STRATEGI GURU DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI SISWA PADA PEMBELAJARAN SENI MUSIK MATERI TANGGA NADA DI SMP NEGERI 2 BITUNG

Authors

DOI:

https://doi.org/10.53682/kompetensi.v1i12.3594

Keywords:

Strategi; Motivasi; Tangga Nada

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan tentang
pembelajaran seni musik dengan materi tangga nada mayor di SMP Negeri 2
Bitung Alasan pemilihan judul penelitian ini adalah didasarkan pada pemahaman
bahwa dalam kegiatan pembelajaran seni music dengan materi tangga nada mayor
guru berupaya menerapkan metode dan strategi tertentu untuk memotivasi siswa
dalam kegiatan pembelajaran Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini
adalah pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif Teknik pengumpulan data
dalam penelitian ini adalah teknik observasi wawancara dan dokumentasi Data
diperiksa dengan teknik pemeriksaan keabsahan data kemudian data dianalisis
dengan cara reduksi data penyajian data dan verifikasi Hasil penelitian ini
menunjukkan bahwa strategi guru dalam memotivasi siswa pada pembelajaran seni
musik materi tangga nada mayor masih menggunakan strategi yang lazim
digunakan yaitu dengan memadukan strategi penggunaan metode dan media dalam
pembelajaran musik Metode metode tersebut yaitu metode ceramah dan tanya
jawab metode demonstrasi metode latihan dan metode tugas Metode metode
tersebut masing masing memiliki 2 tahapan yaitu tahap persiapan dan tahap
pelaksanaan Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan pelaksanaan
pembelajaran telah berlangsung dengan baik oleh karena penggunaan media dan
strategi strategi yang diterapkan guru sehingga memungkinkan siswa termotivasi
untuk mempelajari materi dengan baik Meskipun proses pembelajaran Tangga
Nada belum menunjukkan hasil dan aktivitas belajar siswa yang benar benar
optimal hal tersebut terjadi karena guru masih menggunakan metode ceramah
sehingga siswa cenderung bosan dan sulit untuk memahami materi yang
disampaikan guru Motivasi belajar siswa mengalami peningkatan setelah guru
menggunakan metode pembelajaran Langsung dan Kooperatif dengan bantuan alat
musik Pianika sebagai pengganti metode ceramah yang selama ini telah
dilaksanakan Berdasarkan kesimpulan maka saran saran peneliti adalah sebagai
berikut: Siswa meningkatkan kreativitas bermain alat musik baik individual
maupun kelompok guru pengajar menggunakan metode yang tepat < p>

References

Andi Prastowo 2012 Metode Penelitian

Kualitatif: Dalam Perspektif

Rancangan Penelitian Yogyakarta:

Ar Ruzz Media h 204 205

Bimo Walgito Pengantar psikologi umum

Yogyakarta: Andi 2004 hal 166

Binti Maunah Landasan Pendidikan

Yogyakarta: Teras 2009 hal 151

Hamzah B Uno Profesi Kependidikan:

Problema Solusi dan Reformasi

Pendidikan di Indonesia Jakarta:

Bumi Aksara 2012 hal 17

Hamzah B Uno Teori Motivasi dan

Pengukurannya Analisis di Bidang

Pendidikan Jakarta: Bumi Aksara

hal 23

Herman Hudojo Pengembangan Kurikulum

dan Pembelajaran Matematika

Malang: Universitas Negeri Malang

hal 71

Jamil Suprihatiningrum Guru Profesional

Pedoman Kinerja Kualifikasi dan

Kompetensi Guru Jogjakarta: Ar Ruzz Media 2014 hal 27

Keke T Aritonang Jurnal Pendidikan

Penabur: Minat dan Motivasi dalam

Meningkatkan Hasil Belajar Siswa

Jakarta: SMPK 1 BPK PENABUR

Jakarta 2008 hal 14

Kompri Motivasi Pembelajaran Perspektif

Guru dan Siswa Bandung: PT

Remaja Rosdakarya 2016 hal 231

Lexy J Moelong 2002 Metodologi

Penelitian Kualitatif Bandung:

Remaja Rosdakarya h 3

Martono Strategi Pembelajaran Pengantar

Kajian Pembelajaran Efektif Jurnal

Visi Ilmu Pendidikan Pdf hal 371

Matthew B Miles A Michael Huberman:

Penerjemah Tjetjep Rohandi Rohadi

2007 Analisis Data Kualitatif

Jakarta:Universitas Indonesia Press h

Muh Uzer Usman Menjadi Guru

Profesional Bandung: PT Remaja

Rosdakarya 2008 hal 4

Vol 1 No 12 2021 : KOMPETENSI : Jurnal Ilmiah Bahasa dan Seni

Muhammad Fathurrohman dan Sulistyorini

Belajar dan Pembelajaran

Yogyakarta: Teras 2012 hal 77

Muhammad Samsul Triyo Tarbiyah

Qur aniyah Malang: UIN Malang

Press 2006 hal 64 65

Mulyasa Menjadi Guru Profesional:

Menciptakan Pembelajaran Kreatif

dan Menyenangkan Bandung: PT

Remaja Rosdakarya 2015 hal 37

Nana Saodih Sukmadinata 2008 Metode

Penelitian Pendidikan Bandung Rosda

Karya h 12

Nana Sudjana Dasar dasar Proses Belajar

Mengajar Bandung: Algesindo

hal 15

Ngainun Naim Menjadi Guru Inspiratif

Yogyakarta: Pustaka Pelajar 2009

hal 1

Ngalim Purwanto Psikologi Pendidikan

Bandung: PT Remaja Rosdakarya

hal 72

Ngalim Purwanto Psikologi Pendidikan

Bandung: PT Remaja Rosdakarya

hal 84 85

Nuri Ramadhan Tugas Peran Kompetensi

dan Tanggungjawab menjadi Guru

Profesional: Prosiding Seminar

Nasional Tahunan Fakultas Ilmu

Sosial Universitas Negeri Medan

Tahun 2017 Jurnal hal 372 pdf

Oemar Hamalik Dasar Dasar

Pengembangan Kurikulum Bandung:

PT Remaja Rosdakarya 2007 hlal

Sardiman Interaksi dan Motivasi Belajar

Mengajar Jakarta: PT RajaGrafindo

Persada 2007 hal 73

Slameto Belajar dan Faktor Faktor yang

Mempengaruhinya Jakarta: Rineka

Cipta 2003 hal 5

Suharsimi Arikunto 2010 Prosedur

Penelitian Suatu Pendekatan Praktik

Jakarta: Rineka Cipta hal 172

Syaiful Bahri Djamarah Psikologi Belajar

Jakarta: Rineka Cipta 2011 hal 200

Undang Undang Republik Indonesia Nomor

Tahun 2003 Tentang Sistem

Pendidikan Nasional

Wina Sanjaya Strategi Pembelajaran

Berorientasi Standar Proses

Pendidikan Jakarta: Kencana 2007

hal 110

Yatim Riyanto Paradigma Baru

Pembelajaran Jakarta: Prenada

Media Group 2010 hal 5

Zainal Asril Micro Teaching: Disertasi

dengan Pedoman Pengalaman

Lapangan Jakarta: Rajawali Pers

hal 13

Downloads

Published

2022-12-15

How to Cite

STRATEGI GURU DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI SISWA PADA PEMBELAJARAN SENI MUSIK MATERI TANGGA NADA DI SMP NEGERI 2 BITUNG. (2022). KOMPETENSI, 1(12), 1001 1008. https://doi.org/10.53682/kompetensi.v1i12.3594