KAJIAN SIKAP PEMERAN UTAMA DALAM FILM “MATILDA 1996” KARYA DANNY DEVITO DAN IMPLIKASINYA BAGI PEMBELAJARAN SASTRA DI SEKOLAH

Authors

  • Nindi Puspadita Pratiwi Dumat Universitas Negeri Manado
  • Santje Iroth Universitas Negeri Manado
  • Viktory N.J Rotty Universitas Negeri Manado

DOI:

https://doi.org/10.53682/kompetensi.v2i05.4804

Keywords:

sikap, pemeran utama, film, karakter

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk (1) menggambarkan sikap pemeran utama
dalam film ”Matilda 1996” karya Denny Devito (2) Menjelaskan
implikasi sikap pemeran utama dalam film ”Matilda 1996” karya Denny
Devinto dalam pembelajaran di sekolah. Penelitian ini menggunakan
metode kualitatif yaitu untuk menggambarakn sikap pemeran utama
dalam film ”Matilda 1996” karya Denny Devinto dan implikasinya dalam
pembelajaran sastra di sekolah. Teknik pengumpulan data dilakukan
dengan cara menonton(mengamati), menandai adegan dan tuturan,
menganalisis tuturan, menafsirkan sikap pemeran utama. Hasil Penelitian
ini menunjukkan bahwa sikap yang ditunjukkan oleh pemeran utama
dalam film ”Matilda 1996” adalah senang membaca buku karena dalam
pandangannya melalui baca buku, seseorang dapat mengembangkan
keingintahuannya dan pemikiran para penulis buku terkenal. Sikap tidak
senang dengan perilaku buruk keluarganya yakni tidak jujur. Sikap tidak
senang dengan hoby orang tuanya yakni menonton tv, dan sikap tidak
senang terhadap hukuman karena kepintaran seseorang. Dalam pandangan
matilda, dihukum karena pintar merupakan alasan yang tidak rasional.

References

Ardiyanto, E. 2007. Komunikasi massa

suatu pengantar.

Bandung:Simbiosa Rekatama

Media.

Eris Susni, Al Katuuk U.M.K, Kamagi

Lusiya (2015) dengan judul

Nilai-nilai Pendidikan

Karakter dalam Novel “Guru

Hidupmu Hanya Untuk Kami

Karya Edelweis Almira serta

Implikasinya dalam

pembelajaran Sastra di SMP.

Vol 3, No 1 (2015)

Lexy J. Moleong. 2005. metodologi

penelitian kualitatif, Bandung:

Remaja Rosdakarya

Maru, M. G., Pikirang, C. C., Ratu, D.

M., & Tuna, J. R. (2021). The

Integration of ICT in ELT

Practices: The Study on

Teachers' Perspective in New

Normal Era. International

Vol 2 No 5 (2022) : KOMPETENSI : Jurnal Ilmiah Bahasa dan Seni

Journal of Interactive Mobile

Technologies, 15(22), 44-67.

Maru, M. G., Pikirang, C. C.,

Setiawan, S., Oroh, E. Z. O.,

& Pelenkahu, N. (2021). The

internet use for autonomous

learning during COVID-19

pandemic and its

hindrances. International

Journal of Interactive Mobile

Technologies (IJIM), 15(18),

Maru, M. G., & Nur, S. (2020).

Applying Video for Writing

Descriptive Text in Senior

High School in the COVID19 Pandemic

Transition. International

Journal of Language

Education, 4(3), 408-419.

Maru, M. G., Tamowangkay, F. P.,

Pelenkahu, N., & Wuntu, C.

(2022). Teachers’ perception

toward the impact of platform

used in online learning

communication in the eastern

Indonesia. International

Journal of Communication

and Society, 4(1), 59-71.

Maru, M. G., Ratu, D. M., & Dukut, E.

M. (2018). The Use the T-Ex

Approach in Indonesian EFL

Essay Writing: Feedbacks and

Knowledge Exploration.

Ratu Ari, Al Katuuk Kamajaya, Polii

Jemmy Intama, (2020)

Semiotika Perubahan Sikap

Tokoh Annelies dalam Film

“Bumi Manusia” Karya

Hanung Bramantyo”. Vol 1.

No 2.

Sumarsono. 2002. Sosiolinguistik.

Yogyakarta: Sabda.

Suwarsono Vitalia, Pangemanan

Nontje, Meruntu Oldie S.

(2020). Nilai Pendidikan

Karakter dalam Dongeng

“Mamanua dan

Walansendow” dan “Burung

Kekekow yang Malang” dan

Implikasinya dalam

Pembelajaran Sastra di

Sekolah. Vol 1 No 2 (2020)

Downloads

Published

2022-12-15

How to Cite

Dumat, N. P. P., Iroth, S., & Rotty, V. N. (2022). KAJIAN SIKAP PEMERAN UTAMA DALAM FILM “MATILDA 1996” KARYA DANNY DEVITO DAN IMPLIKASINYA BAGI PEMBELAJARAN SASTRA DI SEKOLAH. KOMPETENSI, 2(05), 1335 - 1347. https://doi.org/10.53682/kompetensi.v2i05.4804