PEMBELAJARAN MENULIS PUISI DENGAN STRATEGI MIND MAPPING PADA SISWA KELAS XI SMA NEGERI 3 KOTAMOBAGU

Authors

DOI:

https://doi.org/10.53682/kompetensi.v2i05.4807

Keywords:

pembelajaran, menulis puisi, strategi mind mapping.

Abstract

Penelitian ini bertujuan: 1 mendeskripsikan pelaksanaan pembelajaran
menulis puisi dengan strategi mind mapping pada siswa kelas X SMA Negeri 3
Kotamobagu dan 2 Mendiskripsikan kemampuan siswa kelas X SMA Negeri 3
Kotamobagu dalam menulis puisi melalui strategi mind mapping Jenis metode
penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif
analistik Sumber data dalam penelitian ini adalah siswa kelas Xb SMA Negeri
3 Kotamobagu yang berjumlah 26 orang siswa Penelitian ini menggunakan
metode observasi dan tes Berdasarkan hasil peneltian menunjukkan
penggunaan strategi mind mapping berdampak langsung pada kualitas proses
pembelajaran Penggunaan strategi mind mapping membuat siswa begitu
tertarik dan antusias mengikuti pembelajaran Pemetaan pikiran dalam bentuk
gambar menarik bagi siswa sehingga membantu siswa mengeluarkan
ide gagasan dalam bentuk kata frase kunci yang akan dikembangkan ke dalam
baris dan bait puisi Penggunaan strategi mind mapping ternyata berdampak
langsung pada kemampuan siswa menulis puisi Kemampuan siswa menulis
puisi pada 4 indikator penilaian yang digunakan yakni penggunaan rima yakni
80 61 diksi 80 12 imaji 78 20 sedangkan yang paling rendah adalah gaya
bahasa yakni 77 04 Nilai rata rata Siswa Kelas Xb SMA Negeri 3
Kotamobagu secara klasikal adalah 80 26 Rata rata kemampuan siswa berada
pada rentang 80 89 yakni berada pada ketegori mampu < p>

References

Buzzan Tony 2006 Buku Pintar Mind

Map Alih Bahasa Susi Purwoko

Vol 2 No 5 2022 : KOMPETENSI : Jurnal Ilmiah Bahasa dan Seni

Jakarta: PT Gramedia Pustaka

Utama

Jumanto 2010 Peningkatan Kemampuan

Menulis Cerita Melalui Metode

Mind Mapping pada Siswa Kelas

IV SD Negeri Sondakan Skripsi

Surakarta: Tidak Diterbitkan

KHERYSURYAWAN ID Silabus Bahasa

Indonesia Kelas 10 SMA

https: www kheryssuryawan id

Kaligis Adrah Meruntu 2014 yang

meneliti Penerapan Model

Pemetaan Pikiran Mind

Mapping dalam Keterampilan

Menulis CerpenSiswa Kelas IX

SMP Negeri 4 Tombariri Jurnal

Kompetensi FBS Vol 2 No 4

2014

Maru M G Pikirang C C Ratu D M

Tuna J R 2021 The

Integration of ICT in ELT

Practices: The Study on Teachers

Perspective in New Normal

Era International Journal of

Interactive Mobile

Technologies 15 22 44 67

Maru M G Pikirang C C Setiawan S

Oroh E Z O Pelenkahu N

2021 The internet use for

autonomous learning during

COVID 19 pandemic and its

hindrances International Journal

of Interactive Mobile

Technologies IJIM 15 18 65

Maru M G Nur S 2020 Applying

Video for Writing Descriptive

Text in Senior High School in the

COVID 19 Pandemic

Transition International Journal

of Language Education 4 3

419

Maru M G Tamowangkay F P

Pelenkahu N Wuntu C

2022 Teachers perception

toward the impact of platform

used in online learning

communication in the eastern

Indonesia International Journal

of Communication and

Society 4 1 59 71

Maru M G Ratu D M Dukut E M

2018 The Use the T Ex

Approach in Indonesian EFL

Essay Writing: Feedbacks and

Knowledge Exploration

Mokodompit W Al Katauuk UMK Adrah

N 2015 Kemampuan Menulis Puisi

dengan Menggunakan Model

Pembelajaran Langsung Melalui Media

Video Siswa Kelas VII SMP Negeri 1

Kotabunan Jurnal Kompetensi FBS

Vol 3 No 1 2015

Ruru M Pelelalu F Mumu S 2014

Pembelajaran Menulis Narasi

dengan Menggunakan Model Peta

Pikiran Siswa Kelas XI SMA

Negeri 1 Tondano Jurnal

Kompetensi FBS Vol 2 No 4

2014

Sugiyono 2010 Metode Penelitian

Pendidikan Pendekatan

Kuantitatif Kualitatif dan R D

Bandung: Alfabeta

Tarigan Henry Guntur 2008 Menulis:

Sebagai Suatu Keterampilan

Berbahasa Bandung: Angkasa

Tumbol Y Djojosuroto K Wenglang

T 2015 Keterampilan Menulis

Puisi dengan Menggunakan Media

Gambar Siswa Kelas VII SMP

Negeri XI Manado Jurnal

Kompetensi FBS Vol 3 No 1

2015

Downloads

Published

2022-12-15

How to Cite

PEMBELAJARAN MENULIS PUISI DENGAN STRATEGI MIND MAPPING PADA SISWA KELAS XI SMA NEGERI 3 KOTAMOBAGU. (2022). KOMPETENSI, 2(05), 1357 1365. https://doi.org/10.53682/kompetensi.v2i05.4807