TRAGEDI CINTA TOKOH CERITA PADA NOVEL I’M NOT ANTAGONIST KARYA PALUPIII DAN IMPLIKASI DALAM PEMBELAJARAN SASTRA DI SMA (TINJAUAN PSIKOLOGI SASTRA)

Authors

  • Veronica Oktavia Menggana
  • Intama J Polii Universitas Negeri Manado
  • Viktory N J Rotty Universitas Negeri Manado

DOI:

https://doi.org/10.53682/kompetensi.v2i9.5063

Abstract

Tujuan penelitian ini yaitu untuk : (1) mendeskripsikan tragedi cinta yang dialami oleh tokoh cerita dalam novel I’m Not Antagonist karya Palupiii; (2) mendeskripsikan implikasi tragedi cinta pada tokoh cerita novel I’m Not Antagonist karya Palupiii terhadap pembelajaran sastra di SMA. Metode yang digunakan dalam penelitian ini metode deskriptif kualitatif. Sumber data penelitian ini ialah novel I’m Not Antagonist karya Palupiii. Hasil penelitian ini menunjukkan tragedi cinta pada novel I’m Not Antagonist  karya Palupiii yaitu : Pertama, wujud tragedi cinta novel I’m Not Antagonist terdapat kecelakaan, penolakan cinta, kekerasan, kecewa, sakit hati, dan berpisah. Kedua, penyebab tragedi cinta novel I’m Not Antagonist terdapat cemburu, egois, emosi, mencintai berlebihan,perkataan benci. Pada pengajaran sastra terlebih khusus novel,  sastra mampu menumbuhkan kemampuan membaca siswa. Implikasinya terhadap pembelajaran sastra di Sma mengenai novel berkaitan dengan kompetensi dasar yang ke 3.9 yaitu menganalisis isi dan kebahasaan novel. Kompetensi ini berkaitan dengan siswa karena sesuai dengan Novel I’m Not Antagonist tentang tragedi percintaan pada karakter remaja. Siswa diajarkan untuk mampu menganalisis isi dari novel sehingga dapat menambah wawasan mereka tentang novel. Dengan menganalisis isi novel dapat menerapkan hasil penelitian yang dilakukan peneliti yaitu wujud dan penyebab tragedi cinta yang berkaitan dengan percintaan remaja sekarang ini.

References

REFERENSI

Alade, S. (2020). Pertentangan Hukum Adat Dan Hukum Islam Di Minangkabau Dalam Novel Mencari Cinta Yang Hilang Karya Abdulkarim Khiaratullah (Tinjauan Sosiologi Sastra). Jambura Journal of Linguistics and Literature, 1(1).

Aminuddin. (2020). Pengantar Apresiasi Karya Sastra. Bandung. Sinar Baru Algensindo.

Anggerenie, N., Cuesdeyeni, P., & Misnawati, M. (2020). Seksualitas Tiga Tokoh Perempuan dalam Novel Sunyi di Dada Sumirah Karya Artie Ahmad dan Implikasinya Pada Pembelajaran Sastra di SMA. ENGGANG: Jurnal Pendidikan, Bahasa, Sastra, Seni, dan Budaya, 1(1), 67-81.

Angginaloy, F. F., Palar, W. R., & Pangemanan, N. J. (2021). Nilai-Nilai Didaktis dalam Cerpen “Guru” dan “Maaf” Karya Putu Wijaya serta Implikasinya bagi Pembelajaran Sastra Di Sekolah. Kompetensi: Jurnal Bahasa dan Seni, 1(12), 956-972.

Astawan, I. N., Sadwika, I. N., & Juwana, I. D. P. (2022). ASPEK MORALITAS DALAM KUMPULAN CERPEN SEMPRONG PUUN KARYA NI WAYAN ANTARI DKK DAN IMPLIKASINYA DALAM PEMBELAJARAN SASTRA DI SMA. Widyadari: Jurnal Pendidikan, 23(1), 1-12.

Dewi, Y. (2019). Metafora dalam Novel Athirah Karya Alberthiene Endah dan Implikasinya terhadap Pembelajaran Sastra di SMP (Doctoral dissertation, UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR).

Hakim, A. I. (2019). TRAGEDI DALAM NOVEL ORANG-ORANG GILA KARYA HAN GAGAS. In Seminar Internasional Riksa Bahasa.

Khan, S., Paat, R., & Rotty, V. (2021). Analisis Nilai Moral dalam Film “Dua Garis Biru” Karya Gina S. Noer dan Implikasinya pada Pembelajaran Sastra. Kompetensi: Jurnal Bahasa dan Seni. Vol. 1 No. 09 (2021).

Laksono, A. P., Saryono, D., & Santoso, A. (2021). Subjektifitas Bacaaan Sastra dan Implikasinya terhadap Pembelajaran Sastra. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan, 6(12), 1821-1826.

Marentek, C., Palar, W. R., & Pangemanan, N. J. (2021). Citra Perempuan dan Ketidakadilan Gender dalam Novel “Saat Hati Telah Memilih” Karya Mira W dan Implikasinya bagi Pembelajaran Sastra di Sekolah. Jurnal Bahtra, 2(1).

Maru, Mister Gidion, et.all.. (2018). Children’s Story Books: Introducing Cultural Hybridity, Shaping Intercultural Sensitivity for Foreign Language Young Learners (An Observation to Gramedia Books in 2017). Proceedings of the 1st International Conference on Social Sciences (ICSS 2018). Atlantis Press. No 226. Pp 894-899

Maru, Mister Gidion. (2018). The Jeremiad Approach: From Language Learning to Text Interpretation. Lembah Manah. Yogyakarta.

Miselania, Y. S., Kami, K., & Suluh, M. (2020). Nilai Pendidikan Dalam Novel Kabola Karya Dony Kleden: Tinjauan Sosiologi Sastra. Jurnal Penelitian Bahasa Dan Sastra, 1(1).

Moleong, L. J. (2017). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Nilawijaya, R., & Awalludin, A. (2021). Tinjauan Sosiologi Sastra dalam Novel Hafalan Shalat Delisa Karya Tere Liye dan Relevansinya terhadap Pembelajaran Sastra di SMA. Silampari Bisa: Jurnal Penelitian Pendidikan Bahasa Indonesia, Daerah, dan Asing, 4(1), 13-24.

Nurhadi, A., Waluyo, H. J., & Subiyantoro, S. (2019). NILAI PENDIDIKAN KARAKTER DALAM NOVEL LINTANG LANTHIP KARYA AISHWORO ANG. In Prosiding Seminar Nasional “Inovasi Pembelajaran Bahasa Indonesia di Era Revolusi Industri 4.0” (pp. 48-52).

NURUL, I. (2022). ANALISIS KLASIFIKASI EMOSI TOKOH UTAMA DALAM NOVEL I’M NOT ANTAGONIST KARYA ENDANG PALUPI: KAJIAN PSIKOLOGI SASTRA DAVID KRECH (Doctoral dissertation, Universitas Mataram).

Palupi, T. I. (2021). Aktualisasi Diri dan Nilai Pendidikan Karakter yang Tercermin pada Tokoh Utama dalam Novel-Novel Karya Tere Liye dan Pemanfaatan Hasil Penelitian Sebagai Bahan Ajar Sastra di SMA (Doctoral dissertation, UNS (Sebelas Maret University)).

Putri, M. (2006). KONFLIK DAN TRAGEDI CINTA DALAM NOVEL YUKIGUNI KARYA KAWABATA YASUNARI (Doctoral dissertation, Universitas Darma Persada).

Rahman, H. (2018). NOTO TRAGEDI, CINTA DAN KEMBALINYA SANG PANGERAN KARYA PRIJONO HARDJOWIROGO: CERMINAN AKTUALISASI DIRI TOKOH. Prakerta (Jurnal Penelitian Bahasa, Sastra dan Pengajaran Bahasa Indonesia), 1(1), 30-38.

Rotty V, N, J., Rawung S, S., & Mambo C, D. (2021). Study of Existentialism Philosophy, “Merahnya Merah” Novel by Iwan Simatupang. Review of International Geographical Education (RIGEO), 11(4), 1604-1610

Sartika, T., Nurhasanah, E., & Meliasanti, F. (2022). Nilai Karakter Mandiri Tokoh Dalam Novel Sepasang Angsa Putih Untuk Palupi: Sebuah Pendekatan Pragmatik Sastra. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 8(1), 209-218.

Sultoni, A., Utomo, H. W., & Alika, S. D. (2020). Pandangan Dunia Okky Madasari Tentang Pendidikan Karakter dalam Novel Pasung Jiwa dan Implikasinya Terhadap Pembelajaran Sastra di SMA. Disastra: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 2(2), 133-140.

Suwarsono, V. S., Pengemanan, N. J., & Meruntu, O. S. (2021). Nilai Pendidikan Karakter dalam Dongeng “Mamanua dan Walansendow “dan “Burung Kekekow yang Malang” dan Implikasinya dalam Pembelajaran Sastra di Sekolah. Jurnal Bahtra, 1(2).

Widyarto, Y., & Sunanda, A. (2020). Aspek Motivasi dalam Novel Sepasang Angsa Putih Untuk Palupi Karya Marliana Kuswanti Sebagai Bahan Ajar di SMA: Tinjauan Psikologi Sastra (Doctoral dissertation, Universitas Muhammadiyah Surakarta).

Wiwita, L. PEMBELAJARAN SASTRA DAN IMPLIKASINYA TERHADAP PENDIDIKAN KARAKTER SISWA. Jurnal Edukasi Kultura: Jurnal Bahasa, Sastra dan Budaya, 6(1).

Downloads

Published

2022-12-23

How to Cite

Menggana, V. O., Polii, I. J. ., & Rotty, V. N. J. . (2022). TRAGEDI CINTA TOKOH CERITA PADA NOVEL I’M NOT ANTAGONIST KARYA PALUPIII DAN IMPLIKASI DALAM PEMBELAJARAN SASTRA DI SMA (TINJAUAN PSIKOLOGI SASTRA). KOMPETENSI, 2(9), 1624-1637. https://doi.org/10.53682/kompetensi.v2i9.5063