NILAI PENDIDIKAN KARAKTER DALAM NOVEL “ANAK RANTAU” KARYA AHMAD FUADI DAN RELEVANSINYA DALAM PEMBELAJARAN SASTRA DI SEKOLAH
DOI:
https://doi.org/10.53682/kompetensi.v2i04.4802Keywords:
nilai pendidikan karakter, novel, relevansi, pembelajaran sastra.Abstract
Tujuan penelitian : 1) Mendeskripsikan nilai pendidikan karakter
yang ada dalam novel “Anak Rantau” karya Ahmad Fuadi 2)
Mendeskripsikan relevansi novel “Anak Rantau” dalam pembelajaran
sastra di sekolah. Metode yang digunakan dalam penelitian ini ialah
metode deskriptif kualitatif. Sumber data penelitian ini ialah Novel
“Anak Rantau” Karya Ahmad Fuadi. Objek Penelitian ialah isi dari
novel Anak Rantau karya Ahmad Fuadi. Untuk mengumpulkan data
teknik yang digunakan ialah teknik baca, simak, catat yang berkaitan
dengan penelitian. Untuk menganalisis data teknik yang digunakan
ialah analisis konten. Hasil studi mengemukakan nilai-nilai yang
didapati harus dipupuk disekolah.
References
Eris Susni, A. K. (2015: Februari). Nilainilai Pendidikan Karakter
dalam Novel "Guru Hidupmu
Hanya Untuk Kami " Karya
Edelweis Almira serta
Implikasinya dalam
Pembelajaran Sastra di SMP ,
Vol 3 No 1.
Fandi, A. (2017). Anak Rantau.
Jakarta: PT Falcon.
Nurgiyantoro, B. (2015). Teori
Pengkajian Fikssi. Yogjakarta:
Gajah Mada
University.
Maru, M. G., Pikirang, C. C., Ratu, D.
M., & Tuna, J. R. (2021). The
Integration of ICT in ELT
Practices: The Study on
Teachers' Perspective in New
Vol 2 No 4 (2022) : KOMPETENSI : Jurnal Ilmiah Bahasa dan Seni
Normal Era. International
Journal of Interactive Mobile
Technologies, 15(22), 44-67.
Maru, M. G., Pikirang, C. C., Setiawan,
S., Oroh, E. Z. O., & Pelenkahu,
N. (2021). The internet use for
autonomous learning during
COVID-19 pandemic and its
hindrances. International
Journal of Interactive Mobile
Technologies (IJIM), 15(18),
Maru, M. G., & Nur, S. (2020). Applying
Video for Writing Descriptive
Text in Senior High School in
the COVID-19 Pandemic
Transition. International
Journal of Language
Education, 4(3), 408-419.
Maru, M. G., Tamowangkay, F. P.,
Pelenkahu, N., & Wuntu, C.
(2022). Teachers’ perception
toward the impact of platform
used in online learning
communication in the eastern
Indonesia. International
Journal of Communication and
Society, 4(1), 59-71.
Maru, M. G., Ratu, D. M., & Dukut, E.
M. (2018). The Use the T-Ex
Approach in Indonesian EFL
Essay Writing: Feedbacks and
Knowledge Exploration.
Polii, I. J. (2020). PENDIDIKAN
KARAKTER DALAM LIRIK
LAGU MINAHASA TEI TEI
RA'AR KARYA YAN SUNDAH
KAJIAN
ANTROPOLONGIUSTIK.
http://proceedings.upi.edu/index.
php/riksabahasa/article/view/101
Rotty, V. N. ((2021)). Study of
Existenralisme Philosphy. "
merahnya merah" Novel.
Sugiyono. (2011). Metode Penelitian
Pendidikan . Bandung: Alfabeta.
Suwarsono Vitalia Sandi, P. N. ((2020)).
Nilai Pendidikan Karakter dalam
Dongeng "Mamanua dan
Walansendow" dan Burung
Kekekow yang malang dan
(Implikasinya dalam
Pembelajaran Sastra). , Vol 1,
No 2 (2020) : Desember.
Wallek, R. d. (1989). Teori
Kesusastraan. Terjemahan dalam
Bahasa Indonesia
oleh Melani Budianta. Jakarta:
Gramedia.
Zubaedi. 2013. Desain Pendidikan
Karakter (Konsepsi dan
Aplikasinya
dalam 6 Lembaga Penelitian).
Jakarta: Kencana.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.