PAMERAN KARYA LUKIS SEBAGAI MEDIA BELAJAR DAN BEREKSPRESI SISWA DI ART GALLERY SMP NEGERI 11 MANADO
DOI:
https://doi.org/10.53682/kompetensi.v4i12.10854Abstract
Fenomena yang sering terjadi menunjukkan bahwa siswa cenderung belajar dari hal-hal yang ada di sekitarnya, terutama dalam lingkungan sekolah. Menyikapi hal tersebut, pameran lukisan di Art Gallery SMP Negeri 11 Manado diindikasikan dapat menjadi media pembelajaran baru bagi siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui manfaat yang dapat diperoleh siswa dari karya seni yang dipamerkan serta untuk memahami bentuk ekspresi siswa yang dapat disalurkan melalui Art Gallery. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara, dan dokumentasi. Peneliti menganalisis data secara langsung melalui pengamatan yang kemudian dikonfirmasi dengan informasi dari narasumber. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media pembelajaran berupa lukisan dapat memberikan pemahaman mendalam tentang seni rupa dua dimensi, termasuk subjek, unsur, dan aliran seni lukis. Selain itu, keberadaan Art Gallery di sekolah memungkinkan sebagian siswa untuk menyalurkan ekspresi mereka melalui karya seni seperti gambar. Berdasarkan hasil tersebut, keberadaan Art Gallery diharapkan dapat melahirkan karya-karya seni baru yang berpotensi menjadi media pembelajaran di ruang pameran sekolah.
References
Aryani, K. (2022). Upaya meningkatkan motivasi belajar seni rupa melalui kegiatan pameran karya seni siswa kelas VII.B SMP Negeri 12 Mataram. Tsaqofah, 2(3), 435–445.
Fahma, D. I., & lainnya. (2023). Penerapan project-based learning dengan metode praktikum untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa. Jurnal Pendidikan dan Penerapan Sains.
Iskander, E., & lainnya. (2021). Art pedagogy as a means for development of educational motivation of students – future teachers.
Karsono, D. (2016). Pengertian dasar dan manfaat pameran. Bisnis Pameran, 2(17).
Karsono, D. (2016). Perencanaan pameran. Bisnis Pameran, 8(95–98).
Khasanah, I., Prasetyo, S. A., & Mushafanah, Q. (2023). Education art festival: Proyek akhir mata kuliah seni rupa mahasiswa FIP UPGRIS (penciptaan karya dan penyajian pameran seni rupa). Dalam Seminar Nasional Hasil Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (Vol. 4, pp. 234–243).
Maghfiroh, A., & Kurniawati, D. Y. (2024). Kajian estetika seni lukis tema bunga karya Agus Sis. VisArt: Jurnal Seni Rupa dan Design, 2(1), 167–177. https://doi.org/10.61930/visart.v2i1.679
Mardi, M. (2021). Pameran seni siswa di era modern sebagai upaya menggali potensi kreasi bangsa.
Md Noor, R., & Khairani, M. Z. (2019). Tinjauan terhadap pendekatan apresiasi dan kritikan seni dalam memahami karya seni rupa.
Rudi, S., Akib, H., & Daraba, D. (2018). Utilization of learning media in motivating student learning. Proceedings of ICSS 18, 1100–1103. https://doi.org/10.2991/ICSS18.2018.232
Rupa, J. S. (2022). Analisis penerapan metode demonstrasi oleh Budi Hariyanto pada pembelajaran seni rupa di SMA Negeri 1 Pademawu.
Setya, R. W. (2019). Estetika dan pendidikan seni. Bandung: Penerbit Seni.
Simanungkalit, J. R. A. (2020). Penerapan model pembelajaran contextual teaching and learning (CTL) untuk meningkatkan rasa percaya diri dan hasil belajar seni budaya pada materi pembelajaran pameran kelas IX-3 SMP Negeri 7 Medan tahun ajaran 2016/2017.
Smith, J. (2020). Art education: Theory and practice. New York: Academic Press.
Thompson, R. (2019). Creative learning in art education. London: Routledge.
Tyana, A. C., & Despriliani, R. (2023). Media pembelajaran interaktif sebagai upaya pemanfaatan limbah kain dan pakaian dalam lokakarya daring kolase fesyen. Qualia: Jurnal Ilmiah Edukasi Seni Rupa dan Budaya Visual.
Wahyuningsih, T. (2020). Pembelajaran berkarya seni lukis dengan pendekatan emosi menggunakan berbagai media bagi siswa kelas 6 SLB Negeri Mandiraja.
Wardah, A. B., & lainnya. (2021). Peran kreativitas dalam memediasi hubungan rasa ingin tahu dengan motivasi akademik pada mahasiswa seni: The role of creativity in mediating the relationship between curiosity and academic motivation in art students. Jurnal Seni, 12(81–91).
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 KOMPETENSI
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.