PAMERAN KARYA LUKIS SEBAGAI MEDIA BELAJAR DAN BEREKSPRESI SISWA DI ART GALLERY SMP NEGERI 11 MANADO
DOI:
https://doi.org/10.53682/kompetensi.v4i12.10854Abstract
Fenomena yang sering terjadi menunjukkan bahwa siswa cenderung belajar dari hal hal yang ada di sekitarnya terutama dalam lingkungan sekolah Menyikapi hal tersebut pameran lukisan di Art Gallery< em> SMP Negeri 11 Manado diindikasikan dapat menjadi media pembelajaran baru bagi siswa Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui manfaat yang dapat diperoleh siswa dari karya seni yang dipamerkan serta untuk memahami bentuk ekspresi siswa yang dapat disalurkan melalui Art Gallery< em> Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data berupa observasi wawancara dan dokumentasi Peneliti menganalisis data secara langsung melalui pengamatan yang kemudian dikonfirmasi dengan informasi dari narasumber Hasil penelitian menunjukkan bahwa media pembelajaran berupa lukisan dapat memberikan pemahaman mendalam tentang seni rupa dua dimensi termasuk subjek unsur dan aliran seni lukis Selain itu keberadaan Art Gallery< em> di sekolah memungkinkan sebagian siswa untuk menyalurkan ekspresi mereka melalui karya seni seperti gambar Berdasarkan hasil tersebut keberadaan Art Gallery< em> diharapkan dapat melahirkan karya karya seni baru yang berpotensi menjadi media pembelajaran di ruang pameran sekolah < p>
References
Aryani K 2022 Upaya meningkatkan motivasi belajar seni rupa melalui kegiatan pameran karya seni siswa kelas VII B SMP Negeri 12 Mataram Tsaqofah 2 3 435 445
Fahma D I lainnya 2023 Penerapan project based learning dengan metode praktikum untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa Jurnal Pendidikan dan Penerapan Sains
Iskander E lainnya 2021 Art pedagogy as a means for development of educational motivation of students future teachers
Karsono D 2016 Pengertian dasar dan manfaat pameran Bisnis Pameran 2 17
Karsono D 2016 Perencanaan pameran Bisnis Pameran 8 95 98
Khasanah I Prasetyo S A Mushafanah Q 2023 Education art festival: Proyek akhir mata kuliah seni rupa mahasiswa FIP UPGRIS penciptaan karya dan penyajian pameran seni rupa Dalam Seminar Nasional Hasil Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat Vol 4 pp 234 243
Maghfiroh A Kurniawati D Y 2024 Kajian estetika seni lukis tema bunga karya Agus Sis VisArt: Jurnal Seni Rupa dan Design 2 1 167 177 https: doi org 10 61930 visart v2i1 679
Mardi M 2021 Pameran seni siswa di era modern sebagai upaya menggali potensi kreasi bangsa
Md Noor R Khairani M Z 2019 Tinjauan terhadap pendekatan apresiasi dan kritikan seni dalam memahami karya seni rupa
Rudi S Akib H Daraba D 2018 Utilization of learning media in motivating student learning Proceedings of ICSS 18 1100 1103 https: doi org 10 2991 ICSS18 2018 232
Rupa J S 2022 Analisis penerapan metode demonstrasi oleh Budi Hariyanto pada pembelajaran seni rupa di SMA Negeri 1 Pademawu
Setya R W 2019 Estetika dan pendidikan seni Bandung: Penerbit Seni
Simanungkalit J R A 2020 Penerapan model pembelajaran contextual teaching and learning CTL untuk meningkatkan rasa percaya diri dan hasil belajar seni budaya pada materi pembelajaran pameran kelas IX 3 SMP Negeri 7 Medan tahun ajaran 2016 2017
Smith J 2020 Art education: Theory and practice New York: Academic Press
Thompson R 2019 Creative learning in art education London: Routledge
Tyana A C Despriliani R 2023 Media pembelajaran interaktif sebagai upaya pemanfaatan limbah kain dan pakaian dalam lokakarya daring kolase fesyen Qualia: Jurnal Ilmiah Edukasi Seni Rupa dan Budaya Visual
Wahyuningsih T 2020 Pembelajaran berkarya seni lukis dengan pendekatan emosi menggunakan berbagai media bagi siswa kelas 6 SLB Negeri Mandiraja
Wardah A B lainnya 2021 Peran kreativitas dalam memediasi hubungan rasa ingin tahu dengan motivasi akademik pada mahasiswa seni: The role of creativity in mediating the relationship between curiosity and academic motivation in art students Jurnal Seni 12 81 91