PEMBELAJARAN MENULIS TEKS PROSEDUR DENGAN MENGGUNAKAN MODEL CITIZEN PROSEDUR
DOI:
https://doi.org/10.53682/kompetensi.v2i04.4798Keywords:
Pembelajaran, kemampuan menulis, teks prosedur, citizen prosedur.Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan pembelajaran menulis
teks prosedur dengan menggunakan model pembelajaran citizen prosedur serta
kemampuan menulis setelah pembelajaran pada siswa kelas VII SMP Negeri 6
Tondano. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif.
Penelitian dilaksanakan di kelas VII SMP Negeri 6 Tondano yang berjumlah 20
siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran menulis teks prosedur
dengan menggunakan model citizen prosedur telah terlaksana dengan baik dan
nilai rata-rata siswa yaitu 80,8% dengan kategori mampu dalam menulis teks
prosedur. Pada aspek isi, nilai rata-rata siswa adalah 86,5% atau dalam kategori
mampu. Pada aspek struktur, nilai rata-rata siswa adalah 98% atau dalam kategori
sangat mampu. Pada aspek kaidah penulisan, nilai rata-rata siswa adalah 67%
atau dalam kategori cukup mampu, dan pada aspek ciri kebahasaan nilai rata-rata
siswa adalah 75,6% atau dalam kategori cukup mampu.
References
Akhadiah, Sabarti. dkk. (1994).
Pembinaan Kemampuan
Menulis Bahasa Indonesia.
Jakarta: Erlangga.
Kementerian Pendidikan dan
Kebudayaan. (2013). c.
Informasi Kurikulum . Jakarta:
Kementerian Pendidikan dan
Kebudayaan.
Karimang, N. E., Ratu, D. M., &
Pangemanan, N. J. (2020).
Pembelajaran Menulis Teks
Editorial Melalui Penerapan
Strategi Pemodelan Pada Siswa
Kelas XII SMA Negeri 1 Tahuna.
Jurnal Bahtra, Jurusan
Pendidikan Bahasa dan Sastra
Vol 2 No 4 (2022) : KOMPETENSI : Jurnal Ilmiah Bahasa dan Seni
Indonesia FBS Unima. Vol.1,
No.1 (2020).
Ejournal.unima.ac.id
Maru, M. G., Pikirang, C. C., Ratu, D.
M., & Tuna, J. R. (2021). The
Integration of ICT in ELT
Practices: The Study on
Teachers' Perspective in New
Normal Era. International
Journal of Interactive Mobile
Technologies, 15(22), 44-67.
Maru, M. G., Pikirang, C. C., Setiawan,
S., Oroh, E. Z. O., & Pelenkahu,
N. (2021). The internet use for
autonomous learning during
COVID-19 pandemic and its
hindrances. International
Journal of Interactive Mobile
Technologies (IJIM), 15(18),
Maru, M. G., & Nur, S. (2020). Applying
Video for Writing Descriptive
Text in Senior High School in
the COVID-19 Pandemic
Transition. International
Journal of Language
Education, 4(3), 408-419.
Maru, M. G., Tamowangkay, F. P.,
Pelenkahu, N., & Wuntu, C.
(2022). Teachers’ perception
toward the impact of platform
used in online learning
communication in the eastern
Indonesia. International
Journal of Communication and
Society, 4(1), 59-71.
Maru, M. G., Ratu, D. M., & Dukut, E.
M. (2018). The Use the T-Ex
Approach in Indonesian EFL
Essay Writing: Feedbacks and
Knowledge Exploration.
Rembet, J. K., Senduk, T. S., & Mumu,
S. E. (2021). Kemampuan
Menulis Teks Narasi
Ekspositoris Siswa Kelas VII
SMP. Jurnal Bahtra, Jurusan
Pendidikan Bahasa dan Sastra
Indonesia FBS Unima. Vol.2,
No.1 (2021).
Ejournal.unima.ac.id
Saia, G., Mandang, F. H., & Paath, R. C.
(2020). Pembelajaran
Memahami Struktur Teks
Prosedur Melalui Model Teams
Games Tournament (TGT) Pada
Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1
Essang. Jurnal Bahtra, Jurusan
Pendidikan Bahasa dan Sastra
Indonesia FBS Unima. Vol.1,
No.1 (2020).
Ejournal.unima.ac.id
Winataputra, Udin Saripudin. (1996).
Teori Belajar dan Model-model
Pembelajaran. Jakarta: PAU
Ditjen Dikti Depdikbud.
Wuisang, J. I., Wengkang, T. I., & Polii,
I. J. (2020). Kemampuan
Mengidentifikasi Unsur-Unsur
Pembentuk Iklan dalam Media
Audio Visual pada Siswa Kelas
VIII SMP Negeri 3 Tondano.
Jurnal Bahtra, Jurusan
Pendidikan Bahasa dan Sastra
Indonesia FBS Unima. Vol.1,
No.2 (2020).
Ejournal.unima.ac.id
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.