PENGARUH METODE PEMBELAJARAN EKSPRESI BEBAS TERHADAP HASIL BELAJAR MEMBUAT RAGAM HIAS WARUGA
DOI:
https://doi.org/10.53682/kompetensi.v1i02.1846Keywords:
Ekspresi Bebas; Hasil Belajar; Ragam Hias Waruga.Abstract
Rumusan Masalah dalam penelitian ini yaitu apakah dengan menerapkan metode
ekspresi bebas dapat berpengaruh dalam meningkatkan hasil belajar membuat ragam
hias waruga siswa kelas VII SMP Negeri 6 Tondano? Kita dapat merumuskan tujuan
dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui apakah metode pembelajaran ekspresi
bebas dalam kegiatan belajar mengajar Seni Budaya khususnya pada materi belajar
membuat ragam hias waruga dapat berpengaruh dalam meningkatkan hasil belajar
siswa kelas VII SMP Negeri 6 Tondano Penelitian ini menggunakan metode
eksperimen kuantitatif dengan pengolahan data secara statistik yang berarti
mengadakan percobaan dan pembelajaran membuat ragam hias waruga Untuk
mendapatkan data yang akan diolah secara statistik maka diadakan tes awal dan tes
akhir yang nantinya hasil dari kedua tes akan digunakan dalam pengolahan data
Setelah dilakukan perhitungan maka didapatkan nilai hasil perhitungan
menggunakan rumus t tes t = 3 70 sedangkan untuk nilai t tabel= 1 677 yang berarti
nilai t hitung lt; t tabel Dengan demikian ditarik kesimpulan bahwa metode
pembelajaran ekspresi bebas berpengaruh terhadap hasil belajar membuat ragam hias
waruga siswa kelas VII SMP Negeri 6 Tondano Melalui penerapan metode ekspresi
bebas ini siswa lebih merasa nyaman serta termotivasi mereka lebih giat dan
bersemangat dalam kegiatan belajar Hal tersebut dapat dilihat dari peningkatan nilai
hasil rata rata pre tes 74 8 dan hasil rata rata post tes 86 8 Dari penelitian yang
dilakukan maka disarankan kepada guru guru khusunya dalam mata pelajaran seni
budaya harus menggunakan metode pembelajaran yang bervariasi dan tentunya
sesuai dengan materi yang diajarkan agar siswa dapat lebih mengerti Guru juga
harus memberikan waktu kepada siswa untuk bereksperimen dan berkreasi Dan
Guru harus memberikan penghargaan bagi siswa yang mendapatkan hasil yang baik
maupun siswa dengan hasil yang kurang baik agar mereka lebih semangat dalam
kegiatan pembelajaran dan nantinya semua siswa akan mendapatkan hasil yang
sangat baik < p>
References
Bahrudin Ahmad 2017 Ornamen
Minangkabau Dalam Perspektif
Ikonografi Padang Panjang Institut
Seni Indonesia Padang Panjang
Dewi Ratna Sari Dkk 2014 Pengaruh
Metode Pembelajaran Ekspresi
Bebas Terhadap Hasil Belajar Seni
Musik Ditinjau dari Minat Outdoor
Siswa Kelas XII SMA Negeri 1
Semarapura E Journal Program
Penelitian dan Evaluasi Pendidikan
Program Pascasarjana Universitas
Pendidikan Ganesha Singaraja
Indonesia Volume 4 No 1
I R A Diah Resita Jakti Kuntjoro Ragam
Hias Nusantara 2010 E Journal 269
Jurusan Desain Komunikasi Visual
Fakultas Komunikasi dan
Multimedia Bina Nusantara
University Volume 1 No 2 ISSN
252
Kainage Zeskha D M 2003 Meningkatkan
Prestasi Belajar Seni Rupa Melalui
Metode Ekspresi Bebas Pada Siswa
SLTP Negeri XI Manado Skripsi
Universitas Negeri Manado Fakultas
Bahasa dan Seni
Manorek Rusli Dkk 2009 Tabea Edisi 2
Garis Depan Nusantara Manado
Dirjen NBSF Departemen
Kebudayaan dan Pariwisata
Manus Jerry 2012 Makna Motif Ornamen
Pada Waruga di Minahasa E Journal Google Scholar
Pangkey Ferdinand 2004 Relief pada
Waruga di Minahasa dalam
Perspektif Etnografis dan Estetis E Journal Google Scholar
Pratasik Jooke 2018 Penggarapan Motif
Waruga di Desa Sawangan sebagai
Desain Seni Kerajinan Keramik
Masyarakat di Desa Pulutan 2018
E Journal Google Scholar
Pratasik Jooke Dkk 2007 Penggarapan
Motif Waruga di Desa Sawangan
Sebagai Seni Kerajinan Keramik di
Desa Pulutan Laporan Penelitian
Kolaborasi Fakultas Bahasa dan
Seni Universitas Negeri Manado
Purnomo Eko Dkk 2017 Seni Budaya
untuk SMP MTs kelas VII Jakarta
Pusat Kurikulum dan Perbukuan
Balitbang Kemendikbud
Sugiyono 2000 Statistika Untuk
Penelitian Bandung CV Alfabeta
Sugiyono 2012 Metode Penelitian
Kuantitatif Kualitatif dan R D
Bandung CV Alfabeta
Supangkat Jim Zaelani Rizki A 2006
Ikatan Silang Budaya Seni Serat
Biranul Anas Bandung Art Fabrics
KPG
Syahputra Edi 2020 Snowball Throwing
Tingkatkan Minat dan Hasil Belajar
Sukabumi Haura Publishing
Wahyuningsih Endang Sri 2020 Model
Pembelajaran Mastery Learning
Upaya Peningkatan Keaktifan dan
Hasil Belajar Siswa Yogyakarta
Deepublish
2017 Modul 2 Simbol
Kearifan Lokal: Ragam Hias pada
Media Kertas Seni Budaya Paket B
setara SMP MTs Jakarta
Kementerian Pendidikan dan
Kebudayaan Direktorat Jenderal
Pendidikan Anak Usia Dini dan
Pendidikan Masyarakat Direktorat
Pembinaan Pendidikan Keaksaraan
dan Kesetaraan
https: sipuu setkab go id PUUdoc 7308 U
U0202003 UU RI No 20 Tahun
tentang Sistem Pendidikan
Nasional BAB I Pasal I Ayat I
Diakses 11 Februari 2020 pukul
15 PM
https: id wikipedia org wiki Ornamen_ ar
sitektur Ornamen Arsitektur
Wikipedia Ensiklopedia 270
Bebas Diakses 26 Maret 2020 pukul
14 PM
https: serupa id ragam hias pengertian motif teknik Ragam Hias
Pengertian Fungsi Pola Jenis
Motif Teknik 2019 Thabroni
Gamal Diakses 26 Maret 2020 pukul
43 PM