EFEKTIVITAS MEDIA APLIKASI LUVLINGUA DALAM PEMBELAJARAN KOSAKATA BAHASA JEPANG DI SMA NEGERI 1 TONDANO

Authors

DOI:

https://doi.org/10.53682/kompetensi.v2i04.4803

Keywords:

Kosakata Bahasa jepang, Aplikasi LuvLingua.

Abstract

Aplikasi LuvLingua merupakan salah satu bentuk permainan kosakata bahasa Jepang
yang dapat digunakan sebagai media pembelajaran kosakata bahasa Jepang Penelitian
ini bertujuan agar penggunaan media aplikasi LuvLingua efektiv dalam pembelajaran
kosakata bahasa Jepang Dengan adanya penggunaan Media aplikasi LuvLingua
dalam Pembelajaran kosakata bahasa Jepang pada siswa membuat pembelajaran siswa
menjadi lebih menarik menyenangkan dan disukai karena terdapat fitur fitur menarik
didalamnya yang sangat efektiv untuk siswa dalam belajar kosakata bahasa Jepang
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen dan teknik
pengolahan data berdasarkan uji t Dari hasil pre test dan post test diperoleh rata rata
hasil belajar siswa pada kelas eksperimen 89 23 dan pada kelas kontrol 73 07 dan dari
hasil pengujian hipotesis dengan menggunakan statistik uji t diperoleh dimana ???? ????????????????????
= 2 44 gt; ???????????????????????? 1 71 sehingga nilai rata rata siswa yang diajarkan menggunakan media
aplikasi LuvLingua lebih baik dari nilai rata rata tanpa menggunakan media aplikasi
LuvLingua < p>

References

Azhar Arsyad 2010 Media Pembelajaran

Jakarta: PT Raja Grafindo Persada

Lensun Sherly Ferro 2019 Pelatihan

Model Pembelajaran Bagi Guru Guru Bahasa Jepang Di Manado

Jurnal ABDIMAS Vol 12 No 1

April 2019

http: ejournal unima ac id index ph

p abdimas article view 1040

Maru M G Pikirang C C Ratu D M

Tuna J R 2021 The

Integration of ICT in ELT

Practices: The Study on Teachers

Perspective in New Normal

Era International Journal of

Interactive Mobile

Technologies 15 22 44 67

Maru M G Pikirang C C Setiawan S

Oroh E Z O Pelenkahu N

2021 The internet use for

autonomous learning during

COVID 19 pandemic and its

hindrances International Journal

of Interactive Mobile Technologies

IJIM 15 18 65

Maru M G Nur S 2020 Applying

Video for Writing Descriptive Text

in Senior High School in the

COVID 19 Pandemic

Transition International Journal

of Language Education 4 3 408

Maru M G Tamowangkay F P

Pelenkahu N Wuntu C

2022 Teachers perception

toward the impact of platform used

in online learning communication

in the eastern

Indonesia International Journal of

Communication and Society 4 1

71

Maru M G Ratu D M Dukut E M

2018 The Use the T Ex

Approach in Indonesian EFL

Essay Writing: Feedbacks and

Knowledge Exploration

Rakian Sandra 2020 Penggunaan

Multimedia Dalam Pembelajaran

Bahasa Jepang Praktis Pada

Karyawan Objek Wisata Sumaru

Endo Kecamatan Remboken

Vol 2 No 4 2022 : KOMPETENSI : Jurnal Ilmiah Bahasa dan Seni

EDUPRENEUR Vol 3 No 1

Maret 2020

http: repo unima ac id 3017 1 181

4087 1 SM pdf

Samsu 2017 Metode Penelitian: Teori

dan Aplikasi Penelitian Kualitatif

Kuantitatif Mixed Methods Serta

Research Develompment Jambi:

PUSAKA

Shavelson 1998 Metode Statistika

Tarsito: BandungSurabaya

Sompotan Amelia G Y 2021 Analisis

Setsuzokujoshi Dalam Kalimat

Bahasa Jepang Syntax Literature:

Jurnal Ilmiah Indonesia Vol 6 No 5

mei 2021

https: www jurnal syntaxliterate co i

d index php syntax literate article view 2725

Sudrajat dkk 2020 Penerapan Model

Pembelajaran Word Square Dalam

Pembelajaran Kosakata Bahasa

Jepang Pada Siswa SMA Yadika

Langowan Vol 2 No 3 Oktober

pp 36 49

http: ejournal unima ac id index php

dilan article view 2347

Sugiyono 2013 Metode Penelitian

Pendidikan Pendekatan Kualitatif

Kuantitatif RND Bandung:

ALFABETA

Downloads

Published

2022-12-15

How to Cite

EFEKTIVITAS MEDIA APLIKASI LUVLINGUA DALAM PEMBELAJARAN KOSAKATA BAHASA JEPANG DI SMA NEGERI 1 TONDANO. (2022). KOMPETENSI, 2(04), 1325 1334. https://doi.org/10.53682/kompetensi.v2i04.4803