EFEKTIVITAS MEDIA KARTU BERGAMBAR DALAM MENULIS HURUF HIRAGANA SISWA DI SMA NEGERI 1 TONDANO
DOI:
https://doi.org/10.53682/kompetensi.v2i04.4799Keywords:
Media, Kartu Bergambar, Huruf HiraganaAbstract
Efektivitas Media Kartu Bergambar Terhadap Kemampuan Menulis Huruf Hiragana
Siswa Di SMA Negeri 1 Tondano“. Media kartu bergambar ini merupakan salah satu
media pembelajaran bagi tingkat pemula khususnya pelajar, kartu ini memuat masingmasing huruf Hiragana, cara baca dan urutan penulisannya untuk meningkatkan
aktivitas berfikir, mempermudah daya ingat siswa dan meningkatkan penguasaan
huruf Hiragana. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan kemampuan siswa dalam
menulis huruf Hiragana sebelum dan sesudah menggunakan media kartu bergambar.
Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 1 Tondano, dengan populasi siswa kelas X
Bahasa sebanyak 40 orang siswa. Sampel yang digunakan adalah 20 orang siswa.
Metode penelitian yang digunakan adalah metode true experimental design dengan
menggunakan desain Pretest-Posttest Control Group Design. Teknik analisis data
yang digunakan adalah teknik statistic uji-t. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa
terdapat pengaruh yang signifikan dengan menggunakan media kartu bergambar dalam
penguasaan menulis huruf Hiragana bahasa Jepang. Hal ini dibuktikan dari rata-rata
hasil belajar siswa pada kelas eksperiment 68 dan pada kelas kontrol 55,9, dan dari
hasil hipotesis dengan menggunakan statistic uji-t diperoleh hasil dimana ????ℎ???????????????????? =
4,78 > dari pada ???????????????????????? = 1,68 sehingga nilai rata-rata hasil belajar siswa yang
diajarkan dengan menggunakan media kartu bergambar lebih baik dari rata-rata hasil
belajar siswa yang tidak menggunakan media kartu bergambar.
References
Arsyad, A. (2007). Pengertian Media
Gambar. Bandung: Humaniora
Maru, M. G., Pikirang, C. C., Ratu, D. M.,
& Tuna, J. R. (2021). The
Integration of ICT in ELT
Practices: The Study on Teachers'
Perspective in New Normal
Era. International Journal of
Interactive Mobile
Technologies, 15(22), 44-67.
Maru, M. G., Pikirang, C. C., Setiawan, S.,
Oroh, E. Z. O., & Pelenkahu, N.
(2021). The internet use for
autonomous learning during
COVID-19 pandemic and its
hindrances. International Journal
of Interactive Mobile Technologies
(IJIM), 15(18), 65.
Maru, M. G., & Nur, S. (2020). Applying
Video for Writing Descriptive Text
in Senior High School in the
COVID-19 Pandemic
Transition. International Journal
of Language Education, 4(3), 408-
Maru, M. G., Tamowangkay, F. P.,
Pelenkahu, N., & Wuntu, C.
(2022). Teachers’ perception
toward the impact of platform used
in online learning communication
in the eastern
Indonesia. International Journal of
Communication and Society, 4(1),
-71.
Maru, M. G., Ratu, D. M., & Dukut, E. M.
(2018). The Use the T-Ex
Approach in Indonesian EFL
Essay Writing: Feedbacks and
Knowledge Exploration.
Najoan, F.R. (2019). “Pola Lafal Bunyi
Khusus Bahasa Jepang Pada Tuturan
Pembelajar Bahasa Jepang Di
Indonesia”. Di Publikasikan Program
Studi Pendidikan Bahasa Jepang
Kampus UMY TerpaduVol.3, No.2.
https://journal.umy.ac.id.index.php/jje
l/article/view/6891
Rakian, Sandra. (2020). Penggunaan
Multimedia Dalam Pembelajaran
Bahasa Jepang Praktis Pada
Karyawan Objek Wisata Sumaru
Endo Kecamatan Remboken.
EDUPRENEUR. Vol. 3, No. 1 Maret
http://repo.unima.ac.id/3017/1/1812-
-1-SM.pdf
Samsu. (2017). Metode Penelitian: Teori
dan Aplikasi Penelitian Kualitatif,
Kuantitatif, MixedMethods, Serta
Research&Develompment).Jambi:
PUSAKA.
Shavelson. (1998). Metode Statistika.
Tarsito: BandungSurabaya.
Sompotan, Amelia G.Y. (2021). Analisis
Setsuzokujoshi Dalam Kalimat
Bahasa Jepang. Syntax Literature:
Jurnal Ilmiah Indonesia. Vol.6, No. 5
mei 2021
https://www.jurnal.syntaxliterate.co.i
d/index.php/syntaxliterate/article/view/2725
Sugiyono. (2010). Hipotesis Penelitian.
Jakarta: Rajawali
Sugiyono. (2010: 108). Metode Penelitian
Pendidikan Pendekatan Kualitatif
Vol 2 No 4 (2022) : KOMPETENSI : Jurnal Ilmiah Bahasa dan Seni
Kuantitatif & RND. Bandung:
ALFABETA
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.