PEMBELAJARAN KANJI MELALUI GAMBAR DAN CERITA PADA KANJI BAGIAN BAGIAN TUBUH
DOI:
https://doi.org/10.53682/kompetensi.v2i03.4753Keywords:
Kanji, Pembelajaran Kanji, Gambar dan Cerita.Abstract
Jumlah kanji yang sangat banyak dan satu kanjibisa terdiri dari belasan bahkan
puluhan guratan membuat para pembelajar bahasa Jepang menjadikan kanji sebagai
bagian tersulit dalam bahasa Jepang Oleh karenanya dibutuhkan model atau metode
pembelajaran kanji yang menarik sehingga kanji bukan lagi hal yang terlalu sulit untuk
dipelajari Dengan gambar dasar pembentukan kanji yang disertai dengan cerita
membuat pembelajaran kanji tidak membosankan tapi menyenangkan Tujuan dari
penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan model pembelajaran kanji melalui gambar
dan cerita pada kanji bagian bagian tubuh Metode yang digunakan dalam penelitian ini
adalah untuk mendeskripsikan model pembelajaran kanji melalui gambar dan cerita
pada kanji bagian bagian tubuh Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah
deskriptif kualitatif Pengumpulan data dilakukan menggunakan teknik studi
kepustakaan yaitu mencari referensi dari buku thesis internet maupun sumber sumber
yang ada untuk mendukung penelitian ini Data yang didapat kemudian dianalisis
secara kualitatif dengan bantuan deskriptif Hasil dari penelitian ini adalah
pembelajaran kanji melalui gambar dan cerita pada kanji bagian bagian tubuh yang
dijabarkan dalam bentuk table disertai dengan cara baca arti ilustrasi gambar dan
cerita sebagai model atau metode dalam mempelajari kanji < p>
References
Alfarisy M S 2021 Kanji Flashcards
and Apps Based on Augmented
International Joint Conference on
Arts and Humanities 2021 IJCAH
p 237
Aror S 2021 METODE MNEMONIK
DALAM LAGU SEBAGAI
ALTERNATIF PEMBELAJARAN
BAHASA JEPANG DI
INDONESIA Jurnal Ilmiah
Indonesia Vol 6 No 5 2526
http: dx doi org 10 36418 syntax literate v6i5 2741
Lensun S F 2019 PELATIHAN
MODEL PEMBELAJARAN BAGI
GURU GURU BAHASA JEPANG
DI MANADO Jurnal ABDIMAS
Vol 12 No 1 13
Mahsun M 2005 Tahapan Strategi
Metode dan Tekniknya Jakarta: PT
Raja Grafindo Persada
Moelong L J 2007 Metodologi
Penelitian Kualitatif Bandung:
Remaja Rosda Karya
Stout T G Hakone K 2011 Basic
Japanese Kanji Singapore: Tuttle
Publishing
Sudrajat d 2020 Penerapan Model
Pembelajaran Word Square Dalam
Pembelajaran Kosakata Bahasa
Jepang Pada Siswa SMA Yadika
Langowan Jurnal Ilmiah
Pembelajaran Vol 2 No
https: doi org 10 36412 dilan v2i2
Usoh E J 2016 LEARNING
HIRAGANA AND KATAKANA
WITH MNEMONICS BY USING
DIGITAL TOOLS APPLICATION
Technology Enhanced Language
Learning: Teaching and
Researching 50