STRATEGI GURU DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI SISWA PADA PEMBELAJARAN SENI MUSIK MATERI TANGGA NADA DI SMP NEGERI 2 BITUNG
DOI:
https://doi.org/10.53682/kompetensi.v1i12.3594Keywords:
Strategi; Motivasi; Tangga NadaAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan tentang
pembelajaran seni musik dengan materi tangga nada mayor di SMP Negeri 2
Bitung Alasan pemilihan judul penelitian ini adalah didasarkan pada pemahaman
bahwa dalam kegiatan pembelajaran seni music dengan materi tangga nada mayor
guru berupaya menerapkan metode dan strategi tertentu untuk memotivasi siswa
dalam kegiatan pembelajaran Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini
adalah pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif Teknik pengumpulan data
dalam penelitian ini adalah teknik observasi wawancara dan dokumentasi Data
diperiksa dengan teknik pemeriksaan keabsahan data kemudian data dianalisis
dengan cara reduksi data penyajian data dan verifikasi Hasil penelitian ini
menunjukkan bahwa strategi guru dalam memotivasi siswa pada pembelajaran seni
musik materi tangga nada mayor masih menggunakan strategi yang lazim
digunakan yaitu dengan memadukan strategi penggunaan metode dan media dalam
pembelajaran musik Metode metode tersebut yaitu metode ceramah dan tanya
jawab metode demonstrasi metode latihan dan metode tugas Metode metode
tersebut masing masing memiliki 2 tahapan yaitu tahap persiapan dan tahap
pelaksanaan Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan pelaksanaan
pembelajaran telah berlangsung dengan baik oleh karena penggunaan media dan
strategi strategi yang diterapkan guru sehingga memungkinkan siswa termotivasi
untuk mempelajari materi dengan baik Meskipun proses pembelajaran Tangga
Nada belum menunjukkan hasil dan aktivitas belajar siswa yang benar benar
optimal hal tersebut terjadi karena guru masih menggunakan metode ceramah
sehingga siswa cenderung bosan dan sulit untuk memahami materi yang
disampaikan guru Motivasi belajar siswa mengalami peningkatan setelah guru
menggunakan metode pembelajaran Langsung dan Kooperatif dengan bantuan alat
musik Pianika sebagai pengganti metode ceramah yang selama ini telah
dilaksanakan Berdasarkan kesimpulan maka saran saran peneliti adalah sebagai
berikut: Siswa meningkatkan kreativitas bermain alat musik baik individual
maupun kelompok guru pengajar menggunakan metode yang tepat < p>
References
Andi Prastowo 2012 Metode Penelitian
Kualitatif: Dalam Perspektif
Rancangan Penelitian Yogyakarta:
Ar Ruzz Media h 204 205
Bimo Walgito Pengantar psikologi umum
Yogyakarta: Andi 2004 hal 166
Binti Maunah Landasan Pendidikan
Yogyakarta: Teras 2009 hal 151
Hamzah B Uno Profesi Kependidikan:
Problema Solusi dan Reformasi
Pendidikan di Indonesia Jakarta:
Bumi Aksara 2012 hal 17
Hamzah B Uno Teori Motivasi dan
Pengukurannya Analisis di Bidang
Pendidikan Jakarta: Bumi Aksara
hal 23
Herman Hudojo Pengembangan Kurikulum
dan Pembelajaran Matematika
Malang: Universitas Negeri Malang
hal 71
Jamil Suprihatiningrum Guru Profesional
Pedoman Kinerja Kualifikasi dan
Kompetensi Guru Jogjakarta: Ar Ruzz Media 2014 hal 27
Keke T Aritonang Jurnal Pendidikan
Penabur: Minat dan Motivasi dalam
Meningkatkan Hasil Belajar Siswa
Jakarta: SMPK 1 BPK PENABUR
Jakarta 2008 hal 14
Kompri Motivasi Pembelajaran Perspektif
Guru dan Siswa Bandung: PT
Remaja Rosdakarya 2016 hal 231
Lexy J Moelong 2002 Metodologi
Penelitian Kualitatif Bandung:
Remaja Rosdakarya h 3
Martono Strategi Pembelajaran Pengantar
Kajian Pembelajaran Efektif Jurnal
Visi Ilmu Pendidikan Pdf hal 371
Matthew B Miles A Michael Huberman:
Penerjemah Tjetjep Rohandi Rohadi
2007 Analisis Data Kualitatif
Jakarta:Universitas Indonesia Press h
Muh Uzer Usman Menjadi Guru
Profesional Bandung: PT Remaja
Rosdakarya 2008 hal 4
Vol 1 No 12 2021 : KOMPETENSI : Jurnal Ilmiah Bahasa dan Seni
Muhammad Fathurrohman dan Sulistyorini
Belajar dan Pembelajaran
Yogyakarta: Teras 2012 hal 77
Muhammad Samsul Triyo Tarbiyah
Qur aniyah Malang: UIN Malang
Press 2006 hal 64 65
Mulyasa Menjadi Guru Profesional:
Menciptakan Pembelajaran Kreatif
dan Menyenangkan Bandung: PT
Remaja Rosdakarya 2015 hal 37
Nana Saodih Sukmadinata 2008 Metode
Penelitian Pendidikan Bandung Rosda
Karya h 12
Nana Sudjana Dasar dasar Proses Belajar
Mengajar Bandung: Algesindo
hal 15
Ngainun Naim Menjadi Guru Inspiratif
Yogyakarta: Pustaka Pelajar 2009
hal 1
Ngalim Purwanto Psikologi Pendidikan
Bandung: PT Remaja Rosdakarya
hal 72
Ngalim Purwanto Psikologi Pendidikan
Bandung: PT Remaja Rosdakarya
hal 84 85
Nuri Ramadhan Tugas Peran Kompetensi
dan Tanggungjawab menjadi Guru
Profesional: Prosiding Seminar
Nasional Tahunan Fakultas Ilmu
Sosial Universitas Negeri Medan
Tahun 2017 Jurnal hal 372 pdf
Oemar Hamalik Dasar Dasar
Pengembangan Kurikulum Bandung:
PT Remaja Rosdakarya 2007 hlal
Sardiman Interaksi dan Motivasi Belajar
Mengajar Jakarta: PT RajaGrafindo
Persada 2007 hal 73
Slameto Belajar dan Faktor Faktor yang
Mempengaruhinya Jakarta: Rineka
Cipta 2003 hal 5
Suharsimi Arikunto 2010 Prosedur
Penelitian Suatu Pendekatan Praktik
Jakarta: Rineka Cipta hal 172
Syaiful Bahri Djamarah Psikologi Belajar
Jakarta: Rineka Cipta 2011 hal 200
Undang Undang Republik Indonesia Nomor
Tahun 2003 Tentang Sistem
Pendidikan Nasional
Wina Sanjaya Strategi Pembelajaran
Berorientasi Standar Proses
Pendidikan Jakarta: Kencana 2007
hal 110
Yatim Riyanto Paradigma Baru
Pembelajaran Jakarta: Prenada
Media Group 2010 hal 5
Zainal Asril Micro Teaching: Disertasi
dengan Pedoman Pengalaman
Lapangan Jakarta: Rajawali Pers
hal 13