IMPLEMENTASI DISCOVERY LEARNING DALAM PEMBELAJARAN MENENTUKAN STRUKTUR TEKS LAPORAN HASIL OBSERVASI
SEBUAH STUDI DI SMK NEGERI 1 MANADO
DOI:
https://doi.org/10.53682/kompetensi.v5i1.10960Abstract
Penelitian ini mengkaji penerapan model Discovery Learning dalam pembelajaran struktur teks laporan hasil observasi untuk meningkatkan keterampilan siswa, memfasilitasi pembelajaran kontekstual, dan menyesuaikan dengan kebutuhan dunia nyata. Meskipun demikian, siswa kelas X.15 Perhotelan SMK Negeri 1 Manado masih menghadapi kesulitan dalam memahami teks. Oleh karena itu, diperlukan model pembelajaran yang menarik dan variatif untuk meningkatkan motivasi siswa. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan penerapan model Discovery Learning dalam pembelajaran struktur teks laporan hasil observasi di kelas X.15 Perhotelan SMK Negeri 1 Manado. Dengan menggunakan metode deskriptif analitik, data dikumpulkan melalui observasi, dokumentasi, dan tes. Penelitian dilaksanakan pada Maret-April 2024 dengan 16 siswa sebagai sampel. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model Discovery Learning efektif, dengan tingkat keberhasilan siswa mencapai 96% dan kategori Sangat Baik. Penelitian ini memberikan pemahaman tentang tantangan yang dihadapi siswa dalam memahami struktur teks laporan hasil observasi dan membantu merumuskan strategi pembelajaran yang tepat untuk meningkatkan keterampilan mereka.
References
Ade, A. T. (2016). Hubungan antara kebiasaan membaca dan penguasaan kosakata dengan kemampuan membaca pemahaman. Jurnal Ilmiah Perpustakaan Informasi, 2(1). https://doi.org/10.23887/ap.v2i1.10096
Arikunto, S. (2016). Prosedur penelitian: Suatu pendekatan praktik. Rineka Cipta.
Budiastuti, P. N., Rina, R., & Ekowati, A. (2023). Analisis langkah-langkah model pembelajaran Discovery Learning dalam rencana pelaksanaan pembelajaran teks cerita inspiratif kelas XI SMP di Kabupaten Bogor Utara. Triangulasi: Jurnal Pendidikan Kebahasaan, Kesastraan, dan Pembelajaran, 3(1), 39-45. https://doi.org/10.55215/triangulasi.v3i1.5129
Cahyaningsih, E., & Assidik, G. K. (2021). Penerapan model pembelajaran Discovery Learning untuk meningkatkan minat belajar pada materi teks berita. Buletin Pengembangan Perangkat Pembelajaran, 3(1), 1-7.
Efendi, I., Murhayati, S., & Zaitun. (2022). Model inovasi pengembangan kurikulum merdeka. At-Tajdid: Journal of Islamic Studies, 2(4), 196-203. https://ejournal.uin-suska.ac.id/index.php/At-tajdid/article/view/2004
Hernawati, L., Missriani, & Fitriani, Y. (2023). Penerapan model pembelajaran Discovery Learning untuk meningkatkan kemampuan mengidentifikasi teks laporan hasil observasi pada peserta didik kelas X SMAN 1 Muara Sugihan. Jurnal Ilmiah Dikdaya, 13(1), 264-270. https://doi.org/10.33087/dikdaya.v13i1.425264
Hosnan, M. (2020). Pendekatan saintifik dan kontekstual dalam pembelajaran abad 21. Ghalia Indonesia.
Himawan, R. (2020). Penerapan model pembelajaran Discovery Learning dalam pembelajaran teks puisi rakyat di SMP. Prosiding Samasta: Seminar Bahasa dan Sastra Indonesia. https://jurnal.umj.ac.id/index.php/SAMASTA/article/view/7227
Idawati. (2022). Pendekatan, metode, komunikasi serta cara mengajar dalam pendidikan. JEMARI, 4(1), 56-61.
Indriyani, I. (2015). Pembelajaran apresiasi cerpen melalui model Discovery Learning berbasis nilai-nilai karakter. Jurnal Ilmiah Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 1(1), 168-195. https://doi.org/10.22460/semantik.v4i2.p168-195
Khaidir, & Rahmawati. (2015). Motivasi belajar dan mengajar. Alfabeta.
Kemendikbud. (2021). Buku panduan guru cerdas cergas berbahasa dan bersastra Indonesia SMA/SMK kelas X. Kementerian Pendidikan Nasional.
Kemendikbud. (2013). Pendidikan tentang model pembelajaran penemuan (Discovery Learning). Kementerian Pendidikan Nasional.
Lumbu, L. D. E. (2020). Kemampuan menganalisis teks berita melalui model pembelajaran Discovery Learning siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Ratahan. Skripsi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Universitas Negeri Manado.
Linda, H., Hernawati, Missriani, & Yessi, F. (2023). Penerapan model pembelajaran Discovery Learning untuk meningkatkan kemampuan mengidentifikasi teks laporan hasil observasi pada peserta didik kelas X SMAN 1 Muara Sugihan. Jurnal Ilmiah Dikdaya, 15(1).
Muchlisin, R. (2014). Kajian pustaka, pengertian dan hakikat membaca. Universitas Muhammadiyah Purwokerto.
Makaluas, E. Y. (2022). Kemampuan mengidentifikasi struktur teks laporan hasil observasi dengan menggunakan strategi pembelajaran bermain jawaban siswa kelas XB SMA Negeri 3 Manado. Skripsi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Universitas Negeri Manado.
Nurhasanah, N. (2017). Peran bahasa sebagai mata pelajaran wajib di Indonesia. Eduscience Jurnal Ilmu Pendidikan, 1(1).
Nurhikma, A. (2018). Kemampuan menulis teks laporan hasil observasi siswa kelas X SMK Negeri 4 Makassar. Diploma thesis, Universitas Negeri Makassar.
Ningsih, A. (2023). Penggunaan leksikon bahasa Indonesia baku pada lembaga dalam pemartabatan bahasa Indonesia di ruang publik (studi perkumpulan ruang belajar Aqil). SAPALA: Kajian Linguistik dan Sastra, 10(2), 216-230.
Patundung, Y. (2017). Pengaruh model Discovery Learning terhadap peningkatan motivasi belajar IPA siswa. Journal of Educational Science and Technology, 3(1), 9-17.
Ratna, A. (2014). Penggunaan media kertas lipat untuk meningkatkan pemahaman konsep penjumlahan dan pengurangan bilangan pecahan. Universitas Pendidikan Indonesia.
Risdawati, M., K., & Hamansah. (2017). Pengaruh model pembelajaran concept attainment terhadap aktivitas dan hasil belajar biologi siswa kelas X IPA SMAN 11 Bulukumba. Jurnal Biotek, 5(2), 158-176. https://journal.uin-alauddin.ac.id/index.php/biotek/article/view/4286
Royani, I., Mirawati, B., & Jannah, H. (2018). Pengaruh model pembelajaran langsung berbasis praktikum terhadap keterampilan proses sains dan kemampuan berpikir kritis siswa. Prisma Sains: Jurnal Pengkajian Ilmu dan Pembelajaran Matematika dan IPA IKIP Mataram, 6(2), 46-55. http://ojs.ikipmataram.ac.id/index.php/prismasains/
Salma, I. (2022, Desember 2024). Teks laporan hasil observasi: Pengertian, tujuan, fungsi, ciri-ciri, struktur, dan contoh lengkap. Detik. https://www.detik.com/sulsel/berita/d-6470587/teks-laporan-hasil-observasi-pengertian-tujuan-struktur-dan-ciri-ciri
Sandi, B., Aam, N., & Nur, S. (2020). Analisis model pembelajaran Discovery Learning dalam tiga rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) teks laporan hasil observasi kelas VII SMP di Kota Bogor. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 1(1).
Sulistiawan, M. J., Nusyatin, A., & Haryadi. (2024). Kemampuan menulis teks laporan hasil observasi dengan model pembelajaran CIRC berbantun media audiovisual pada siswa kelas X SMA Kristen Terang Bangsa Kurikulum Merdeka. Jurnal Onoma: Pendidikan, Bahasa dan Sastra, 10(1), 1101-1106.
Suryanegara. (2016). Membaca: Teori dan praktik. Refika Aditama.
Sugiyono. (2019). Metode penelitian kualitatif (Edisi ke-14). Alfabeta.
Triyani, N., Romdon, S., & Ismayani, M. (2018). Metode Discovery Learning pada pembelajaran menulis teks anekdot. Parole: Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 5(1), 713-720.
Wulandari, H. (2022). Pengembangan e-modul keterampilan teks laporan hasil observasi berbasis model Discovery Learning. Pendekar: Jurnal Pendidikan Berkarakter, 5(2). https://journal.ummat.ac.id/index.php/pendekar/article/view/9404
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 KOMPETENSI

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.