PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN GENIUS LEARNING DALAM MENULIS TEKS ANEKDOT SISWA

Authors

DOI:

https://doi.org/10.53682/kompetensi.v2i04.4796

Keywords:

penerapan, genius learning, teks anekdot.

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah 1 Untuk mendeskripsikan penerapan pembelajaran
model genius learning dalam menulis teks anekdot 2 mendeskripsikan kemampuan
siswa kelas X IPS 3 dengan penerapan model pembelajaran genius learning
Manfaat penelitian ini adalah diharapkan memberikan manfaat untuk meningkatkan
menulis siswa kelas X IPS 3 SMA Negeri 1 Tondano dengan menerapkan model
pembelaaran genius learning Metode penelitian ini adalah metode deskriptif yaitu
metode yang secara khusus memusatkan perhatian pada pemecahan masalah aktual
yang terjadi di masa kini dengan menggunakan teknik penelitian observasi
wawancara dan sesi dokumentasi Hasil penelitian menunjukan bahwa menulis teks
anekdot dengan menggunakan pembelajaran genius learning siswa kelas X IPS 3
SMA Negeri 1 Tondano belum memadai jumlah siswa yang berhasil mencapai
KKM kriteria ketuntasan minimal yang ditetapkan oleh sekolah 23 siswa atau
setara yaitu 75 < p>

References

Farneubun F S Ratu D M Pesik Nikolas

Penerapan Model

Pembelajaran Tematik Terhadap

Keterampilan Menulis Siswa

Kelas VII SMP Negeri 6 Tondano

KOMPETENSI Jurnal Fakultas

Bahasa dan Seni Vol 2 No 3

2014 Ejournal unima ac id

Gunawan Adi W 2013 Genius Learning

Strategy Jakarta PT Gramedia

Maru M G Pikirang C C Ratu D M

Tuna J R 2021 The

Integration of ICT in ELT

Practices: The Study on Teachers

Perspective in New Normal

Era International Journal of

Interactive Mobile

Technologies 15 22 44 67

Maru M G Pikirang C C Setiawan S

Oroh E Z O Pelenkahu N

2021 The internet use for

autonomous learning during

COVID 19 pandemic and its

hindrances International Journal

of Interactive Mobile

Technologies IJIM 15 18 65

Maru M G Nur S 2020 Applying

Video for Writing Descriptive

Text in Senior High School in the

COVID 19 Pandemic

Transition International Journal

of Language Education 4 3

419

Maru M G Tamowangkay F P

Pelenkahu N Wuntu C

2022 Teachers perception

toward the impact of platform

used in online learning

communication in the eastern

Indonesia International Journal

of Communication and

Society 4 1 59 71

Maru M G Ratu D M Dukut E M

2018 The Use the T Ex

Approach in Indonesian EFL

Essay Writing: Feedbacks and

Knowledge Exploration

Pantow M F Ratu D M Meruntu O S

Nilai Nilai Moral dalam

Teks Anekdot Abdurahman Wahid

Gus Dur dan Implikasinya bagi

Pembelajaran Bahasa Indonesia

di Sekolah Jurnal BAHTRA Vol

No 2 2020

Ejournal unima ac id

Rahayuh Sri Monoarfa Susan Polii I J

Penerapan Teknik

Clustering dan Media Foto

Jurnalistik Pada Pembelajaran

Menulis Puisi Siswa Kelas VIII

SMP Negeri 2 Mopuya Jurnal

BAHTRA Vol 2 No 1 2021

Ejournal unima ac id

Siang Anita Monoarfa Susan

Pangemanan N J 2021

Pembelajaran Menyimak Teks

Anekdot pada Siswa Kelas X

SMK Jurnal BAHTRA Vol 2

Vol 2 No 4 2022 : KOMPETENSI : Jurnal Ilmiah Bahasa dan Seni

No 1 2021

Ejournal unima ac id

Sutama 2000 Metode Penelitian

Pendidikan Surakarta: Penerbit

Setiaji 110

Tarigan H G 2008 Menulis Sebagai

Suatu Keterampilan Berbahasa

Bandung: Angkasa

Downloads

Published

2022-12-15

How to Cite

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN GENIUS LEARNING DALAM MENULIS TEKS ANEKDOT SISWA. (2022). KOMPETENSI, 2(04), 1265 1278. https://doi.org/10.53682/kompetensi.v2i04.4796