EFEKTIVITAS MEDIA KARTU BERGAMBAR DALAM MENULIS HURUF HIRAGANA SISWA DI SMA NEGERI 1 TONDANO

Authors

DOI:

https://doi.org/10.53682/kompetensi.v2i04.4799

Keywords:

Media, Kartu Bergambar, Huruf Hiragana

Abstract

Efektivitas Media Kartu Bergambar Terhadap Kemampuan Menulis Huruf Hiragana
Siswa Di SMA Negeri 1 Tondano Media kartu bergambar ini merupakan salah satu
media pembelajaran bagi tingkat pemula khususnya pelajar kartu ini memuat masing masing huruf Hiragana cara baca dan urutan penulisannya untuk meningkatkan
aktivitas berfikir mempermudah daya ingat siswa dan meningkatkan penguasaan
huruf Hiragana Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan kemampuan siswa dalam
menulis huruf Hiragana sebelum dan sesudah menggunakan media kartu bergambar
Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 1 Tondano dengan populasi siswa kelas X
Bahasa sebanyak 40 orang siswa Sampel yang digunakan adalah 20 orang siswa
Metode penelitian yang digunakan adalah metode true experimental design dengan
menggunakan desain Pretest Posttest Control Group Design Teknik analisis data
yang digunakan adalah teknik statistic uji t Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa
terdapat pengaruh yang signifikan dengan menggunakan media kartu bergambar dalam
penguasaan menulis huruf Hiragana bahasa Jepang Hal ini dibuktikan dari rata rata
hasil belajar siswa pada kelas eksperiment 68 dan pada kelas kontrol 55 9 dan dari
hasil hipotesis dengan menggunakan statistic uji t diperoleh hasil dimana ???? ???????????????????? =
4 78 gt; dari pada ???????????????????????? = 1 68 sehingga nilai rata rata hasil belajar siswa yang
diajarkan dengan menggunakan media kartu bergambar lebih baik dari rata rata hasil
belajar siswa yang tidak menggunakan media kartu bergambar < p>

References

Arsyad A 2007 Pengertian Media

Gambar Bandung: Humaniora

Maru M G Pikirang C C Ratu D M

Tuna J R 2021 The

Integration of ICT in ELT

Practices: The Study on Teachers

Perspective in New Normal

Era International Journal of

Interactive Mobile

Technologies 15 22 44 67

Maru M G Pikirang C C Setiawan S

Oroh E Z O Pelenkahu N

2021 The internet use for

autonomous learning during

COVID 19 pandemic and its

hindrances International Journal

of Interactive Mobile Technologies

IJIM 15 18 65

Maru M G Nur S 2020 Applying

Video for Writing Descriptive Text

in Senior High School in the

COVID 19 Pandemic

Transition International Journal

of Language Education 4 3 408

Maru M G Tamowangkay F P

Pelenkahu N Wuntu C

2022 Teachers perception

toward the impact of platform used

in online learning communication

in the eastern

Indonesia International Journal of

Communication and Society 4 1

71

Maru M G Ratu D M Dukut E M

2018 The Use the T Ex

Approach in Indonesian EFL

Essay Writing: Feedbacks and

Knowledge Exploration

Najoan F R 2019 Pola Lafal Bunyi

Khusus Bahasa Jepang Pada Tuturan

Pembelajar Bahasa Jepang Di

Indonesia Di Publikasikan Program

Studi Pendidikan Bahasa Jepang

Kampus UMY TerpaduVol 3 No 2

https: journal umy ac id index php jje

l article view 6891

Rakian Sandra 2020 Penggunaan

Multimedia Dalam Pembelajaran

Bahasa Jepang Praktis Pada

Karyawan Objek Wisata Sumaru

Endo Kecamatan Remboken

EDUPRENEUR Vol 3 No 1 Maret

http: repo unima ac id 3017 1 1812

1 SM pdf

Samsu 2017 Metode Penelitian: Teori

dan Aplikasi Penelitian Kualitatif

Kuantitatif MixedMethods Serta

Research Develompment Jambi:

PUSAKA

Shavelson 1998 Metode Statistika

Tarsito: BandungSurabaya

Sompotan Amelia G Y 2021 Analisis

Setsuzokujoshi Dalam Kalimat

Bahasa Jepang Syntax Literature:

Jurnal Ilmiah Indonesia Vol 6 No 5

mei 2021

https: www jurnal syntaxliterate co i

d index php syntax literate article view 2725

Sugiyono 2010 Hipotesis Penelitian

Jakarta: Rajawali

Sugiyono 2010: 108 Metode Penelitian

Pendidikan Pendekatan Kualitatif

Vol 2 No 4 2022 : KOMPETENSI : Jurnal Ilmiah Bahasa dan Seni

Kuantitatif RND Bandung:

ALFABETA

Downloads

Published

2022-12-15

How to Cite

EFEKTIVITAS MEDIA KARTU BERGAMBAR DALAM MENULIS HURUF HIRAGANA SISWA DI SMA NEGERI 1 TONDANO. (2022). KOMPETENSI, 2(04), 1295 1303. https://doi.org/10.53682/kompetensi.v2i04.4799