PENGARUH METODE PEMBELAJARAN EKSPRESI BEBAS TERHADAP HASIL BELAJAR MEMBUAT RAGAM HIAS WARUGA

Authors

DOI:

https://doi.org/10.53682/kompetensi.v1i02.1846

Keywords:

Ekspresi Bebas; Hasil Belajar; Ragam Hias Waruga.

Abstract

Rumusan Masalah dalam penelitian ini yaitu apakah dengan menerapkan metode
ekspresi bebas dapat berpengaruh dalam meningkatkan hasil belajar membuat ragam
hias waruga siswa kelas VII SMP Negeri 6 Tondano? Kita dapat merumuskan tujuan
dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui apakah metode pembelajaran ekspresi
bebas dalam kegiatan belajar mengajar Seni Budaya khususnya pada materi belajar
membuat ragam hias waruga dapat berpengaruh dalam meningkatkan hasil belajar
siswa kelas VII SMP Negeri 6 Tondano Penelitian ini menggunakan metode
eksperimen kuantitatif dengan pengolahan data secara statistik yang berarti
mengadakan percobaan dan pembelajaran membuat ragam hias waruga Untuk
mendapatkan data yang akan diolah secara statistik maka diadakan tes awal dan tes
akhir yang nantinya hasil dari kedua tes akan digunakan dalam pengolahan data
Setelah dilakukan perhitungan maka didapatkan nilai hasil perhitungan
menggunakan rumus t tes t = 3 70 sedangkan untuk nilai t tabel= 1 677 yang berarti
nilai t hitung lt; t tabel Dengan demikian ditarik kesimpulan bahwa metode
pembelajaran ekspresi bebas berpengaruh terhadap hasil belajar membuat ragam hias
waruga siswa kelas VII SMP Negeri 6 Tondano Melalui penerapan metode ekspresi
bebas ini siswa lebih merasa nyaman serta termotivasi mereka lebih giat dan
bersemangat dalam kegiatan belajar Hal tersebut dapat dilihat dari peningkatan nilai
hasil rata rata pre tes 74 8 dan hasil rata rata post tes 86 8 Dari penelitian yang
dilakukan maka disarankan kepada guru guru khusunya dalam mata pelajaran seni
budaya harus menggunakan metode pembelajaran yang bervariasi dan tentunya
sesuai dengan materi yang diajarkan agar siswa dapat lebih mengerti Guru juga
harus memberikan waktu kepada siswa untuk bereksperimen dan berkreasi Dan
Guru harus memberikan penghargaan bagi siswa yang mendapatkan hasil yang baik
maupun siswa dengan hasil yang kurang baik agar mereka lebih semangat dalam
kegiatan pembelajaran dan nantinya semua siswa akan mendapatkan hasil yang
sangat baik < p>

References

Bahrudin Ahmad 2017 Ornamen

Minangkabau Dalam Perspektif

Ikonografi Padang Panjang Institut

Seni Indonesia Padang Panjang

Dewi Ratna Sari Dkk 2014 Pengaruh

Metode Pembelajaran Ekspresi

Bebas Terhadap Hasil Belajar Seni

Musik Ditinjau dari Minat Outdoor

Siswa Kelas XII SMA Negeri 1

Semarapura E Journal Program

Penelitian dan Evaluasi Pendidikan

Program Pascasarjana Universitas

Pendidikan Ganesha Singaraja

Indonesia Volume 4 No 1

I R A Diah Resita Jakti Kuntjoro Ragam

Hias Nusantara 2010 E Journal 269

Jurusan Desain Komunikasi Visual

Fakultas Komunikasi dan

Multimedia Bina Nusantara

University Volume 1 No 2 ISSN

252

Kainage Zeskha D M 2003 Meningkatkan

Prestasi Belajar Seni Rupa Melalui

Metode Ekspresi Bebas Pada Siswa

SLTP Negeri XI Manado Skripsi

Universitas Negeri Manado Fakultas

Bahasa dan Seni

Manorek Rusli Dkk 2009 Tabea Edisi 2

Garis Depan Nusantara Manado

Dirjen NBSF Departemen

Kebudayaan dan Pariwisata

Manus Jerry 2012 Makna Motif Ornamen

Pada Waruga di Minahasa E Journal Google Scholar

Pangkey Ferdinand 2004 Relief pada

Waruga di Minahasa dalam

Perspektif Etnografis dan Estetis E Journal Google Scholar

Pratasik Jooke 2018 Penggarapan Motif

Waruga di Desa Sawangan sebagai

Desain Seni Kerajinan Keramik

Masyarakat di Desa Pulutan 2018

E Journal Google Scholar

Pratasik Jooke Dkk 2007 Penggarapan

Motif Waruga di Desa Sawangan

Sebagai Seni Kerajinan Keramik di

Desa Pulutan Laporan Penelitian

Kolaborasi Fakultas Bahasa dan

Seni Universitas Negeri Manado

Purnomo Eko Dkk 2017 Seni Budaya

untuk SMP MTs kelas VII Jakarta

Pusat Kurikulum dan Perbukuan

Balitbang Kemendikbud

Sugiyono 2000 Statistika Untuk

Penelitian Bandung CV Alfabeta

Sugiyono 2012 Metode Penelitian

Kuantitatif Kualitatif dan R D

Bandung CV Alfabeta

Supangkat Jim Zaelani Rizki A 2006

Ikatan Silang Budaya Seni Serat

Biranul Anas Bandung Art Fabrics

KPG

Syahputra Edi 2020 Snowball Throwing

Tingkatkan Minat dan Hasil Belajar

Sukabumi Haura Publishing

Wahyuningsih Endang Sri 2020 Model

Pembelajaran Mastery Learning

Upaya Peningkatan Keaktifan dan

Hasil Belajar Siswa Yogyakarta

Deepublish

2017 Modul 2 Simbol

Kearifan Lokal: Ragam Hias pada

Media Kertas Seni Budaya Paket B

setara SMP MTs Jakarta

Kementerian Pendidikan dan

Kebudayaan Direktorat Jenderal

Pendidikan Anak Usia Dini dan

Pendidikan Masyarakat Direktorat

Pembinaan Pendidikan Keaksaraan

dan Kesetaraan

https: sipuu setkab go id PUUdoc 7308 U

U0202003 UU RI No 20 Tahun

tentang Sistem Pendidikan

Nasional BAB I Pasal I Ayat I

Diakses 11 Februari 2020 pukul

15 PM

https: id wikipedia org wiki Ornamen_ ar

sitektur Ornamen Arsitektur

Wikipedia Ensiklopedia 270

Bebas Diakses 26 Maret 2020 pukul

14 PM

https: serupa id ragam hias pengertian motif teknik Ragam Hias

Pengertian Fungsi Pola Jenis

Motif Teknik 2019 Thabroni

Gamal Diakses 26 Maret 2020 pukul

43 PM

Downloads

Published

2022-12-15

How to Cite

PENGARUH METODE PEMBELAJARAN EKSPRESI BEBAS TERHADAP HASIL BELAJAR MEMBUAT RAGAM HIAS WARUGA. (2022). KOMPETENSI, 1(02), 261 270. https://doi.org/10.53682/kompetensi.v1i02.1846