TEKNIK PENGEKSPRESIAN KARYA PADUAN SUARA BERDASARKAN HUBUNGAN SYAIR DAN MUSIK

Authors

  • Seprimus J. D. Tangon Universitas Negeri Manado
  • Perry Rumengan Universitas Negeri Manado
  • Meyny S. C. Kaunang Universitas Negeri Manado

DOI:

https://doi.org/10.53682/kompetensi.v1i01.1808

Keywords:

Pengekspresian, Syair, Musik, Paduan Suara.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana teknik pengekspresian karya
Paduan Suara berdasarkan hubungan syair dan musik. Pengekspresian suatu karya
Paduan Suara berdasarkan hubungan syair dan musik merupakan suatu hal yang sangat
penting ketika suatu karya dibawakan oleh kelompok Paduan Suara. Dalam penelitian
ini penulis menggunakan metode studi pustaka. Literatur dan sumber yang digunakan
dalam penelitian ini yaitu berupa buku, jurnal, artikel, skripsi, wawancara mengenai
segala hal dalam penelitian ini. Berdasarkan penelitian yang dilakukan maka penulis
menyimpulkan bahwa pengekspresian karya Paduan Suara berdasarkan hubungan
syair dan musik menurut Perry Rumengan adalah suatu proses dimana kelompok
Paduan Suara harus membawakan suatu karya dengan memperhatikan seluruh aspek
seperti musik dalam syair, kualitas teks, memberi tanda pada suku-suku kata yang
bertekanan, interval, ritme kata, struktur kalimat, dinamika, birama, emosi syair, style,
kontur, membuat nada atau melodi atas dasar unsur suprasegmental dan makna syair,
membuat melodi berdasar ritme syair, pembuatan melodi berdasar kontur emosi syair,
pemilihan tangga nada-modus melodi berdasar emosi syair, penataan bentuk (form of
musik) menurut emosi bagian-bagian syair, pembuatan style melodi berdasar emosi
dan isi syair.

References

“Ekspresi” Pengertian & Jenis – Acuan –

Manfaat,

https://www.dosenpendidikan.co.id

/pengertian-ekspresi-dan-jenis/, 244

diakses pada hari Selasa, 19 Januari

, pukul 14.05 WITA.

Banoe P., Kamus Musik, (Yogyakarta:

Kanisius, 2003), 320.Perry

Rumengan, Musik Gerejawi

Kontekstual Etnik, (Jakarta: Panitia

Konggres Kebudayaan Minahasa,

.

Jamalus Musik dan Praktek

Perkembangan Buku Sekolah

Pendidikan Guru. (Jakarta: CV.

Titik Terang, 1988).

Glenie Latuni, Joike Pudi 2014,

Eksperimentasi Aransemen Vokal

Grup Lagu “Tiap Jam Tiap Waktu”,

Vol. 2, No. 3, Tahun 2014.

http://portalgaruda.fti.unissula.ac.i

d/index.php?ref=browse&mod=vie

warticle&article=300414

Meyny S. C. Kaunang, Glenie Latuni 2014,

Paduan Suara Jemaat GMIM Logos

Kilu Permai, Vol. 2, No. 3, Tahun

http://portalgaruda.fti.unissula.ac.i

d/index.php?ref=browse&mod=vie

warticle&article=300331

Perry Rumengan. Makalah Yang

Dibawakan Dalam Workshop

Nasional tentang Pemazmur,

Dirigen dan Paduan Suara. Wisma

Lotta, 5 Oktober 2019

Perry Rumengan 2012, Hubungan

Fungsional Struktural Musikal

Aspek Ekstramusikal Musik Vokal

Etnik Minahasa

http://digilib.isi.ac.id/172/

R. A. Dinar Sri Hartati, “Analisis Dan

Penerapan Balance Paduan Suara”,

Jurnal seni, drama, tari, dan musik,

Vol. 2 No. 2, 2019.

https://journal.unesa.ac.id/index.ph

p/geter, diakses pada hari Kamis 14

November 2019, pukul 22.00 wita.

RA. Dinar Sri Hartati 2014, Sistem

Komposisi Musik Paduan Suara

Karya Perry Rumengan, Vol. 2, No.

, Tahun

http://portalgaruda.fti.unissula.ac.i

d/?ref=browse&mod=viewarticle&

article=300245

Sitompul, Binsar. Paduan Suara dan

Pemimpinnya (Jakarta: PT. BPK

Gunung Mulia. 1988),

Waluyo, H.J, Teori dan Apresiasi Puisi,

(Jakarta: Penerbit Erlangga, 1987)

Wawancara dengan Silvyaan Kuwissy

Downloads

Published

2022-12-15

How to Cite

Tangon, S. J. D. ., Rumengan, P., & Kaunang, M. S. C. . (2022). TEKNIK PENGEKSPRESIAN KARYA PADUAN SUARA BERDASARKAN HUBUNGAN SYAIR DAN MUSIK . KOMPETENSI, 1(01), 257-269. https://doi.org/10.53682/kompetensi.v1i01.1808