PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN GENIUS LEARNING DALAM MENULIS TEKS ANEKDOT SISWA
DOI:
https://doi.org/10.53682/kompetensi.v2i04.4796Keywords:
penerapan, genius learning, teks anekdot.Abstract
Tujuan penelitian ini adalah 1 Untuk mendeskripsikan penerapan pembelajaran
model genius learning dalam menulis teks anekdot 2 mendeskripsikan kemampuan
siswa kelas X IPS 3 dengan penerapan model pembelajaran genius learning
Manfaat penelitian ini adalah diharapkan memberikan manfaat untuk meningkatkan
menulis siswa kelas X IPS 3 SMA Negeri 1 Tondano dengan menerapkan model
pembelaaran genius learning Metode penelitian ini adalah metode deskriptif yaitu
metode yang secara khusus memusatkan perhatian pada pemecahan masalah aktual
yang terjadi di masa kini dengan menggunakan teknik penelitian observasi
wawancara dan sesi dokumentasi Hasil penelitian menunjukan bahwa menulis teks
anekdot dengan menggunakan pembelajaran genius learning siswa kelas X IPS 3
SMA Negeri 1 Tondano belum memadai jumlah siswa yang berhasil mencapai
KKM kriteria ketuntasan minimal yang ditetapkan oleh sekolah 23 siswa atau
setara yaitu 75 < p>
References
Farneubun F S Ratu D M Pesik Nikolas
Penerapan Model
Pembelajaran Tematik Terhadap
Keterampilan Menulis Siswa
Kelas VII SMP Negeri 6 Tondano
KOMPETENSI Jurnal Fakultas
Bahasa dan Seni Vol 2 No 3
2014 Ejournal unima ac id
Gunawan Adi W 2013 Genius Learning
Strategy Jakarta PT Gramedia
Maru M G Pikirang C C Ratu D M
Tuna J R 2021 The
Integration of ICT in ELT
Practices: The Study on Teachers
Perspective in New Normal
Era International Journal of
Interactive Mobile
Technologies 15 22 44 67
Maru M G Pikirang C C Setiawan S
Oroh E Z O Pelenkahu N
2021 The internet use for
autonomous learning during
COVID 19 pandemic and its
hindrances International Journal
of Interactive Mobile
Technologies IJIM 15 18 65
Maru M G Nur S 2020 Applying
Video for Writing Descriptive
Text in Senior High School in the
COVID 19 Pandemic
Transition International Journal
of Language Education 4 3
419
Maru M G Tamowangkay F P
Pelenkahu N Wuntu C
2022 Teachers perception
toward the impact of platform
used in online learning
communication in the eastern
Indonesia International Journal
of Communication and
Society 4 1 59 71
Maru M G Ratu D M Dukut E M
2018 The Use the T Ex
Approach in Indonesian EFL
Essay Writing: Feedbacks and
Knowledge Exploration
Pantow M F Ratu D M Meruntu O S
Nilai Nilai Moral dalam
Teks Anekdot Abdurahman Wahid
Gus Dur dan Implikasinya bagi
Pembelajaran Bahasa Indonesia
di Sekolah Jurnal BAHTRA Vol
No 2 2020
Ejournal unima ac id
Rahayuh Sri Monoarfa Susan Polii I J
Penerapan Teknik
Clustering dan Media Foto
Jurnalistik Pada Pembelajaran
Menulis Puisi Siswa Kelas VIII
SMP Negeri 2 Mopuya Jurnal
BAHTRA Vol 2 No 1 2021
Ejournal unima ac id
Siang Anita Monoarfa Susan
Pangemanan N J 2021
Pembelajaran Menyimak Teks
Anekdot pada Siswa Kelas X
SMK Jurnal BAHTRA Vol 2
Vol 2 No 4 2022 : KOMPETENSI : Jurnal Ilmiah Bahasa dan Seni
No 1 2021
Ejournal unima ac id
Sutama 2000 Metode Penelitian
Pendidikan Surakarta: Penerbit
Setiaji 110
Tarigan H G 2008 Menulis Sebagai
Suatu Keterampilan Berbahasa
Bandung: Angkasa