EFEKTIVITAS MEDIA KARTU BERGAMBAR DALAM MENULIS HURUF HIRAGANA SISWA DI SMA NEGERI 1 TONDANO

Authors

  • Wenanda C. Kuhuwael Universitas Negeri Manado
  • Jusuf D. Ondang Universitas Negeri Manado
  • Fitri I. Gama Universitas Negeri Manado

DOI:

https://doi.org/10.53682/kompetensi.v2i04.4799

Keywords:

Media, Kartu Bergambar, Huruf Hiragana

Abstract

Efektivitas Media Kartu Bergambar Terhadap Kemampuan Menulis Huruf Hiragana
Siswa Di SMA Negeri 1 Tondano“. Media kartu bergambar ini merupakan salah satu
media pembelajaran bagi tingkat pemula khususnya pelajar, kartu ini memuat masingmasing huruf Hiragana, cara baca dan urutan penulisannya untuk meningkatkan
aktivitas berfikir, mempermudah daya ingat siswa dan meningkatkan penguasaan
huruf Hiragana. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan kemampuan siswa dalam
menulis huruf Hiragana sebelum dan sesudah menggunakan media kartu bergambar.
Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 1 Tondano, dengan populasi siswa kelas X
Bahasa sebanyak 40 orang siswa. Sampel yang digunakan adalah 20 orang siswa.
Metode penelitian yang digunakan adalah metode true experimental design dengan
menggunakan desain Pretest-Posttest Control Group Design. Teknik analisis data
yang digunakan adalah teknik statistic uji-t. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa
terdapat pengaruh yang signifikan dengan menggunakan media kartu bergambar dalam
penguasaan menulis huruf Hiragana bahasa Jepang. Hal ini dibuktikan dari rata-rata
hasil belajar siswa pada kelas eksperiment 68 dan pada kelas kontrol 55,9, dan dari
hasil hipotesis dengan menggunakan statistic uji-t diperoleh hasil dimana ????ℎ???????????????????? =
4,78 > dari pada ???????????????????????? = 1,68 sehingga nilai rata-rata hasil belajar siswa yang
diajarkan dengan menggunakan media kartu bergambar lebih baik dari rata-rata hasil
belajar siswa yang tidak menggunakan media kartu bergambar.

References

Arsyad, A. (2007). Pengertian Media

Gambar. Bandung: Humaniora

Maru, M. G., Pikirang, C. C., Ratu, D. M.,

& Tuna, J. R. (2021). The

Integration of ICT in ELT

Practices: The Study on Teachers'

Perspective in New Normal

Era. International Journal of

Interactive Mobile

Technologies, 15(22), 44-67.

Maru, M. G., Pikirang, C. C., Setiawan, S.,

Oroh, E. Z. O., & Pelenkahu, N.

(2021). The internet use for

autonomous learning during

COVID-19 pandemic and its

hindrances. International Journal

of Interactive Mobile Technologies

(IJIM), 15(18), 65.

Maru, M. G., & Nur, S. (2020). Applying

Video for Writing Descriptive Text

in Senior High School in the

COVID-19 Pandemic

Transition. International Journal

of Language Education, 4(3), 408-

Maru, M. G., Tamowangkay, F. P.,

Pelenkahu, N., & Wuntu, C.

(2022). Teachers’ perception

toward the impact of platform used

in online learning communication

in the eastern

Indonesia. International Journal of

Communication and Society, 4(1),

-71.

Maru, M. G., Ratu, D. M., & Dukut, E. M.

(2018). The Use the T-Ex

Approach in Indonesian EFL

Essay Writing: Feedbacks and

Knowledge Exploration.

Najoan, F.R. (2019). “Pola Lafal Bunyi

Khusus Bahasa Jepang Pada Tuturan

Pembelajar Bahasa Jepang Di

Indonesia”. Di Publikasikan Program

Studi Pendidikan Bahasa Jepang

Kampus UMY TerpaduVol.3, No.2.

https://journal.umy.ac.id.index.php/jje

l/article/view/6891

Rakian, Sandra. (2020). Penggunaan

Multimedia Dalam Pembelajaran

Bahasa Jepang Praktis Pada

Karyawan Objek Wisata Sumaru

Endo Kecamatan Remboken.

EDUPRENEUR. Vol. 3, No. 1 Maret

http://repo.unima.ac.id/3017/1/1812-

-1-SM.pdf

Samsu. (2017). Metode Penelitian: Teori

dan Aplikasi Penelitian Kualitatif,

Kuantitatif, MixedMethods, Serta

Research&Develompment).Jambi:

PUSAKA.

Shavelson. (1998). Metode Statistika.

Tarsito: BandungSurabaya.

Sompotan, Amelia G.Y. (2021). Analisis

Setsuzokujoshi Dalam Kalimat

Bahasa Jepang. Syntax Literature:

Jurnal Ilmiah Indonesia. Vol.6, No. 5

mei 2021

https://www.jurnal.syntaxliterate.co.i

d/index.php/syntaxliterate/article/view/2725

Sugiyono. (2010). Hipotesis Penelitian.

Jakarta: Rajawali

Sugiyono. (2010: 108). Metode Penelitian

Pendidikan Pendekatan Kualitatif

Vol 2 No 4 (2022) : KOMPETENSI : Jurnal Ilmiah Bahasa dan Seni

Kuantitatif & RND. Bandung:

ALFABETA

Downloads

Published

2022-12-15

How to Cite

Kuhuwael, W. C. ., Ondang, J. D. ., & Gama, F. I. . (2022). EFEKTIVITAS MEDIA KARTU BERGAMBAR DALAM MENULIS HURUF HIRAGANA SISWA DI SMA NEGERI 1 TONDANO. KOMPETENSI, 2(04), 1295 - 1303. https://doi.org/10.53682/kompetensi.v2i04.4799