MANAJEMEN PELATIHAN SENI DI SANGGAR CHRYSANT KAKASKASEN

Authors

DOI:

https://doi.org/10.53682/kompetensi.v2i05.4809

Keywords:

Manajemen, Pelatihan, Sanggar Chysant Kakaskasen.

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana Manajemen Pelatihan
Seni di Sanggar Chrysant Kakaskasen Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif
kualitatif Penelitian difokuskan pada kajian pemaparan manajemen dan teknik
pelatihan sanggar Data diperoleh dengan teknik observasi langsung wawancara
mendalam studi pustaka dan dokumentasi Data dianalisis dengan teknik analisis
deskriptif kualitatif Keabsahan data diperoleh melalui triangulasi melalui tahapan
sumber yaitu mengecek data dari berbagai sumber Penelitian ini memperoleh hasil
sebagai berikut; 1 Sanggar Chrysant Kakaskasen menggunakan bentuk organisasi
kekeluargaan dan keterbukaan 2 manajemen yang diterapkan di sanggar
menggunakan manajemen tradisional 3 fungsi manajemen di Sanggar Chrysant
Kakaskasen ada pada perencanaan planning pengorganisasian organizing
pengawasan controlling evaluasi evaluating Teknis pelaksanaan kegiatan pelatihan
seni tari dan musik dilakukan melalui model pelatihan dan pembimbingan secara
langsung Dengan menggunakan metode 1 ceramah 2 demonstrasi dan 3 drill< p>

References

Anthoillah A 2010 Dasar dasar

Manajemen Bandung: Pustaka

Setia

Febriansyah Q 2018 Pelatihan Tari

Kreasi Lampung Dengan Konsep

Koreografi Di Sanggar

Gardancestory Bandar Lampung

Skripsi Unila Bandar Lampung

Hadie H R 2015 Pengelolaan Seni Di

Bale Seni Ciwasiat Pandeglang

Banten Banten: Universitas

Pendidikan Indonesia

Hasibuan M S P 1996 Manajemen

Dasar Pengertian dan Masalah

Edisi Kedua Jakarta: PT Toko

Gunung Agung

Makaf A 2020 Pelatihan Seni Teater di

Surakarta: Potensi Perkembangan

dan Pengelolaan Surakarta:

Fakultas Seni Pertunjukan Institut

Seni Indonesia ISI Surakarta

Diakses dari: https: jurnal isi ska ac id index php acintya article

viewFile 3137 2644

Maru M G Pikirang C C Ratu D M

Tuna J R 2021 The Integration

of ICT in ELT Practices: The Study

on Teachers Perspective in New

Normal Era International Journal

of Interactive Mobile

Technologies 15 22 44 67

Maru M G Pikirang C C Setiawan S

Oroh E Z O Pelenkahu N

2021 The internet use for

autonomous learning during

COVID 19 pandemic and its

hindrances International Journal of

Interactive Mobile Technologies

IJIM 15 18 65

Maru M G Nur S 2020 Applying

Video for Writing Descriptive Text

in Senior High School in the

COVID 19 Pandemic

Transition International Journal of

Language Education 4 3 408 419

Maru M G Tamowangkay F P

Pelenkahu N Wuntu C 2022

Teachers perception toward the

impact of platform used in online

learning communication in the

eastern Indonesia International

Journal of Communication and

Society 4 1 59 71

Maru M G Ratu D M Dukut E M

2018 The Use the T Ex Approach

in Indonesian EFL Essay Writing:

Feedbacks and Knowledge

Exploration

Nafitri M 2012 Manajemen Sanggar Tari

Pesona Nusantara Di Kabupaten

Lahat Provinsi Sumatera Selatan

Skripsi Universitas Negeri

Yogyakarta Yogyakarta

Moleong 2012 Metodologi Penelitian

Kualitatif Bandung: PT Remaja

Rosdakarya

Mustajap A 2013 Sistem Manajemen

Sanggar Seni Ambarala Kecamatan

Bunggoro Kabupaten Pangkep

Skripsi Universitas Negeri

Makassar Makassar

Nurjaman F Sudadio S Faturohman N

2017 Implementasi Pelatihan

Tari Daerah dalam Melestarikan

Tarian Banten di Sanggar Raksa

Budaya Kota Serang

Vol 2 No 5 2022 : KOMPETENSI : Jurnal Ilmiah Bahasa dan Seni

Satrianegara M Fais 2009 Buku Ajar

Organisasi Dan Manajemen

Pelayanan Kesehatan Serta

Kebidanan Jakarta: Salemba

Medika

Suci S I 2021 Manajemen Sanggar Seni

Lakon Gerak Minang di Nagari

Baringin Kabupaten Tanah Datar

Skripsi Universitas Negeri Padang

Padang

Sudjana D 2004 Manajemen Program

Pendidikan Untuk Pendidikan Non

Formal Bandung : Falah

Production

Sudjana N 2000 Pendidikan Luar

Sekolah Bandung Falah

Production

Sugiyono 2009 Metode Penelitian

Kuantitatif Kualitatif dan R B

Bandung:Alfabeta

Downloads

Published

2022-12-15

How to Cite

MANAJEMEN PELATIHAN SENI DI SANGGAR CHRYSANT KAKASKASEN. (2022). KOMPETENSI, 2(05), 1375 1383. https://doi.org/10.53682/kompetensi.v2i05.4809