KAJIAN SIKAP PEMERAN UTAMA DALAM FILM “MATILDA 1996” KARYA DANNY DEVITO DAN IMPLIKASINYA BAGI PEMBELAJARAN SASTRA DI SEKOLAH
DOI:
https://doi.org/10.53682/kompetensi.v2i05.4804Keywords:
sikap, pemeran utama, film, karakterAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk (1) menggambarkan sikap pemeran utama
dalam film ”Matilda 1996” karya Denny Devito (2) Menjelaskan
implikasi sikap pemeran utama dalam film ”Matilda 1996” karya Denny
Devinto dalam pembelajaran di sekolah. Penelitian ini menggunakan
metode kualitatif yaitu untuk menggambarakn sikap pemeran utama
dalam film ”Matilda 1996” karya Denny Devinto dan implikasinya dalam
pembelajaran sastra di sekolah. Teknik pengumpulan data dilakukan
dengan cara menonton(mengamati), menandai adegan dan tuturan,
menganalisis tuturan, menafsirkan sikap pemeran utama. Hasil Penelitian
ini menunjukkan bahwa sikap yang ditunjukkan oleh pemeran utama
dalam film ”Matilda 1996” adalah senang membaca buku karena dalam
pandangannya melalui baca buku, seseorang dapat mengembangkan
keingintahuannya dan pemikiran para penulis buku terkenal. Sikap tidak
senang dengan perilaku buruk keluarganya yakni tidak jujur. Sikap tidak
senang dengan hoby orang tuanya yakni menonton tv, dan sikap tidak
senang terhadap hukuman karena kepintaran seseorang. Dalam pandangan
matilda, dihukum karena pintar merupakan alasan yang tidak rasional.
References
Ardiyanto, E. 2007. Komunikasi massa
suatu pengantar.
Bandung:Simbiosa Rekatama
Media.
Eris Susni, Al Katuuk U.M.K, Kamagi
Lusiya (2015) dengan judul
Nilai-nilai Pendidikan
Karakter dalam Novel “Guru
Hidupmu Hanya Untuk Kami
Karya Edelweis Almira serta
Implikasinya dalam
pembelajaran Sastra di SMP.
Vol 3, No 1 (2015)
Lexy J. Moleong. 2005. metodologi
penelitian kualitatif, Bandung:
Remaja Rosdakarya
Maru, M. G., Pikirang, C. C., Ratu, D.
M., & Tuna, J. R. (2021). The
Integration of ICT in ELT
Practices: The Study on
Teachers' Perspective in New
Normal Era. International
Vol 2 No 5 (2022) : KOMPETENSI : Jurnal Ilmiah Bahasa dan Seni
Journal of Interactive Mobile
Technologies, 15(22), 44-67.
Maru, M. G., Pikirang, C. C.,
Setiawan, S., Oroh, E. Z. O.,
& Pelenkahu, N. (2021). The
internet use for autonomous
learning during COVID-19
pandemic and its
hindrances. International
Journal of Interactive Mobile
Technologies (IJIM), 15(18),
Maru, M. G., & Nur, S. (2020).
Applying Video for Writing
Descriptive Text in Senior
High School in the COVID19 Pandemic
Transition. International
Journal of Language
Education, 4(3), 408-419.
Maru, M. G., Tamowangkay, F. P.,
Pelenkahu, N., & Wuntu, C.
(2022). Teachers’ perception
toward the impact of platform
used in online learning
communication in the eastern
Indonesia. International
Journal of Communication
and Society, 4(1), 59-71.
Maru, M. G., Ratu, D. M., & Dukut, E.
M. (2018). The Use the T-Ex
Approach in Indonesian EFL
Essay Writing: Feedbacks and
Knowledge Exploration.
Ratu Ari, Al Katuuk Kamajaya, Polii
Jemmy Intama, (2020)
Semiotika Perubahan Sikap
Tokoh Annelies dalam Film
“Bumi Manusia” Karya
Hanung Bramantyo”. Vol 1.
No 2.
Sumarsono. 2002. Sosiolinguistik.
Yogyakarta: Sabda.
Suwarsono Vitalia, Pangemanan
Nontje, Meruntu Oldie S.
(2020). Nilai Pendidikan
Karakter dalam Dongeng
“Mamanua dan
Walansendow” dan “Burung
Kekekow yang Malang” dan
Implikasinya dalam
Pembelajaran Sastra di
Sekolah. Vol 1 No 2 (2020)
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.