ANALISIS NILAI PENDIDIKAN PADA FILM KELUARGA CEMARA DAN IMPLIKASINYA DALAM PEMBELAJARAN SASTRA

Authors

  • Melisa Golonggom Universitas Negeri Manado
  • Santje Iroth Universitas Negeri Manado
  • Victory Rotty Universitas Negeri Manado

DOI:

https://doi.org/10.53682/kompetensi.v2i04.4797

Keywords:

Nilai Pendidikan, Film.

Abstract

Tujuan Penelitian ini adalah mengungkap nilai pendidikan apa saja yang
terdapat dalam film Keluarga Cemara dan mengimplikasikan nilai
pendidikan film tersebut dalam pembelajaran sastra. Penelitian ini
menggunakan teori nilai pendidikan menurut Setiadi. Peneliti
menggunakan metode kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data
dilakukan dengan cara menganalisis film Keluarga Cemara untuk
mengungkap nilai pendidikan dengan memperhatikan adegan-adegan dan
ungkapan-ungkapan dalam film. Hasil penelitian menunjukan adanya
tujuh nilai pendidikan yakni : Sabar, tanggung jawab, semangat gotong
royong jujur, pekerja keras, rajin dan percaya diiri. Adapun implikasinya
terhadap pembelajaran sastra dilihat dari nilai-nilai pendidikan yang telah
diteliti, peneliti menemukan bahwa film menjadi media yang paling efektif
dalam pembelajaran sastra sehingga dapat membangun semangat belajar
serta memberikan banyak pembelajaran melalui film yang ditonton.

References

Endraswara, Suwardi. 2003. Metodologi

Penelitian Sastra, Epistemologi,

Model, Teori, dan Aplikasi.

Yogyakarta: Pustaka Widyatama

J.Moleong, Lexy.2014. Metode

Penelitian Kualitatif , Edisi

Revisi. PT Remaja Rosdakarya,

Bandung.

Maru, M. G., Pikirang, C. C., Ratu, D. M.,

& Tuna, J. R. (2021). The

Integration of ICT in ELT

Practices: The Study on

Teachers' Perspective in New

Normal Era. International

Journal of Interactive Mobile

Technologies, 15(22), 44-67.

Maru, M. G., Pikirang, C. C., Setiawan,

S., Oroh, E. Z. O., & Pelenkahu,

N. (2021). The internet use for

autonomous learning during

COVID-19 pandemic and its

hindrances. International

Journal of Interactive Mobile

Technologies (IJIM), 15(18), 65.

Maru, M. G., & Nur, S. (2020). Applying

Video for Writing Descriptive

Text in Senior High School in

the COVID-19 Pandemic

Transition. International

Journal of Language

Education, 4(3), 408-419.

Maru, M. G., Tamowangkay, F. P.,

Pelenkahu, N., & Wuntu, C.

(2022). Teachers’ perception

toward the impact of platform

used in online learning

Vol 2 No 4 (2022) : KOMPETENSI : Jurnal Ilmiah Bahasa dan Seni

communication in the eastern

Indonesia. International Journal

of Communication and

Society, 4(1), 59-71.

Maru, M. G., Ratu, D. M., & Dukut, E.

M. (2018). The Use the T-Ex

Approach in Indonesian EFL

Essay Writing: Feedbacks and

Knowledge Exploration.

Ratna, Nyoman Kutha. 2005. Sastra dan

Cultural Studies: Representasi

Fiksi dan Fakta. Yogyakarta:

Pustaka Pelajar

Rahmadi. 2011. Pengantar Metodologi

Penelitian. Banjarmasin:

Antasari Press.

Sumardjo, Jakob dan Saini. 1997.

Apresiasi Kesusastraan. Jakarta:

Gramedia

Sumardjo, Jakob. 1982. Apresiasi

Sastra. Jakarta: Gramedia.

Downloads

Published

2022-12-15

How to Cite

Golonggom, M. ., Iroth, S. ., & Rotty, V. . (2022). ANALISIS NILAI PENDIDIKAN PADA FILM KELUARGA CEMARA DAN IMPLIKASINYA DALAM PEMBELAJARAN SASTRA. KOMPETENSI, 2(04), 1279 - 1288. https://doi.org/10.53682/kompetensi.v2i04.4797