KEMAMPUAN MENGUASAI KOSAKATA MELALUI MEDIA LAGU “KUTSU” DALAM PEMBELAJARAN BAHASA JEPANG

Authors

  • Tribuana Tunggal Dewi Pongilatan Universitas Negeri Manado
  • Fince L. Sambeka Universitas Negeri Manado
  • Sharly F. Lensun Universitas Negeri Manado

DOI:

https://doi.org/10.53682/kompetensi.v2i05.4808

Keywords:

Media, Kosakata, media lagu, kutsu, Kosakata Bahasa Jepang.

Abstract

Kemampuan Menguasai Kosakata Melalui Media Lagu Kutsu Dalam Pembelajaran
Bahasa Jepang di SMA Negeri 1 Tondano. Media merupakan salah satu alternative
sebagai alat pembelajaran yang efektif dalam mempelajari kosakata terutama kosakata
Bahasa jepang. Lagu dapat dijadikan sebagai salah satu media yang cukup efektif
untuk menngkatkan hasil belajar mengajar selain mudah di ingat lagu juga bsa di
putar di segala situasi dan kondisi. Maka dari itu, penelitian ini bertujuan untuk
meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran Bahasa jepang, dengan adanya
pengajaran menggunakan media lagu diharapkan siswa dapat menguasai kosakata
Bahasa jepang dengan baik. Metode yang digunakan dalam peeneliatian ini adalah
metode eksperimen, serta teknik penelitiannya adalah pengolahan data berdasarkan
uji T. Dari hasil pre-test dan post-test diperoleh nilai hasil belajar siswa dengan ratarata nilai pada keas eksperimen adalah 45,961 sedangkan pada kelas control adalah
40,846 dan dari hasil hipotesis pengujian dengn menggunakan statistic uji T diperoleh
hasil dimana Thitung = 1,7 > Ttabel =1,6 yang berarti hasil nilai belaja siswa
menggunakan media lagu lebih tinggi daripada sswa yang tidak menggunakan media
lagu. Berdasarkan hasil penelitian diatas dapat disimpulkan ternyata pembelajaran
menggunakan media lagu dapat meningkatkan hasil belajar siswa.

References

Arikunto. (2016). Teknik Pengumpulan

Data. 175.

Aror, S. (2021). Metode Mnemonik Dalam

Lagu Sebagai Alternatif

PembelajaranBahasa Jepang

Diindonesia. Jurnal Ilmiah

Indonesia, Vol.06, no. 05.

Kaunang, M. S. (Mei 2021). Penerapan

Manajemen Pembelajaran Seni

Musik Pada Masa Pandemi Studi

Kasus Di SMA Manado Independent

(MIS). Manado: Vol. 6. No 5 .

Kridalaksana. (2008). Pengertian Bahasa.

Pengertian Bahasa Menurut Para

Ahli, 24.

Kumalasari, N. (2011). Efektivitas Media

Lagu Dalam Meningkatkan

Vol 2 No 5 (2022) : KOMPETENSI : Jurnal Ilmiah Bahasa dan Seni

Penguasaan Hiragana. Lib Unnes, 1-

Lensun, S. (2015). Pembelajaran Empat

Keterampilan Berbahasa.

Kompetensi Jurnal Ilmiah Bahasa

Dan Seni, 13(1).

Maru, M. G., Pikirang, C. C., Ratu, D. M.,

& Tuna, J. R. (2021). The

Integration of ICT in ELT

Practices: The Study on Teachers'

Perspective in New Normal

Era. International Journal of

Interactive Mobile

Technologies, 15(22), 44-67.

Maru, M. G., Pikirang, C. C., Setiawan, S.,

Oroh, E. Z. O., & Pelenkahu, N.

(2021). The internet use for

autonomous learning during

COVID-19 pandemic and its

hindrances. International Journal

of Interactive Mobile Technologies

(IJIM), 15(18), 65.

Maru, M. G., & Nur, S. (2020). Applying

Video for Writing Descriptive Text

in Senior High School in the

COVID-19 Pandemic

Transition. International Journal

of Language Education, 4(3), 408-

Maru, M. G., Tamowangkay, F. P.,

Pelenkahu, N., & Wuntu, C.

(2022). Teachers’ perception

toward the impact of platform used

in online learning communication

in the eastern

Indonesia. International Journal of

Communication and Society, 4(1),

-71.

Maru, M. G., Ratu, D. M., & Dukut, E. M.

(2018). The Use the T-Ex

Approach in Indonesian EFL

Essay Writing: Feedbacks and

Knowledge Exploration.

Pardaus, R. (2019). Pengaruh Penggunaan

Media Pembelajaran Berbasis

Multimedia Terhadap Hasil Belajar

Sistem Pendingin Siswa Kelas XI

SMK Negeri Merauke Provinsi

Papua. Vol. 7 No 3.

Shambawa, B. (2012). Penggunaan

Pendekatan Problem Posing pada

siswa. Tondano : Unima.

Suharsmi. (2010). Instrumen Pengumpulan

Data. Jakarta: Rineka Cipta.

Toliwongi, M. (2021). Strategi

Pembelajaran Bahasa Jepang

"Kaiwa". Syntax Literate: Jurnal

Ilmiah Indonesia, Vol. 6.

Downloads

Published

2022-12-15

How to Cite

Pongilatan, T. T. D., Sambeka, F. L. ., & Lensun, . S. F. . (2022). KEMAMPUAN MENGUASAI KOSAKATA MELALUI MEDIA LAGU “KUTSU” DALAM PEMBELAJARAN BAHASA JEPANG. KOMPETENSI, 2(05), 1366 - 1374. https://doi.org/10.53682/kompetensi.v2i05.4808