PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN GENIUS LEARNING DALAM MENULIS TEKS ANEKDOT SISWA

Authors

  • Maria Yunita Bude Universitas Negeri Manado
  • Joni Junius Loho Universitas Negeri Manado
  • Nontje Jultje Pangemanan Universitas Negeri Manado

DOI:

https://doi.org/10.53682/kompetensi.v2i04.4796

Keywords:

penerapan, genius learning, teks anekdot.

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk mendeskripsikan penerapan pembelajaran
model genius learning dalam menulis teks anekdot (2) mendeskripsikan kemampuan
siswa kelas X IPS 3 dengan penerapan model pembelajaran genius learning.
Manfaat penelitian ini adalah, diharapkan memberikan manfaat untuk meningkatkan
menulis siswa kelas X IPS 3 SMA Negeri 1 Tondano dengan menerapkan model
pembelaaran genius learning. Metode penelitian ini adalah metode deskriptif, yaitu
metode yang secara khusus memusatkan perhatian pada pemecahan masalah aktual
yang terjadi di masa kini, dengan menggunakan teknik penelitian observasi,
wawancara dan sesi dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa menulis teks
anekdot dengan menggunakan pembelajaran genius learning siswa kelas X IPS 3
SMA Negeri 1 Tondano belum memadai jumlah siswa yang berhasil mencapai
KKM (kriteria ketuntasan minimal) yang ditetapkan oleh sekolah 23 siswa atau
setara yaitu 75 %.

References

Farneubun F.S., Ratu D.M., Pesik Nikolas.

Penerapan Model

Pembelajaran Tematik Terhadap

Keterampilan Menulis Siswa

Kelas VII SMP Negeri 6 Tondano.

KOMPETENSI – Jurnal Fakultas

Bahasa dan Seni. Vol 2, No. 3

(2014). Ejournal.unima.ac.id.

Gunawan, Adi.W. 2013. Genius Learning

Strategy. Jakarta PT Gramedia.

Maru, M. G., Pikirang, C. C., Ratu, D. M.,

& Tuna, J. R. (2021). The

Integration of ICT in ELT

Practices: The Study on Teachers'

Perspective in New Normal

Era. International Journal of

Interactive Mobile

Technologies, 15(22), 44-67.

Maru, M. G., Pikirang, C. C., Setiawan, S.,

Oroh, E. Z. O., & Pelenkahu, N.

(2021). The internet use for

autonomous learning during

COVID-19 pandemic and its

hindrances. International Journal

of Interactive Mobile

Technologies (IJIM), 15(18), 65.

Maru, M. G., & Nur, S. (2020). Applying

Video for Writing Descriptive

Text in Senior High School in the

COVID-19 Pandemic

Transition. International Journal

of Language Education, 4(3),

-419.

Maru, M. G., Tamowangkay, F. P.,

Pelenkahu, N., & Wuntu, C.

(2022). Teachers’ perception

toward the impact of platform

used in online learning

communication in the eastern

Indonesia. International Journal

of Communication and

Society, 4(1), 59-71.

Maru, M. G., Ratu, D. M., & Dukut, E. M.

(2018). The Use the T-Ex

Approach in Indonesian EFL

Essay Writing: Feedbacks and

Knowledge Exploration.

Pantow M.F., Ratu D.M., Meruntu O.S.

Nilai-Nilai Moral dalam

Teks Anekdot Abdurahman Wahid

(Gus Dur) dan Implikasinya bagi

Pembelajaran Bahasa Indonesia

di Sekolah. Jurnal BAHTRA, Vol

, No. 2 (2020).

Ejournal.unima.ac.id.

Rahayuh Sri, Monoarfa Susan, Polii I.J.

Penerapan Teknik

Clustering dan Media Foto

Jurnalistik Pada Pembelajaran

Menulis Puisi Siswa Kelas VIII

SMP Negeri 2 Mopuya. Jurnal

BAHTRA, Vol 2, No. 1 (2021).

Ejournal.unima.ac.id.

Siang Anita, Monoarfa Susan,

Pangemanan N.J. 2021.

Pembelajaran Menyimak Teks

Anekdot pada Siswa Kelas X

SMK. Jurnal BAHTRA, Vol 2,

Vol 2 No 4 (2022) : KOMPETENSI : Jurnal Ilmiah Bahasa dan Seni

No. 1 (2021).

Ejournal.unima.ac.id.

Sutama. 2000. Metode Penelitian

Pendidikan. Surakarta: Penerbit

Setiaji 110

Tarigan, H. G. 2008. Menulis Sebagai

Suatu Keterampilan Berbahasa.

Bandung: Angkasa.

Downloads

Published

2022-12-15

How to Cite

Bude, M. Y., Loho, J. J. ., & Pangemanan, N. J. (2022). PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN GENIUS LEARNING DALAM MENULIS TEKS ANEKDOT SISWA. KOMPETENSI, 2(04), 1265 - 1278. https://doi.org/10.53682/kompetensi.v2i04.4796