MANAJEMEN PELATIHAN SENI DI SANGGAR CHRYSANT KAKASKASEN
DOI:
https://doi.org/10.53682/kompetensi.v2i05.4809Keywords:
Manajemen, Pelatihan, Sanggar Chysant Kakaskasen.Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana Manajemen Pelatihan
Seni di Sanggar Chrysant Kakaskasen. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif
kualitatif. Penelitian difokuskan pada kajian pemaparan manajemen dan teknik
pelatihan sanggar. Data diperoleh dengan teknik observasi langsung, wawancara
mendalam, studi pustaka dan dokumentasi. Data dianalisis dengan teknik analisis
deskriptif kualitatif. Keabsahan data diperoleh melalui triangulasi melalui tahapan
sumber, yaitu mengecek data dari berbagai sumber. Penelitian ini memperoleh hasil
sebagai berikut; (1) Sanggar Chrysant Kakaskasen menggunakan bentuk organisasi
kekeluargaan dan keterbukaan, (2) manajemen yang diterapkan di sanggar
menggunakan manajemen tradisional, (3) fungsi manajemen di Sanggar Chrysant
Kakaskasen ada pada perencanaan (planning), pengorganisasian (organizing),
pengawasan (controlling), evaluasi (evaluating). Teknis pelaksanaan kegiatan pelatihan
seni tari dan musik dilakukan melalui model pelatihan dan pembimbingan secara
langsung. Dengan menggunakan metode (1) ceramah, (2) demonstrasi, dan (3) drill
References
Anthoillah, A. (2010). Dasar-dasar
Manajemen. Bandung: Pustaka
Setia.
Febriansyah, Q. (2018). Pelatihan Tari
Kreasi Lampung Dengan Konsep
Koreografi Di Sanggar
Gardancestory Bandar Lampung.
Skripsi, Unila. Bandar Lampung.
Hadie, H. R. (2015). Pengelolaan Seni Di
Bale Seni Ciwasiat Pandeglang
Banten. Banten: Universitas
Pendidikan Indonesia.
Hasibuan, M. S. P. (1996). Manajemen
Dasar, Pengertian dan Masalah,
Edisi Kedua. Jakarta: PT Toko
Gunung Agung.
Makaf, A. (2020). Pelatihan Seni Teater di
Surakarta: Potensi, Perkembangan,
dan Pengelolaan. Surakarta:
Fakultas Seni Pertunjukan Institut
Seni Indonesia (ISI) Surakarta.
(Diakses dari: https://jurnal.isiska.ac.id/index.php/acintya/article/
viewFile/3137/2644)
Maru, M. G., Pikirang, C. C., Ratu, D. M., &
Tuna, J. R. (2021). The Integration
of ICT in ELT Practices: The Study
on Teachers' Perspective in New
Normal Era. International Journal
of Interactive Mobile
Technologies, 15(22), 44-67.
Maru, M. G., Pikirang, C. C., Setiawan, S.,
Oroh, E. Z. O., & Pelenkahu, N.
(2021). The internet use for
autonomous learning during
COVID-19 pandemic and its
hindrances. International Journal of
Interactive Mobile Technologies
(IJIM), 15(18), 65.
Maru, M. G., & Nur, S. (2020). Applying
Video for Writing Descriptive Text
in Senior High School in the
COVID-19 Pandemic
Transition. International Journal of
Language Education, 4(3), 408-419.
Maru, M. G., Tamowangkay, F. P.,
Pelenkahu, N., & Wuntu, C. (2022).
Teachers’ perception toward the
impact of platform used in online
learning communication in the
eastern Indonesia. International
Journal of Communication and
Society, 4(1), 59-71.
Maru, M. G., Ratu, D. M., & Dukut, E. M.
(2018). The Use the T-Ex Approach
in Indonesian EFL Essay Writing:
Feedbacks and Knowledge
Exploration.
Nafitri, M. (2012).Manajemen Sanggar Tari
Pesona Nusantara Di Kabupaten
Lahat Provinsi Sumatera Selatan.
Skripsi, Universitas Negeri
Yogyakarta. Yogyakarta.
Moleong. (2012). Metodologi Penelitian
Kualitatif. Bandung: PT Remaja
Rosdakarya
Mustajap, A. (2013). Sistem Manajemen
Sanggar Seni Ambarala Kecamatan
Bunggoro Kabupaten Pangkep.
Skripsi, Universitas Negeri
Makassar. Makassar.
Nurjaman, F., Sudadio, S., & Faturohman, N.
(2017). Implementasi Pelatihan
Tari Daerah dalam Melestarikan
Tarian Banten di Sanggar Raksa
Budaya Kota Serang.
Vol 2 No 5 (2022) : KOMPETENSI : Jurnal Ilmiah Bahasa dan Seni
Satrianegara, M. Fais. (2009). Buku Ajar
Organisasi Dan Manajemen
Pelayanan Kesehatan Serta
Kebidanan. Jakarta: Salemba
Medika.
Suci, S. I. (2021). Manajemen Sanggar Seni
Lakon Gerak Minang di Nagari
Baringin Kabupaten Tanah Datar.
Skripsi, Universitas Negeri Padang,
Padang.
Sudjana, D. (2004). Manajemen Program
Pendidikan Untuk Pendidikan Non
Formal. Bandung : Falah
Production.
Sudjana, N. (2000). Pendidikan Luar
Sekolah. Bandung. Falah
Production
Sugiyono, (2009). Metode Penelitian
Kuantitatif Kualitatif dan R&B.
Bandung:Alfabeta.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.