TELAAH PENDIDIKAN KARAKTER TOKOH TUPON- SEKARDALAM FILM “MARS” (MIMPI ANANDA RAIH SEMESTA) SUTRADARA SAHRUL GIBRANIMPLIKASINYA DALAM PEMBELAJARAN SASTRA

Authors

  • Julieta Leong Universitas Negeri Manado
  • Uus Al Katuuk Universitas Negeri Manado
  • Santje Iroth Universitas Negeri Manado

DOI:

https://doi.org/10.53682/kompetensi.v2i11.5362

Keywords:

Pendidikan karakter, film, sastra

Abstract

Tujuan Penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan pendidikankarakter dalam film “MARS” Mimpi Ananda Raih semesta pada pembelajaran sastra. Orang tua mempunyai peran penting dalam keluarga, salah satu kewajibannya adalah untuk memberikan fasilitas pendidikan serta memberikan dukungan moral dan spiritual. Penelitian ini mengangkat objek penelitian film “MARS” (Mimpi Ananda Raih Semesta) yang menceritakan perjuangan dan karakter orang tua dalam menyekolahkan anaknya. Selain itu, di era modern ini film tersebut dapat dijadikan sebagai salah satu media pembelajaran pula. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif dengan teknik analisis isi. Sumber data dalam penelitian adalah film “MARS” (Mimpi Ananda Raih Semesta) sutradara sahrul Gibran. Hasil Penelitian menunjukan bahwa pendidikan karakter yang terdapat pada film “MARS” (Mimpi Ananda Raih Semesta) sutradara Sahrul Gibran yaitu, (1) terdapat pendidikan karakter seperti pengorbanan, integritas, semangat, kerja keras, pantang menyerah, peduli dan jujur dalam lingkungan ditemukan dalam adegan-adegan film, (2) pembelajaran sastra saangat menarik dalam film ini ketika seorang Ibu (Tupon) dengan penuh perjuangan untuk menyekolahkan sekar sampai pada pendidikan yang tinggi.

References

Aidah, S. N., & Indonesia, T. P. K. (2021). Pembelajaran Pendidikan Karakter (Vol. 57). Penerbit KBM Indonesia.

Aidah, S. N., & Indonesia, T. P. K. (2021). Pembelajaran Pendidikan Karakter (Vol. 57). Penerbit KBM Indonesia.

Al Katuuk, K. (2019). Literasi Film Dalam Perspektif Pendidikan Pada Mata Kuliah Teori Dan Apresiasi Film. Manado: LP2AI UNIMA

Andriyani, R. (2021). Nilai Pendidikan Karakter dalam Novel Surat Kecil untuk Tuhan Dan Relevansinya bagi Pendidikan Karakter Remaja (Doctoral dissertation, IAIN Ponorogo).

Ang, Aishworo. (2011). MARS (Mimpi Ananda Raih Semesta). Yogyakarta: Safirah.

Arikunto, S. (1998). Metode Penelitian Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.

Ashifana, Z. (2019). Analisis nilai-nilai pendidikan karakter dalam film animasi Bilal: A New Breed Of Hero (Doctoral dissertation, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim).

Astuti, E. W., & Rouzi, K. S. (2022). Nilai–Nilai Pendidikan Karakter dalam Film Doraemon Serta Relevansinya dengan Psikologi Perkembangan Anak Usia Sekolah Dasar. IJEETI (Indonesian Journal of Elementary Education and Teaching Innovation), 1(1).

Djamzuri, M. I. (2022). Fenomena Netflix Platform Premium Video Streaming membangun kesadaran cyber etik dalam perspektif ilmu komunikasi. JISIP (Jurnal Ilmu Sosial dan Pendidikan), 6(1).

Fardani, D. N., & Lismanda, Y. F. (2019). Nilai-Nilai Pendidikan Karakter Untuk Anak Usia Dini Dalam Film “Nussa”. Thufuli: Jurnal Ilmiah Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 1(2), 34-49.

Fuad, A., & Nugroho, K. S. (2014). Panduan praktis penelitian kualitatif. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Golonggom, M., Iroth, S., & Rotty, V. (2022). Analisis Nilai Pendidikan Pada Film Keluarga Cemara Dan Implikasinya Dalam Pembelajaran Sastra. KOMPETENSI, 2(04), 1279-1288.

Gunawan, H. (2017). Pendidikan Karakter Konsep dan Implementasi. Bandung: Alfabeta.

Harun, C. Z. (2013). Manajemen pendidikan karakter. Jurnal pendidikan karakter, 4(3).

Hasan, S. H. (2012). Pendidikan sejarah untuk memperkuat pendidikan karakter. Paramita: Historical Studies Journal, 22(1).

Himawan, P. (2008). Memahami Film. Yogyakarta: Homerian Pustaka

Hingide, M. N., Mewengkang, A., & Munaiseche, C. P. C. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Multimedia Interaktif Platform Android Pada Mata Pelajaran PPKN SMK. Edutik: Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi, 1(5), 557-566.

Indy, R., Waani, F. J., & Kandowangko, N. (2019). Peran Pendidikan Dalam Proses Perubahan Sosial Di Desa Tumaluntung Kecamatan Kauditan Kabupaten Minahasa Utara. HOLISTIK, Journal Of Social and Culture.

Kaimuddin, K. (2014). Implementasi Pendidikan Karakter dalam Kurikulum 2013. Dinamika Ilmu, 47-64.

Khan, S., Paath, R., & Roty, V. (2021). Analisis Nilai Moral dalam Film “Dua Garis Biru” Karya Gina S. Noer dan Implikasinya Pada Pembelajaran Sastra. KOMPETENSI: Jurnal Bahasa dan Seni, 1(09), 780-785.

Kristanto, J. (2011). TA: Pembuatan Film dengan Penggabungan Unsur Live Shoot dan 3d Animasi dalam Aspek Produksi Berjudul “Dark Daylight” (Doctoral dissertation, STIKOM Surabaya).

Marwa, A., & Kamalia, N. (2020). Representasi Pendidikan Karakter di Film Dua Garis Biru Berdasarkan Perspektif Thomas Lickona. KoPeN: Konferensi Pendidikan Nasional, 2(1), 32-41.

Miles, M. B., & Huberman, A. M. (1994). Qualitative data analysis: An expanded sourcebook. sage.

Maru, Mister Gidion. (2014). Experimenting Jeremiadic Approach as an Alternative for TEFL in Meeting the Demand of the 2013 Curriculum. 60th TEFLIN International Conference. UNS Solo.

Maru, Mister Gidion. (2018). The Jeremiad Approach: From Language Learning to Text Interpretation. Lembah Manah. Yogyakarta.

Maru, Mister Gidion, et.all.. (2018). Children’s Story Books: Introducing Cultural Hybridity, Shaping Intercultural Sensitivity for Foreign Language Young Learners (An Observation to Gramedia Books in 2017). Proceedings of the 1st International Conference on Social Sciences (ICSS 2018). Atlantis Press. No 226. Pp 894-899

Mokoginta, K. W., Polii, I. J., & Meruntu, O. S. (2022). Konflik Sosial Drama Korea Start-Up Karya Oh Choong Hwan dan Implikasinya Pada Pendidikan Karakter. KOMPETENSI, 2(05), 1348-1356.

Moleong, J. (2016). Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Mulyadi, Y., Andriani, A & Fajwah, A. M. (2017). Intisari Sastra Inonesia Edisi Ke-2. Bandung: Yrama Widya.

Mulyasa. (2012). Manajemen Pendidikan Karakter. Jakarta: Bumi Aksara.

Ningsih, Y. P. (2020). Nilai-nilai pendidikan karakter dalam film animasi Nussa dan relevansinya dengan pendidikan agama Islam (Doctoral dissertation, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim).

Noho, F. A., Al Katuuk, K., & Polii, I. J. (2021). Resepsi Generasi Muda Tentang Nilai-Nilai Moral dalam Film “Bumi Manusia” Karya Hanung Bramantyo dan Implikasinya dalam Pembelajaran Sastra. Jurnal Bahtra, 2(2).

Nur‘Afni, M., & Taja, N. (2022). Nilai-Nilai Pendidikan Karakter Religius dalam Film Omar dan Hana. Jurnal Riset Pendidikan Agama Islam, 57-64.

Payuyasa, I. N., & Primayana, K. H. (2020). Meningkatkan mutu pendidikan karakter melalui film “sokola rimba”. Jurnal Penjaminan Mutu, 6(2), 189-200.

Rahmanto. B. (1992). Metode Pengajaran Sastra. Yogyakarta: Kanisius.

RANGKUTI, E. F. (2019). Pengaruh Layanan Bimbingan Kelompok Tekhnik Focus Group Discussion Terhadap Penalaran Moral Siswa Kelas Viii-7 Mtsn 2 Medan Tahun Ajaran 2019/2020 (Doctoral dissertation, Universitas Negeri Medan).

Saputra, T. (2017). Pendidikan Karakter Pada Anak Usia 6–12 Tahun. Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam, 2(03).

Setiadi, H. (2016). Pelaksanaan penilaian pada Kurikulum 2013. Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan, 20(2), 166-178.

Setiawati, N. A. (2017). Pendidikan Karakter sebagai Pilar Pembentuk Karakter Bangsa. Jurnal Pendidikan, 1(1)

Shoimin, A. (2014). Guru Berkarakter untuk Implementasi Pendidikan Karakter. Yogyakarta: Penerbit Gava Media.

Siswanto, H. W. (2020). Implementasi Pendidikan Karakter di Lembaga Pendidikan Tenaga Kependidikan. Patra Widya: Seri Penerbitan Penelitian Sejarah dan Budaya., 21(1), 97-118.

Situmorang, R. K., & Herman, H. (2021). An Analysis Of Slang Language Styles Used In Charlie’s Angels Movie. Journal of English Educational Study (JEES), 4(1), 21-29.

Sudaryono, dkk. (2013). Pengembangan Instrumen Penelitian Pendidikan Edisi Pertama. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Sugiyono. (2011). Metode Penelitian Kuantitaif Kualitatif dan R & B. Bandung: Alfabeta

Sutiyani, F., Adi, T. T., & Meilanie, R. S. M. (2021). Nilai-nilai pendidikan karakter pada film Adit dan Sopo Jarwo ditinjau dari aspek pedagogik. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 2201-2210.

Suwarsono, V. S., Pengemanan, N. J., & Meruntu, O. S. (2021). Nilai Pendidikan Karakter dalam Dongeng “Mamanua dan Walansendow “dan “Burung Kekekow yang Malang” dan Implikasinya dalam Pembelajaran Sastra di Sekolah. Jurnal Bahtra, 1(2).

Syafiqurrohman, M. (2020). Implementasi Pendidikan Akhlak Integratif-Inklusif. QALAMUNA: Jurnal Pendidikan, Sosial, Dan Agama, 12(1), 37-48.

Tiara, S. K., & Sari, E. Y. (2019). Analisis teknik penilaian sikap sosial siswa dalam penerapan kurikulum 2013 di SDN 1 Watulimo. EduHumaniora| Jurnal Pendidikan Dasar Kampus Cibiru, 11(1), 21.

DAFTAR LAMAN

Iif, A. R. (2020). Nilai-Nilai Pendidikan Karakter Dalam Film Jembatan Pensil Karya Hasto Boto. Institusi Agama Islam Negri. http://repository.iainpurwokerto.ac.id/8492/1/IIF%20AFRI%20RAHAYU_NILAINILAI%20PENDIDIKAN%20KARAKTER%20DALAM%20FILM%20JEMBATAN%20PENSIL%20KARYA%20HASTO.pdf

Novi Hardita Larasati, N. H. (2020). Pengertian Film Dan Jenisnya Menurut Para Ahli. https://www.diadona.id/d-stories/pengertian-film-dan-jenisnya-menurut-para-ahli--200626s.html,

Purbowati, D. (2020). Pendidikan Karakter: Pengertian, Nilai, dan Implementasinya. https://akupintar.id/infopintar//blogs/pendidikan-karakter-pengertian-nilai-dan implementasinya.html

Saputra, E. E. (2018). 18 Nilai-Nilai Pendidikan Karakter Menurut Kementrian Pendidikan Dan Kebudayaan. http://erlanggaekasaputa.blogspot.com/2018/01/18-nilai-pendidikan-karakter-menurut.html?m=1

Sintya, A. (2013). Pengertian Karakter Menurut Para Ahli. http://sintyaapriliani284.blogspot.com/2013/06/pengertian-karakter-menurut-ahli.html

Downloads

Published

2022-12-30

How to Cite

Leong, J., Al Katuuk, U. ., & Iroth, S. . (2022). TELAAH PENDIDIKAN KARAKTER TOKOH TUPON- SEKARDALAM FILM “MARS” (MIMPI ANANDA RAIH SEMESTA) SUTRADARA SAHRUL GIBRANIMPLIKASINYA DALAM PEMBELAJARAN SASTRA. KOMPETENSI, 2(11), 1780-1789. https://doi.org/10.53682/kompetensi.v2i11.5362