ANALISIS YOKAI DALAM ANIME GEGEGE NO KITARO
DOI:
https://doi.org/10.53682/kompetensi.v2i9.5316Keywords:
yokai, budaya Jepang, budaya populer Jepang, anime, Gegege no KitaroAbstract
Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan Yokai menurut pandangan orang Jepang dalam Anime Gegege no Kitaro. Anime Gegege no Kitaro merupakan Anime pertama yang menggambarkan ciri fisik Yokai itu. Menurut Kawase Shobo Shinsa dalam bukunya "Zusetsu Yokai-ga No Keifu" (2009) menerangkan bahwa karya yang mengisahkan Yokai Anime pertama oleh Mizuki Shigeru ini melahirkan sebuah genre baru yaitu genre Yokai dalam industri Anime. Gegege no Kitaro dengan pemeran utamanya Yokai itu sendiri, memperkenalkan mengenai asal usul dan petualangan di dunia Yokai disetiap episodenya. Anime Gegege no Kitaro sebagai salah satu cermin untuk mempelajari seperti apa ciri fisik Yokai itu. Mizuki Shigeru dan buku berjilidnya yang kembali memperkenalkan Yokai dari masa lalu ke Jepang modern, dimana Yokai terus menjadi aspek penting dari budaya populer Jepang. Pengaruh Yokai dapat dirasakan, dinikmati maupun dipelajari melalui buku, film, animasi, desain produk, video game Jepang dan lainnya. Pada zaman modern ini, budaya Jepang yang populer secara mendunia membawa Yokai semakin dikenal di seluruh dunia sebagai salah satu budaya populer Jepang.
References
David, Lidya Florensia. (2012) Imaji YOKAI Dalam Serial Animasi Jepang 'Nurarihyon No Mago', Bandung: Universitas Kristen Maranatha
Davisson, Zack. (2014) Yurei The Japanese Ghost, Washington, Amerika Serikat: Chin Music Press
Foster, Michael Dylan. (2009) Pandemonium and Parade Japanese Demonology and the Culture of Yokai, Amerika Serikat: University of California Press
Foster, Michael Dylan. (2015) The Book of Yokai, Amerika Serikat: University of California Press
Hiroko Yoda, Matt Alt. (2016) Japandemonium Illustrated: The Yokai Encyclopedias of Toriyama Sekien, New York, Amerika Serikat: Dover Publications
Inui, Katsumi. (1986) Nihon Denki Densetsu, Tokyo: Kadokawa Shoten
Itou, Masami. (1933) Hakaba Kitarou. Chiyoda, Tokyo: Publishing Company Togetsu
Kawade. (2009) Zusetsu Yokai-ga No Keifu, Jepang: Kawade Shobo Shinsha
Maru, Mister Gidion, et.all.. (2018). Children’s Story Books: Introducing Cultural Hybridity, Shaping Intercultural Sensitivity for Foreign Language Young Learners (An Observation to Gramedia Books in 2017). Proceedings of the 1st International Conference on Social Sciences (ICSS 2018). Atlantis Press. No 226. Pp 894-899
Maru, Mister Gidion. (2018). The Jeremiad Approach: From Language Learning to Text Interpretation. Lembah Manah. Yogyakarta.
Mizuki, Shigeru. (2002) Gegege no Kitaro Nazo Zenshi, Shinjuku, Tokyo: JBT Publishing
Murakami, Kenji. (2008) Zashiki Warashi to Yashiki no Yokai, Tokyo: Kodansha
Nazir, Moh. (1988) Metode Penelitian, Jakarta: Ghalia Indonesia
Novera, Clara. (2018) Pengaruh Budaya Populer Manga dan Anime Jepang
Terhadap Apresiasi Masyarakat Muda Indonesia, Bandung: Universitas Pasudan
Rumengan, Norselady, Susanti Aror, Indria Mawitjere (2019). The Zen Concept related Language Politeness Expression in Chanoyu Ceremony. Proceedings of the International Conference on Social Science 2019 (ICSS 2019). Atlantis Press
Tanaka. (2002) Hyakkiyako no mieru toshi, Tokyo: Chikumashobo
Wahyuni, Novita. (2015) Studi Tentang Otaku Dalam Keluarga Jepang, Tondano: Universitas Negeri Manado
Wulansuei, Yulana. (2010) Budaya Populer Manga dan Anime Sebagai Soft Power Jepang, Depok: Universitas Indonesia
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 KOMPETENSI
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.