PEMBELAJARAN MENULIS PUISI DENGAN STRATEGI MIND MAPPING PADA SISWA KELAS XI SMA NEGERI 3 KOTAMOBAGU

Authors

  • Marcellina B. Mutia Universitas Negeri Manado
  • Intama J. Polii Universitas Negeri Manado
  • Oldie S. Meruntu Universitas Negeri Manado

DOI:

https://doi.org/10.53682/kompetensi.v2i05.4807

Keywords:

pembelajaran, menulis puisi, strategi mind mapping.

Abstract

Penelitian ini bertujuan: 1) mendeskripsikan pelaksanaan pembelajaran
menulis puisi dengan strategi mind mapping pada siswa kelas X SMA Negeri 3
Kotamobagu dan 2) Mendiskripsikan kemampuan siswa kelas X SMA Negeri 3
Kotamobagu dalam menulis puisi melalui strategi mind mapping. Jenis metode
penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif
analistik. Sumber data dalam penelitian ini adalah siswa kelas Xb SMA Negeri
3 Kotamobagu yang berjumlah 26 orang siswa. Penelitian ini menggunakan
metode observasi dan tes. Berdasarkan hasil peneltian menunjukkan
penggunaan strategi mind mapping berdampak langsung pada kualitas proses
pembelajaran. Penggunaan strategi mind mapping membuat siswa begitu
tertarik dan antusias mengikuti pembelajaran. Pemetaan pikiran dalam bentuk
gambar menarik bagi siswa, sehingga membantu siswa mengeluarkan
ide/gagasan dalam bentuk kata/frase kunci yang akan dikembangkan ke dalam
baris dan bait puisi. Penggunaan strategi mind mapping ternyata berdampak
langsung pada kemampuan siswa menulis puisi. Kemampuan siswa menulis
puisi pada 4 indikator penilaian yang digunakan, yakni penggunaan rima, yakni
80,61, diksi 80,12, imaji 78,20, sedangkan yang paling rendah adalah gaya
bahasa, yakni 77,04. Nilai rata-rata Siswa Kelas Xb SMA Negeri 3
Kotamobagu secara klasikal adalah 80,26%. Rata-rata kemampuan siswa berada
pada rentang 80 – 89%, yakni berada pada ketegori mampu.

References

Buzzan, Tony. 2006. Buku Pintar Mind

Map. Alih Bahasa Susi Purwoko.

Vol 2 No 5 (2022) : KOMPETENSI : Jurnal Ilmiah Bahasa dan Seni

Jakarta: PT Gramedia Pustaka

Utama.

Jumanto.2010. Peningkatan Kemampuan

Menulis Cerita Melalui Metode

(Mind Mapping) pada Siswa Kelas

IV SD Negeri Sondakan Skripsi.

Surakarta: Tidak Diterbitkan.

KHERYSURYAWAN.ID. Silabus Bahasa

Indonesia Kelas 10 SMA.

https://www.kheryssuryawan.id).

Kaligis, Adrah, & Meruntu (2014) yang

meneliti “ Penerapan Model

Pemetaan Pikiran (Mind

Mapping) dalam Keterampilan

Menulis CerpenSiswa Kelas IX

SMP Negeri 4 Tombariri. Jurnal

Kompetensi FBS. Vol 2, No 4

(2014).

Maru, M. G., Pikirang, C. C., Ratu, D. M.,

& Tuna, J. R. (2021). The

Integration of ICT in ELT

Practices: The Study on Teachers'

Perspective in New Normal

Era. International Journal of

Interactive Mobile

Technologies, 15(22), 44-67.

Maru, M. G., Pikirang, C. C., Setiawan, S.,

Oroh, E. Z. O., & Pelenkahu, N.

(2021). The internet use for

autonomous learning during

COVID-19 pandemic and its

hindrances. International Journal

of Interactive Mobile

Technologies (IJIM), 15(18), 65.

Maru, M. G., & Nur, S. (2020). Applying

Video for Writing Descriptive

Text in Senior High School in the

COVID-19 Pandemic

Transition. International Journal

of Language Education, 4(3),

-419.

Maru, M. G., Tamowangkay, F. P.,

Pelenkahu, N., & Wuntu, C.

(2022). Teachers’ perception

toward the impact of platform

used in online learning

communication in the eastern

Indonesia. International Journal

of Communication and

Society, 4(1), 59-71.

Maru, M. G., Ratu, D. M., & Dukut, E. M.

(2018). The Use the T-Ex

Approach in Indonesian EFL

Essay Writing: Feedbacks and

Knowledge Exploration.

Mokodompit, W., Al Katauuk, UMK, & Adrah,

N. 2015. Kemampuan Menulis Puisi

dengan Menggunakan Model

Pembelajaran Langsung Melalui Media

Video Siswa Kelas VII SMP Negeri 1

Kotabunan. Jurnal Kompetensi FBS.

Vol 3, No 1 (2015).

Ruru, M., Pelelalu, F. Mumu, S. 2014.

Pembelajaran Menulis Narasi

dengan Menggunakan Model Peta

Pikiran Siswa Kelas XI SMA

Negeri 1 Tondano. Jurnal

Kompetensi FBS. Vol 2, No 4

(2014).

Sugiyono. 2010. Metode Penelitian

Pendidikan Pendekatan

Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D.

Bandung: Alfabeta.

Tarigan, Henry Guntur. 2008. Menulis:

Sebagai Suatu Keterampilan

Berbahasa. Bandung: Angkasa.

Tumbol, Y., Djojosuroto, K., & Wenglang

T. 2015. Keterampilan Menulis

Puisi dengan Menggunakan Media

Gambar Siswa Kelas VII SMP

Negeri XI Manado. Jurnal

Kompetensi FBS. Vol 3, No 1

(2015).

Downloads

Published

2022-12-15

How to Cite

Mutia, M. B. ., Polii, . I. J., & Meruntu, O. S. (2022). PEMBELAJARAN MENULIS PUISI DENGAN STRATEGI MIND MAPPING PADA SISWA KELAS XI SMA NEGERI 3 KOTAMOBAGU. KOMPETENSI, 2(05), 1357 - 1365. https://doi.org/10.53682/kompetensi.v2i05.4807