PEMBELAJARAN KANJI MELALUI GAMBAR DAN CERITA PADA KANJI BAGIAN-BAGIAN TUBUH
DOI:
https://doi.org/10.53682/kompetensi.v2i03.4753Keywords:
Kanji, Pembelajaran Kanji, Gambar dan Cerita.Abstract
Jumlah kanji yang sangat banyak dan satu kanjibisa terdiri dari belasan bahkan
puluhan guratan, membuat para pembelajar bahasa Jepang menjadikan kanji sebagai
bagian tersulit dalam bahasa Jepang. Oleh karenanya, dibutuhkan model atau metode
pembelajaran kanji yang menarik sehingga kanji bukan lagi hal yang terlalu sulit untuk
dipelajari. Dengan gambar dasar pembentukan kanji yang disertai dengan cerita
membuat pembelajaran kanji tidak membosankan tapi menyenangkan. Tujuan dari
penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan model pembelajaran kanji melalui gambar
dan cerita pada kanji bagian-bagian tubuh.Metode yang digunakan dalam penelitian ini
adalah untuk mendeskripsikan model pembelajaran kanji melalui gambar dan cerita
pada kanji bagian-bagian tubuh. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah
deskriptif kualitatif. Pengumpulan data dilakukan menggunakan teknik studi
kepustakaan yaitu mencari referensi dari buku, thesis, internet maupun sumber-sumber
yang ada untuk mendukung penelitian ini. Data yang didapat kemudian dianalisis
secara kualitatif dengan bantuan deskriptif. Hasil dari penelitian ini adalah,
pembelajaran kanji melalui gambar dan cerita pada kanji bagian-bagian tubuh yang
dijabarkan dalam bentuk table disertai dengan cara baca, arti, ilustrasi, gambar dan
cerita sebagai model atau metode dalam mempelajari kanji.
References
Alfarisy, M. S. (2021). Kanji Flashcards
and Apps Based on Augmented.
International Joint Conference on
Arts and Humanities 2021 (IJCAH
(p. 237). .
Aror, S. (2021). METODE MNEMONIK
DALAM LAGU SEBAGAI
ALTERNATIF PEMBELAJARAN
BAHASA JEPANG DI
INDONESIA. Jurnal Ilmiah
Indonesia, Vol. 6, No. 5, 2526.
http://dx.doi.org/10.36418/syntaxliterate.v6i5. 2741.
Lensun, S. F. (2019). PELATIHAN
MODEL PEMBELAJARAN BAGI
GURU-GURU BAHASA JEPANG
DI MANADO. Jurnal ABDIMAS,
Vol. 12, No. 1, 13.
Mahsun, M. (2005). Tahapan Strategi
Metode dan Tekniknya. Jakarta: PT.
Raja Grafindo Persada.
Moelong, L. J. (2007). Metodologi
Penelitian Kualitatif. Bandung:
Remaja Rosda Karya.
Stout, T. G., & Hakone, K. (2011). Basic
Japanese Kanji. Singapore: Tuttle
Publishing.
Sudrajat, d. (2020). Penerapan Model
Pembelajaran Word Square Dalam
Pembelajaran Kosakata Bahasa
Jepang Pada Siswa SMA Yadika
Langowan. Jurnal Ilmiah
Pembelajaran,Vol. 2, No.
https://doi.org/10.36412/dilan.v2i2.
Usoh, E. J. (2016). LEARNING
HIRAGANA AND KATAKANA
WITH MNEMONICS BY USING
DIGITAL TOOLS APPLICATION.
Technology Enhanced Language
Learning: Teaching and
Researching, 50
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.