PEMBELAJARAN MENULIS TEKS NARASI DENGAN MODEL KOOPERATIF THINK PAIR SHARE PADA SISWA KELAS IX SMP
DOI:
https://doi.org/10.53682/kompetensi.v2i06.4695Abstract
Tujuan yang hendak dicapai dalam penelitian ini adalah (1) Mendeskripsikan penerapan model pembelajaran kooperatif think pair sharedalam menulis teks narasisiswa kelas IX E SMP Negeri 4 Tondano; (2) Mendeskripsikan kemampuan menulis teks narasi dengan menggunakan model kooperatif think pair share pada siswa kelas IX E SMP Negeri 4 Tondano. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif yang dilakukan pada kondisi yang alamiah dengan menggunakan persentase. Data penelitian dilakukan melalui observasi, wawancara dan tes. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan sesuai dengan hasil kegiatan praktik dengan menggunakan model kooperatif think pair shareyang mencakup unsur-unsur teks narasi yaitu tema, latar, penokohan dan alur dikategorikan mampu dalam pembelajaran menulis teks narasi dengan rincian nilai rata-rata yang diperoleh siswa yaitu 81
References
Agustina, A. (2021). Peningkatan Prestasi Belajar Siswa pada Pelajaran Bahasa Indonesia Materi Menulis Teks Resensi dengan Menerapkan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share (TPS) di Kelas XI MIPA 1 SMAN 2 Bolo Semester II Tahun Pelajaran 2020/2021. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Indonesia (JPPI), 1(2), 316-327.
Ali. Mohammad. (1987). Penelitian Kependidikan Prosedur dan Strategi. Bandung: Angkasa.
B.Uno, Hamzah dan Nurdin Mohamad. (2011). Belajar dengan Pendekatan PAIKEM Depdiknas. 2001.
Cahyaningrum, F., Andayani, A., & Saddhono, K. (2018). Peningkatan keterampilan menulis argumentasi melalui model think pair share dan media audiovisual pada siswa kelas X-10 SMA Negeri Kebakkramat. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 3(1), 44-55.
Eriyanto. (2001). Analisis Wacana: Pengantar Analisis Teks Media. Yogyakarta: LKis Group
Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta; Balai Pustaka.
Karimang N.E., Ratu D., & Pangemanan N (2020). Pembelajaran Menulis Teks Narasi Editorial Melalui Penerapan Strategi Pemodelan Pada Siswa Kelas XII SMA Negeri 1 Tahuna
Melisa, J., Halidjah, S., & Kartono, K. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Think Pair Share Terhadap Hasil Belajar Menggali Informasi Penting Teks Narasi. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa, 9(12).
Maru, Mister Gidion et.all. (2021). The Internet Use for Autonomous Learning During COVID-19 Pandemic and its Hindrances. International Journal of Interactive Mobile Technologies (iJIM) Vol 15, No 18. PP.65-79
Maru, M. G. 2009. Engaging Literary Text to Language Exposures for Foreign English Learners. International Conference on TEFL/COTEFL in Muhammadiyah University.
Maru, Mister Gidion, Nur, Sahril, Lengkoan, Fergina. (2020). Applying Video for Writing Descriptive Text in Senior High School in the Covid-19 Pandemic Transition. International Journal of Language Education (IJoLE). No 04, Vol 03.
Moleong K. (2005). Metode Penelitian Deskriptif Kualitatif. Sidoarjo: Masmedia Buana.
Rahayudianti, S. N. A. P., Sastromiharjo, A., & Yulianeta, Y. (2018). Penerapan Metode Pembelajaran Think, Pair, and Share dalam Pembelajaran Menulis Teks Berita. MIMBAR PENDIDIKAN, 3(1), 73-84.
Soelaiman, 2007. Manajemen Kinerja; langkah efektif untuk membangun,mengendalikan dan evaluasi kinerja, cetakan kedua, Jakarta: PT Intermedia Personalia Utama
Winata Putra. 1996. Belajar dan Pembelajaran. Dep. P & K Dirjen PDM Bagian Proyek Penataran Guru SLTP Setara Pengantar D-III 1996/1997.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 KOMPETENSI

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.