KEMAMPUAN MENYUSUN TEKS TANGGAPAN KRITIS SISWA KELAS IX SMP NEGERI 1 TOMOHON DENGAN MODEL PEMBELAJARAN EXAMPLE NON EXAMPLE

Authors

  • Gladys F Togas Universitas Negeri Manado
  • Thomas M Senduk Universitas Negeri Manado
  • Viktory N J Rotty Universitas Negeri Manado

DOI:

https://doi.org/10.53682/kompetensi.v1i12.3593

Keywords:

kemampuan; menulis; teks tanggapan kritis; model example non example

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah: (1) mendeskripsikan pembelajaran menulis teks
tanggapan kritis dengan model example non example pada siswa kelas IX SMP Negeri
1 Tomohon dan (2) mengetahui kemampuan siswa kelas IX SMP Negeri 1 Tomohon
menulis teks tanggapan kritis dengan model example non example. Penelitian ini
menggunakan metode deskriptif analitik. Sumber data penelitian ini adalah siswa
kelas IXb SMP Negeri 1 Tomohon yang berjumlah 31 orang. Teknik pengumpulan
data menggunakan observasi dan tes. Teknik analisis data menggunakan anlisis data
secara deskriptif untuk data pelaksanaan pembelajaran dan kuantitatif untuk data hasil
tes kemampuan siswa menulis teks tanggapan kritis dengan menggunakan rumus
persentase. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh hasil : 1) pembelajaran menulis teks
tanggapan kritis dengan model example non example cocok digunakan dalam
pembelajaan menulis teks tanggapan kritis pada siswa kelas IX SMP Negeri 1
Tomohon. Pembelajaran model example non example yang menekankan penggunaan
media gambar dapat membantu siswa menemukan ide dan mengembangkan idu
tulisan menjadi teks yang utuh. Model example non example jugadapat
menumbuhkan motivasi dan minat siswa dalam pembelajaran menulis dan 2)
Kemampuan siswa kelas Kelas IXb menulis teks tanggapan kritis dengan model
example non example scara individual cukup tinggi. Secara klasikal nilai rata-rata
yang dicapai siswa adalah 85,61 atau berada pada kategori mampu. Nilai rata-rata
yang diperoleh siswa ini memenuhi/melampaui ketuntasan minimal yakni 76.

References

Ali, Muhammad (1995).

Penelitian Kependidikan

Prosedur dan Strategi.

Bandung : Angkasa.

Apriani, Atik, dan David

Indrianto. 2010.

Implementasi Model

Pembelajaran Example

Non Examples.

Sumedang: FKIP PGMI.

IKIP PGRI.

Bruce, Joyce, Marsha Weil, dan

Emily Calhoun (2009).

Models of Teaching.

Diterhemahkan oleh

Achmad Fawaid dan

Ateilla Mirza. Englewood

Cliffs, New Jersey :

Prentice Hall, Inc.

Vol 1 No. 12 (2021) : KOMPETENSI : Jurnal Ilmiah Bahasa dan Seni

Kemendikbud. 2013. Buku Guru

Bahasa Indonesia Wahana

Pengetahuan.

Jakarta:

Kemendikbud.

Kurniadi, Hary. (2010).

Pengertian model

pembelajaran Example Non

Example

http;//www.eurekapendidik

an.com/2015/02/modelpembelajaram-examplenon-example

Komalasari, K. 2010.

Pembelajaran Kontekstual.

Bandung: PT. Refika

Aditama.

Merpati, M.G., Djojosuroto, K.,

dan Wengkang, T.I.

Penerapan Model

Kooperatif Tipe STAD

dalam Pembelajaran

Keterampilan Berbicara

pada Siswa Kelas VII

SMP Negeri 2 Tamako.

Jurnal Fakultas Bahasa

dan Seni-Kompetensi.

Vol 1, No 3 (2013)

http://portalgaruda.fti.uni

sula.ac.id.

Momongan, K.Y., Paath, R.C.

dan Meruntu, O.S. 2015.

Kemampuan Menulis

Karangan Deskripsi

Melalui Model Think

Pair Share (TPS) Siswa

Kleas XC SMA Kristen

Tomohon. Jurnal

Fakultas Bahasa dan

Seni-Kompetensi. Vol 3,

No 2 (2015)

http://portalgaruda.fti.uni

sula.ac.id.

Mulyadi, Yudi. (2015). Bahasa

Indonesia untuk SMP-MTS

kelas IX. Bandung:

Yrama Widya.

Sarenusa, J., Monoarfa S., dan

Meruntu, O.S. 2015.

Penerapan Model

Pembelajaran Kooperatif

Tipe Jigsaw dalam

Pembelajaran

Keterampilan Berbicara

Siswa Kelas X SMA

Negeri 2 Tondano. Jurnal

Fakultas Bahasa dan

Seni-Kompetensi. Vol 3,

No 2 (2015)

http://portalgaruda.fti.uni

sula.ac.id.

Sasongke, S.O., Mandang, F.H.,

danPalar W.R. 2015.

KemampuanSiswaKelas

VII SMP Negeri 2

BeodalamMenulisNarasi

denganMenggunakan

Media Gambar.

JurnalFakultas Bahasa

danSeni - Kompetensi.

Vol 3, No 2 (2015)

http://portalgaruda.fti.uni

sula.ac.id.

Sukmadinata, 2006. Metode

Penelitian Kualitatif.

Bandung: Graha Aksara.

Vol 1 No. 12 (2021) : KOMPETENSI : Jurnal Ilmiah Bahasa dan Seni

Tarigan, Henry Guntur. 2008.

Menulis Sebagai Suatu

Keterampilan Berbahasa.

Bandung: Angkasa.

Tumbol, Y., Djojosuroto, K.,

danWengkang, T.I. 2015.

KeterampilanMenulisPuisi

denganMediaGambarSisw

akelas VII SMP Negeri XI

Manado. JurnalFakultas

Bahasa danSeni -

Kompetensi. Vol 3, No 2

(2015)

http://portalgaruda.fti.unis

ula.ac.id

Downloads

Published

2022-12-15

How to Cite

Togas, G. F., Senduk, T. M., & Rotty, V. N. J. (2022). KEMAMPUAN MENYUSUN TEKS TANGGAPAN KRITIS SISWA KELAS IX SMP NEGERI 1 TOMOHON DENGAN MODEL PEMBELAJARAN EXAMPLE NON EXAMPLE. KOMPETENSI, 1(12), 986 - 1000. https://doi.org/10.53682/kompetensi.v1i12.3593