KEMAMPUAN MENGUASAI KOSAKATA MELALUI MEDIA LAGU “KUTSU” DALAM PEMBELAJARAN BAHASA JEPANG
DOI:
https://doi.org/10.53682/kompetensi.v2i05.4808Keywords:
Media, Kosakata, media lagu, kutsu, Kosakata Bahasa Jepang.Abstract
Kemampuan Menguasai Kosakata Melalui Media Lagu Kutsu Dalam Pembelajaran
Bahasa Jepang di SMA Negeri 1 Tondano. Media merupakan salah satu alternative
sebagai alat pembelajaran yang efektif dalam mempelajari kosakata terutama kosakata
Bahasa jepang. Lagu dapat dijadikan sebagai salah satu media yang cukup efektif
untuk menngkatkan hasil belajar mengajar selain mudah di ingat lagu juga bsa di
putar di segala situasi dan kondisi. Maka dari itu, penelitian ini bertujuan untuk
meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran Bahasa jepang, dengan adanya
pengajaran menggunakan media lagu diharapkan siswa dapat menguasai kosakata
Bahasa jepang dengan baik. Metode yang digunakan dalam peeneliatian ini adalah
metode eksperimen, serta teknik penelitiannya adalah pengolahan data berdasarkan
uji T. Dari hasil pre-test dan post-test diperoleh nilai hasil belajar siswa dengan ratarata nilai pada keas eksperimen adalah 45,961 sedangkan pada kelas control adalah
40,846 dan dari hasil hipotesis pengujian dengn menggunakan statistic uji T diperoleh
hasil dimana Thitung = 1,7 > Ttabel =1,6 yang berarti hasil nilai belaja siswa
menggunakan media lagu lebih tinggi daripada sswa yang tidak menggunakan media
lagu. Berdasarkan hasil penelitian diatas dapat disimpulkan ternyata pembelajaran
menggunakan media lagu dapat meningkatkan hasil belajar siswa.
References
Arikunto. (2016). Teknik Pengumpulan
Data. 175.
Aror, S. (2021). Metode Mnemonik Dalam
Lagu Sebagai Alternatif
PembelajaranBahasa Jepang
Diindonesia. Jurnal Ilmiah
Indonesia, Vol.06, no. 05.
Kaunang, M. S. (Mei 2021). Penerapan
Manajemen Pembelajaran Seni
Musik Pada Masa Pandemi Studi
Kasus Di SMA Manado Independent
(MIS). Manado: Vol. 6. No 5 .
Kridalaksana. (2008). Pengertian Bahasa.
Pengertian Bahasa Menurut Para
Ahli, 24.
Kumalasari, N. (2011). Efektivitas Media
Lagu Dalam Meningkatkan
Vol 2 No 5 (2022) : KOMPETENSI : Jurnal Ilmiah Bahasa dan Seni
Penguasaan Hiragana. Lib Unnes, 1-
Lensun, S. (2015). Pembelajaran Empat
Keterampilan Berbahasa.
Kompetensi Jurnal Ilmiah Bahasa
Dan Seni, 13(1).
Maru, M. G., Pikirang, C. C., Ratu, D. M.,
& Tuna, J. R. (2021). The
Integration of ICT in ELT
Practices: The Study on Teachers'
Perspective in New Normal
Era. International Journal of
Interactive Mobile
Technologies, 15(22), 44-67.
Maru, M. G., Pikirang, C. C., Setiawan, S.,
Oroh, E. Z. O., & Pelenkahu, N.
(2021). The internet use for
autonomous learning during
COVID-19 pandemic and its
hindrances. International Journal
of Interactive Mobile Technologies
(IJIM), 15(18), 65.
Maru, M. G., & Nur, S. (2020). Applying
Video for Writing Descriptive Text
in Senior High School in the
COVID-19 Pandemic
Transition. International Journal
of Language Education, 4(3), 408-
Maru, M. G., Tamowangkay, F. P.,
Pelenkahu, N., & Wuntu, C.
(2022). Teachers’ perception
toward the impact of platform used
in online learning communication
in the eastern
Indonesia. International Journal of
Communication and Society, 4(1),
-71.
Maru, M. G., Ratu, D. M., & Dukut, E. M.
(2018). The Use the T-Ex
Approach in Indonesian EFL
Essay Writing: Feedbacks and
Knowledge Exploration.
Pardaus, R. (2019). Pengaruh Penggunaan
Media Pembelajaran Berbasis
Multimedia Terhadap Hasil Belajar
Sistem Pendingin Siswa Kelas XI
SMK Negeri Merauke Provinsi
Papua. Vol. 7 No 3.
Shambawa, B. (2012). Penggunaan
Pendekatan Problem Posing pada
siswa. Tondano : Unima.
Suharsmi. (2010). Instrumen Pengumpulan
Data. Jakarta: Rineka Cipta.
Toliwongi, M. (2021). Strategi
Pembelajaran Bahasa Jepang
"Kaiwa". Syntax Literate: Jurnal
Ilmiah Indonesia, Vol. 6.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.