KEMAMPUAN MENGUASAI KOSAKATA MELALUI MEDIA LAGU KUTSU DALAM PEMBELAJARAN BAHASA JEPANG

Authors

DOI:

https://doi.org/10.53682/kompetensi.v2i05.4808

Keywords:

Media, Kosakata, media lagu, kutsu, Kosakata Bahasa Jepang.

Abstract

Kemampuan Menguasai Kosakata Melalui Media Lagu Kutsu Dalam Pembelajaran
Bahasa Jepang di SMA Negeri 1 Tondano Media merupakan salah satu alternative
sebagai alat pembelajaran yang efektif dalam mempelajari kosakata terutama kosakata
Bahasa jepang Lagu dapat dijadikan sebagai salah satu media yang cukup efektif
untuk menngkatkan hasil belajar mengajar selain mudah di ingat lagu juga bsa di
putar di segala situasi dan kondisi Maka dari itu penelitian ini bertujuan untuk
meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran Bahasa jepang dengan adanya
pengajaran menggunakan media lagu diharapkan siswa dapat menguasai kosakata
Bahasa jepang dengan baik Metode yang digunakan dalam peeneliatian ini adalah
metode eksperimen serta teknik penelitiannya adalah pengolahan data berdasarkan
uji T Dari hasil pre test dan post test diperoleh nilai hasil belajar siswa dengan rata rata nilai pada keas eksperimen adalah 45 961 sedangkan pada kelas control adalah
40 846 dan dari hasil hipotesis pengujian dengn menggunakan statistic uji T diperoleh
hasil dimana Thitung = 1 7 gt; Ttabel =1 6 yang berarti hasil nilai belaja siswa
menggunakan media lagu lebih tinggi daripada sswa yang tidak menggunakan media
lagu Berdasarkan hasil penelitian diatas dapat disimpulkan ternyata pembelajaran
menggunakan media lagu dapat meningkatkan hasil belajar siswa < p>

References

Arikunto 2016 Teknik Pengumpulan

Data 175

Aror S 2021 Metode Mnemonik Dalam

Lagu Sebagai Alternatif

PembelajaranBahasa Jepang

Diindonesia Jurnal Ilmiah

Indonesia Vol 06 no 05

Kaunang M S Mei 2021 Penerapan

Manajemen Pembelajaran Seni

Musik Pada Masa Pandemi Studi

Kasus Di SMA Manado Independent

MIS Manado: Vol 6 No 5

Kridalaksana 2008 Pengertian Bahasa

Pengertian Bahasa Menurut Para

Ahli 24

Kumalasari N 2011 Efektivitas Media

Lagu Dalam Meningkatkan

Vol 2 No 5 2022 : KOMPETENSI : Jurnal Ilmiah Bahasa dan Seni

Penguasaan Hiragana Lib Unnes 1

Lensun S 2015 Pembelajaran Empat

Keterampilan Berbahasa

Kompetensi Jurnal Ilmiah Bahasa

Dan Seni 13 1

Maru M G Pikirang C C Ratu D M

Tuna J R 2021 The

Integration of ICT in ELT

Practices: The Study on Teachers

Perspective in New Normal

Era International Journal of

Interactive Mobile

Technologies 15 22 44 67

Maru M G Pikirang C C Setiawan S

Oroh E Z O Pelenkahu N

2021 The internet use for

autonomous learning during

COVID 19 pandemic and its

hindrances International Journal

of Interactive Mobile Technologies

IJIM 15 18 65

Maru M G Nur S 2020 Applying

Video for Writing Descriptive Text

in Senior High School in the

COVID 19 Pandemic

Transition International Journal

of Language Education 4 3 408

Maru M G Tamowangkay F P

Pelenkahu N Wuntu C

2022 Teachers perception

toward the impact of platform used

in online learning communication

in the eastern

Indonesia International Journal of

Communication and Society 4 1

71

Maru M G Ratu D M Dukut E M

2018 The Use the T Ex

Approach in Indonesian EFL

Essay Writing: Feedbacks and

Knowledge Exploration

Pardaus R 2019 Pengaruh Penggunaan

Media Pembelajaran Berbasis

Multimedia Terhadap Hasil Belajar

Sistem Pendingin Siswa Kelas XI

SMK Negeri Merauke Provinsi

Papua Vol 7 No 3

Shambawa B 2012 Penggunaan

Pendekatan Problem Posing pada

siswa Tondano : Unima

Suharsmi 2010 Instrumen Pengumpulan

Data Jakarta: Rineka Cipta

Toliwongi M 2021 Strategi

Pembelajaran Bahasa Jepang

Kaiwa Syntax Literate: Jurnal

Ilmiah Indonesia Vol 6

Downloads

Published

2022-12-15

How to Cite

KEMAMPUAN MENGUASAI KOSAKATA MELALUI MEDIA LAGU KUTSU DALAM PEMBELAJARAN BAHASA JEPANG. (2022). KOMPETENSI, 2(05), 1366 1374. https://doi.org/10.53682/kompetensi.v2i05.4808