PEMBELAJARAN MENULIS PUISI DENGAN STRATEGI MIND MAPPING PADA SISWA KELAS XI SMA NEGERI 3 KOTAMOBAGU
DOI:
https://doi.org/10.53682/kompetensi.v2i05.4807Keywords:
pembelajaran, menulis puisi, strategi mind mapping.Abstract
Penelitian ini bertujuan: 1 mendeskripsikan pelaksanaan pembelajaran
menulis puisi dengan strategi mind mapping pada siswa kelas X SMA Negeri 3
Kotamobagu dan 2 Mendiskripsikan kemampuan siswa kelas X SMA Negeri 3
Kotamobagu dalam menulis puisi melalui strategi mind mapping Jenis metode
penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif
analistik Sumber data dalam penelitian ini adalah siswa kelas Xb SMA Negeri
3 Kotamobagu yang berjumlah 26 orang siswa Penelitian ini menggunakan
metode observasi dan tes Berdasarkan hasil peneltian menunjukkan
penggunaan strategi mind mapping berdampak langsung pada kualitas proses
pembelajaran Penggunaan strategi mind mapping membuat siswa begitu
tertarik dan antusias mengikuti pembelajaran Pemetaan pikiran dalam bentuk
gambar menarik bagi siswa sehingga membantu siswa mengeluarkan
ide gagasan dalam bentuk kata frase kunci yang akan dikembangkan ke dalam
baris dan bait puisi Penggunaan strategi mind mapping ternyata berdampak
langsung pada kemampuan siswa menulis puisi Kemampuan siswa menulis
puisi pada 4 indikator penilaian yang digunakan yakni penggunaan rima yakni
80 61 diksi 80 12 imaji 78 20 sedangkan yang paling rendah adalah gaya
bahasa yakni 77 04 Nilai rata rata Siswa Kelas Xb SMA Negeri 3
Kotamobagu secara klasikal adalah 80 26 Rata rata kemampuan siswa berada
pada rentang 80 89 yakni berada pada ketegori mampu < p>
References
Buzzan Tony 2006 Buku Pintar Mind
Map Alih Bahasa Susi Purwoko
Vol 2 No 5 2022 : KOMPETENSI : Jurnal Ilmiah Bahasa dan Seni
Jakarta: PT Gramedia Pustaka
Utama
Jumanto 2010 Peningkatan Kemampuan
Menulis Cerita Melalui Metode
Mind Mapping pada Siswa Kelas
IV SD Negeri Sondakan Skripsi
Surakarta: Tidak Diterbitkan
KHERYSURYAWAN ID Silabus Bahasa
Indonesia Kelas 10 SMA
https: www kheryssuryawan id
Kaligis Adrah Meruntu 2014 yang
meneliti Penerapan Model
Pemetaan Pikiran Mind
Mapping dalam Keterampilan
Menulis CerpenSiswa Kelas IX
SMP Negeri 4 Tombariri Jurnal
Kompetensi FBS Vol 2 No 4
2014
Maru M G Pikirang C C Ratu D M
Tuna J R 2021 The
Integration of ICT in ELT
Practices: The Study on Teachers
Perspective in New Normal
Era International Journal of
Interactive Mobile
Technologies 15 22 44 67
Maru M G Pikirang C C Setiawan S
Oroh E Z O Pelenkahu N
2021 The internet use for
autonomous learning during
COVID 19 pandemic and its
hindrances International Journal
of Interactive Mobile
Technologies IJIM 15 18 65
Maru M G Nur S 2020 Applying
Video for Writing Descriptive
Text in Senior High School in the
COVID 19 Pandemic
Transition International Journal
of Language Education 4 3
419
Maru M G Tamowangkay F P
Pelenkahu N Wuntu C
2022 Teachers perception
toward the impact of platform
used in online learning
communication in the eastern
Indonesia International Journal
of Communication and
Society 4 1 59 71
Maru M G Ratu D M Dukut E M
2018 The Use the T Ex
Approach in Indonesian EFL
Essay Writing: Feedbacks and
Knowledge Exploration
Mokodompit W Al Katauuk UMK Adrah
N 2015 Kemampuan Menulis Puisi
dengan Menggunakan Model
Pembelajaran Langsung Melalui Media
Video Siswa Kelas VII SMP Negeri 1
Kotabunan Jurnal Kompetensi FBS
Vol 3 No 1 2015
Ruru M Pelelalu F Mumu S 2014
Pembelajaran Menulis Narasi
dengan Menggunakan Model Peta
Pikiran Siswa Kelas XI SMA
Negeri 1 Tondano Jurnal
Kompetensi FBS Vol 2 No 4
2014
Sugiyono 2010 Metode Penelitian
Pendidikan Pendekatan
Kuantitatif Kualitatif dan R D
Bandung: Alfabeta
Tarigan Henry Guntur 2008 Menulis:
Sebagai Suatu Keterampilan
Berbahasa Bandung: Angkasa
Tumbol Y Djojosuroto K Wenglang
T 2015 Keterampilan Menulis
Puisi dengan Menggunakan Media
Gambar Siswa Kelas VII SMP
Negeri XI Manado Jurnal
Kompetensi FBS Vol 3 No 1
2015