PENGARUH METODE PEMBELAJARAN EKSPRESI BEBAS TERHADAP HASIL BELAJAR MEMBUAT RAGAM HIAS WARUGA
DOI:
https://doi.org/10.53682/kompetensi.v1i02.1846Keywords:
Ekspresi Bebas; Hasil Belajar; Ragam Hias Waruga.Abstract
Rumusan Masalah dalam penelitian ini yaitu apakah dengan menerapkan metode
ekspresi bebas dapat berpengaruh dalam meningkatkan hasil belajar membuat ragam
hias waruga siswa kelas VII SMP Negeri 6 Tondano? Kita dapat merumuskan tujuan
dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui apakah metode pembelajaran ekspresi
bebas dalam kegiatan belajar mengajar Seni Budaya khususnya pada materi belajar
membuat ragam hias waruga dapat berpengaruh dalam meningkatkan hasil belajar
siswa kelas VII SMP Negeri 6 Tondano. Penelitian ini menggunakan metode
eksperimen kuantitatif dengan pengolahan data secara statistik, yang berarti
mengadakan percobaan dan pembelajaran membuat ragam hias waruga. Untuk
mendapatkan data yang akan diolah secara statistik maka diadakan tes awal dan tes
akhir yang nantinya hasil dari kedua tes akan digunakan dalam pengolahan data.
Setelah dilakukan perhitungan, maka didapatkan nilai hasil perhitungan
menggunakan rumus t-tes t = -3.70, sedangkan untuk nilai t tabel= -1.677 yang berarti
nilai t hitung < t tabel. Dengan demikian ditarik kesimpulan bahwa metode
pembelajaran ekspresi bebas berpengaruh terhadap hasil belajar membuat ragam hias
waruga siswa kelas VII SMP Negeri 6 Tondano. Melalui penerapan metode ekspresi
bebas ini siswa lebih merasa nyaman serta termotivasi, mereka lebih giat dan
bersemangat dalam kegiatan belajar. Hal tersebut dapat dilihat dari peningkatan nilai
hasil rata-rata pre-tes 74.8 dan hasil rata-rata post-tes 86.8. Dari penelitian yang
dilakukan maka disarankan kepada guru-guru khusunya dalam mata pelajaran seni
budaya harus menggunakan metode pembelajaran yang bervariasi dan tentunya
sesuai dengan materi yang diajarkan agar siswa dapat lebih mengerti. Guru juga
harus memberikan waktu kepada siswa untuk bereksperimen dan berkreasi. Dan
Guru harus memberikan penghargaan bagi siswa yang mendapatkan hasil yang baik
maupun siswa dengan hasil yang kurang baik agar mereka lebih semangat dalam
kegiatan pembelajaran dan nantinya semua siswa akan mendapatkan hasil yang
sangat baik.
References
Bahrudin, Ahmad. 2017. Ornamen
Minangkabau Dalam Perspektif
Ikonografi. Padang Panjang. Institut
Seni Indonesia Padang Panjang.
Dewi, Ratna Sari. Dkk. 2014. Pengaruh
Metode Pembelajaran Ekspresi
Bebas Terhadap Hasil Belajar Seni
Musik Ditinjau dari Minat Outdoor
Siswa Kelas XII SMA Negeri 1
Semarapura. E-Journal. Program
Penelitian dan Evaluasi Pendidikan
Program Pascasarjana Universitas
Pendidikan Ganesha Singaraja,
Indonesia. Volume 4, No. 1.
I, R. A. Diah Resita. Jakti, Kuntjoro. Ragam
Hias Nusantara. 2010. E-Journal. 269
Jurusan Desain Komunikasi Visual,
Fakultas Komunikasi dan
Multimedia, Bina Nusantara
University. Volume 1, No. 2. ISSN.
-252.
Kainage, Zeskha D.M. 2003. Meningkatkan
Prestasi Belajar Seni Rupa Melalui
Metode Ekspresi Bebas Pada Siswa
SLTP Negeri XI Manado. Skripsi.
Universitas Negeri Manado. Fakultas
Bahasa dan Seni.
Manorek, Rusli. Dkk. 2009. Tabea Edisi 2,
Garis Depan Nusantara. Manado.
Dirjen NBSF Departemen
Kebudayaan dan Pariwisata.
Manus, Jerry. 2012. Makna Motif Ornamen
Pada Waruga di Minahasa. EJournal (Google Scholar).
Pangkey, Ferdinand. 2004. Relief pada
Waruga di Minahasa dalam
Perspektif Etnografis dan Estetis. EJournal (Google Scholar).
Pratasik, Jooke. 2018. Penggarapan Motif
Waruga di Desa Sawangan sebagai
Desain Seni Kerajinan Keramik
Masyarakat di Desa Pulutan. 2018.
E-Journal (Google Scholar).
Pratasik, Jooke. Dkk. 2007. Penggarapan
Motif Waruga di Desa Sawangan
Sebagai Seni Kerajinan Keramik di
Desa Pulutan. Laporan Penelitian
Kolaborasi. Fakultas Bahasa dan
Seni. Universitas Negeri Manado.
Purnomo, Eko. Dkk. 2017. Seni Budaya
untuk SMP/MTs kelas VII. Jakarta.
Pusat Kurikulum dan Perbukuan,
Balitbang, Kemendikbud.
Sugiyono. 2000. Statistika Untuk
Penelitian. Bandung. CV Alfabeta.
Sugiyono. 2012. Metode Penelitian
Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D.
Bandung. CV Alfabeta.
Supangkat, Jim. Zaelani, Rizki A. 2006.
Ikatan Silang Budaya Seni Serat
Biranul Anas. Bandung. Art Fabrics
& KPG.
Syahputra, Edi. 2020. Snowball Throwing,
Tingkatkan Minat dan Hasil Belajar.
Sukabumi. Haura Publishing.
Wahyuningsih, Endang Sri. 2020. Model
Pembelajaran Mastery Learning,
Upaya Peningkatan Keaktifan dan
Hasil Belajar Siswa. Yogyakarta.
Deepublish.
--------------- 2017. Modul 2, Simbol
Kearifan Lokal: Ragam Hias pada
Media Kertas. Seni Budaya Paket B
setara SMP/MTs. Jakarta.
Kementerian Pendidikan dan
Kebudayaan, Direktorat Jenderal
Pendidikan Anak Usia Dini dan
Pendidikan Masyarakat, Direktorat
Pembinaan Pendidikan Keaksaraan
dan Kesetaraan.
https://sipuu.setkab.go.id/PUUdoc/7308/U
U0202003 UU RI No. 20 Tahun
tentang Sistem Pendidikan
Nasional, BAB I, Pasal I, Ayat I.
Diakses 11 Februari 2020 pukul
15 PM
https://id.wikipedia.org/wiki/Ornamen_(ar
sitektur) Ornamen (Arsitektur).
Wikipedia Ensiklopedia 270
Bebas. Diakses 26 Maret 2020 pukul
14 PM
https://serupa.id/ragam-hias-pengertianmotif-teknik/ Ragam Hias –
Pengertian, Fungsi, Pola, Jenis
Motif & Teknik. 2019. Thabroni,
Gamal. Diakses 26 Maret 2020 pukul
43 PM
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.