KEMAMPUAN MENULIS TEKS PROSEDUR BERBASIS DARING SISWA KELAS VII SMP NEGERI 4 DUMOGA

Authors

DOI:

https://doi.org/10.53682/kompetensi.v2i04.4801

Keywords:

kemampuan, menulis, teks prosedur, daring

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan kemampuan siswa kelas
VII SMP Negeri 4 Dumoga dalam menulis teks prosedur Metode yang
digunakan adalah metode deskriptif kuantitatif Sumber data dalam dalam
penelitian ini ialah siswa kelas VII SMP Negeri 4 Dumoga yang berjumlah 30
siswa Untuk mengumpulkan data maka digunakan teknik tes dan observasi
Berdasarkan hasil penelitian kemampuan menulis teks prosedur siswa kelas
VII SMP Negeri 4 Dumoga tergolong mampu karena memeroleh nilai rata rata 80 Hasil analisis data berupa siswa yang tergolong sangat mampu ada
10 orang siswa yang tergolong mampu ada 17 orang siswa yang tergolong
cukup mampu ada 2 orang siswa kurang mampu ada 1 orang Dari aspek
penilaian penulisan teks prosedur didapatkan nilai rata rata kemampuan
menulis teks prosedur yaitu 80 < p>

References

Arikunto S 2012 Prosedur Penelitian

Suatu Pendekatan Praktik

Jakarta: Rineka Cipta

Choiroh Nisau 2020 Efektifitas

Pembelajaran Berbasis

Daring Surakarta: IAIN

Djumingin Sulastriningsih 2007

Strategi dan Aplikasi Model

Pembelajaran Inovatif

Bahasa dan Sastra Makassar:

Badan Penerbit Universitas

Negeri

Makassar

Haling Abdul 2007 Belajar dan

Pembelajaran Makassar:

Badan Penerbit

Universitas Negeri Makassar

Maru M G Pikirang C C Ratu D

M Tuna J R 2021 The

Integration of ICT in ELT

Practices: The Study on

Teachers Perspective in New

Normal Era International

Journal of Interactive Mobile

Technologies 15 22 44 67

Maru M G Pikirang C C Setiawan

S Oroh E Z O

Pelenkahu N 2021 The

internet use for autonomous

learning during COVID 19

pandemic and its

hindrances International

Vol 2 No 4 2022 : KOMPETENSI : Jurnal Ilmiah Bahasa dan Seni

Journal of Interactive Mobile

Technologies IJIM 15 18

Maru M G Nur S 2020

Applying Video for Writing

Descriptive Text in Senior High

School in the COVID 19

Pandemic

Transition International

Journal of Language

Education 4 3 408 419

Maru M G Tamowangkay F P

Pelenkahu N Wuntu C

2022 Teachers perception

toward the impact of platform

used in online learning

communication in the eastern

Indonesia International

Journal of Communication and

Society 4 1 59 71

Maru M G Ratu D M Dukut E

M 2018 The Use the T Ex

Approach in Indonesian EFL

Essay Writing: Feedbacks and

Knowledge Exploration

Rawis Ega Juliati Senduk M Thomas

Torar S Selvie 2021

Kemampuan Mengidentifikasi

Teks Eksposisi Siswa Kelas X

SMA Kristen Pontak

Tondano:Universitas Negeri

Manado Volume 2 Halaman

Rembet K Yulia Senduk M Thomas

Mumu E Selviane 2021

Kemampuan Menulis Teks

Narasi Ekspositoris Siswa

Kelas VII SMP Negeri 1

Ranoyapo Tondano:

Univertitas Negeri Manado

Volume Halaman 8

Sugiyono 2011 Metode Penelitian

Pendidikan Pendekatan

Kuantitatif Kualitatif dan

R D Bandung: Alfabeta

Tarigan Henry Guntur 2008 Menulis

Sebagai Suatu Keterampilan

Berbahasa Bandung:

Angkasa

Downloads

Published

2022-12-15

How to Cite

KEMAMPUAN MENULIS TEKS PROSEDUR BERBASIS DARING SISWA KELAS VII SMP NEGERI 4 DUMOGA. (2022). KOMPETENSI, 2(04), 1305 1312. https://doi.org/10.53682/kompetensi.v2i04.4801