PEMBELAJARAN MENULIS TEKS NARASI DENGAN MODEL KOOPERATIF THINK PAIR SHARE PADA SISWA KELAS IX SMP
DOI:
https://doi.org/10.53682/kompetensi.v2i06.4695Abstract
Tujuan yang hendak dicapai dalam penelitian ini adalah 1 Mendeskripsikan penerapan model pembelajaran kooperatif think pair share< em>dalam menulis teks narasisiswa kelas IX E SMP Negeri 4 Tondano; 2 Mendeskripsikan kemampuan menulis teks narasi dengan menggunakan model kooperatif think pair share < em>pada siswa kelas IX E SMP Negeri 4 Tondano Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif yang dilakukan pada kondisi yang alamiah dengan menggunakan persentase Data penelitian dilakukan melalui observasi wawancara dan tes Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan sesuai dengan hasil kegiatan praktik dengan menggunakan model kooperatif think pair share< em>yang mencakup unsur unsur teks narasi yaitu tema latar penokohan dan alur dikategorikan mampu dalam pembelajaran menulis teks narasi dengan rincian nilai rata rata yang diperoleh siswa yaitu 81< p>
References
Agustina A 2021 Peningkatan Prestasi Belajar Siswa pada Pelajaran Bahasa Indonesia Materi Menulis Teks Resensi dengan Menerapkan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share TPS di Kelas XI MIPA 1 SMAN 2 Bolo Semester II Tahun Pelajaran 2020 2021 Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Indonesia JPPI 1 2 316 327
Ali Mohammad 1987 Penelitian Kependidikan Prosedur dan Strategi Bandung: Angkasa
B Uno Hamzah dan Nurdin Mohamad 2011 Belajar dengan Pendekatan PAIKEM Depdiknas 2001
Cahyaningrum F Andayani A Saddhono K 2018 Peningkatan keterampilan menulis argumentasi melalui model think pair share dan media audiovisual pada siswa kelas X 10 SMA Negeri Kebakkramat Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan 3 1 44 55
Eriyanto 2001 Analisis Wacana: Pengantar Analisis Teks Media Yogyakarta: LKis Group
Kamus Besar Bahasa Indonesia Jakarta; Balai Pustaka
Karimang N E Ratu D Pangemanan N 2020 Pembelajaran Menulis Teks Narasi Editorial Melalui Penerapan Strategi Pemodelan Pada Siswa Kelas XII SMA Negeri 1 Tahuna
Melisa J Halidjah S Kartono K 2020 Pengaruh Model Pembelajaran Think Pair Share Terhadap Hasil Belajar Menggali Informasi Penting Teks Narasi Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa 9 12
Maru Mister Gidion et all 2021 The Internet Use for Autonomous Learning During COVID 19 Pandemic and its Hindrances International Journal of Interactive Mobile Technologies iJIM Vol 15 No 18 PP 65 79
Maru M G 2009 Engaging Literary Text to Language Exposures for Foreign English Learners International Conference on TEFL COTEFL in Muhammadiyah University
Maru Mister Gidion Nur Sahril Lengkoan Fergina 2020 Applying Video for Writing Descriptive Text in Senior High School in the Covid 19 Pandemic Transition International Journal of Language Education IJoLE No 04 Vol 03
Moleong K 2005 Metode Penelitian Deskriptif Kualitatif Sidoarjo: Masmedia Buana
Rahayudianti S N A P Sastromiharjo A Yulianeta Y 2018 Penerapan Metode Pembelajaran Think Pair and Share dalam Pembelajaran Menulis Teks Berita MIMBAR PENDIDIKAN 3 1 73 84
Soelaiman 2007 Manajemen Kinerja; langkah efektif untuk membangun mengendalikan dan evaluasi kinerja cetakan kedua Jakarta: PT Intermedia Personalia Utama
Winata Putra 1996 Belajar dan Pembelajaran Dep P K Dirjen PDM Bagian Proyek Penataran Guru SLTP Setara Pengantar D III 1996 1997