MANAJEMEN PELATIHAN SENI DI SANGGAR CHRYSANT KAKASKASEN
DOI:
https://doi.org/10.53682/kompetensi.v2i05.4809Keywords:
Manajemen, Pelatihan, Sanggar Chysant Kakaskasen.Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana Manajemen Pelatihan
Seni di Sanggar Chrysant Kakaskasen Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif
kualitatif Penelitian difokuskan pada kajian pemaparan manajemen dan teknik
pelatihan sanggar Data diperoleh dengan teknik observasi langsung wawancara
mendalam studi pustaka dan dokumentasi Data dianalisis dengan teknik analisis
deskriptif kualitatif Keabsahan data diperoleh melalui triangulasi melalui tahapan
sumber yaitu mengecek data dari berbagai sumber Penelitian ini memperoleh hasil
sebagai berikut; 1 Sanggar Chrysant Kakaskasen menggunakan bentuk organisasi
kekeluargaan dan keterbukaan 2 manajemen yang diterapkan di sanggar
menggunakan manajemen tradisional 3 fungsi manajemen di Sanggar Chrysant
Kakaskasen ada pada perencanaan planning pengorganisasian organizing
pengawasan controlling evaluasi evaluating Teknis pelaksanaan kegiatan pelatihan
seni tari dan musik dilakukan melalui model pelatihan dan pembimbingan secara
langsung Dengan menggunakan metode 1 ceramah 2 demonstrasi dan 3 drill< p>
References
Anthoillah A 2010 Dasar dasar
Manajemen Bandung: Pustaka
Setia
Febriansyah Q 2018 Pelatihan Tari
Kreasi Lampung Dengan Konsep
Koreografi Di Sanggar
Gardancestory Bandar Lampung
Skripsi Unila Bandar Lampung
Hadie H R 2015 Pengelolaan Seni Di
Bale Seni Ciwasiat Pandeglang
Banten Banten: Universitas
Pendidikan Indonesia
Hasibuan M S P 1996 Manajemen
Dasar Pengertian dan Masalah
Edisi Kedua Jakarta: PT Toko
Gunung Agung
Makaf A 2020 Pelatihan Seni Teater di
Surakarta: Potensi Perkembangan
dan Pengelolaan Surakarta:
Fakultas Seni Pertunjukan Institut
Seni Indonesia ISI Surakarta
Diakses dari: https: jurnal isi ska ac id index php acintya article
viewFile 3137 2644
Maru M G Pikirang C C Ratu D M
Tuna J R 2021 The Integration
of ICT in ELT Practices: The Study
on Teachers Perspective in New
Normal Era International Journal
of Interactive Mobile
Technologies 15 22 44 67
Maru M G Pikirang C C Setiawan S
Oroh E Z O Pelenkahu N
2021 The internet use for
autonomous learning during
COVID 19 pandemic and its
hindrances International Journal of
Interactive Mobile Technologies
IJIM 15 18 65
Maru M G Nur S 2020 Applying
Video for Writing Descriptive Text
in Senior High School in the
COVID 19 Pandemic
Transition International Journal of
Language Education 4 3 408 419
Maru M G Tamowangkay F P
Pelenkahu N Wuntu C 2022
Teachers perception toward the
impact of platform used in online
learning communication in the
eastern Indonesia International
Journal of Communication and
Society 4 1 59 71
Maru M G Ratu D M Dukut E M
2018 The Use the T Ex Approach
in Indonesian EFL Essay Writing:
Feedbacks and Knowledge
Exploration
Nafitri M 2012 Manajemen Sanggar Tari
Pesona Nusantara Di Kabupaten
Lahat Provinsi Sumatera Selatan
Skripsi Universitas Negeri
Yogyakarta Yogyakarta
Moleong 2012 Metodologi Penelitian
Kualitatif Bandung: PT Remaja
Rosdakarya
Mustajap A 2013 Sistem Manajemen
Sanggar Seni Ambarala Kecamatan
Bunggoro Kabupaten Pangkep
Skripsi Universitas Negeri
Makassar Makassar
Nurjaman F Sudadio S Faturohman N
2017 Implementasi Pelatihan
Tari Daerah dalam Melestarikan
Tarian Banten di Sanggar Raksa
Budaya Kota Serang
Vol 2 No 5 2022 : KOMPETENSI : Jurnal Ilmiah Bahasa dan Seni
Satrianegara M Fais 2009 Buku Ajar
Organisasi Dan Manajemen
Pelayanan Kesehatan Serta
Kebidanan Jakarta: Salemba
Medika
Suci S I 2021 Manajemen Sanggar Seni
Lakon Gerak Minang di Nagari
Baringin Kabupaten Tanah Datar
Skripsi Universitas Negeri Padang
Padang
Sudjana D 2004 Manajemen Program
Pendidikan Untuk Pendidikan Non
Formal Bandung : Falah
Production
Sudjana N 2000 Pendidikan Luar
Sekolah Bandung Falah
Production
Sugiyono 2009 Metode Penelitian
Kuantitatif Kualitatif dan R B
Bandung:Alfabeta