KEMAMPUAN MENGONVERSI TEKS SANGKURIANG KEDALAM BENTUK TEKS FILM SISWA KELAS XI SMK KRISTEN 2 TOMOHON

Authors

  • Sindy C. M. Rawung Jurusan Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, FBS UNIMA

DOI:

https://doi.org/10.53682/kompetensi.v2i07.5463

Keywords:

Teks Cerita Rakyat, Teks Film, Kemampuan Mengonversi

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan siswa kelas XI SMK Kristen 2 Tomohon dalam mengonversi Teks Cerita Rakyat Sangkuriang Ke Dalam Bentuk Teks Film. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dan kuantitatif, dengan observasi dan tes sebagai teknik pengumpulan data. 20 siswa kelas XI SMK Kristen 2 Tomohon menjadi sumber data dalam penelitian ini. Data yang dikumpulkan dianalisis dengan rumus presentase. Hasil dari penelitian ini menunjukkan kemampuan siswa kelas XI SMK Kristen 2 Tomohon mengonversi teks Sangkuriang ke dalam teks film dikategorikan mampu. Hal ini dapat dilihat dari hasil klasifikasi kemampuan mengonversi teks Sangkuriang ke dalam bentuk teks film pada kelas XI SMK Kristen 2 Tomohon menunjukkan sebanyak 85% siswa mampu dan 15% siswa belum mampu.

References

Abdurrahman dan Ratna, 2003. ‘’Evaluasi Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia’’ Buku Ajar. Padang: FBSS UNP.

Agung, Purwoko.2001. Panduan Penelitian PTK. Semarang : Unnes Press.

Alwi,dkk. 2008. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.

Aminuddin. 2002. Pengantar Apresiasi Karya Sastra. Bandung: Algensindo

Danandjaya.2007. Folklor Indonesia, Ilmu Gosip, Dongeng, dan lain-lain. Jakarta: Grafiti.

Depdiknas. 2008. Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. Jakarta: Dikmenum. Depdiknas

Halliday dan Hasan. 1992. Bahasa, Konteks dan Teks. Yogyakarta: Gajah Mada Univesity Press.

Isnatun dan Farida.2013. Mahir Berbahasa Indonesia. Bogor: Yudhistira.

JB Kristanto, Katalog Film Indonesia 1926-1995, PT Grafiasri Mukti,Jakarta, 1995 hal 246

Kemendikbud, 2013. Modul Pelatihan Implementasi Kurikulum 2013. Jakarta: Kemendikbud Pendidikan dan Kebudayaan RI.

Kemendikbud, 2014. Buku guru Bahasa Indonesia Ekspresi diri dan akademik. Jakarta: Kemendikbud

Knapp dan Watkins, 2005. Genre text, grammar: technologies for teaching and assessing writing. Australia: University of New South Wales Press Ltd.

Koesoemadinata, R. P., "Asal Usul dan Prasejarah Ki Sunda", Sub theme" "Bidang Kajian

Mahsun (2013). Metode Penelitian Bahasa: tahapan, strategi, metode, dan tekniknya. Jakarta: Rajagrafindo Persada.

Mort, dkk 2005. ‘’writing a critical review’’. Modul kuliah penulisan. New South Wales: the learning centre university of new South Wales.

Moleong. L.J 1989. Metodologi penelitian kualitatif. Bandung Remaja Rosda Karya.

Mulyasa, E. 2015. Pengembangan dan Implementasi Kurikulum 2013. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Nurgiyantoro, 2009. Teeori Pengkajian Fiksi. Yogyakarta: Gajah Mada University Press.

Nurgiyantoro, 2009. Penilaian Pengajaran Bahasa. Yogyakarta: BPFE

Pardiyono,2007. Pasti Bisa. Teaching Genre-Based Writing. Yogyakarta: CV. Andi Offset.

Ridwan .2004. statistika untuk lembaga dan instansi pemerintah/swasta.Bandung:Alfabeta.

Sejarah, Arkeologi dan filologi", in Ajip Rosidi et.al (editor: Edi S.Ekadjati and A.Chaedar Alwasilah)

Sugiono, 2009. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Siswandarti, 2009. Teeori Pengkajian Fiksi. Yogyakarta: Gajah Mada University Press.

Situmorang, B.P. 1980. Puisi dan Metodologi Pengajarannya. Flores NTT: Nusa Indah.

Suharsimi. 2013. Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipata

Tarigan, 2008. Menulis sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Penerbit Angkasa.

Downloads

Published

2022-12-20

How to Cite

Rawung, S. C. M. (2022). KEMAMPUAN MENGONVERSI TEKS SANGKURIANG KEDALAM BENTUK TEKS FILM SISWA KELAS XI SMK KRISTEN 2 TOMOHON. KOMPETENSI, 2(07), 1526–1533. https://doi.org/10.53682/kompetensi.v2i07.5463