KEMAMPUAN MENYUSUN TEKS TANGGAPAN KRITIS SISWA KELAS IX SMP NEGERI 1 TOMOHON DENGAN MODEL PEMBELAJARAN EXAMPLE NON EXAMPLE
DOI:
https://doi.org/10.53682/kompetensi.v1i12.3593Keywords:
kemampuan; menulis; teks tanggapan kritis; model example non exampleAbstract
Tujuan penelitian ini adalah: 1 mendeskripsikan pembelajaran menulis teks
tanggapan kritis dengan model example non example pada siswa kelas IX SMP Negeri
1 Tomohon dan 2 mengetahui kemampuan siswa kelas IX SMP Negeri 1 Tomohon
menulis teks tanggapan kritis dengan model example non example Penelitian ini
menggunakan metode deskriptif analitik Sumber data penelitian ini adalah siswa
kelas IXb SMP Negeri 1 Tomohon yang berjumlah 31 orang Teknik pengumpulan
data menggunakan observasi dan tes Teknik analisis data menggunakan anlisis data
secara deskriptif untuk data pelaksanaan pembelajaran dan kuantitatif untuk data hasil
tes kemampuan siswa menulis teks tanggapan kritis dengan menggunakan rumus
persentase Berdasarkan hasil penelitian diperoleh hasil : 1 pembelajaran menulis teks
tanggapan kritis dengan model example non example cocok digunakan dalam
pembelajaan menulis teks tanggapan kritis pada siswa kelas IX SMP Negeri 1
Tomohon Pembelajaran model example non example yang menekankan penggunaan
media gambar dapat membantu siswa menemukan ide dan mengembangkan idu
tulisan menjadi teks yang utuh Model example non example jugadapat
menumbuhkan motivasi dan minat siswa dalam pembelajaran menulis dan 2
Kemampuan siswa kelas Kelas IXb menulis teks tanggapan kritis dengan model
example non example scara individual cukup tinggi Secara klasikal nilai rata rata
yang dicapai siswa adalah 85 61 atau berada pada kategori mampu Nilai rata rata
yang diperoleh siswa ini memenuhi melampaui ketuntasan minimal yakni 76 < p>
References
Ali Muhammad 1995
Penelitian Kependidikan
Prosedur dan Strategi
Bandung : Angkasa
Apriani Atik dan David
Indrianto 2010
Implementasi Model
Pembelajaran Example
Non Examples
Sumedang: FKIP PGMI
IKIP PGRI
Bruce Joyce Marsha Weil dan
Emily Calhoun 2009
Models of Teaching
Diterhemahkan oleh
Achmad Fawaid dan
Ateilla Mirza Englewood
Cliffs New Jersey :
Prentice Hall Inc
Vol 1 No 12 2021 : KOMPETENSI : Jurnal Ilmiah Bahasa dan Seni
Kemendikbud 2013 Buku Guru
Bahasa Indonesia Wahana
Pengetahuan
Jakarta:
Kemendikbud
Kurniadi Hary 2010
Pengertian model
pembelajaran Example Non
Example
http; www eurekapendidik
an com 2015 02 model pembelajaram example non example
Komalasari K 2010
Pembelajaran Kontekstual
Bandung: PT Refika
Aditama
Merpati M G Djojosuroto K
dan Wengkang T I
Penerapan Model
Kooperatif Tipe STAD
dalam Pembelajaran
Keterampilan Berbicara
pada Siswa Kelas VII
SMP Negeri 2 Tamako
Jurnal Fakultas Bahasa
dan Seni Kompetensi
Vol 1 No 3 2013
http: portalgaruda fti uni
sula ac id
Momongan K Y Paath R C
dan Meruntu O S 2015
Kemampuan Menulis
Karangan Deskripsi
Melalui Model Think
Pair Share TPS Siswa
Kleas XC SMA Kristen
Tomohon Jurnal
Fakultas Bahasa dan
Seni Kompetensi Vol 3
No 2 2015
http: portalgaruda fti uni
sula ac id
Mulyadi Yudi 2015 Bahasa
Indonesia untuk SMP MTS
kelas IX Bandung:
Yrama Widya
Sarenusa J Monoarfa S dan
Meruntu O S 2015
Penerapan Model
Pembelajaran Kooperatif
Tipe Jigsaw dalam
Pembelajaran
Keterampilan Berbicara
Siswa Kelas X SMA
Negeri 2 Tondano Jurnal
Fakultas Bahasa dan
Seni Kompetensi Vol 3
No 2 2015
http: portalgaruda fti uni
sula ac id
Sasongke S O Mandang F H
danPalar W R 2015
KemampuanSiswaKelas
VII SMP Negeri 2
BeodalamMenulisNarasi
denganMenggunakan
Media Gambar
JurnalFakultas Bahasa
danSeni Kompetensi
Vol 3 No 2 2015
http: portalgaruda fti uni
sula ac id
Sukmadinata 2006 Metode
Penelitian Kualitatif
Bandung: Graha Aksara
Vol 1 No 12 2021 : KOMPETENSI : Jurnal Ilmiah Bahasa dan Seni
Tarigan Henry Guntur 2008
Menulis Sebagai Suatu
Keterampilan Berbahasa
Bandung: Angkasa
Tumbol Y Djojosuroto K
danWengkang T I 2015
KeterampilanMenulisPuisi
denganMediaGambarSisw
akelas VII SMP Negeri XI
Manado JurnalFakultas
Bahasa danSeni
Kompetensi Vol 3 No 2
2015
http: portalgaruda fti unis
ula ac id