PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN GENIUS LEARNING DALAM MENULIS TEKS ANEKDOT SISWA
DOI:
https://doi.org/10.53682/kompetensi.v2i04.4796Keywords:
penerapan, genius learning, teks anekdot.Abstract
Tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk mendeskripsikan penerapan pembelajaran
model genius learning dalam menulis teks anekdot (2) mendeskripsikan kemampuan
siswa kelas X IPS 3 dengan penerapan model pembelajaran genius learning.
Manfaat penelitian ini adalah, diharapkan memberikan manfaat untuk meningkatkan
menulis siswa kelas X IPS 3 SMA Negeri 1 Tondano dengan menerapkan model
pembelaaran genius learning. Metode penelitian ini adalah metode deskriptif, yaitu
metode yang secara khusus memusatkan perhatian pada pemecahan masalah aktual
yang terjadi di masa kini, dengan menggunakan teknik penelitian observasi,
wawancara dan sesi dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa menulis teks
anekdot dengan menggunakan pembelajaran genius learning siswa kelas X IPS 3
SMA Negeri 1 Tondano belum memadai jumlah siswa yang berhasil mencapai
KKM (kriteria ketuntasan minimal) yang ditetapkan oleh sekolah 23 siswa atau
setara yaitu 75 %.
References
Farneubun F.S., Ratu D.M., Pesik Nikolas.
Penerapan Model
Pembelajaran Tematik Terhadap
Keterampilan Menulis Siswa
Kelas VII SMP Negeri 6 Tondano.
KOMPETENSI – Jurnal Fakultas
Bahasa dan Seni. Vol 2, No. 3
(2014). Ejournal.unima.ac.id.
Gunawan, Adi.W. 2013. Genius Learning
Strategy. Jakarta PT Gramedia.
Maru, M. G., Pikirang, C. C., Ratu, D. M.,
& Tuna, J. R. (2021). The
Integration of ICT in ELT
Practices: The Study on Teachers'
Perspective in New Normal
Era. International Journal of
Interactive Mobile
Technologies, 15(22), 44-67.
Maru, M. G., Pikirang, C. C., Setiawan, S.,
Oroh, E. Z. O., & Pelenkahu, N.
(2021). The internet use for
autonomous learning during
COVID-19 pandemic and its
hindrances. International Journal
of Interactive Mobile
Technologies (IJIM), 15(18), 65.
Maru, M. G., & Nur, S. (2020). Applying
Video for Writing Descriptive
Text in Senior High School in the
COVID-19 Pandemic
Transition. International Journal
of Language Education, 4(3),
-419.
Maru, M. G., Tamowangkay, F. P.,
Pelenkahu, N., & Wuntu, C.
(2022). Teachers’ perception
toward the impact of platform
used in online learning
communication in the eastern
Indonesia. International Journal
of Communication and
Society, 4(1), 59-71.
Maru, M. G., Ratu, D. M., & Dukut, E. M.
(2018). The Use the T-Ex
Approach in Indonesian EFL
Essay Writing: Feedbacks and
Knowledge Exploration.
Pantow M.F., Ratu D.M., Meruntu O.S.
Nilai-Nilai Moral dalam
Teks Anekdot Abdurahman Wahid
(Gus Dur) dan Implikasinya bagi
Pembelajaran Bahasa Indonesia
di Sekolah. Jurnal BAHTRA, Vol
, No. 2 (2020).
Ejournal.unima.ac.id.
Rahayuh Sri, Monoarfa Susan, Polii I.J.
Penerapan Teknik
Clustering dan Media Foto
Jurnalistik Pada Pembelajaran
Menulis Puisi Siswa Kelas VIII
SMP Negeri 2 Mopuya. Jurnal
BAHTRA, Vol 2, No. 1 (2021).
Ejournal.unima.ac.id.
Siang Anita, Monoarfa Susan,
Pangemanan N.J. 2021.
Pembelajaran Menyimak Teks
Anekdot pada Siswa Kelas X
SMK. Jurnal BAHTRA, Vol 2,
Vol 2 No 4 (2022) : KOMPETENSI : Jurnal Ilmiah Bahasa dan Seni
No. 1 (2021).
Ejournal.unima.ac.id.
Sutama. 2000. Metode Penelitian
Pendidikan. Surakarta: Penerbit
Setiaji 110
Tarigan, H. G. 2008. Menulis Sebagai
Suatu Keterampilan Berbahasa.
Bandung: Angkasa.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.