitas Negeri Makassar Skripsi Universitas Negeri Makassar
Anggalio S 2007 Belajar mengarsir gambar dengan pensil Agromedia Pustaka
Apiyani A 2022 Implementasi pengembangan keprofesian berkelanjutan PKB guru madrasah dalam meningkatkan keprofesian JIIP Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan 5 2 499 504
Apriyatno V 2004 Cara mudah menggambar dengan pensil Kawan Pustaka
Arifudin O 2020 Psikologi pendidikan Tinjauan teori dan praktis Widina Bhakti Persada
Arikunto S 2008 Dasar dasar evaluasi pendidikan Edisi revisi Bumi Aksara
Arikunto S 2013 Prosedur penelitian: Suatu pendekatan praktik Cetakan ke 5 Rineka Cipta
Azzahrah F Hartono Triyanto 2017 Revitalisasi tari Sigeh Penguten melalui pendidikan seni budaya di SMP Negeri Tanjung Raya Kabupaten Mesuji Catharsis: Journal of Arts Education 6 1 38 41
Barokah L 2013 Meningkatkan kreativitas menggambar anak taman kanak kanak melalui metode drill Skripsi Universitas Pendidikan Indonesia
Benny A P 2010 Model desain sistem pembelajaran Dian Rakyat
Bogdan R C Biklen S K 1990 Reset kualitatif untuk pendidikan: Pengantar ke teori dan metode Depdiknas
Chabibah N 2020 Penerapan metode demonstrasi untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran IPA tentang struktur dan fungsi bagian tumbuhan Jurnal Tahsinia 1 2 199 208
Mudjiono 2006 Belajar dan pembelajaran PT Bumi Aksara
Rantung R 2012 Buku ajar menggambar ilustrasi LP2AI Universitas Negeri Manado
Riduwan 2011 Dasar dasar statistika Alfabeta
Shomin A 2014 Model pembelajaran inovatif dalam kurikulum 2013 Ar Ruzz Media
Sugiyono 2011 Metode penelitian pendidikan Alfabeta
Ulfah U 2019 Peran konselor dalam mengembangkan potensi peserta didik Jurnal Tahsinia 1 1 92 100
Ulfah U 2020 Implementasi bimbingan dan konseling di sekolah dalam kurikulum 2013 Jurnal Tahsinia 1 2 138 146
Wadiyo W Utomo U 2018 Pengembangan materi ajar seni budaya sub materi musik pada sekolah umum jenjang pendidikan dasar Resital: Jurnal Seni Pertunjukan 17 2 87 97 https: doi org 10 24821 resital v17i2 2221
Wena M 2011 Strategi pembelajaran inovatif kontemporer: Suatu tinjauan konseptual operasional Bumi Aksara