PEMBELAJARAN MENULIS CERITA FABEL MELALUI PEMBELAJARAN TUNTASSISWA KELAS VII SMP NEGERI I TONDANO
DOI:
https://doi.org/10.53682/kompetensi.v2i06.4584Abstract
Penelitian ini ialah untuk mendeskripsikan kemampuan siswa Kelas VII A SMP Negeri I Tondano dalam menuliskan kembali cerita fabel dengan menggunakan model pembelajaran tuntas dan mendeskripsikan penerapan model pembelajaran tuntas dalam pembelajaran menuliskan kembali cerita fabel pada siswa Kelas VII A SMP Negeri I Tondano Metode yang digunakan dalam penelitian ini ialah metode kualitatif dan kuantitatif Sumber daya penelitian ialah Siswa Kelas VII A SMP Negeri I Tondano yang berjumlah 15 siswa Untuk mengumpulkan data teknik yang digunakan adalah : observasi dan tes Untuk menganalisis data teknik yang digunakan ialah teknik persentase Hasil penelitian menunjukkan: 1 Siswa kelas VII A SMP Negeri I Tondano tergolong cukup mampu dalam menceritakan kembali isi teks fabel yang berjudul sesama saudara harus berbagi karena nilai rata rata kelas yang diperoleh adalah 77 06 2 Dari dua aspek yang dinilai yaitu aspek struktur teks dan aspek kebahasaan; nilai rata kelas yang diperoleh adalah 80 99 untuk struktur teks dan 73 66 untuk aspek kebahasaan 3 Model pembelajaran tuntas hanya dapat memaksimalkan aspek pemahaman siswa terhadap struktur teks fabel lebih khusus lagi aspek resolusi dan koda < p>
References
Djojosuroto K dkk 2009 Teori Apresiasi dan Pembelajaran Prosa Jakarta Bumi Aksara
Haryati 2007 Pembelajaran Dongeng Jakarta Universitas Muhammadya
Harsiyati T 2017 Bahasa Indonesia Jakarta : Yudhistira
Kurniasi dkk 2014 Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Sesuai K 13 Jakarta Katapena
Maru Mister Gidion et all 2018 Children s Story Books: Introducing Cultural Hybridity Shaping Intercultural Sensitivity for Foreign Language Young Learners An Observation to Gramedia Books in 2017 Proceedings of the 1st International Conference on Social Sciences ICSS 2018 Atlantis Press No 226 Pp 894 899
Maru Mister Gidion 2020 Menulis Esai dalam Bahasa Inggris: Rubrik dan Penilaiannya A Brief Guide to Essay Writing Desolupublisher Yogyakarta
Musyarofah Lailatul Setiawan Slamet Maru Mister G 2020 EFL Thesis Writing: Revealing the Supervisor s and Supervisee s Attitudes toward the Written Feedback Asian EFL Journal Vol 28 no 1 4 Pp 225 250
Moleong S 1989 Metodologi Penelitian Kualitatif Bandung Remaja Karya
Pagora H P Paath R C Meruntu O S 2015 Kemampuan Membaca Paragraf dengan Model Pembelajaran Inkuiri Siswa Kelas X SMA Negeri 2 Tondano Jurnal Kompetensi Fakultas Bahasa dan Seni Vol 3 No 1 2015 http: portalgaruda fti unisula ac id
Polouan S M Djojosuroto K dan Polii J I 2014 Kemampuan Menentukan Nilai Noral dalam Fabel Anoa dan Tikus Melalui Model Pembelajaran Think Pair Share Siswa Kelas VII SMP Kristen Lolah Jurnal Fakultas Bahasa dan Seni Kompetensi Vol 2 No2 2014 http: portalgaruda fti unisula ac id
Surana 2001 Nilai Luhur Dalam Cerita Rakyat Makalah Internasional Jakarta
Wena Made 2010 Strategi Pembelajaran Inovatif Kontemporer Jakarta : Bumi Aksara
Tumbol Y Djojosuroto K Wengkang T I 2015 Keterampilan Menulis Puisi dengan Menggunakan Media Gambar Siswa Kelas VII SMP Negeri XI Manado Jurnal Fakultas Bahasa dan Seni Kompetensi Vol 3 No 1 2015
http: portalgaruda fti unisula ac id
Suwarsono V S Pangemanan N J Meruntu O S 2020 Nilai nilai Pendidikan Karakter dalam Dongeng Mamanua dan Walansendow dan Burung Kekekow yang Malang dan Implikasinya bagi Pembelajaran Sastra di Sekolah Jurnal BAHTRA Jurusan Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Vol 1 No 2 Tahun 2020 Desember Ejournal unima ac id Php indeks bahtra