KEMAMPUAN MENULIS TEKS PROSEDUR BERBASIS DARING SISWA KELAS VII SMP NEGERI 4 DUMOGA
DOI:
https://doi.org/10.53682/kompetensi.v2i04.4801Keywords:
kemampuan, menulis, teks prosedur, daringAbstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan kemampuan siswa kelas
VII SMP Negeri 4 Dumoga dalam menulis teks prosedur Metode yang
digunakan adalah metode deskriptif kuantitatif Sumber data dalam dalam
penelitian ini ialah siswa kelas VII SMP Negeri 4 Dumoga yang berjumlah 30
siswa Untuk mengumpulkan data maka digunakan teknik tes dan observasi
Berdasarkan hasil penelitian kemampuan menulis teks prosedur siswa kelas
VII SMP Negeri 4 Dumoga tergolong mampu karena memeroleh nilai rata rata 80 Hasil analisis data berupa siswa yang tergolong sangat mampu ada
10 orang siswa yang tergolong mampu ada 17 orang siswa yang tergolong
cukup mampu ada 2 orang siswa kurang mampu ada 1 orang Dari aspek
penilaian penulisan teks prosedur didapatkan nilai rata rata kemampuan
menulis teks prosedur yaitu 80 < p>
References
Arikunto S 2012 Prosedur Penelitian
Suatu Pendekatan Praktik
Jakarta: Rineka Cipta
Choiroh Nisau 2020 Efektifitas
Pembelajaran Berbasis
Daring Surakarta: IAIN
Djumingin Sulastriningsih 2007
Strategi dan Aplikasi Model
Pembelajaran Inovatif
Bahasa dan Sastra Makassar:
Badan Penerbit Universitas
Negeri
Makassar
Haling Abdul 2007 Belajar dan
Pembelajaran Makassar:
Badan Penerbit
Universitas Negeri Makassar
Maru M G Pikirang C C Ratu D
M Tuna J R 2021 The
Integration of ICT in ELT
Practices: The Study on
Teachers Perspective in New
Normal Era International
Journal of Interactive Mobile
Technologies 15 22 44 67
Maru M G Pikirang C C Setiawan
S Oroh E Z O
Pelenkahu N 2021 The
internet use for autonomous
learning during COVID 19
pandemic and its
hindrances International
Vol 2 No 4 2022 : KOMPETENSI : Jurnal Ilmiah Bahasa dan Seni
Journal of Interactive Mobile
Technologies IJIM 15 18
Maru M G Nur S 2020
Applying Video for Writing
Descriptive Text in Senior High
School in the COVID 19
Pandemic
Transition International
Journal of Language
Education 4 3 408 419
Maru M G Tamowangkay F P
Pelenkahu N Wuntu C
2022 Teachers perception
toward the impact of platform
used in online learning
communication in the eastern
Indonesia International
Journal of Communication and
Society 4 1 59 71
Maru M G Ratu D M Dukut E
M 2018 The Use the T Ex
Approach in Indonesian EFL
Essay Writing: Feedbacks and
Knowledge Exploration
Rawis Ega Juliati Senduk M Thomas
Torar S Selvie 2021
Kemampuan Mengidentifikasi
Teks Eksposisi Siswa Kelas X
SMA Kristen Pontak
Tondano:Universitas Negeri
Manado Volume 2 Halaman
Rembet K Yulia Senduk M Thomas
Mumu E Selviane 2021
Kemampuan Menulis Teks
Narasi Ekspositoris Siswa
Kelas VII SMP Negeri 1
Ranoyapo Tondano:
Univertitas Negeri Manado
Volume Halaman 8
Sugiyono 2011 Metode Penelitian
Pendidikan Pendekatan
Kuantitatif Kualitatif dan
R D Bandung: Alfabeta
Tarigan Henry Guntur 2008 Menulis
Sebagai Suatu Keterampilan
Berbahasa Bandung:
Angkasa