KEMAMPUAN MENULIS TEKS PROSEDUR BERBASIS DARING SISWA KELAS VII SMP NEGERI 4 DUMOGA
DOI:
https://doi.org/10.53682/kompetensi.v2i04.4801Keywords:
kemampuan, menulis, teks prosedur, daringAbstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan kemampuan siswa kelas
VII SMP Negeri 4 Dumoga dalam menulis teks prosedur. Metode yang
digunakan adalah metode deskriptif kuantitatif. Sumber data dalam dalam
penelitian ini ialah siswa kelas VII SMP Negeri 4 Dumoga yang berjumlah 30
siswa. Untuk mengumpulkan data maka digunakan teknik tes dan observasi.
Berdasarkan hasil penelitian kemampuan menulis teks prosedur siswa kelas
VII SMP Negeri 4 Dumoga tergolong mampu karena memeroleh nilai ratarata 80%. Hasil analisis data berupa siswa yang tergolong sangat mampu ada
10 orang, siswa yang tergolong mampu ada 17 orang, siswa yang tergolong
cukup mampu ada 2 orang, siswa kurang mampu ada 1 orang. Dari aspek
penilaian penulisan teks prosedur didapatkan nilai rata-rata kemampuan
menulis teks prosedur yaitu 80%.
References
Arikunto S. 2012. Prosedur Penelitian
Suatu Pendekatan Praktik.
Jakarta: Rineka Cipta.
Choiroh, Nisau. 2020. Efektifitas
Pembelajaran Berbasis
Daring. Surakarta: IAIN
Djumingin, Sulastriningsih. 2007.
Strategi dan Aplikasi Model
Pembelajaran Inovatif
Bahasa dan Sastra. Makassar:
Badan Penerbit Universitas
Negeri
Makassar.
Haling, Abdul. 2007. Belajar dan
Pembelajaran. Makassar:
Badan Penerbit
Universitas Negeri Makassar.
Maru, M. G., Pikirang, C. C., Ratu, D.
M., & Tuna, J. R. (2021). The
Integration of ICT in ELT
Practices: The Study on
Teachers' Perspective in New
Normal Era. International
Journal of Interactive Mobile
Technologies, 15(22), 44-67.
Maru, M. G., Pikirang, C. C., Setiawan,
S., Oroh, E. Z. O., &
Pelenkahu, N. (2021). The
internet use for autonomous
learning during COVID-19
pandemic and its
hindrances. International
Vol 2 No 4 (2022): KOMPETENSI : Jurnal Ilmiah Bahasa dan Seni
Journal of Interactive Mobile
Technologies (IJIM), 15(18),
Maru, M. G., & Nur, S. (2020).
Applying Video for Writing
Descriptive Text in Senior High
School in the COVID-19
Pandemic
Transition. International
Journal of Language
Education, 4(3), 408-419.
Maru, M. G., Tamowangkay, F. P.,
Pelenkahu, N., & Wuntu, C.
(2022). Teachers’ perception
toward the impact of platform
used in online learning
communication in the eastern
Indonesia. International
Journal of Communication and
Society, 4(1), 59-71.
Maru, M. G., Ratu, D. M., & Dukut, E.
M. (2018). The Use the T-Ex
Approach in Indonesian EFL
Essay Writing: Feedbacks and
Knowledge Exploration.
Rawis Ega Juliati, Senduk M. Thomas,
Torar S. Selvie. (2021).
Kemampuan Mengidentifikasi
Teks Eksposisi Siswa Kelas X
SMA Kristen Pontak.
Tondano:Universitas Negeri
Manado. Volume 2. Halaman
Rembet K. Yulia, Senduk M. Thomas,
Mumu E. Selviane (2021).
Kemampuan Menulis Teks
Narasi Ekspositoris Siswa
Kelas VII SMP Negeri 1
Ranoyapo. Tondano:
Univertitas Negeri Manado.
Volume . Halaman 8.
Sugiyono. 2011. Metode Penelitian
Pendidikan Pendekatan
Kuantitatif, Kualitatif, dan
R&D. Bandung: Alfabeta.
Tarigan, Henry Guntur. 2008. Menulis
Sebagai Suatu Keterampilan
Berbahasa. Bandung:
Angkasa.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.