KONFLIK SOSIAL DRAMA KOREA START-UP KARYA OH CHOONG HWAN DAN IMPLIKASINYA PADA PENDIDIKAN KARAKTER

Authors

  • Karina Wulandari Mokoginta Universitas Negeri Manado
  • Intama Jemmy Polii Universitas Negeri Manado
  • Oldie Stevie Meruntu Universitas Negeri Manado

DOI:

https://doi.org/10.53682/kompetensi.v2i05.4805

Keywords:

konflik sosial, film, pendidikan karakter.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis bentuk konflik sosial, dan
apa pesan di balik konflik sosial tersebut dan merumuskan implikasi
konflik sosial dalam film “Start-Up” Karya Oh Choong-Hwan dalam
pendidikan karakter. Penelitian ini menggunakan teori konflik social oleh
Soekanto.Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara menganalisis
bentuk-betuk konflik sosial yang terdapat dalam film Star Up dengan
memperhatikan ungkapan-ungkapan atau dialog yang terdapat dalam film.
Hasil penelitian menunjukan adanya tiga konflik sosial yang terdapat
dalam film yakni :Konflik antar institute perusahaan, konflik antar
individu dan konflik ekonimi. Adapun implikasinya terhadap pendidikan
karakter, dilihat dari bentuk konflik sosial yang diteliti, peneliti
mendapatkan bahwa film adalah sarana yang efektif dalam membangun
karakter siswa dan menjadi media pembelajaran baik bagi sisawa maupun
sebagai film motivasi bagi setiap orang yang menntonnya.

References

Bogdan dan Taylor. 1975. Metode

penelitian kualitatif. Bandung:

Remaja Karya

Disastra, Soeria. 2004. Senja di

Nusantara. Bandung: PT. Kiblat

Buku Utama

Eris Susni, Al Katuuk, U.M.K,

Kamagi Luisya (2015). NilaiNilai Pendidikan Karakter

Dalam Novel Guru Hidupmu

Hanya Untuk Kami Karya

Edelweis Almira Serta

Implikasinya dalam

Pembelajaran Sastra 1(1).

Vol 2 No 5 (2022) : KOMPETENSI : Jurnal Ilmiah Bahasa dan Seni

Kansil chris yofel, AL Katuuk, U.M.K,

Nirmawati Adra (2015). Nilai

Sosial Cerita Rakyat Sitaro

Asense Madudea Terhadap

Perspektif Pendidikan Karakter,1

(1).

Maru, M. G., Pikirang, C. C., Ratu, D.

M., & Tuna, J. R. (2021). The

Integration of ICT in ELT

Practices: The Study on

Teachers' Perspective in New

Normal Era. International

Journal of Interactive Mobile

Technologies, 15(22), 44-67.

Maru, M. G., Pikirang, C. C.,

Setiawan, S., Oroh, E. Z. O.,

& Pelenkahu, N. (2021). The

internet use for autonomous

learning during COVID-19

pandemic and its

hindrances. International

Journal of Interactive Mobile

Technologies (IJIM), 15(18),

Maru, M. G., & Nur, S. (2020).

Applying Video for Writing

Descriptive Text in Senior

High School in the COVID19 Pandemic

Transition. International

Journal of Language

Education, 4(3), 408-419.

Maru, M. G., Tamowangkay, F. P.,

Pelenkahu, N., & Wuntu, C.

(2022). Teachers’ perception

toward the impact of platform

used in online learning

communication in the eastern

Indonesia. International

Journal of Communication

and Society, 4(1), 59-71.

Maru, M. G., Ratu, D. M., & Dukut, E.

M. (2018). The Use the T-Ex

Approach in Indonesian EFL

Essay Writing: Feedbacks and

Knowledge Exploration.

Vitalia Sandi, Pangemanan Nontje,

Meruntu Oldie. (2020). Nilai

Pendidikan Karakter dalam

Dongeng Mamanua dan

Walansendow dan Burung

Kekekow yang Malang dan

Implikasinya dalam

Pembelajaran Sastra disekolah,

(1). Sears, David. O. Dkk.

(1985). Psikologi Sosial (Jilid 1).

Jakarta: Erlangga.

Downloads

Published

2022-12-15

How to Cite

Mokoginta, K. W. ., Polii, I. J., & Meruntu, O. S. (2022). KONFLIK SOSIAL DRAMA KOREA START-UP KARYA OH CHOONG HWAN DAN IMPLIKASINYA PADA PENDIDIKAN KARAKTER. KOMPETENSI, 2(05), 1348 - 1356. https://doi.org/10.53682/kompetensi.v2i05.4805