NILAI PENDIDIKAN KARAKTER DALAM NOVEL “ANAK RANTAU” KARYA AHMAD FUADI DAN RELEVANSINYA DALAM PEMBELAJARAN SASTRA DI SEKOLAH

Authors

  • Lucy L. Tami Mowilos Universitas Negeri Manado
  • Intama Jemy Polii Universitas Negeri Manado
  • Viktory N.J. Rotty Universitas Negeri Manado

DOI:

https://doi.org/10.53682/kompetensi.v2i04.4802

Keywords:

nilai pendidikan karakter, novel, relevansi, pembelajaran sastra.

Abstract

Tujuan penelitian : 1) Mendeskripsikan nilai pendidikan karakter
yang ada dalam novel “Anak Rantau” karya Ahmad Fuadi 2)
Mendeskripsikan relevansi novel “Anak Rantau” dalam pembelajaran
sastra di sekolah. Metode yang digunakan dalam penelitian ini ialah
metode deskriptif kualitatif. Sumber data penelitian ini ialah Novel
“Anak Rantau” Karya Ahmad Fuadi. Objek Penelitian ialah isi dari
novel Anak Rantau karya Ahmad Fuadi. Untuk mengumpulkan data
teknik yang digunakan ialah teknik baca, simak, catat yang berkaitan
dengan penelitian. Untuk menganalisis data teknik yang digunakan
ialah analisis konten. Hasil studi mengemukakan nilai-nilai yang
didapati harus dipupuk disekolah.

References

Eris Susni, A. K. (2015: Februari). Nilainilai Pendidikan Karakter

dalam Novel "Guru Hidupmu

Hanya Untuk Kami " Karya

Edelweis Almira serta

Implikasinya dalam

Pembelajaran Sastra di SMP ,

Vol 3 No 1.

Fandi, A. (2017). Anak Rantau.

Jakarta: PT Falcon.

Nurgiyantoro, B. (2015). Teori

Pengkajian Fikssi. Yogjakarta:

Gajah Mada

University.

Maru, M. G., Pikirang, C. C., Ratu, D.

M., & Tuna, J. R. (2021). The

Integration of ICT in ELT

Practices: The Study on

Teachers' Perspective in New

Vol 2 No 4 (2022) : KOMPETENSI : Jurnal Ilmiah Bahasa dan Seni

Normal Era. International

Journal of Interactive Mobile

Technologies, 15(22), 44-67.

Maru, M. G., Pikirang, C. C., Setiawan,

S., Oroh, E. Z. O., & Pelenkahu,

N. (2021). The internet use for

autonomous learning during

COVID-19 pandemic and its

hindrances. International

Journal of Interactive Mobile

Technologies (IJIM), 15(18),

Maru, M. G., & Nur, S. (2020). Applying

Video for Writing Descriptive

Text in Senior High School in

the COVID-19 Pandemic

Transition. International

Journal of Language

Education, 4(3), 408-419.

Maru, M. G., Tamowangkay, F. P.,

Pelenkahu, N., & Wuntu, C.

(2022). Teachers’ perception

toward the impact of platform

used in online learning

communication in the eastern

Indonesia. International

Journal of Communication and

Society, 4(1), 59-71.

Maru, M. G., Ratu, D. M., & Dukut, E.

M. (2018). The Use the T-Ex

Approach in Indonesian EFL

Essay Writing: Feedbacks and

Knowledge Exploration.

Polii, I. J. (2020). PENDIDIKAN

KARAKTER DALAM LIRIK

LAGU MINAHASA TEI TEI

RA'AR KARYA YAN SUNDAH

KAJIAN

ANTROPOLONGIUSTIK.

http://proceedings.upi.edu/index.

php/riksabahasa/article/view/101

Rotty, V. N. ((2021)). Study of

Existenralisme Philosphy. "

merahnya merah" Novel.

Sugiyono. (2011). Metode Penelitian

Pendidikan . Bandung: Alfabeta.

Suwarsono Vitalia Sandi, P. N. ((2020)).

Nilai Pendidikan Karakter dalam

Dongeng "Mamanua dan

Walansendow" dan Burung

Kekekow yang malang dan

(Implikasinya dalam

Pembelajaran Sastra). , Vol 1,

No 2 (2020) : Desember.

Wallek, R. d. (1989). Teori

Kesusastraan. Terjemahan dalam

Bahasa Indonesia

oleh Melani Budianta. Jakarta:

Gramedia.

Zubaedi. 2013. Desain Pendidikan

Karakter (Konsepsi dan

Aplikasinya

dalam 6 Lembaga Penelitian).

Jakarta: Kencana.

Downloads

Published

2022-12-15

How to Cite

Mowilos, L. L. T. ., Polii, I. J., & Rotty, V. N. . (2022). NILAI PENDIDIKAN KARAKTER DALAM NOVEL “ANAK RANTAU” KARYA AHMAD FUADI DAN RELEVANSINYA DALAM PEMBELAJARAN SASTRA DI SEKOLAH. KOMPETENSI, 2(04), 1313 - 1324. https://doi.org/10.53682/kompetensi.v2i04.4802