MANAJEMEN PELATIHAN SENI DI SANGGAR CHRYSANT KAKASKASEN

Authors

  • Indriani Florensia Kadis Universitas Negeri Manado
  • Sri Sunarmi Universitas Negeri Manado
  • Franklin E. Dumais Universitas Negeri Manado

DOI:

https://doi.org/10.53682/kompetensi.v2i05.4809

Keywords:

Manajemen, Pelatihan, Sanggar Chysant Kakaskasen.

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana Manajemen Pelatihan
Seni di Sanggar Chrysant Kakaskasen. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif
kualitatif. Penelitian difokuskan pada kajian pemaparan manajemen dan teknik
pelatihan sanggar. Data diperoleh dengan teknik observasi langsung, wawancara
mendalam, studi pustaka dan dokumentasi. Data dianalisis dengan teknik analisis
deskriptif kualitatif. Keabsahan data diperoleh melalui triangulasi melalui tahapan
sumber, yaitu mengecek data dari berbagai sumber. Penelitian ini memperoleh hasil
sebagai berikut; (1) Sanggar Chrysant Kakaskasen menggunakan bentuk organisasi
kekeluargaan dan keterbukaan, (2) manajemen yang diterapkan di sanggar
menggunakan manajemen tradisional, (3) fungsi manajemen di Sanggar Chrysant
Kakaskasen ada pada perencanaan (planning), pengorganisasian (organizing),
pengawasan (controlling), evaluasi (evaluating). Teknis pelaksanaan kegiatan pelatihan
seni tari dan musik dilakukan melalui model pelatihan dan pembimbingan secara
langsung. Dengan menggunakan metode (1) ceramah, (2) demonstrasi, dan (3) drill

References

Anthoillah, A. (2010). Dasar-dasar

Manajemen. Bandung: Pustaka

Setia.

Febriansyah, Q. (2018). Pelatihan Tari

Kreasi Lampung Dengan Konsep

Koreografi Di Sanggar

Gardancestory Bandar Lampung.

Skripsi, Unila. Bandar Lampung.

Hadie, H. R. (2015). Pengelolaan Seni Di

Bale Seni Ciwasiat Pandeglang

Banten. Banten: Universitas

Pendidikan Indonesia.

Hasibuan, M. S. P. (1996). Manajemen

Dasar, Pengertian dan Masalah,

Edisi Kedua. Jakarta: PT Toko

Gunung Agung.

Makaf, A. (2020). Pelatihan Seni Teater di

Surakarta: Potensi, Perkembangan,

dan Pengelolaan. Surakarta:

Fakultas Seni Pertunjukan Institut

Seni Indonesia (ISI) Surakarta.

(Diakses dari: https://jurnal.isiska.ac.id/index.php/acintya/article/

viewFile/3137/2644)

Maru, M. G., Pikirang, C. C., Ratu, D. M., &

Tuna, J. R. (2021). The Integration

of ICT in ELT Practices: The Study

on Teachers' Perspective in New

Normal Era. International Journal

of Interactive Mobile

Technologies, 15(22), 44-67.

Maru, M. G., Pikirang, C. C., Setiawan, S.,

Oroh, E. Z. O., & Pelenkahu, N.

(2021). The internet use for

autonomous learning during

COVID-19 pandemic and its

hindrances. International Journal of

Interactive Mobile Technologies

(IJIM), 15(18), 65.

Maru, M. G., & Nur, S. (2020). Applying

Video for Writing Descriptive Text

in Senior High School in the

COVID-19 Pandemic

Transition. International Journal of

Language Education, 4(3), 408-419.

Maru, M. G., Tamowangkay, F. P.,

Pelenkahu, N., & Wuntu, C. (2022).

Teachers’ perception toward the

impact of platform used in online

learning communication in the

eastern Indonesia. International

Journal of Communication and

Society, 4(1), 59-71.

Maru, M. G., Ratu, D. M., & Dukut, E. M.

(2018). The Use the T-Ex Approach

in Indonesian EFL Essay Writing:

Feedbacks and Knowledge

Exploration.

Nafitri, M. (2012).Manajemen Sanggar Tari

Pesona Nusantara Di Kabupaten

Lahat Provinsi Sumatera Selatan.

Skripsi, Universitas Negeri

Yogyakarta. Yogyakarta.

Moleong. (2012). Metodologi Penelitian

Kualitatif. Bandung: PT Remaja

Rosdakarya

Mustajap, A. (2013). Sistem Manajemen

Sanggar Seni Ambarala Kecamatan

Bunggoro Kabupaten Pangkep.

Skripsi, Universitas Negeri

Makassar. Makassar.

Nurjaman, F., Sudadio, S., & Faturohman, N.

(2017). Implementasi Pelatihan

Tari Daerah dalam Melestarikan

Tarian Banten di Sanggar Raksa

Budaya Kota Serang.

Vol 2 No 5 (2022) : KOMPETENSI : Jurnal Ilmiah Bahasa dan Seni

Satrianegara, M. Fais. (2009). Buku Ajar

Organisasi Dan Manajemen

Pelayanan Kesehatan Serta

Kebidanan. Jakarta: Salemba

Medika.

Suci, S. I. (2021). Manajemen Sanggar Seni

Lakon Gerak Minang di Nagari

Baringin Kabupaten Tanah Datar.

Skripsi, Universitas Negeri Padang,

Padang.

Sudjana, D. (2004). Manajemen Program

Pendidikan Untuk Pendidikan Non

Formal. Bandung : Falah

Production.

Sudjana, N. (2000). Pendidikan Luar

Sekolah. Bandung. Falah

Production

Sugiyono, (2009). Metode Penelitian

Kuantitatif Kualitatif dan R&B.

Bandung:Alfabeta.

Downloads

Published

2022-12-15

How to Cite

Kadis, I. F., Sunarmi, S., & Dumais, F. E. (2022). MANAJEMEN PELATIHAN SENI DI SANGGAR CHRYSANT KAKASKASEN. KOMPETENSI, 2(05), 1375 - 1383. https://doi.org/10.53682/kompetensi.v2i05.4809