EFEKTIVITAS METODE DISKUSI DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERBICARA SISWA KELAS VII MADRASAH TSANAWIYAH NEGERI 3 BOLAANG MONGONDOW TIMUR
DOI:
https://doi.org/10.53682/kompetensi.v5i2.11096Keywords:
Keterampilan Berbicara, Metode Diskusi, Metode Pembelajaran, Bahasa IndonesiaAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi efektivitas metode diskusi dalam meningkatkan keterampilan berbicara siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan metode studi kasus yang dilaksanakan di MTs Negeri 3 Bolaang Mongondow Timur. Partisipan dalam penelitian ini terdiri dari seorang guru dan 20 siswa. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, dokumentasi, dan tes, yang kemudian dianalisis menggunakan tahapan reduksi data, penyajian data, serta penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode diskusi terbukti efektif dalam meningkatkan keterampilan berbicara siswa. Hal ini ditunjukkan melalui hasil tes akhir yang dilakukan oleh guru, dengan tingkat pencapaian sebesar 80,5% dalam kategori "mampu." Selain itu, metode ini juga berkontribusi pada implementasi program Profil Pelajar Pancasila yang digagas oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi, serta selaras dengan prinsip-prinsip Kurikulum Merdeka, khususnya dalam mengembangkan kemampuan berpikir kritis dan kreatif pada siswa. Implikasi dari penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan metode diskusi dalam pembelajaran perlu dioptimalkan oleh para pendidik sebagai strategi pembelajaran aktif. Selain meningkatkan keterampilan berbicara siswa, metode ini juga mendukung terciptanya lingkungan pembelajaran yang lebih interaktif dan berorientasi pada pengembangan kompetensi.
References
Alimuddin, M. I. R. (2024). Pembelajaran Berbasis Diskusi Sebagai Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas X Dalam Materi Energi. Physics, 1(2), 7. https://doi.org/10.47134/physics.v1i2.480
Dewi, P. A. C., Kristiantari, M. G. R., & Ganing, N. N. (2021). Kontribusi Tindak Pembelajaran Guru Kelas 1 SD Pada Peningkatan Keterampilan Berbicara Siswa. Indonesian Journal of Instruction, 2(2), 61–72. https://doi.org/10.23887/iji.v2i2.44511
Elfrisca, D. (2023). Keterampilan Berbicara Siswa Pada Pembelajaran Tematik Siswa Kelas v Sekolah Dasar. Jurnal Educatio Fkip Unma, 9(4), 1863–1868. https://doi.org/10.31949/educatio.v9i4.5770
Fadli, N. (2023). Pembinaan Keterampilan Berbicara Dan Menulis Bahasa Jawa Kelas 3 Di Madrasah Ibtidaiyyah. Adi Widya Jurnal Pendidikan Dasar, 8(2), 154–163. https://doi.org/10.25078/aw.v8i2.2710
Fauzan, M. F., Nadhir, L. A., Kustanti, S., & Suciani, S. (2022). Pembelajaran Diskusi Kelompok Kecil : Seberapa Efektif Kah Dalam Meningkatkan Keterampilan Berfikir Kritis Pada Siswa ? Aksara Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal, 8(3), 1805. https://doi.org/10.37905/aksara.8.3.1805-1814.2022
Kuncoro, A., Erlangga, F., & Ramliyana, R. (2021). Kepercayaan Diri Siswa Dan Pengaruhnya Terhadap Keterampilan Berbicara Bahasa Inggris. Prosiding Seminar Nasional Universitas Ma Chung, 1, 131–140. https://doi.org/10.33479/snumc.v1i.230
Muslimin, M. (2021). Peningkatan Prestasi Belajar Teknologi Perkantoran Melalui Metode Diskusi Peserta Didik SMKN 1 Sidrap Kabupaten Sidrap. Jurnal Pendidikan Indonesia, 2(10), 1728–1750. https://doi.org/10.59141/japendi.v2i10.310
Purnamasari, E., Rahmawati, S., & Akidah, I. (2023). Peningkatan Keterampilan Berbicara Melalui Metode Diskusi Kelompok Pada Siswa Kelas XI SMAN 2 Bantaeng. Journal on Education, 6(1), 2327–2333. https://doi.org/10.31004/joe.v6i1.3248
Puspitoningrum, E. (2024). Efektivitas Penggunaan Permainan Edukatif Dalam Meningkatkan Keterampilan Berbicara Bahasa Indonesia Di Sekolah Dasar. Al-Madrasah Jurnal Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah, 8(2), 459. https://doi.org/10.35931/am.v8i2.3290
Rahma, T. (2023). Peningkatan Keterampilan Berbicara Siswa Melalui Model Group Investigation Berbantuan Media Puzzle. Jurnal Educatio Fkip Unma, 9(2), 478–483. https://doi.org/10.31949/educatio.v9i2.4694
Rahmawati, R. (2023). Implementasi Pembelajaran Berdiferensiasi Dalam Kurikulum Merdeka Di Sekolah Dasar. Social Humanities and Educational Studies (Shes) Conference Series, 6(3). https://doi.org/10.20961/shes.v6i3.82334
Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Suparmini, M. (2021). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Untuk Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar Penjasorkes Pada Siswa Kelas VI SD. Journal of Education Action Research, 5(1). https://doi.org/10.23887/jear.v5i1.31559
Suryaningrum, S. (2024). Analisis Faktor-Faktor Pengaruh Keterampilan Berbicara Dan Aspek Pendukungnya Pada Siswa Kelas Tinggi Di SDN 7 Dobo Kabupaten Kepulauan Aru: Studi Kasus Di Pulau-Pulau Kecil Perbatasan. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Indonesia (Jppi), 4(1), 202–214. https://doi.org/10.53299/jppi.v4i1.452
Susanti, W. (2024). Problematika Guru Terhadap Implementasi Kurikulum Merdeka Pada Pembelajaran Matematika Di SDN 1 Pokoh Kidul. Bahusacca, 2(2), 31–40. https://doi.org/10.53565/bahusacca.v2i2.1076
Tendrita, M. (2024). Persepsi Guru Biologi Kabupaten Kolaka Terhadap Implementasi Kurikulum Merdeka Di Sekolah. Biormatika Jurnal Ilmiah Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, 10(1), 76–86. https://doi.org/10.35569/biormatika.v10i1.1942
Ummah, N. A., Ghufron, S., Kasiyun, S., & Rahayu, D. W. (2020). Pembelajaran Keterampilan Berbicara Di Kelas IV Sekolah Dasar. Wanastra Jurnal Bahasa Dan Sastra, 12(2), 120–128. https://doi.org/10.31294/w.v12i2.8346
Wona, L. M. (2023). Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas 3 Sd Pada Pembelajaran Ipa Melalui Metode Diskusi. Jcpa, 2(1), 24–35. https://doi.org/10.38048/jcpa.v2i1.1524
Yeyet, Y. (2021). Peningkatan Keterampilan Berbicara Siswa Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Dalam Pembelajaran Bahasa Sunda. Jurnal Educatio Fkip Unma, 7(2), 367–374. https://doi.org/10.31949/educatio.v7i2.1043
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 KOMPETENSI

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.