KONFLIK SOSIAL DRAMA KOREA START-UP KARYA OH CHOONG HWAN DAN IMPLIKASINYA PADA PENDIDIKAN KARAKTER
DOI:
https://doi.org/10.53682/kompetensi.v2i05.4805Keywords:
konflik sosial, film, pendidikan karakter.Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis bentuk konflik sosial, dan
apa pesan di balik konflik sosial tersebut dan merumuskan implikasi
konflik sosial dalam film “Start-Up” Karya Oh Choong-Hwan dalam
pendidikan karakter. Penelitian ini menggunakan teori konflik social oleh
Soekanto.Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara menganalisis
bentuk-betuk konflik sosial yang terdapat dalam film Star Up dengan
memperhatikan ungkapan-ungkapan atau dialog yang terdapat dalam film.
Hasil penelitian menunjukan adanya tiga konflik sosial yang terdapat
dalam film yakni :Konflik antar institute perusahaan, konflik antar
individu dan konflik ekonimi. Adapun implikasinya terhadap pendidikan
karakter, dilihat dari bentuk konflik sosial yang diteliti, peneliti
mendapatkan bahwa film adalah sarana yang efektif dalam membangun
karakter siswa dan menjadi media pembelajaran baik bagi sisawa maupun
sebagai film motivasi bagi setiap orang yang menntonnya.
References
Bogdan dan Taylor. 1975. Metode
penelitian kualitatif. Bandung:
Remaja Karya
Disastra, Soeria. 2004. Senja di
Nusantara. Bandung: PT. Kiblat
Buku Utama
Eris Susni, Al Katuuk, U.M.K,
Kamagi Luisya (2015). NilaiNilai Pendidikan Karakter
Dalam Novel Guru Hidupmu
Hanya Untuk Kami Karya
Edelweis Almira Serta
Implikasinya dalam
Pembelajaran Sastra 1(1).
Vol 2 No 5 (2022) : KOMPETENSI : Jurnal Ilmiah Bahasa dan Seni
Kansil chris yofel, AL Katuuk, U.M.K,
Nirmawati Adra (2015). Nilai
Sosial Cerita Rakyat Sitaro
Asense Madudea Terhadap
Perspektif Pendidikan Karakter,1
(1).
Maru, M. G., Pikirang, C. C., Ratu, D.
M., & Tuna, J. R. (2021). The
Integration of ICT in ELT
Practices: The Study on
Teachers' Perspective in New
Normal Era. International
Journal of Interactive Mobile
Technologies, 15(22), 44-67.
Maru, M. G., Pikirang, C. C.,
Setiawan, S., Oroh, E. Z. O.,
& Pelenkahu, N. (2021). The
internet use for autonomous
learning during COVID-19
pandemic and its
hindrances. International
Journal of Interactive Mobile
Technologies (IJIM), 15(18),
Maru, M. G., & Nur, S. (2020).
Applying Video for Writing
Descriptive Text in Senior
High School in the COVID19 Pandemic
Transition. International
Journal of Language
Education, 4(3), 408-419.
Maru, M. G., Tamowangkay, F. P.,
Pelenkahu, N., & Wuntu, C.
(2022). Teachers’ perception
toward the impact of platform
used in online learning
communication in the eastern
Indonesia. International
Journal of Communication
and Society, 4(1), 59-71.
Maru, M. G., Ratu, D. M., & Dukut, E.
M. (2018). The Use the T-Ex
Approach in Indonesian EFL
Essay Writing: Feedbacks and
Knowledge Exploration.
Vitalia Sandi, Pangemanan Nontje,
Meruntu Oldie. (2020). Nilai
Pendidikan Karakter dalam
Dongeng Mamanua dan
Walansendow dan Burung
Kekekow yang Malang dan
Implikasinya dalam
Pembelajaran Sastra disekolah,
(1). Sears, David. O. Dkk.
(1985). Psikologi Sosial (Jilid 1).
Jakarta: Erlangga.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.