KEMAMPUAN MENULIS TEKS PROSEDUR BERBASIS DARING SISWA KELAS VII SMP NEGERI 4 DUMOGA

Authors

  • Ivanda Dewinta Modundo Universitas Negeri Manado
  • Thelma M. Wengkang Universitas Negeri Manado
  • Wimsje R. Palar Universitas Negeri Manado

DOI:

https://doi.org/10.53682/kompetensi.v2i04.4801

Keywords:

kemampuan, menulis, teks prosedur, daring

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan kemampuan siswa kelas
VII SMP Negeri 4 Dumoga dalam menulis teks prosedur. Metode yang
digunakan adalah metode deskriptif kuantitatif. Sumber data dalam dalam
penelitian ini ialah siswa kelas VII SMP Negeri 4 Dumoga yang berjumlah 30
siswa. Untuk mengumpulkan data maka digunakan teknik tes dan observasi.
Berdasarkan hasil penelitian kemampuan menulis teks prosedur siswa kelas
VII SMP Negeri 4 Dumoga tergolong mampu karena memeroleh nilai ratarata 80%. Hasil analisis data berupa siswa yang tergolong sangat mampu ada
10 orang, siswa yang tergolong mampu ada 17 orang, siswa yang tergolong
cukup mampu ada 2 orang, siswa kurang mampu ada 1 orang. Dari aspek
penilaian penulisan teks prosedur didapatkan nilai rata-rata kemampuan
menulis teks prosedur yaitu 80%.

References

Arikunto S. 2012. Prosedur Penelitian

Suatu Pendekatan Praktik.

Jakarta: Rineka Cipta.

Choiroh, Nisau. 2020. Efektifitas

Pembelajaran Berbasis

Daring. Surakarta: IAIN

Djumingin, Sulastriningsih. 2007.

Strategi dan Aplikasi Model

Pembelajaran Inovatif

Bahasa dan Sastra. Makassar:

Badan Penerbit Universitas

Negeri

Makassar.

Haling, Abdul. 2007. Belajar dan

Pembelajaran. Makassar:

Badan Penerbit

Universitas Negeri Makassar.

Maru, M. G., Pikirang, C. C., Ratu, D.

M., & Tuna, J. R. (2021). The

Integration of ICT in ELT

Practices: The Study on

Teachers' Perspective in New

Normal Era. International

Journal of Interactive Mobile

Technologies, 15(22), 44-67.

Maru, M. G., Pikirang, C. C., Setiawan,

S., Oroh, E. Z. O., &

Pelenkahu, N. (2021). The

internet use for autonomous

learning during COVID-19

pandemic and its

hindrances. International

Vol 2 No 4 (2022): KOMPETENSI : Jurnal Ilmiah Bahasa dan Seni

Journal of Interactive Mobile

Technologies (IJIM), 15(18),

Maru, M. G., & Nur, S. (2020).

Applying Video for Writing

Descriptive Text in Senior High

School in the COVID-19

Pandemic

Transition. International

Journal of Language

Education, 4(3), 408-419.

Maru, M. G., Tamowangkay, F. P.,

Pelenkahu, N., & Wuntu, C.

(2022). Teachers’ perception

toward the impact of platform

used in online learning

communication in the eastern

Indonesia. International

Journal of Communication and

Society, 4(1), 59-71.

Maru, M. G., Ratu, D. M., & Dukut, E.

M. (2018). The Use the T-Ex

Approach in Indonesian EFL

Essay Writing: Feedbacks and

Knowledge Exploration.

Rawis Ega Juliati, Senduk M. Thomas,

Torar S. Selvie. (2021).

Kemampuan Mengidentifikasi

Teks Eksposisi Siswa Kelas X

SMA Kristen Pontak.

Tondano:Universitas Negeri

Manado. Volume 2. Halaman

Rembet K. Yulia, Senduk M. Thomas,

Mumu E. Selviane (2021).

Kemampuan Menulis Teks

Narasi Ekspositoris Siswa

Kelas VII SMP Negeri 1

Ranoyapo. Tondano:

Univertitas Negeri Manado.

Volume . Halaman 8.

Sugiyono. 2011. Metode Penelitian

Pendidikan Pendekatan

Kuantitatif, Kualitatif, dan

R&D. Bandung: Alfabeta.

Tarigan, Henry Guntur. 2008. Menulis

Sebagai Suatu Keterampilan

Berbahasa. Bandung:

Angkasa.

Downloads

Published

2022-12-15

How to Cite

Modundo, I. D. ., Wengkang, T. M. ., & Palar, W. R. . (2022). KEMAMPUAN MENULIS TEKS PROSEDUR BERBASIS DARING SISWA KELAS VII SMP NEGERI 4 DUMOGA. KOMPETENSI, 2(04), 1305 - 1312. https://doi.org/10.53682/kompetensi.v2i04.4801