PEMBELAJARAN MENULIS PUISI DENGAN STRATEGI MIND MAPPING PADA SISWA KELAS XI SMA NEGERI 3 KOTAMOBAGU
DOI:
https://doi.org/10.53682/kompetensi.v2i05.4807Keywords:
pembelajaran, menulis puisi, strategi mind mapping.Abstract
Penelitian ini bertujuan: 1) mendeskripsikan pelaksanaan pembelajaran
menulis puisi dengan strategi mind mapping pada siswa kelas X SMA Negeri 3
Kotamobagu dan 2) Mendiskripsikan kemampuan siswa kelas X SMA Negeri 3
Kotamobagu dalam menulis puisi melalui strategi mind mapping. Jenis metode
penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif
analistik. Sumber data dalam penelitian ini adalah siswa kelas Xb SMA Negeri
3 Kotamobagu yang berjumlah 26 orang siswa. Penelitian ini menggunakan
metode observasi dan tes. Berdasarkan hasil peneltian menunjukkan
penggunaan strategi mind mapping berdampak langsung pada kualitas proses
pembelajaran. Penggunaan strategi mind mapping membuat siswa begitu
tertarik dan antusias mengikuti pembelajaran. Pemetaan pikiran dalam bentuk
gambar menarik bagi siswa, sehingga membantu siswa mengeluarkan
ide/gagasan dalam bentuk kata/frase kunci yang akan dikembangkan ke dalam
baris dan bait puisi. Penggunaan strategi mind mapping ternyata berdampak
langsung pada kemampuan siswa menulis puisi. Kemampuan siswa menulis
puisi pada 4 indikator penilaian yang digunakan, yakni penggunaan rima, yakni
80,61, diksi 80,12, imaji 78,20, sedangkan yang paling rendah adalah gaya
bahasa, yakni 77,04. Nilai rata-rata Siswa Kelas Xb SMA Negeri 3
Kotamobagu secara klasikal adalah 80,26%. Rata-rata kemampuan siswa berada
pada rentang 80 – 89%, yakni berada pada ketegori mampu.
References
Buzzan, Tony. 2006. Buku Pintar Mind
Map. Alih Bahasa Susi Purwoko.
Vol 2 No 5 (2022) : KOMPETENSI : Jurnal Ilmiah Bahasa dan Seni
Jakarta: PT Gramedia Pustaka
Utama.
Jumanto.2010. Peningkatan Kemampuan
Menulis Cerita Melalui Metode
(Mind Mapping) pada Siswa Kelas
IV SD Negeri Sondakan Skripsi.
Surakarta: Tidak Diterbitkan.
KHERYSURYAWAN.ID. Silabus Bahasa
Indonesia Kelas 10 SMA.
https://www.kheryssuryawan.id).
Kaligis, Adrah, & Meruntu (2014) yang
meneliti “ Penerapan Model
Pemetaan Pikiran (Mind
Mapping) dalam Keterampilan
Menulis CerpenSiswa Kelas IX
SMP Negeri 4 Tombariri. Jurnal
Kompetensi FBS. Vol 2, No 4
(2014).
Maru, M. G., Pikirang, C. C., Ratu, D. M.,
& Tuna, J. R. (2021). The
Integration of ICT in ELT
Practices: The Study on Teachers'
Perspective in New Normal
Era. International Journal of
Interactive Mobile
Technologies, 15(22), 44-67.
Maru, M. G., Pikirang, C. C., Setiawan, S.,
Oroh, E. Z. O., & Pelenkahu, N.
(2021). The internet use for
autonomous learning during
COVID-19 pandemic and its
hindrances. International Journal
of Interactive Mobile
Technologies (IJIM), 15(18), 65.
Maru, M. G., & Nur, S. (2020). Applying
Video for Writing Descriptive
Text in Senior High School in the
COVID-19 Pandemic
Transition. International Journal
of Language Education, 4(3),
-419.
Maru, M. G., Tamowangkay, F. P.,
Pelenkahu, N., & Wuntu, C.
(2022). Teachers’ perception
toward the impact of platform
used in online learning
communication in the eastern
Indonesia. International Journal
of Communication and
Society, 4(1), 59-71.
Maru, M. G., Ratu, D. M., & Dukut, E. M.
(2018). The Use the T-Ex
Approach in Indonesian EFL
Essay Writing: Feedbacks and
Knowledge Exploration.
Mokodompit, W., Al Katauuk, UMK, & Adrah,
N. 2015. Kemampuan Menulis Puisi
dengan Menggunakan Model
Pembelajaran Langsung Melalui Media
Video Siswa Kelas VII SMP Negeri 1
Kotabunan. Jurnal Kompetensi FBS.
Vol 3, No 1 (2015).
Ruru, M., Pelelalu, F. Mumu, S. 2014.
Pembelajaran Menulis Narasi
dengan Menggunakan Model Peta
Pikiran Siswa Kelas XI SMA
Negeri 1 Tondano. Jurnal
Kompetensi FBS. Vol 2, No 4
(2014).
Sugiyono. 2010. Metode Penelitian
Pendidikan Pendekatan
Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D.
Bandung: Alfabeta.
Tarigan, Henry Guntur. 2008. Menulis:
Sebagai Suatu Keterampilan
Berbahasa. Bandung: Angkasa.
Tumbol, Y., Djojosuroto, K., & Wenglang
T. 2015. Keterampilan Menulis
Puisi dengan Menggunakan Media
Gambar Siswa Kelas VII SMP
Negeri XI Manado. Jurnal
Kompetensi FBS. Vol 3, No 1
(2015).
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.