PEMBELAJARAN MENULIS TEKS PROSEDUR DENGAN MENGGUNAKAN MODEL CITIZEN PROSEDUR
DOI:
https://doi.org/10.53682/kompetensi.v2i04.4798Keywords:
Pembelajaran, kemampuan menulis, teks prosedur, citizen prosedur.Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan pembelajaran menulis
teks prosedur dengan menggunakan model pembelajaran citizen prosedur serta
kemampuan menulis setelah pembelajaran pada siswa kelas VII SMP Negeri 6
Tondano Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif
Penelitian dilaksanakan di kelas VII SMP Negeri 6 Tondano yang berjumlah 20
siswa Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran menulis teks prosedur
dengan menggunakan model citizen prosedur telah terlaksana dengan baik dan
nilai rata rata siswa yaitu 80 8 dengan kategori mampu dalam menulis teks
prosedur Pada aspek isi nilai rata rata siswa adalah 86 5 atau dalam kategori
mampu Pada aspek struktur nilai rata rata siswa adalah 98 atau dalam kategori
sangat mampu Pada aspek kaidah penulisan nilai rata rata siswa adalah 67
atau dalam kategori cukup mampu dan pada aspek ciri kebahasaan nilai rata rata
siswa adalah 75 6 atau dalam kategori cukup mampu < p>
References
Akhadiah Sabarti dkk 1994
Pembinaan Kemampuan
Menulis Bahasa Indonesia
Jakarta: Erlangga
Kementerian Pendidikan dan
Kebudayaan 2013 c
Informasi Kurikulum Jakarta:
Kementerian Pendidikan dan
Kebudayaan
Karimang N E Ratu D M
Pangemanan N J 2020
Pembelajaran Menulis Teks
Editorial Melalui Penerapan
Strategi Pemodelan Pada Siswa
Kelas XII SMA Negeri 1 Tahuna
Jurnal Bahtra Jurusan
Pendidikan Bahasa dan Sastra
Vol 2 No 4 2022 : KOMPETENSI : Jurnal Ilmiah Bahasa dan Seni
Indonesia FBS Unima Vol 1
No 1 2020
Ejournal unima ac id
Maru M G Pikirang C C Ratu D
M Tuna J R 2021 The
Integration of ICT in ELT
Practices: The Study on
Teachers Perspective in New
Normal Era International
Journal of Interactive Mobile
Technologies 15 22 44 67
Maru M G Pikirang C C Setiawan
S Oroh E Z O Pelenkahu
N 2021 The internet use for
autonomous learning during
COVID 19 pandemic and its
hindrances International
Journal of Interactive Mobile
Technologies IJIM 15 18
Maru M G Nur S 2020 Applying
Video for Writing Descriptive
Text in Senior High School in
the COVID 19 Pandemic
Transition International
Journal of Language
Education 4 3 408 419
Maru M G Tamowangkay F P
Pelenkahu N Wuntu C
2022 Teachers perception
toward the impact of platform
used in online learning
communication in the eastern
Indonesia International
Journal of Communication and
Society 4 1 59 71
Maru M G Ratu D M Dukut E
M 2018 The Use the T Ex
Approach in Indonesian EFL
Essay Writing: Feedbacks and
Knowledge Exploration
Rembet J K Senduk T S Mumu
S E 2021 Kemampuan
Menulis Teks Narasi
Ekspositoris Siswa Kelas VII
SMP Jurnal Bahtra Jurusan
Pendidikan Bahasa dan Sastra
Indonesia FBS Unima Vol 2
No 1 2021
Ejournal unima ac id
Saia G Mandang F H Paath R C
2020 Pembelajaran
Memahami Struktur Teks
Prosedur Melalui Model Teams
Games Tournament TGT Pada
Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1
Essang Jurnal Bahtra Jurusan
Pendidikan Bahasa dan Sastra
Indonesia FBS Unima Vol 1
No 1 2020
Ejournal unima ac id
Winataputra Udin Saripudin 1996
Teori Belajar dan Model model
Pembelajaran Jakarta: PAU
Ditjen Dikti Depdikbud
Wuisang J I Wengkang T I Polii
I J 2020 Kemampuan
Mengidentifikasi Unsur Unsur
Pembentuk Iklan dalam Media
Audio Visual pada Siswa Kelas
VIII SMP Negeri 3 Tondano
Jurnal Bahtra Jurusan
Pendidikan Bahasa dan Sastra
Indonesia FBS Unima Vol 1
No 2 2020
Ejournal unima ac id