NILAI-NILAI DIDAKTIS DALAM CERPEN “GURU” DAN “MAAF” KARYA PUTU WIJAYA SERTA IMPLIKASINYA BAGI PEMBELAJARAN SASTRA DI SEKOLAH
DOI:
https://doi.org/10.53682/kompetensi.v1i12.3591Keywords:
nilai didaktis; cerpen.Abstract
Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan nilai-nilai didaktis yang terdapat
dalam cerpen berjudul “Guru” dan “Maaf” karya Putu Wijaya dan
mendeskrispsiskan implikasi hasil penelitian nilai-nilai didaktis yang terdapat
dalam cerpen yang berjudul “Guru” dan “Maaf” karya Putu Wijaya terhadap
pembelajaran sastra di sekolah. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif.
Sumber data penelitian adalah dua cerpen karya Putu Wijaya yakni “ Guru”
dan “Maaf”. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik studi
kepustakaan. Analisis data menggunakan teknik analisis isi. Hasil penelitian
yang diperoleh adalah: (1) Nilai-nilai didaktis yang terkandung dalam cerpen
“Guru” adalah religius, persaudaraan/komunikatif, dan cinta kasih. Nilai
didaktis yang terdapat dalam cerpen “Maaf” karya Putu Wijaya adalah: (1)
memiliki pendirian yang kuat, (2) kejujuran, dan (3) mandiri. Hasil penelitian
ini memberikan implikasi penting bagi pembelajaran sastra di sekolah. Nilainilai didaktis dalam cerpen Guru” dan “Maaf” karya Putu Wijaya selaras
dengan delapan belas nilai pendidikan karakter yang dikemukakan oleh
Kemendikbud dalam Kurikulum 2013.
References
Erni, S. Alkatuuk, U.M.K, & Kamagi,
L. 2015. Nilai-Nilai Pendidikan
Karakter Novel “Guru Hidupmu
Hanya untuk Kami” Karya
Edelweis Almira serta
Implikasinya dalam
Pembelajaran Sastra di SMP.
Jurnal Fakultas Bahasa dan Seni
- Kompetensi. Vol 3, No 1
(2015)
http://portalgaruda.fti.unisula.ac
.id
Dojosuroto, K . 2006. Analisis Teks
Sastra dan Pengajarannya.
Yogyakarta: Pustaka.
Marentek, C., Palar, W.R., &
Pangemanan, N.J. 2021.
Citra Perempuan dan
Ketidakadilan Gender
dalam Novel Saat Hati
telah Memilih dan
Implikasi bagi
Pembelajaran Sastra di
Sekolah. Jurnal BAHTRA.
Volume 2, Tahun 2021.
Ejournal.unima.ac.id.
Nusa Putra. 2011. Penelitian Kualitatif:
Proses dan Aplikasi. Jakarta: PT Indeks.
Pantow, F,M, Ratu D.M. & Meruntu,
O.S. 2021. Nilai-nilai Moral
dalam Teks Anekdot
Abdurrahman Wahid 9Gus
Dur) dan Implikasinya bagi
Pembelajaran Bahasa
Indonesia. Jurnal BAHTRA.
Volume 2, Tahun 2021.
Ejournal.unima.ac.id.
Vol 1 No. 12 (2021) : KOMPETENSI : Jurnal Ilmiah Bahasa dan Seni
Sumardjo, J. 2001. Catatan Kecil
Tentang Menulis Cerpen.
Yogyakarta: Pustaka
Pelajar.
Suwarsono, V., Pangemanan, N.J.
& Meruntu, O.S. 2021.
Pendidikan Karakter dalam
Dongeng Mamanua dan
Wanlansendow dan Burung
Kekekow yang Malang serta
Implikasinya dalam
Pembelajaran Sastra di
Sekolah. Jurnal BAHTRA.
Volume 2, Tahun 2021.
Ejournal.unima.ac.id.
Wellek, R. & Waren, A. 1989. Teori
Kesusastraan. Jakarta: PT
Gramedia.
Yudiono, K.S. 2007. Pengantar Sejarah
Sastra Indonesia. Jakarta: PT
Grasindo.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.