PEMBELAJARAN MENULIS TEKS PROSEDUR DENGAN MENGGUNAKAN MODEL CITIZEN PROSEDUR

Authors

DOI:

https://doi.org/10.53682/kompetensi.v2i04.4798

Keywords:

Pembelajaran, kemampuan menulis, teks prosedur, citizen prosedur.

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan pembelajaran menulis
teks prosedur dengan menggunakan model pembelajaran citizen prosedur serta
kemampuan menulis setelah pembelajaran pada siswa kelas VII SMP Negeri 6
Tondano Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif
Penelitian dilaksanakan di kelas VII SMP Negeri 6 Tondano yang berjumlah 20
siswa Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran menulis teks prosedur
dengan menggunakan model citizen prosedur telah terlaksana dengan baik dan
nilai rata rata siswa yaitu 80 8 dengan kategori mampu dalam menulis teks
prosedur Pada aspek isi nilai rata rata siswa adalah 86 5 atau dalam kategori
mampu Pada aspek struktur nilai rata rata siswa adalah 98 atau dalam kategori
sangat mampu Pada aspek kaidah penulisan nilai rata rata siswa adalah 67
atau dalam kategori cukup mampu dan pada aspek ciri kebahasaan nilai rata rata
siswa adalah 75 6 atau dalam kategori cukup mampu < p>

References

Akhadiah Sabarti dkk 1994

Pembinaan Kemampuan

Menulis Bahasa Indonesia

Jakarta: Erlangga

Kementerian Pendidikan dan

Kebudayaan 2013 c

Informasi Kurikulum Jakarta:

Kementerian Pendidikan dan

Kebudayaan

Karimang N E Ratu D M

Pangemanan N J 2020

Pembelajaran Menulis Teks

Editorial Melalui Penerapan

Strategi Pemodelan Pada Siswa

Kelas XII SMA Negeri 1 Tahuna

Jurnal Bahtra Jurusan

Pendidikan Bahasa dan Sastra

Vol 2 No 4 2022 : KOMPETENSI : Jurnal Ilmiah Bahasa dan Seni

Indonesia FBS Unima Vol 1

No 1 2020

Ejournal unima ac id

Maru M G Pikirang C C Ratu D

M Tuna J R 2021 The

Integration of ICT in ELT

Practices: The Study on

Teachers Perspective in New

Normal Era International

Journal of Interactive Mobile

Technologies 15 22 44 67

Maru M G Pikirang C C Setiawan

S Oroh E Z O Pelenkahu

N 2021 The internet use for

autonomous learning during

COVID 19 pandemic and its

hindrances International

Journal of Interactive Mobile

Technologies IJIM 15 18

Maru M G Nur S 2020 Applying

Video for Writing Descriptive

Text in Senior High School in

the COVID 19 Pandemic

Transition International

Journal of Language

Education 4 3 408 419

Maru M G Tamowangkay F P

Pelenkahu N Wuntu C

2022 Teachers perception

toward the impact of platform

used in online learning

communication in the eastern

Indonesia International

Journal of Communication and

Society 4 1 59 71

Maru M G Ratu D M Dukut E

M 2018 The Use the T Ex

Approach in Indonesian EFL

Essay Writing: Feedbacks and

Knowledge Exploration

Rembet J K Senduk T S Mumu

S E 2021 Kemampuan

Menulis Teks Narasi

Ekspositoris Siswa Kelas VII

SMP Jurnal Bahtra Jurusan

Pendidikan Bahasa dan Sastra

Indonesia FBS Unima Vol 2

No 1 2021

Ejournal unima ac id

Saia G Mandang F H Paath R C

2020 Pembelajaran

Memahami Struktur Teks

Prosedur Melalui Model Teams

Games Tournament TGT Pada

Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1

Essang Jurnal Bahtra Jurusan

Pendidikan Bahasa dan Sastra

Indonesia FBS Unima Vol 1

No 1 2020

Ejournal unima ac id

Winataputra Udin Saripudin 1996

Teori Belajar dan Model model

Pembelajaran Jakarta: PAU

Ditjen Dikti Depdikbud

Wuisang J I Wengkang T I Polii

I J 2020 Kemampuan

Mengidentifikasi Unsur Unsur

Pembentuk Iklan dalam Media

Audio Visual pada Siswa Kelas

VIII SMP Negeri 3 Tondano

Jurnal Bahtra Jurusan

Pendidikan Bahasa dan Sastra

Indonesia FBS Unima Vol 1

No 2 2020

Ejournal unima ac id

Downloads

Published

2022-12-15

How to Cite

PEMBELAJARAN MENULIS TEKS PROSEDUR DENGAN MENGGUNAKAN MODEL CITIZEN PROSEDUR. (2022). KOMPETENSI, 2(04), 1289 1294. https://doi.org/10.53682/kompetensi.v2i04.4798