PENGGUNAAN DIKSI DALAM MEDIA SOSIAL FACEBOOK DAN IMPLIKASINYA DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DI SMP

Authors

  • Kenny Gloria Runtu Universitas Negeri Manado
  • Donal Mateos Ratu Universitas Negeri Manado
  • Wimsje Revlin Palar Universitas Negeri Manado

DOI:

https://doi.org/10.53682/kompetensi.v2i03.4752

Keywords:

diksi, media sosial, Facebook

Abstract

Penelitian ini mengkaji tentang jenis diksi dan makna diksi yang dipakai
dalam unggahan status Facebook oleh masyarakat Kelurahan Kayawu
Kota Tomohon serta implikasinya terhadap pembelajaran bahasa
Indonesia di SMP. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif.
Sumber data penelitian ini adalah media sosial Facebook masyarakat
Kelurahan Kayawu Kota Tomohon. Teknik penelitian yang digunakan
dalam penelitian ini adalah teknik dokumentasi dan wawancara..
Berdasarkan hasil penelitian diperoleh juga temuan jenis diksi yang
digunakan dalam unggahan status Facebook oleh masyarakat Kelurahan
Kayawu Kota Tomohon. Dalam 20 status yang diunggah oleh masyarakat
Kelurahan Kayawu Kota Tomohon pada bulan Maret sampai dengan
April, peneliti menemukan ada 9 jenis diksi yang dipakai. Jenis diksi
yang dipakai dalam status Facebook antara lain kata bersinonim, kata
asing, kata serapan, kata tidak baku, kata umum, kata ilmiah, kata slang,
kata jargon, kata populer dan kata konotasi. Dengan adanya temuan ini,
menandakan bahwa belajar diksi tidak selamanya hanya bersumber dari
buku teks pelajaran saja, tetapi bisa juga memanfaatkan media sosial
facebook, karena nyatanya terdapat beragam diksi yang dipakai oleh
pengguna media sosial Facebook ketika mengunggah status untuk
mengutarakan apa yang sedang dipikirkan, dirasakan dan diinginkan oleh
setiap pengguna media sosial Facebook. Dengan demikian dapat
ditegaskan bahwa media sosial Facebook dapat dijadikan salah satu
alternatif pembelajaran bagi siswa mengenai jenis-jenis diksi yang ada.

References

Al-Fatih, A. F. 2011. Pengaruh

enggunaan Facebook

Terhadap Minat Belajar

Siswa Kelas VI Pada

Pelajaran Pendidikan Agama

Islam dI SMP Bakti Mulya

Jakarta Selatan. Jakarta:

Universitas Islam Negeri

Syarif Hidayatulah.

Faizah, R. 2015. Penggunaan Diksi

dalam Media Sosial Facebook

dan Implikasinya dalam

Pembelajaran Bahasa dan

Sastra Indonesia di SMP.

Jakarta: Universitas Islam

Negeri Jakarta.

Hermita, M. 2016. Pengaruh

Penguasaan Diksi Terhadap

Keterampilan Menulis Puisi

Baru pada Siswa Kelas V SDN

Mangkang Wetan 02

Semarang. Semarang :

Universitas Negeri Semarang.

Ibeng, P. 2021. Diksi : Pengertian,

Syarat, Ciri, Fungsi, Manfaat,

Jenis dan Contoh.

https://pendidikan.co.id/diksi/

Kasita, B. S. 2017. Analisis

Penggunaan Diksi pada

Karangan Guru-Guru SD

Kabupaten Mahakam Ulu

Kalimantan Timur pada

Tahun 2015". yogyakarta:

universitas sanata dharma

yogyakarta.

Keraf, Gorys. 2010. Diksi dan Gaya

Bahasa. Jakarta: Gramedia.

Kurniawan, A. 2021. PengertianMedia-Sosial. Diambil

kembali dari guru

pendidikan.co.id:

https://www.gurupendidikan.

co.id

Naa, S. R., Pesik N & Senduk T.

Penggunaan Bahasa

Tountemboan di Desa Beringin

Kecamatan Ranoyapo Kabupaten

Minahasa Selatan. Jurnal

KOMPETENSI FBS Unima. Vol 1,

No 12, (2021).

Ejournal.unima.ac.id.

Nurjanah. 2019. Penggunaan Dikai

dalam Aplikasi Whatsapp. Sumatera:

Universitas Muhammadiyah

Sumatera Utara.

Setiawan, S. 2021. Diksi ( Pilihan

Kata ) Pengertian Dan (

Fungsi – Syarat – Contoh).

diambil kembali dari

gurupendidikan:

https://www.gurupendidikan.

co.id/diksi/

Siadari, C. 2015. Pengertian Diksi.

Retrieved dari kumpulan

pengertian:

https://www.kumpulanpenger

tian.com/2015/05/pengertiandiksi.html

Suwarsono, Rahmawati. 2022. Nilai

Pendidikan Antikorupsi

dalam Cerpen Peradilan

Rakyat dan Guru Karya Putu

Wijaya dan Implikasinya

dalam Pembelajaran Sastra

di Sekolah. Manado:

Universitas Negeri Manado.

Vol 2 No 3 (2022) : KOMPETENSI : Jurnal Ilmiah Bahasa dan Seni

Yanto, Andri. Pengaruh Facebook

Terhadap Keterbukaan Diri

Mahasiswa UIN Syarif

Hidayatullah. Jakarta: UIN Syarif

Hidayatullah.

Yuliana, R. 2010. Analisis

Penggunaan Diksi pada

Artikel Surat Kabar Solopos

Edisi April - Mei 2010.

Surakarta: Universitas

Muhammadiyah Surakarta.

Wuisang, J.I., Wengkang T & Polii I.

Kemampuan Mengidentifikasi

Unsur- Unsur Pembentuk Iklan

dalam Media Audio Visual pada

Siswa Kelas VIII SMP Negeri 3

Tondano. Jurnal KOMPETENSI

FBS Unima. Vol 1, No 2, (2021).

Ejournal.unima.ac.id.

Downloads

Published

2022-12-15

How to Cite

Runtu, K. G. ., Ratu, D. M. ., & Palar, W. R. . (2022). PENGGUNAAN DIKSI DALAM MEDIA SOSIAL FACEBOOK DAN IMPLIKASINYA DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DI SMP. KOMPETENSI, 2(03), 1243 - 1254. https://doi.org/10.53682/kompetensi.v2i03.4752