EFEKTIVITAS MEDIA APLIKASI LUVLINGUA DALAM PEMBELAJARAN KOSAKATA BAHASA JEPANG DI SMA NEGERI 1 TONDANO

Authors

  • Brigitha Wuisang Universitas Negeri Manado
  • Fince L. Sambeka Universitas Negeri Manado
  • Amelia G.Y. S Sompotan Universitas Negeri Manado

DOI:

https://doi.org/10.53682/kompetensi.v2i04.4803

Keywords:

Kosakata Bahasa jepang, Aplikasi LuvLingua.

Abstract

Aplikasi LuvLingua merupakan salah satu bentuk permainan kosakata bahasa Jepang,
yang dapat digunakan sebagai media pembelajaran kosakata bahasa Jepang. Penelitian
ini bertujuan agar penggunaan media aplikasi LuvLingua efektiv dalam pembelajaran
kosakata bahasa Jepang. Dengan adanya penggunaan Media aplikasi LuvLingua
dalam Pembelajaran kosakata bahasa Jepang pada siswa, membuat pembelajaran siswa
menjadi lebih menarik, menyenangkan dan disukai karena, terdapat fitur-fitur menarik
didalamnya yang sangat efektiv untuk siswa dalam belajar kosakata bahasa Jepang.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen, dan teknik
pengolahan data berdasarkan uji-t. Dari hasil pre-test dan post-test diperoleh rata-rata
hasil belajar siswa pada kelas eksperimen 89,23 dan pada kelas kontrol 73,07, dan dari
hasil pengujian hipotesis dengan menggunakan statistik uji-t diperoleh dimana ????ℎ????????????????????
= 2,44 > ???????????????????????? 1,71 sehingga nilai rata-rata siswa yang diajarkan menggunakan media
aplikasi LuvLingua lebih baik dari nilai rata-rata tanpa menggunakan media aplikasi
LuvLingua.

References

Azhar Arsyad.(2010) Media Pembelajaran.

Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Lensun, Sherly Ferro.(2019). Pelatihan

Model Pembelajaran Bagi GuruGuru Bahasa Jepang Di Manado.

Jurnal ABDIMAS. Vol.12, No. 1

April 2019

http://ejournal.unima.ac.id/index.ph

p/abdimas/article/view/1040

Maru, M. G., Pikirang, C. C., Ratu, D. M.,

& Tuna, J. R. (2021). The

Integration of ICT in ELT

Practices: The Study on Teachers'

Perspective in New Normal

Era. International Journal of

Interactive Mobile

Technologies, 15(22), 44-67.

Maru, M. G., Pikirang, C. C., Setiawan, S.,

Oroh, E. Z. O., & Pelenkahu, N.

(2021). The internet use for

autonomous learning during

COVID-19 pandemic and its

hindrances. International Journal

of Interactive Mobile Technologies

(IJIM), 15(18), 65.

Maru, M. G., & Nur, S. (2020). Applying

Video for Writing Descriptive Text

in Senior High School in the

COVID-19 Pandemic

Transition. International Journal

of Language Education, 4(3), 408-

Maru, M. G., Tamowangkay, F. P.,

Pelenkahu, N., & Wuntu, C.

(2022). Teachers’ perception

toward the impact of platform used

in online learning communication

in the eastern

Indonesia. International Journal of

Communication and Society, 4(1),

-71.

Maru, M. G., Ratu, D. M., & Dukut, E. M.

(2018). The Use the T-Ex

Approach in Indonesian EFL

Essay Writing: Feedbacks and

Knowledge Exploration.

Rakian, Sandra. (2020). Penggunaan

Multimedia Dalam Pembelajaran

Bahasa Jepang Praktis Pada

Karyawan Objek Wisata Sumaru

Endo Kecamatan Remboken.

Vol 2 No 4 (2022) : KOMPETENSI : Jurnal Ilmiah Bahasa dan Seni

EDUPRENEUR. Vol. 3, No. 1

Maret 2020

http://repo.unima.ac.id/3017/1/181

-4087-1-SM.pdf

Samsu.(2017). Metode Penelitian: Teori

dan Aplikasi Penelitian Kualitatif,

Kuantitatif, Mixed Methods, Serta

Research & Develompment).Jambi:

PUSAKA.

Shavelson.(1998). Metode Statistika.

Tarsito: BandungSurabaya.

Sompotan, Amelia G.Y.(2021). Analisis

Setsuzokujoshi Dalam Kalimat

Bahasa Jepang. Syntax Literature:

Jurnal Ilmiah Indonesia. Vol.6, No. 5

mei 2021

https://www.jurnal.syntaxliterate.co.i

d/index.php/syntaxliterate/article/view/2725

Sudrajat, dkk.(2020). Penerapan Model

Pembelajaran Word Square Dalam

Pembelajaran Kosakata Bahasa

Jepang Pada Siswa SMA Yadika

Langowan. Vol. 2, No. 3. Oktober

, pp. 36-49

http://ejournal.unima.ac.id/index.php/

dilan/article/view/2347

Sugiyono.(2013). Metode Penelitian

Pendidikan Pendekatan Kualitatif

Kuantitatif & RND. Bandung:

ALFABETA

Downloads

Published

2022-12-15

How to Cite

Wuisang, B. ., Sambeka, F. L. ., & Sompotan, A. G. S. (2022). EFEKTIVITAS MEDIA APLIKASI LUVLINGUA DALAM PEMBELAJARAN KOSAKATA BAHASA JEPANG DI SMA NEGERI 1 TONDANO. KOMPETENSI, 2(04), 1325 - 1334. https://doi.org/10.53682/kompetensi.v2i04.4803