PENERAPAN SUGESTI DALAM TEKNIK CONDUCTING PADUAN SUARA
DOI:
https://doi.org/10.53682/kompetensi.v1i02.1847Keywords:
Paduan suara ; Gaya dan Teknik; ConductingAbstract
Penelitian ini bertujuan agar supaya kita dapat mengetahui ciri khas tentang penerapan
sugesti kondukting Paduan Suara oleh Perry Rumengan dan dampak yang diakibatkan
dalam memimpin Paduan Suara. Sugesti yang diterapkan oleh Perry Rumengan ini
adalah suatu niat agar setiap kondakter mampu mempengaruhi penyanyi sesuai dengan
apa yang kondakter inginkan melalui gestur dan postur itu sendiri. Dalam penelitian
ini penulis mengambil metode penelitian kualitatif wawancara mendalam kepada
Perry Rumengan dikarenakan sumber data utama dalam penelitian kualitatif ini berupa
kata-kata dan tindakan, sedangkan data tertulis yaitu: foto dan data-data di lapangan
serta data wawancara kepada seniman-seniman Indonesia. Berdasarkan hal-hal di atas
maka dengan ini penulis atau peneliti mengambil kesimpulan bahwa setiap gerakan
yang dilakukan oleh Perry Rumengan ini selain memiliki makna, tapi juga dampak
bahkan efek, untuk menjadi seorang kondakter profesional. sebab itu tidak seperti
membalikan telapak tangan saja. Tapi, semuanya butuh latihan yang sangat tekun
ditambahkan juga dengan ilmu tentang kondakting yang sangat mapan.
References
Ahmadi, Abu (1998).“Psikologi Umum”,
Jakarta : PT. Rineka Cipta. Dalam Sitti
Trinurmi (2014), “Pengaruh Sugesti
Dalam Pencapaian Prestasi Belajar
Siswa”, Jurnal Bimbingan
Penyuluhan Islam Volume 1, Nomor 1.
Busch, Brian (1984). “The Complete Choral
Conductor”. Terjemahan Maikel
Sanger, New York : Collier Macmilan
Publishers.
Denzin, Lincoln (1987). dalam buku .Nazir,
“Metode Penelitian”, Cetakan
, Jakarta, Ghalia Indonesia.
Hartati, R.A.D. (2012) Penerapan Dinamika
Alamiah Pada Lagu-Lagu yang tidak
bertanda Dinamika. Selonding.
Volume 1, Nomor 1, Maret.
http://journal.isi.ac.id/index.php/selon
ding/article/view/63
Kaunang, Meyny. (2020). Manajemen
Pembelajaran Musik Siswa MIS
(Manado Internasional School) secara
virtual di Era Kenormalan Baru.
Volume 5, Nomor 2, September.
https://ppjp.ulm.ac.id/journal/index.php/pensi/article
/view/9126
Lillesland, Thomas. M dan Ralph W. Kiefer
(2007). “Penginderaan Jauh dan
Interpretasi Citra”. Yogyakarta:
Gadjah Mada University Press.
Latuni, Glenie dan Hartati, R.A.D.S (2019).
IBM Peningkatan Penyajian Musik
Bia Kelompok Anak di Desa Batu.
Edupreneur.Volume 2, Nomor 3,
November.
http://ejournal.unima.ac.id/index.php/
edupreneur/article/view/1030
Marianto M. Dwi, (2006). “Quantum Seni”
Semarang: Penerbit Dahara Prize.
Navarro, Joe, (2014). “Cara Cepat
Membaca Bahasa Tubuh”Jakarta
Selatan : Change Penerbit.
Pono, Banoe (1975). “Kamus Istilah
Musik”. Jakarta : CV. Baru. Dalam
Susetyo,Bagus.(2011).“Pengembanga
n teknik kondakting dan
Pendokumentasian dalam media rekan
dan cetak untuk mendukung proses
latihan kondakting”, Jurnal
Pengetahuan dan Pemikiran Seni
Musik. Vol. 11, No. 2.
Rudi, Master (2014). “The Power of Aura”.
Jakarta Selatan : Kawahmedia.
Rumengan Perry (2020). Wawancara
mendalam tentang Kondakting Paduan
Suara, Perry Rumengan. 20 November
, Universitas Negeri Manado.
Pukul 08:00 WITA.
Rumengan, Perry. (2012). Melacak
Pengaruh Konsep, Sistem, dan Elemen
Musik Konvensional Barat dalam
Genre-Genre Musik Minahasa di Era
Kolonial Barat, Volume 27, Nomor 1,
Januari. http://repo.isi-dps.ac.id/1632/
Susilo, Budi (2014). “Membaca Kejujuran
Dan Kebohongan Dari Raut Wajah”,
Jogjakarta : Flash Books.
Sihombing, Lamhot Basani (2017)
“Manajemen seni pertunjukan: Paduan
Suara sebagai organisasi aktualisasi
diri”, Jurnal BAHAS dikelola oleh
Fakultas Bahasa dan Seni (FBS)
Universitas Negeri Medan, Volume
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.