KEMAMPUAN MENGONVERSI TEKS SANGKURIANG KEDALAM BENTUK TEKS FILM SISWA KELAS XI SMK KRISTEN 2 TOMOHON
DOI:
https://doi.org/10.53682/kompetensi.v2i07.5463Keywords:
Teks Cerita Rakyat, Teks Film, Kemampuan MengonversiAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan siswa kelas XI SMK Kristen 2 Tomohon dalam mengonversi Teks Cerita Rakyat Sangkuriang Ke Dalam Bentuk Teks Film. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dan kuantitatif, dengan observasi dan tes sebagai teknik pengumpulan data. 20 siswa kelas XI SMK Kristen 2 Tomohon menjadi sumber data dalam penelitian ini. Data yang dikumpulkan dianalisis dengan rumus presentase. Hasil dari penelitian ini menunjukkan kemampuan siswa kelas XI SMK Kristen 2 Tomohon mengonversi teks Sangkuriang ke dalam teks film dikategorikan mampu. Hal ini dapat dilihat dari hasil klasifikasi kemampuan mengonversi teks Sangkuriang ke dalam bentuk teks film pada kelas XI SMK Kristen 2 Tomohon menunjukkan sebanyak 85% siswa mampu dan 15% siswa belum mampu.
References
Abdurrahman dan Ratna, 2003. ‘’Evaluasi Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia’’ Buku Ajar. Padang: FBSS UNP.
Agung, Purwoko.2001. Panduan Penelitian PTK. Semarang : Unnes Press.
Alwi,dkk. 2008. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.
Aminuddin. 2002. Pengantar Apresiasi Karya Sastra. Bandung: Algensindo
Danandjaya.2007. Folklor Indonesia, Ilmu Gosip, Dongeng, dan lain-lain. Jakarta: Grafiti.
Depdiknas. 2008. Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. Jakarta: Dikmenum. Depdiknas
Halliday dan Hasan. 1992. Bahasa, Konteks dan Teks. Yogyakarta: Gajah Mada Univesity Press.
Isnatun dan Farida.2013. Mahir Berbahasa Indonesia. Bogor: Yudhistira.
JB Kristanto, Katalog Film Indonesia 1926-1995, PT Grafiasri Mukti,Jakarta, 1995 hal 246
Kemendikbud, 2013. Modul Pelatihan Implementasi Kurikulum 2013. Jakarta: Kemendikbud Pendidikan dan Kebudayaan RI.
Kemendikbud, 2014. Buku guru Bahasa Indonesia Ekspresi diri dan akademik. Jakarta: Kemendikbud
Knapp dan Watkins, 2005. Genre text, grammar: technologies for teaching and assessing writing. Australia: University of New South Wales Press Ltd.
Koesoemadinata, R. P., "Asal Usul dan Prasejarah Ki Sunda", Sub theme" "Bidang Kajian
Mahsun (2013). Metode Penelitian Bahasa: tahapan, strategi, metode, dan tekniknya. Jakarta: Rajagrafindo Persada.
Mort, dkk 2005. ‘’writing a critical review’’. Modul kuliah penulisan. New South Wales: the learning centre university of new South Wales.
Moleong. L.J 1989. Metodologi penelitian kualitatif. Bandung Remaja Rosda Karya.
Mulyasa, E. 2015. Pengembangan dan Implementasi Kurikulum 2013. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Nurgiyantoro, 2009. Teeori Pengkajian Fiksi. Yogyakarta: Gajah Mada University Press.
Nurgiyantoro, 2009. Penilaian Pengajaran Bahasa. Yogyakarta: BPFE
Pardiyono,2007. Pasti Bisa. Teaching Genre-Based Writing. Yogyakarta: CV. Andi Offset.
Ridwan .2004. statistika untuk lembaga dan instansi pemerintah/swasta.Bandung:Alfabeta.
Sejarah, Arkeologi dan filologi", in Ajip Rosidi et.al (editor: Edi S.Ekadjati and A.Chaedar Alwasilah)
Sugiono, 2009. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Siswandarti, 2009. Teeori Pengkajian Fiksi. Yogyakarta: Gajah Mada University Press.
Situmorang, B.P. 1980. Puisi dan Metodologi Pengajarannya. Flores NTT: Nusa Indah.
Suharsimi. 2013. Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipata
Tarigan, 2008. Menulis sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Penerbit Angkasa.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 KOMPETENSI

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.