PEMBELAJARAN MENULIS CERITA FABEL MELALUI PEMBELAJARAN TUNTASSISWA KELAS VII SMP NEGERI I TONDANO
DOI:
https://doi.org/10.53682/kompetensi.v2i06.4584Abstract
Penelitian ini ialah untuk mendeskripsikan kemampuan siswa Kelas VII A SMP Negeri I Tondano dalam menuliskan kembali cerita fabel dengan menggunakan model pembelajaran tuntas dan mendeskripsikan penerapan model pembelajaran tuntas dalam pembelajaran menuliskan kembali cerita fabel pada siswa Kelas VII A SMP Negeri I Tondano.Metode yang digunakan dalam penelitian ini ialah metode kualitatif dan kuantitatif. Sumber daya penelitian ialah Siswa Kelas VII A SMP Negeri I Tondano yang berjumlah 15 siswa. Untuk mengumpulkan data teknik yang digunakan adalah : observasi dan tes. Untuk menganalisis data teknik yang digunakan ialah teknik persentase. Hasil penelitian menunjukkan: 1) Siswa kelas VII A SMP Negeri I Tondano tergolong ‘cukup mampu’ dalam menceritakan kembali isi teks fabel yang berjudul “sesama saudara harus berbagi’ karena nilai rata-rata kelas yang diperoleh adalah 77,06 %. 2) Dari dua aspek yang dinilai yaitu aspek struktur teks dan aspek kebahasaan; nilai rata kelas yang diperoleh adalah 80,99% untuk struktur teks dan 73,66 % untuk aspek kebahasaan. 3) Model pembelajaran tuntas hanya dapat memaksimalkan aspek pemahaman siswa terhadap struktur teks fabel lebih khusus lagi aspek resolusi dan koda.
References
Djojosuroto, K, dkk, 2009. Teori, Apresiasi dan Pembelajaran Prosa. Jakarta Bumi Aksara.
Haryati. 2007. Pembelajaran Dongeng. Jakarta, Universitas Muhammadya
Harsiyati, T. 2017. Bahasa Indonesia. Jakarta : Yudhistira.
Kurniasi, dkk. 2014. Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Sesuai K-13. Jakarta Katapena.
Maru, Mister Gidion, et.all.. (2018). Children’s Story Books: Introducing Cultural Hybridity, Shaping Intercultural Sensitivity for Foreign Language Young Learners (An Observation to Gramedia Books in 2017). Proceedings of the 1st International Conference on Social Sciences (ICSS 2018). Atlantis Press. No 226. Pp 894-899
Maru, Mister Gidion. (2020). Menulis Esai dalam Bahasa Inggris: Rubrik dan Penilaiannya (A Brief Guide to Essay Writing). Desolupublisher. Yogyakarta
Musyarofah, Lailatul. Setiawan, Slamet. Maru, Mister G. (2020) EFL Thesis Writing: Revealing the Supervisor’s and Supervisee’s Attitudes toward the Written Feedback. Asian EFL Journal Vol 28.no 1.4, Pp. 225-250
Moleong, S. 1989. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung. Remaja Karya.
Pagora, H.P., Paath, R. C., & Meruntu, O.S. 2015. Kemampuan Membaca Paragraf dengan Model Pembelajaran Inkuiri Siswa Kelas X SMA Negeri 2 Tondano. Jurnal Kompetensi Fakultas Bahasa dan Seni. Vol 3, No 1 (2015). http://portalgaruda.fti.unisula.ac.id.
Polouan, S.M,. Djojosuroto, K., dan Polii J.I. 2014. Kemampuan Menentukan Nilai Noral dalam Fabel Anoa dan Tikus Melalui Model Pembelajaran Think Pair Share Siswa Kelas VII SMP Kristen Lolah. Jurnal Fakultas Bahasa dan Seni-Kompetensi. Vol 2, No2, (2014). http://portalgaruda.fti.unisula.ac.id.
Surana, 2001. Nilai Luhur Dalam Cerita Rakyat. Makalah Internasional Jakarta.
Wena, Made. 2010. Strategi Pembelajaran Inovatif Kontemporer. Jakarta : Bumi Aksara.
Tumbol Y. Djojosuroto, K., Wengkang T.I. 2015. Keterampilan Menulis Puisi dengan Menggunakan Media Gambar Siswa Kelas VII SMP Negeri XI Manado. Jurnal Fakultas Bahasa dan Seni-Kompetensi. Vol 3, No 1 (2015).
http://portalgaruda.fti.unisula.ac.id
Suwarsono, V.S., Pangemanan, N.J., Meruntu, O.S. 2020. Nilai-nilai Pendidikan Karakter dalam Dongeng “Mamanua dan Walansendow” dan “Burung Kekekow yang Malang” dan Implikasinya bagi Pembelajaran Sastra di Sekolah. Jurnal BAHTRA Jurusan Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia. Vol 1, No.2 Tahun 2020. Desember. Ejournal.unima.ac.id/Php/indeks/bahtra.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 KOMPETENSI

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.