KEMAMPUAN MENYUSUN TEKS TANGGAPAN KRITIS SISWA KELAS IX SMP NEGERI 1 TOMOHON DENGAN MODEL PEMBELAJARAN EXAMPLE NON EXAMPLE
DOI:
https://doi.org/10.53682/kompetensi.v1i12.3593Keywords:
kemampuan; menulis; teks tanggapan kritis; model example non exampleAbstract
Tujuan penelitian ini adalah: (1) mendeskripsikan pembelajaran menulis teks
tanggapan kritis dengan model example non example pada siswa kelas IX SMP Negeri
1 Tomohon dan (2) mengetahui kemampuan siswa kelas IX SMP Negeri 1 Tomohon
menulis teks tanggapan kritis dengan model example non example. Penelitian ini
menggunakan metode deskriptif analitik. Sumber data penelitian ini adalah siswa
kelas IXb SMP Negeri 1 Tomohon yang berjumlah 31 orang. Teknik pengumpulan
data menggunakan observasi dan tes. Teknik analisis data menggunakan anlisis data
secara deskriptif untuk data pelaksanaan pembelajaran dan kuantitatif untuk data hasil
tes kemampuan siswa menulis teks tanggapan kritis dengan menggunakan rumus
persentase. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh hasil : 1) pembelajaran menulis teks
tanggapan kritis dengan model example non example cocok digunakan dalam
pembelajaan menulis teks tanggapan kritis pada siswa kelas IX SMP Negeri 1
Tomohon. Pembelajaran model example non example yang menekankan penggunaan
media gambar dapat membantu siswa menemukan ide dan mengembangkan idu
tulisan menjadi teks yang utuh. Model example non example jugadapat
menumbuhkan motivasi dan minat siswa dalam pembelajaran menulis dan 2)
Kemampuan siswa kelas Kelas IXb menulis teks tanggapan kritis dengan model
example non example scara individual cukup tinggi. Secara klasikal nilai rata-rata
yang dicapai siswa adalah 85,61 atau berada pada kategori mampu. Nilai rata-rata
yang diperoleh siswa ini memenuhi/melampaui ketuntasan minimal yakni 76.
References
Ali, Muhammad (1995).
Penelitian Kependidikan
Prosedur dan Strategi.
Bandung : Angkasa.
Apriani, Atik, dan David
Indrianto. 2010.
Implementasi Model
Pembelajaran Example
Non Examples.
Sumedang: FKIP PGMI.
IKIP PGRI.
Bruce, Joyce, Marsha Weil, dan
Emily Calhoun (2009).
Models of Teaching.
Diterhemahkan oleh
Achmad Fawaid dan
Ateilla Mirza. Englewood
Cliffs, New Jersey :
Prentice Hall, Inc.
Vol 1 No. 12 (2021) : KOMPETENSI : Jurnal Ilmiah Bahasa dan Seni
Kemendikbud. 2013. Buku Guru
Bahasa Indonesia Wahana
Pengetahuan.
Jakarta:
Kemendikbud.
Kurniadi, Hary. (2010).
Pengertian model
pembelajaran Example Non
Example
http;//www.eurekapendidik
an.com/2015/02/modelpembelajaram-examplenon-example
Komalasari, K. 2010.
Pembelajaran Kontekstual.
Bandung: PT. Refika
Aditama.
Merpati, M.G., Djojosuroto, K.,
dan Wengkang, T.I.
Penerapan Model
Kooperatif Tipe STAD
dalam Pembelajaran
Keterampilan Berbicara
pada Siswa Kelas VII
SMP Negeri 2 Tamako.
Jurnal Fakultas Bahasa
dan Seni-Kompetensi.
Vol 1, No 3 (2013)
sula.ac.id.
Momongan, K.Y., Paath, R.C.
dan Meruntu, O.S. 2015.
Kemampuan Menulis
Karangan Deskripsi
Melalui Model Think
Pair Share (TPS) Siswa
Kleas XC SMA Kristen
Tomohon. Jurnal
Fakultas Bahasa dan
Seni-Kompetensi. Vol 3,
No 2 (2015)
sula.ac.id.
Mulyadi, Yudi. (2015). Bahasa
Indonesia untuk SMP-MTS
kelas IX. Bandung:
Yrama Widya.
Sarenusa, J., Monoarfa S., dan
Meruntu, O.S. 2015.
Penerapan Model
Pembelajaran Kooperatif
Tipe Jigsaw dalam
Pembelajaran
Keterampilan Berbicara
Siswa Kelas X SMA
Negeri 2 Tondano. Jurnal
Fakultas Bahasa dan
Seni-Kompetensi. Vol 3,
No 2 (2015)
sula.ac.id.
Sasongke, S.O., Mandang, F.H.,
danPalar W.R. 2015.
KemampuanSiswaKelas
VII SMP Negeri 2
BeodalamMenulisNarasi
denganMenggunakan
Media Gambar.
JurnalFakultas Bahasa
danSeni - Kompetensi.
Vol 3, No 2 (2015)
sula.ac.id.
Sukmadinata, 2006. Metode
Penelitian Kualitatif.
Bandung: Graha Aksara.
Vol 1 No. 12 (2021) : KOMPETENSI : Jurnal Ilmiah Bahasa dan Seni
Tarigan, Henry Guntur. 2008.
Menulis Sebagai Suatu
Keterampilan Berbahasa.
Bandung: Angkasa.
Tumbol, Y., Djojosuroto, K.,
danWengkang, T.I. 2015.
KeterampilanMenulisPuisi
denganMediaGambarSisw
akelas VII SMP Negeri XI
Manado. JurnalFakultas
Bahasa danSeni -
Kompetensi. Vol 3, No 2
(2015)
ula.ac.id
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.