NILAI BUDAYA DAN GAYA BAHASA DALAM LIRIK LAGU BAHASA KEI KECIL NING NUHU TANAT SUSBEB DAN DUAD NBATANG IMRU
DOI:
https://doi.org/10.53682/kompetensi.v2i05.4811Keywords:
nilai budaya, gaya bahasa , lirik lagu.Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui nilai budaya dan gaya bahasa dalam
lirik lagu bahasa Kei Kecil Ning Nuhu Tanat Susbeb dan Duad Nbatang Imru. Metode
penelitian ini adalah deskriptif kualitataif. Sumber data dalam penelitian ini adalah
lirik lagu bahasa Kei yakni lagu Ning Nuhu Tanat Susbeb dan Duad Nbatang Imru.
Teknik pengumpulan data menggunakan teknik cakap semuka, teknik catat, dan teknik
rekam. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik analisis
jalinan atau mengalir yang meliputi tiga komponen, yaitu reduksi data, sajian data, dan
penarikan simpulan. Berdasarkan hasil analisis ditemukan nilai budaya dalam lagu
dalam lirik lagu Ning Nuhu Tanat Susbeb, yakni tidak melupakan kampung halaman
dan mencintai orang tua . Lirik lagu Duad Nbatang Imru terapat nilai religius dan
mencintai orang tua. Gaya bahasa yang terdapat dalam lirik lagu, yakni gaya bahasa
perbandingan, gaya Bahasa pertautan, gaya bahasa perulangan. Pada gaya Bahasa
perbandingan yaitu personifikasi, pada gaya Bahasa pertautan yaitu metonimia,
sinakdoke serta gaya Bahasa perulangan yaitu aliterasi. Gaya Bahasa dalam lirik lagu
Duad Nbatang Imru adalah gaya bahasa pertautan, gaya bahasa perulangan. Pada
gaya bahasa pertautan yaitu metonimia serta gaya bahasa perulangan yaitu aliterasi.
References
Adisusilo, S. 2013. Pembelajaran Nilai
Karakter. Jakarta: PT Rajagrafindo
Persada.
Algufran E., Pesik, N.& Paath, R.C. 2015.
Penerapan Model Pembelajaran
dalam Membedakan Leksem
Bermakna Denotatif dan Konotatif.
Jurnal KOMPTENSI FBS Unima.
Vol. 3 No 1 (2015).
http://portalgaruda.fti.Unisula.ac.id.
Djojosuroto, dkk., 2009. Teori Apresiasi
Pembelajaran Prosa. Yogyakarta:
Pustaka Book Publisher.
Endraswara, S., dkk., 2013. Metodologi
Penelitian Sastra. Yogyakarta:
CAPS.
Maru, M. G., Pikirang, C. C., Ratu, D. M.,
& Tuna, J. R. (2021). The
Integration of ICT in ELT
Practices: The Study on Teachers'
Perspective in New Normal
Era. International Journal of
Interactive Mobile
Technologies, 15(22), 44-67.
Maru, M. G., Pikirang, C. C., Setiawan, S.,
Oroh, E. Z. O., & Pelenkahu, N.
(2021). The internet use for
autonomous learning during
COVID-19 pandemic and its
hindrances. International Journal
of Interactive Mobile Technologies
(IJIM), 15(18), 65.
Maru, M. G., & Nur, S. (2020). Applying
Video for Writing Descriptive Text
in Senior High School in the
COVID-19 Pandemic
Transition. International Journal of
Language Education, 4(3), 408-
Maru, M. G., Tamowangkay, F. P.,
Pelenkahu, N., & Wuntu, C.
(2022). Teachers’ perception
toward the impact of platform used
in online learning communication
in the eastern
Indonesia. International Journal of
Communication and Society, 4(1),
-71.
Maru, M. G., Ratu, D. M., & Dukut, E. M.
(2018). The Use the T-Ex
Approach in Indonesian EFL Essay
Writing: Feedbacks and Knowledge
Exploration.
Moleong, S., 1989. Metodologi Penelitian
Kualitatif. Bandung: Remaja
Karya.
Musafffak, 2012. Pembentukan Karakter
Melalui Budaya Menulis dalam
Makalah seminar International
Bahasa, Sastra dan Budaya
Nusantara. UHAMKA, Jakarta.
Saselah, A., AlkatuUK, UMK., Modi, B.
Nili Budaya Sangihe dalam
Kumpulan Puisi “Klikitong” Karya
Iverdixon Tinungki. Jurnal
KOMPTENSI FBS Unima. Vol. 3
Vol 2 No 5 (2022) : KOMPETENSI : Jurnal Ilmiah Bahasa dan Seni
No 1 (2015).
http://portalgaruda.fti.Unisula.ac.id.
Sugiono. 2012. Metodologi Penelitian
Kuantitatif Kualitatif dan R&D.
Bandung:Alfabeta.
Hamdani Hamid., Beni Ahmad Saebani.
Pendidikan Karakter.
Bandung : CV. Pustaka setia.
Wahab. A. 1995. Pengajaran Bahasa dan
Sastra. Surabaya : Erlangga
University press.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.