EFEKTIVITAS MEDIA KARTU BERGAMBAR DALAM MENULIS HURUF HIRAGANA SISWA DI SMA NEGERI 1 TONDANO
DOI:
https://doi.org/10.53682/kompetensi.v2i04.4799Keywords:
Media, Kartu Bergambar, Huruf HiraganaAbstract
Efektivitas Media Kartu Bergambar Terhadap Kemampuan Menulis Huruf Hiragana
Siswa Di SMA Negeri 1 Tondano Media kartu bergambar ini merupakan salah satu
media pembelajaran bagi tingkat pemula khususnya pelajar kartu ini memuat masing masing huruf Hiragana cara baca dan urutan penulisannya untuk meningkatkan
aktivitas berfikir mempermudah daya ingat siswa dan meningkatkan penguasaan
huruf Hiragana Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan kemampuan siswa dalam
menulis huruf Hiragana sebelum dan sesudah menggunakan media kartu bergambar
Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 1 Tondano dengan populasi siswa kelas X
Bahasa sebanyak 40 orang siswa Sampel yang digunakan adalah 20 orang siswa
Metode penelitian yang digunakan adalah metode true experimental design dengan
menggunakan desain Pretest Posttest Control Group Design Teknik analisis data
yang digunakan adalah teknik statistic uji t Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa
terdapat pengaruh yang signifikan dengan menggunakan media kartu bergambar dalam
penguasaan menulis huruf Hiragana bahasa Jepang Hal ini dibuktikan dari rata rata
hasil belajar siswa pada kelas eksperiment 68 dan pada kelas kontrol 55 9 dan dari
hasil hipotesis dengan menggunakan statistic uji t diperoleh hasil dimana ???? ???????????????????? =
4 78 gt; dari pada ???????????????????????? = 1 68 sehingga nilai rata rata hasil belajar siswa yang
diajarkan dengan menggunakan media kartu bergambar lebih baik dari rata rata hasil
belajar siswa yang tidak menggunakan media kartu bergambar < p>
References
Arsyad A 2007 Pengertian Media
Gambar Bandung: Humaniora
Maru M G Pikirang C C Ratu D M
Tuna J R 2021 The
Integration of ICT in ELT
Practices: The Study on Teachers
Perspective in New Normal
Era International Journal of
Interactive Mobile
Technologies 15 22 44 67
Maru M G Pikirang C C Setiawan S
Oroh E Z O Pelenkahu N
2021 The internet use for
autonomous learning during
COVID 19 pandemic and its
hindrances International Journal
of Interactive Mobile Technologies
IJIM 15 18 65
Maru M G Nur S 2020 Applying
Video for Writing Descriptive Text
in Senior High School in the
COVID 19 Pandemic
Transition International Journal
of Language Education 4 3 408
Maru M G Tamowangkay F P
Pelenkahu N Wuntu C
2022 Teachers perception
toward the impact of platform used
in online learning communication
in the eastern
Indonesia International Journal of
Communication and Society 4 1
71
Maru M G Ratu D M Dukut E M
2018 The Use the T Ex
Approach in Indonesian EFL
Essay Writing: Feedbacks and
Knowledge Exploration
Najoan F R 2019 Pola Lafal Bunyi
Khusus Bahasa Jepang Pada Tuturan
Pembelajar Bahasa Jepang Di
Indonesia Di Publikasikan Program
Studi Pendidikan Bahasa Jepang
Kampus UMY TerpaduVol 3 No 2
https: journal umy ac id index php jje
l article view 6891
Rakian Sandra 2020 Penggunaan
Multimedia Dalam Pembelajaran
Bahasa Jepang Praktis Pada
Karyawan Objek Wisata Sumaru
Endo Kecamatan Remboken
EDUPRENEUR Vol 3 No 1 Maret
http: repo unima ac id 3017 1 1812
1 SM pdf
Samsu 2017 Metode Penelitian: Teori
dan Aplikasi Penelitian Kualitatif
Kuantitatif MixedMethods Serta
Research Develompment Jambi:
PUSAKA
Shavelson 1998 Metode Statistika
Tarsito: BandungSurabaya
Sompotan Amelia G Y 2021 Analisis
Setsuzokujoshi Dalam Kalimat
Bahasa Jepang Syntax Literature:
Jurnal Ilmiah Indonesia Vol 6 No 5
mei 2021
https: www jurnal syntaxliterate co i
d index php syntax literate article view 2725
Sugiyono 2010 Hipotesis Penelitian
Jakarta: Rajawali
Sugiyono 2010: 108 Metode Penelitian
Pendidikan Pendekatan Kualitatif
Vol 2 No 4 2022 : KOMPETENSI : Jurnal Ilmiah Bahasa dan Seni
Kuantitatif RND Bandung:
ALFABETA