ANALISIS NILAI PENDIDIKAN PADA FILM KELUARGA CEMARA DAN IMPLIKASINYA DALAM PEMBELAJARAN SASTRA
DOI:
https://doi.org/10.53682/kompetensi.v2i04.4797Keywords:
Nilai Pendidikan, Film.Abstract
Tujuan Penelitian ini adalah mengungkap nilai pendidikan apa saja yang
terdapat dalam film Keluarga Cemara dan mengimplikasikan nilai
pendidikan film tersebut dalam pembelajaran sastra. Penelitian ini
menggunakan teori nilai pendidikan menurut Setiadi. Peneliti
menggunakan metode kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data
dilakukan dengan cara menganalisis film Keluarga Cemara untuk
mengungkap nilai pendidikan dengan memperhatikan adegan-adegan dan
ungkapan-ungkapan dalam film. Hasil penelitian menunjukan adanya
tujuh nilai pendidikan yakni : Sabar, tanggung jawab, semangat gotong
royong jujur, pekerja keras, rajin dan percaya diiri. Adapun implikasinya
terhadap pembelajaran sastra dilihat dari nilai-nilai pendidikan yang telah
diteliti, peneliti menemukan bahwa film menjadi media yang paling efektif
dalam pembelajaran sastra sehingga dapat membangun semangat belajar
serta memberikan banyak pembelajaran melalui film yang ditonton.
References
Endraswara, Suwardi. 2003. Metodologi
Penelitian Sastra, Epistemologi,
Model, Teori, dan Aplikasi.
Yogyakarta: Pustaka Widyatama
J.Moleong, Lexy.2014. Metode
Penelitian Kualitatif , Edisi
Revisi. PT Remaja Rosdakarya,
Bandung.
Maru, M. G., Pikirang, C. C., Ratu, D. M.,
& Tuna, J. R. (2021). The
Integration of ICT in ELT
Practices: The Study on
Teachers' Perspective in New
Normal Era. International
Journal of Interactive Mobile
Technologies, 15(22), 44-67.
Maru, M. G., Pikirang, C. C., Setiawan,
S., Oroh, E. Z. O., & Pelenkahu,
N. (2021). The internet use for
autonomous learning during
COVID-19 pandemic and its
hindrances. International
Journal of Interactive Mobile
Technologies (IJIM), 15(18), 65.
Maru, M. G., & Nur, S. (2020). Applying
Video for Writing Descriptive
Text in Senior High School in
the COVID-19 Pandemic
Transition. International
Journal of Language
Education, 4(3), 408-419.
Maru, M. G., Tamowangkay, F. P.,
Pelenkahu, N., & Wuntu, C.
(2022). Teachers’ perception
toward the impact of platform
used in online learning
Vol 2 No 4 (2022) : KOMPETENSI : Jurnal Ilmiah Bahasa dan Seni
communication in the eastern
Indonesia. International Journal
of Communication and
Society, 4(1), 59-71.
Maru, M. G., Ratu, D. M., & Dukut, E.
M. (2018). The Use the T-Ex
Approach in Indonesian EFL
Essay Writing: Feedbacks and
Knowledge Exploration.
Ratna, Nyoman Kutha. 2005. Sastra dan
Cultural Studies: Representasi
Fiksi dan Fakta. Yogyakarta:
Pustaka Pelajar
Rahmadi. 2011. Pengantar Metodologi
Penelitian. Banjarmasin:
Antasari Press.
Sumardjo, Jakob dan Saini. 1997.
Apresiasi Kesusastraan. Jakarta:
Gramedia
Sumardjo, Jakob. 1982. Apresiasi
Sastra. Jakarta: Gramedia.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.