KEMAMPUAN MENGUASAI KOSAKATA MELALUI MEDIA LAGU KUTSU DALAM PEMBELAJARAN BAHASA JEPANG
DOI:
https://doi.org/10.53682/kompetensi.v2i05.4808Keywords:
Media, Kosakata, media lagu, kutsu, Kosakata Bahasa Jepang.Abstract
Kemampuan Menguasai Kosakata Melalui Media Lagu Kutsu Dalam Pembelajaran
Bahasa Jepang di SMA Negeri 1 Tondano Media merupakan salah satu alternative
sebagai alat pembelajaran yang efektif dalam mempelajari kosakata terutama kosakata
Bahasa jepang Lagu dapat dijadikan sebagai salah satu media yang cukup efektif
untuk menngkatkan hasil belajar mengajar selain mudah di ingat lagu juga bsa di
putar di segala situasi dan kondisi Maka dari itu penelitian ini bertujuan untuk
meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran Bahasa jepang dengan adanya
pengajaran menggunakan media lagu diharapkan siswa dapat menguasai kosakata
Bahasa jepang dengan baik Metode yang digunakan dalam peeneliatian ini adalah
metode eksperimen serta teknik penelitiannya adalah pengolahan data berdasarkan
uji T Dari hasil pre test dan post test diperoleh nilai hasil belajar siswa dengan rata rata nilai pada keas eksperimen adalah 45 961 sedangkan pada kelas control adalah
40 846 dan dari hasil hipotesis pengujian dengn menggunakan statistic uji T diperoleh
hasil dimana Thitung = 1 7 gt; Ttabel =1 6 yang berarti hasil nilai belaja siswa
menggunakan media lagu lebih tinggi daripada sswa yang tidak menggunakan media
lagu Berdasarkan hasil penelitian diatas dapat disimpulkan ternyata pembelajaran
menggunakan media lagu dapat meningkatkan hasil belajar siswa < p>
References
Arikunto 2016 Teknik Pengumpulan
Data 175
Aror S 2021 Metode Mnemonik Dalam
Lagu Sebagai Alternatif
PembelajaranBahasa Jepang
Diindonesia Jurnal Ilmiah
Indonesia Vol 06 no 05
Kaunang M S Mei 2021 Penerapan
Manajemen Pembelajaran Seni
Musik Pada Masa Pandemi Studi
Kasus Di SMA Manado Independent
MIS Manado: Vol 6 No 5
Kridalaksana 2008 Pengertian Bahasa
Pengertian Bahasa Menurut Para
Ahli 24
Kumalasari N 2011 Efektivitas Media
Lagu Dalam Meningkatkan
Vol 2 No 5 2022 : KOMPETENSI : Jurnal Ilmiah Bahasa dan Seni
Penguasaan Hiragana Lib Unnes 1
Lensun S 2015 Pembelajaran Empat
Keterampilan Berbahasa
Kompetensi Jurnal Ilmiah Bahasa
Dan Seni 13 1
Maru M G Pikirang C C Ratu D M
Tuna J R 2021 The
Integration of ICT in ELT
Practices: The Study on Teachers
Perspective in New Normal
Era International Journal of
Interactive Mobile
Technologies 15 22 44 67
Maru M G Pikirang C C Setiawan S
Oroh E Z O Pelenkahu N
2021 The internet use for
autonomous learning during
COVID 19 pandemic and its
hindrances International Journal
of Interactive Mobile Technologies
IJIM 15 18 65
Maru M G Nur S 2020 Applying
Video for Writing Descriptive Text
in Senior High School in the
COVID 19 Pandemic
Transition International Journal
of Language Education 4 3 408
Maru M G Tamowangkay F P
Pelenkahu N Wuntu C
2022 Teachers perception
toward the impact of platform used
in online learning communication
in the eastern
Indonesia International Journal of
Communication and Society 4 1
71
Maru M G Ratu D M Dukut E M
2018 The Use the T Ex
Approach in Indonesian EFL
Essay Writing: Feedbacks and
Knowledge Exploration
Pardaus R 2019 Pengaruh Penggunaan
Media Pembelajaran Berbasis
Multimedia Terhadap Hasil Belajar
Sistem Pendingin Siswa Kelas XI
SMK Negeri Merauke Provinsi
Papua Vol 7 No 3
Shambawa B 2012 Penggunaan
Pendekatan Problem Posing pada
siswa Tondano : Unima
Suharsmi 2010 Instrumen Pengumpulan
Data Jakarta: Rineka Cipta
Toliwongi M 2021 Strategi
Pembelajaran Bahasa Jepang
Kaiwa Syntax Literate: Jurnal
Ilmiah Indonesia Vol 6