PENERAPAN SUGESTI DALAM TEKNIK CONDUCTING PADUAN SUARA

Authors

  • Riski Kalalo Universitas Negeri Manado
  • Perry Rumengan Universitas Negeri Manado
  • Meyny Kaunang Universitas Negeri Manado

DOI:

https://doi.org/10.53682/kompetensi.v1i02.1847

Keywords:

Paduan suara ; Gaya dan Teknik; Conducting

Abstract

Penelitian ini bertujuan agar supaya kita dapat mengetahui ciri khas tentang penerapan
sugesti kondukting Paduan Suara oleh Perry Rumengan dan dampak yang diakibatkan
dalam memimpin Paduan Suara. Sugesti yang diterapkan oleh Perry Rumengan ini
adalah suatu niat agar setiap kondakter mampu mempengaruhi penyanyi sesuai dengan
apa yang kondakter inginkan melalui gestur dan postur itu sendiri. Dalam penelitian
ini penulis mengambil metode penelitian kualitatif wawancara mendalam kepada
Perry Rumengan dikarenakan sumber data utama dalam penelitian kualitatif ini berupa
kata-kata dan tindakan, sedangkan data tertulis yaitu: foto dan data-data di lapangan
serta data wawancara kepada seniman-seniman Indonesia. Berdasarkan hal-hal di atas
maka dengan ini penulis atau peneliti mengambil kesimpulan bahwa setiap gerakan
yang dilakukan oleh Perry Rumengan ini selain memiliki makna, tapi juga dampak
bahkan efek, untuk menjadi seorang kondakter profesional. sebab itu tidak seperti
membalikan telapak tangan saja. Tapi, semuanya butuh latihan yang sangat tekun
ditambahkan juga dengan ilmu tentang kondakting yang sangat mapan.

References

Ahmadi, Abu (1998).“Psikologi Umum”,

Jakarta : PT. Rineka Cipta. Dalam Sitti

Trinurmi (2014), “Pengaruh Sugesti

Dalam Pencapaian Prestasi Belajar

Siswa”, Jurnal Bimbingan

Penyuluhan Islam Volume 1, Nomor 1.

Busch, Brian (1984). “The Complete Choral

Conductor”. Terjemahan Maikel

Sanger, New York : Collier Macmilan

Publishers.

Denzin, Lincoln (1987). dalam buku .Nazir,

“Metode Penelitian”, Cetakan

, Jakarta, Ghalia Indonesia.

Hartati, R.A.D. (2012) Penerapan Dinamika

Alamiah Pada Lagu-Lagu yang tidak

bertanda Dinamika. Selonding.

Volume 1, Nomor 1, Maret.

http://journal.isi.ac.id/index.php/selon

ding/article/view/63

Kaunang, Meyny. (2020). Manajemen

Pembelajaran Musik Siswa MIS

(Manado Internasional School) secara

virtual di Era Kenormalan Baru.

Volume 5, Nomor 2, September.

https://ppjp.ulm.ac.id/journal/index.php/pensi/article

/view/9126

Lillesland, Thomas. M dan Ralph W. Kiefer

(2007). “Penginderaan Jauh dan

Interpretasi Citra”. Yogyakarta:

Gadjah Mada University Press.

Latuni, Glenie dan Hartati, R.A.D.S (2019).

IBM Peningkatan Penyajian Musik

Bia Kelompok Anak di Desa Batu.

Edupreneur.Volume 2, Nomor 3,

November.

http://ejournal.unima.ac.id/index.php/

edupreneur/article/view/1030

Marianto M. Dwi, (2006). “Quantum Seni”

Semarang: Penerbit Dahara Prize.

Navarro, Joe, (2014). “Cara Cepat

Membaca Bahasa Tubuh”Jakarta

Selatan : Change Penerbit.

Pono, Banoe (1975). “Kamus Istilah

Musik”. Jakarta : CV. Baru. Dalam

Susetyo,Bagus.(2011).“Pengembanga

n teknik kondakting dan

Pendokumentasian dalam media rekan

dan cetak untuk mendukung proses

latihan kondakting”, Jurnal

Pengetahuan dan Pemikiran Seni

Musik. Vol. 11, No. 2.

Rudi, Master (2014). “The Power of Aura”.

Jakarta Selatan : Kawahmedia.

Rumengan Perry (2020). Wawancara

mendalam tentang Kondakting Paduan

Suara, Perry Rumengan. 20 November

, Universitas Negeri Manado.

Pukul 08:00 WITA.

Rumengan, Perry. (2012). Melacak

Pengaruh Konsep, Sistem, dan Elemen

Musik Konvensional Barat dalam

Genre-Genre Musik Minahasa di Era

Kolonial Barat, Volume 27, Nomor 1,

Januari. http://repo.isi-dps.ac.id/1632/

Susilo, Budi (2014). “Membaca Kejujuran

Dan Kebohongan Dari Raut Wajah”,

Jogjakarta : Flash Books.

Sihombing, Lamhot Basani (2017)

“Manajemen seni pertunjukan: Paduan

Suara sebagai organisasi aktualisasi

diri”, Jurnal BAHAS dikelola oleh

Fakultas Bahasa dan Seni (FBS)

Universitas Negeri Medan, Volume

Downloads

Published

2022-12-15

How to Cite

Kalalo, R. ., Rumengan, P. ., & Kaunang, . M. . (2022). PENERAPAN SUGESTI DALAM TEKNIK CONDUCTING PADUAN SUARA. KOMPETENSI, 1(02), 271-279. https://doi.org/10.53682/kompetensi.v1i02.1847