PENGGUNAAN DIKSI DALAM MEDIA SOSIAL FACEBOOK DAN IMPLIKASINYA DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DI SMP
DOI:
https://doi.org/10.53682/kompetensi.v2i03.4752Keywords:
diksi, media sosial, FacebookAbstract
Penelitian ini mengkaji tentang jenis diksi dan makna diksi yang dipakai
dalam unggahan status Facebook oleh masyarakat Kelurahan Kayawu
Kota Tomohon serta implikasinya terhadap pembelajaran bahasa
Indonesia di SMP. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif.
Sumber data penelitian ini adalah media sosial Facebook masyarakat
Kelurahan Kayawu Kota Tomohon. Teknik penelitian yang digunakan
dalam penelitian ini adalah teknik dokumentasi dan wawancara..
Berdasarkan hasil penelitian diperoleh juga temuan jenis diksi yang
digunakan dalam unggahan status Facebook oleh masyarakat Kelurahan
Kayawu Kota Tomohon. Dalam 20 status yang diunggah oleh masyarakat
Kelurahan Kayawu Kota Tomohon pada bulan Maret sampai dengan
April, peneliti menemukan ada 9 jenis diksi yang dipakai. Jenis diksi
yang dipakai dalam status Facebook antara lain kata bersinonim, kata
asing, kata serapan, kata tidak baku, kata umum, kata ilmiah, kata slang,
kata jargon, kata populer dan kata konotasi. Dengan adanya temuan ini,
menandakan bahwa belajar diksi tidak selamanya hanya bersumber dari
buku teks pelajaran saja, tetapi bisa juga memanfaatkan media sosial
facebook, karena nyatanya terdapat beragam diksi yang dipakai oleh
pengguna media sosial Facebook ketika mengunggah status untuk
mengutarakan apa yang sedang dipikirkan, dirasakan dan diinginkan oleh
setiap pengguna media sosial Facebook. Dengan demikian dapat
ditegaskan bahwa media sosial Facebook dapat dijadikan salah satu
alternatif pembelajaran bagi siswa mengenai jenis-jenis diksi yang ada.
References
Al-Fatih, A. F. 2011. Pengaruh
enggunaan Facebook
Terhadap Minat Belajar
Siswa Kelas VI Pada
Pelajaran Pendidikan Agama
Islam dI SMP Bakti Mulya
Jakarta Selatan. Jakarta:
Universitas Islam Negeri
Syarif Hidayatulah.
Faizah, R. 2015. Penggunaan Diksi
dalam Media Sosial Facebook
dan Implikasinya dalam
Pembelajaran Bahasa dan
Sastra Indonesia di SMP.
Jakarta: Universitas Islam
Negeri Jakarta.
Hermita, M. 2016. Pengaruh
Penguasaan Diksi Terhadap
Keterampilan Menulis Puisi
Baru pada Siswa Kelas V SDN
Mangkang Wetan 02
Semarang. Semarang :
Universitas Negeri Semarang.
Ibeng, P. 2021. Diksi : Pengertian,
Syarat, Ciri, Fungsi, Manfaat,
Jenis dan Contoh.
https://pendidikan.co.id/diksi/
Kasita, B. S. 2017. Analisis
Penggunaan Diksi pada
Karangan Guru-Guru SD
Kabupaten Mahakam Ulu
Kalimantan Timur pada
Tahun 2015". yogyakarta:
universitas sanata dharma
yogyakarta.
Keraf, Gorys. 2010. Diksi dan Gaya
Bahasa. Jakarta: Gramedia.
Kurniawan, A. 2021. PengertianMedia-Sosial. Diambil
kembali dari guru
pendidikan.co.id:
co.id
Naa, S. R., Pesik N & Senduk T.
Penggunaan Bahasa
Tountemboan di Desa Beringin
Kecamatan Ranoyapo Kabupaten
Minahasa Selatan. Jurnal
KOMPETENSI FBS Unima. Vol 1,
No 12, (2021).
Ejournal.unima.ac.id.
Nurjanah. 2019. Penggunaan Dikai
dalam Aplikasi Whatsapp. Sumatera:
Universitas Muhammadiyah
Sumatera Utara.
Setiawan, S. 2021. Diksi ( Pilihan
Kata ) Pengertian Dan (
Fungsi – Syarat – Contoh).
diambil kembali dari
gurupendidikan:
co.id/diksi/
Siadari, C. 2015. Pengertian Diksi.
Retrieved dari kumpulan
pengertian:
tian.com/2015/05/pengertiandiksi.html
Suwarsono, Rahmawati. 2022. Nilai
Pendidikan Antikorupsi
dalam Cerpen Peradilan
Rakyat dan Guru Karya Putu
Wijaya dan Implikasinya
dalam Pembelajaran Sastra
di Sekolah. Manado:
Universitas Negeri Manado.
Vol 2 No 3 (2022) : KOMPETENSI : Jurnal Ilmiah Bahasa dan Seni
Yanto, Andri. Pengaruh Facebook
Terhadap Keterbukaan Diri
Mahasiswa UIN Syarif
Hidayatullah. Jakarta: UIN Syarif
Hidayatullah.
Yuliana, R. 2010. Analisis
Penggunaan Diksi pada
Artikel Surat Kabar Solopos
Edisi April - Mei 2010.
Surakarta: Universitas
Muhammadiyah Surakarta.
Wuisang, J.I., Wengkang T & Polii I.
Kemampuan Mengidentifikasi
Unsur- Unsur Pembentuk Iklan
dalam Media Audio Visual pada
Siswa Kelas VIII SMP Negeri 3
Tondano. Jurnal KOMPETENSI
FBS Unima. Vol 1, No 2, (2021).
Ejournal.unima.ac.id.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.