EFEKTIVITAS MEDIA APLIKASI LUVLINGUA DALAM PEMBELAJARAN KOSAKATA BAHASA JEPANG DI SMA NEGERI 1 TONDANO
DOI:
https://doi.org/10.53682/kompetensi.v2i04.4803Keywords:
Kosakata Bahasa jepang, Aplikasi LuvLingua.Abstract
Aplikasi LuvLingua merupakan salah satu bentuk permainan kosakata bahasa Jepang,
yang dapat digunakan sebagai media pembelajaran kosakata bahasa Jepang. Penelitian
ini bertujuan agar penggunaan media aplikasi LuvLingua efektiv dalam pembelajaran
kosakata bahasa Jepang. Dengan adanya penggunaan Media aplikasi LuvLingua
dalam Pembelajaran kosakata bahasa Jepang pada siswa, membuat pembelajaran siswa
menjadi lebih menarik, menyenangkan dan disukai karena, terdapat fitur-fitur menarik
didalamnya yang sangat efektiv untuk siswa dalam belajar kosakata bahasa Jepang.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen, dan teknik
pengolahan data berdasarkan uji-t. Dari hasil pre-test dan post-test diperoleh rata-rata
hasil belajar siswa pada kelas eksperimen 89,23 dan pada kelas kontrol 73,07, dan dari
hasil pengujian hipotesis dengan menggunakan statistik uji-t diperoleh dimana ????ℎ????????????????????
= 2,44 > ???????????????????????? 1,71 sehingga nilai rata-rata siswa yang diajarkan menggunakan media
aplikasi LuvLingua lebih baik dari nilai rata-rata tanpa menggunakan media aplikasi
LuvLingua.
References
Azhar Arsyad.(2010) Media Pembelajaran.
Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Lensun, Sherly Ferro.(2019). Pelatihan
Model Pembelajaran Bagi GuruGuru Bahasa Jepang Di Manado.
Jurnal ABDIMAS. Vol.12, No. 1
April 2019
http://ejournal.unima.ac.id/index.ph
p/abdimas/article/view/1040
Maru, M. G., Pikirang, C. C., Ratu, D. M.,
& Tuna, J. R. (2021). The
Integration of ICT in ELT
Practices: The Study on Teachers'
Perspective in New Normal
Era. International Journal of
Interactive Mobile
Technologies, 15(22), 44-67.
Maru, M. G., Pikirang, C. C., Setiawan, S.,
Oroh, E. Z. O., & Pelenkahu, N.
(2021). The internet use for
autonomous learning during
COVID-19 pandemic and its
hindrances. International Journal
of Interactive Mobile Technologies
(IJIM), 15(18), 65.
Maru, M. G., & Nur, S. (2020). Applying
Video for Writing Descriptive Text
in Senior High School in the
COVID-19 Pandemic
Transition. International Journal
of Language Education, 4(3), 408-
Maru, M. G., Tamowangkay, F. P.,
Pelenkahu, N., & Wuntu, C.
(2022). Teachers’ perception
toward the impact of platform used
in online learning communication
in the eastern
Indonesia. International Journal of
Communication and Society, 4(1),
-71.
Maru, M. G., Ratu, D. M., & Dukut, E. M.
(2018). The Use the T-Ex
Approach in Indonesian EFL
Essay Writing: Feedbacks and
Knowledge Exploration.
Rakian, Sandra. (2020). Penggunaan
Multimedia Dalam Pembelajaran
Bahasa Jepang Praktis Pada
Karyawan Objek Wisata Sumaru
Endo Kecamatan Remboken.
Vol 2 No 4 (2022) : KOMPETENSI : Jurnal Ilmiah Bahasa dan Seni
EDUPRENEUR. Vol. 3, No. 1
Maret 2020
http://repo.unima.ac.id/3017/1/181
-4087-1-SM.pdf
Samsu.(2017). Metode Penelitian: Teori
dan Aplikasi Penelitian Kualitatif,
Kuantitatif, Mixed Methods, Serta
Research & Develompment).Jambi:
PUSAKA.
Shavelson.(1998). Metode Statistika.
Tarsito: BandungSurabaya.
Sompotan, Amelia G.Y.(2021). Analisis
Setsuzokujoshi Dalam Kalimat
Bahasa Jepang. Syntax Literature:
Jurnal Ilmiah Indonesia. Vol.6, No. 5
mei 2021
https://www.jurnal.syntaxliterate.co.i
d/index.php/syntaxliterate/article/view/2725
Sudrajat, dkk.(2020). Penerapan Model
Pembelajaran Word Square Dalam
Pembelajaran Kosakata Bahasa
Jepang Pada Siswa SMA Yadika
Langowan. Vol. 2, No. 3. Oktober
, pp. 36-49
http://ejournal.unima.ac.id/index.php/
dilan/article/view/2347
Sugiyono.(2013). Metode Penelitian
Pendidikan Pendekatan Kualitatif
Kuantitatif & RND. Bandung:
ALFABETA
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.