EFEKTIVITAS PENGGUNAAN APLIKASI ANKIDROID DALAM PEMBELAJARAN BAHASA JEPANG DI SMA NEGERI 1 TONDANO
DOI:
https://doi.org/10.53682/kompetensi.v2i07.4758Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas media pembelajaran aplikasi AnkiDroid terhadap kemampuan kosakata bahasa jepang siswa SMK Negeri 1 Tondano setelah mengunakan aplikasi AnkiDroid. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen semu (quasy eksperiment). Yang menjadi populasi penelitian ini adalah siswa SMA Negeri 1 Tondano dengan sampel kelas X1I IPA 4 yang berjumlah 20 orang. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah pre test dan post test. Untuk menganalisis data teknik yang digunakan adalah rumus hitung presentase dengan kriteria atau indicator krberhasilan jika memiliki kesesuaian 61-80% dengan kriteria berkembang sesuai harapan.
Berdasarkan dari teknik pengolahan data tes , hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa penggunaan media aplikasi AnkiDroid dalam pembelajaran kosakata mampu meningtkatkan kemampuan kosakata siswa. Hasil penilitian ini adalah : 1). Hasil tes dari kelompok control atau kelompok yang tidak menggunakan media aplikasi AnkiDroid atau hanya menggunkan sistim ceramah adalah kurang mampu dalam menguasai kosakata bahasa jepang dengan nilai rata rata yang hanya mencapai 43,5%. 2). Hasil tes dari siswa kelompok eksperimen yang menggunakan media aplikasi AnkiDroid terbukti meningkat dengan nilai rata rata yang mencapai 86,5%. Hasil penelitian menunjukan adanya perbedaan yang signifikan terhadap hasil belajar siswa dengan perbandingan kelompok control (43,5%) dan kelompok eksperimen 86,5%.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 KOMPETENSI

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.