PEMBELAJARAN KANJI MELALUI GAMBAR DAN CERITA PADA KANJI BAGIAN-BAGIAN TUBUH

Authors

  • Fujio M. Bawole Universitas Negeri Manado
  • Sherly F. Lensun Universitas Negeri Manado
  • Ferdy Dj. Rorong Universitas Negeri Manado

DOI:

https://doi.org/10.53682/kompetensi.v2i03.4753

Keywords:

Kanji, Pembelajaran Kanji, Gambar dan Cerita.

Abstract

Jumlah kanji yang sangat banyak dan satu kanjibisa terdiri dari belasan bahkan
puluhan guratan, membuat para pembelajar bahasa Jepang menjadikan kanji sebagai
bagian tersulit dalam bahasa Jepang. Oleh karenanya, dibutuhkan model atau metode
pembelajaran kanji yang menarik sehingga kanji bukan lagi hal yang terlalu sulit untuk
dipelajari. Dengan gambar dasar pembentukan kanji yang disertai dengan cerita
membuat pembelajaran kanji tidak membosankan tapi menyenangkan. Tujuan dari
penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan model pembelajaran kanji melalui gambar
dan cerita pada kanji bagian-bagian tubuh.Metode yang digunakan dalam penelitian ini
adalah untuk mendeskripsikan model pembelajaran kanji melalui gambar dan cerita
pada kanji bagian-bagian tubuh. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah
deskriptif kualitatif. Pengumpulan data dilakukan menggunakan teknik studi
kepustakaan yaitu mencari referensi dari buku, thesis, internet maupun sumber-sumber
yang ada untuk mendukung penelitian ini. Data yang didapat kemudian dianalisis
secara kualitatif dengan bantuan deskriptif. Hasil dari penelitian ini adalah,
pembelajaran kanji melalui gambar dan cerita pada kanji bagian-bagian tubuh yang
dijabarkan dalam bentuk table disertai dengan cara baca, arti, ilustrasi, gambar dan
cerita sebagai model atau metode dalam mempelajari kanji.

References

Alfarisy, M. S. (2021). Kanji Flashcards

and Apps Based on Augmented.

International Joint Conference on

Arts and Humanities 2021 (IJCAH

(p. 237). .

Aror, S. (2021). METODE MNEMONIK

DALAM LAGU SEBAGAI

ALTERNATIF PEMBELAJARAN

BAHASA JEPANG DI

INDONESIA. Jurnal Ilmiah

Indonesia, Vol. 6, No. 5, 2526.

http://dx.doi.org/10.36418/syntaxliterate.v6i5. 2741.

Lensun, S. F. (2019). PELATIHAN

MODEL PEMBELAJARAN BAGI

GURU-GURU BAHASA JEPANG

DI MANADO. Jurnal ABDIMAS,

Vol. 12, No. 1, 13.

Mahsun, M. (2005). Tahapan Strategi

Metode dan Tekniknya. Jakarta: PT.

Raja Grafindo Persada.

Moelong, L. J. (2007). Metodologi

Penelitian Kualitatif. Bandung:

Remaja Rosda Karya.

Stout, T. G., & Hakone, K. (2011). Basic

Japanese Kanji. Singapore: Tuttle

Publishing.

Sudrajat, d. (2020). Penerapan Model

Pembelajaran Word Square Dalam

Pembelajaran Kosakata Bahasa

Jepang Pada Siswa SMA Yadika

Langowan. Jurnal Ilmiah

Pembelajaran,Vol. 2, No.

https://doi.org/10.36412/dilan.v2i2.

Usoh, E. J. (2016). LEARNING

HIRAGANA AND KATAKANA

WITH MNEMONICS BY USING

DIGITAL TOOLS APPLICATION.

Technology Enhanced Language

Learning: Teaching and

Researching, 50

Downloads

Published

2022-12-15

How to Cite

Bawole, F. M. ., Lensun, S. F. ., & Rorong, F. D. . (2022). PEMBELAJARAN KANJI MELALUI GAMBAR DAN CERITA PADA KANJI BAGIAN-BAGIAN TUBUH. KOMPETENSI, 2(03), 1255 - 1264. https://doi.org/10.53682/kompetensi.v2i03.4753