PEMBELAJARAN MENULIS TEKS PROSEDUR DENGAN MENGGUNAKAN MODEL CITIZEN PROSEDUR

Authors

  • Andre Gunawan Herung Universitas Negeri Manado
  • , Donal M. Ratu Universitas Negeri Manado
  • Intama J. Polii Universitas Negeri Manado

DOI:

https://doi.org/10.53682/kompetensi.v2i04.4798

Keywords:

Pembelajaran, kemampuan menulis, teks prosedur, citizen prosedur.

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan pembelajaran menulis
teks prosedur dengan menggunakan model pembelajaran citizen prosedur serta
kemampuan menulis setelah pembelajaran pada siswa kelas VII SMP Negeri 6
Tondano. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif.
Penelitian dilaksanakan di kelas VII SMP Negeri 6 Tondano yang berjumlah 20
siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran menulis teks prosedur
dengan menggunakan model citizen prosedur telah terlaksana dengan baik dan
nilai rata-rata siswa yaitu 80,8% dengan kategori mampu dalam menulis teks
prosedur. Pada aspek isi, nilai rata-rata siswa adalah 86,5% atau dalam kategori
mampu. Pada aspek struktur, nilai rata-rata siswa adalah 98% atau dalam kategori
sangat mampu. Pada aspek kaidah penulisan, nilai rata-rata siswa adalah 67%
atau dalam kategori cukup mampu, dan pada aspek ciri kebahasaan nilai rata-rata
siswa adalah 75,6% atau dalam kategori cukup mampu.

References

Akhadiah, Sabarti. dkk. (1994).

Pembinaan Kemampuan

Menulis Bahasa Indonesia.

Jakarta: Erlangga.

Kementerian Pendidikan dan

Kebudayaan. (2013). c.

Informasi Kurikulum . Jakarta:

Kementerian Pendidikan dan

Kebudayaan.

Karimang, N. E., Ratu, D. M., &

Pangemanan, N. J. (2020).

Pembelajaran Menulis Teks

Editorial Melalui Penerapan

Strategi Pemodelan Pada Siswa

Kelas XII SMA Negeri 1 Tahuna.

Jurnal Bahtra, Jurusan

Pendidikan Bahasa dan Sastra

Vol 2 No 4 (2022) : KOMPETENSI : Jurnal Ilmiah Bahasa dan Seni

Indonesia FBS Unima. Vol.1,

No.1 (2020).

Ejournal.unima.ac.id

Maru, M. G., Pikirang, C. C., Ratu, D.

M., & Tuna, J. R. (2021). The

Integration of ICT in ELT

Practices: The Study on

Teachers' Perspective in New

Normal Era. International

Journal of Interactive Mobile

Technologies, 15(22), 44-67.

Maru, M. G., Pikirang, C. C., Setiawan,

S., Oroh, E. Z. O., & Pelenkahu,

N. (2021). The internet use for

autonomous learning during

COVID-19 pandemic and its

hindrances. International

Journal of Interactive Mobile

Technologies (IJIM), 15(18),

Maru, M. G., & Nur, S. (2020). Applying

Video for Writing Descriptive

Text in Senior High School in

the COVID-19 Pandemic

Transition. International

Journal of Language

Education, 4(3), 408-419.

Maru, M. G., Tamowangkay, F. P.,

Pelenkahu, N., & Wuntu, C.

(2022). Teachers’ perception

toward the impact of platform

used in online learning

communication in the eastern

Indonesia. International

Journal of Communication and

Society, 4(1), 59-71.

Maru, M. G., Ratu, D. M., & Dukut, E.

M. (2018). The Use the T-Ex

Approach in Indonesian EFL

Essay Writing: Feedbacks and

Knowledge Exploration.

Rembet, J. K., Senduk, T. S., & Mumu,

S. E. (2021). Kemampuan

Menulis Teks Narasi

Ekspositoris Siswa Kelas VII

SMP. Jurnal Bahtra, Jurusan

Pendidikan Bahasa dan Sastra

Indonesia FBS Unima. Vol.2,

No.1 (2021).

Ejournal.unima.ac.id

Saia, G., Mandang, F. H., & Paath, R. C.

(2020). Pembelajaran

Memahami Struktur Teks

Prosedur Melalui Model Teams

Games Tournament (TGT) Pada

Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1

Essang. Jurnal Bahtra, Jurusan

Pendidikan Bahasa dan Sastra

Indonesia FBS Unima. Vol.1,

No.1 (2020).

Ejournal.unima.ac.id

Winataputra, Udin Saripudin. (1996).

Teori Belajar dan Model-model

Pembelajaran. Jakarta: PAU

Ditjen Dikti Depdikbud.

Wuisang, J. I., Wengkang, T. I., & Polii,

I. J. (2020). Kemampuan

Mengidentifikasi Unsur-Unsur

Pembentuk Iklan dalam Media

Audio Visual pada Siswa Kelas

VIII SMP Negeri 3 Tondano.

Jurnal Bahtra, Jurusan

Pendidikan Bahasa dan Sastra

Indonesia FBS Unima. Vol.1,

No.2 (2020).

Ejournal.unima.ac.id

Downloads

Published

2022-12-15

How to Cite

Herung, A. G., Ratu, , D. M. ., & Polii, I. J. (2022). PEMBELAJARAN MENULIS TEKS PROSEDUR DENGAN MENGGUNAKAN MODEL CITIZEN PROSEDUR. KOMPETENSI, 2(04), 1289 - 1294. https://doi.org/10.53682/kompetensi.v2i04.4798