PEMBELAJARAN MENGIDENTIFIKASI UNSUR UNSUR TEKS BERITA DENGAN MODEL TEAMS GROUP TOURNAMENT TGT PADA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 2 TOMBULU

Authors

  • Gabriella N. Manangka Jurusan Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, FBS UNIMA

DOI:

https://doi.org/10.53682/kompetensi.v2i07.5464

Keywords:

Mengidentifikasi, Pembelajaran, Unsur berita, Model Teams Games Tournament

Abstract

Penelitian bertujuan untuk memberikan deskripsi terhadap: 1 pembelajaran mengidentifikasi unsur unsur berita dengan model Teams Games Tournament< em> TGT pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 2 Tombulu dan 2 kemampuan mengidentifikasi unsur unsur berita dengan model Teams Games Tournament< em> TGT pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 2 Tombulu nbsp; Penelitian ini menggunakan metode deskriptif analitik Sumber data penelitian adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Tombulu yang berjumlah 19 orang Observasi dan tes menjadi instrumen yang digunakan untuk melakukan pengumpulan data Teknik analisis data menggunakan rumus persentase dan rerata Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan model pembelajaran Teams Games Tournament< em> memberikan kesempatan kepada siswa secara bebas dalam pembelajaran Lima tahapan pembelajaran model Teams Games Tournament< em> menekankan pentingnya keterlibatan siswa secara optimal dalam pembelajaran apa lagi saat berlomba siswa dituntut untuk menjadi yang terbaik Dengan demikian guru menjadikan siswa sebagai pusat pembelajaran Kemampuan siswa mengidentifikasi unsur unsur teks berita yakni 13 orang siswa memperoleh nilai di antara 80 90 68 sedangkan 6 orang siswa mendapatkan nilai di antara 70 79 32 Hal ini mengindikasikan dampak positif penggunaan model Teams Games Tournament< em> dalam pembelajaran menemukan unsur unsur teks berita pada siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Tombulu Nilai rata rata siswa secara klasikal adalah 80 063 dengan kualifikasi mampu < p>

References

Alwi H 2000 Kamus Besar Bahasa Indonesia Jakarta: PT Balai Pustaka

Burn 1996 Teaching Reading in Today s Elementary Schools Boston Hougthon Mifflin Company

Depdikbud 2013 Kurikulum 2013 Jakarta: Puskur

Johnson L A 2008 Pengajaran yang Kreatif Menarik Terjemahan Dani Dharyani Jakarta: PT Indeks

Kurniasari https; rizardian blogspot com 2012 11

Lahopang A A Al Katuuk U M K dan Kamagi 2014 Penerapan Model Jigsaw dalam Pembelajaran Keterampilan Membaca Puisi Siswa Kelas VII SMP Negeri 6 Tondano Jurnal Fakultas Bahasa dan Seni Kompetensi Vol 3 No 2 2015 http: portalgaruda fti unisula ac id

Mahsun M S 2014 Teks dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Kurikulum 2013 PT Raja Grafindo: Persada

Momongan Kevin Y R Paath Ruth C Meruntu Oldie S 2015 Kemampuan Menulis Karangan Deskripsi Melalui Model Pembelajaran Think Pair Share TPS Siswa Kelas XC SMA Kristen 1 Tomohon

Jurnal Fakultas Bahasa dan Seni Kompetensi Vol 3 No 2 2015 : Bahasa Indonesia

Posumah Y Ratu D M dan Meruntu O S 2021 Penerapan Teknik Identitas Koroporat dalam Pembelajaran Mengidentifikasi Struktur Teks Eksposisi pada siswa SMP Jurnal BAHTRA Jurusan Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Vol 2 No 1 Tahun 2021 Juni

Slavin Robert E 1995 Cooperative Learning Second edition Massachusets: Allyn Bacon

Downloads

Published

2022-12-20

How to Cite

PEMBELAJARAN MENGIDENTIFIKASI UNSUR UNSUR TEKS BERITA DENGAN MODEL TEAMS GROUP TOURNAMENT TGT PADA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 2 TOMBULU. (2022). KOMPETENSI, 2(07), 1534 1544. https://doi.org/10.53682/kompetensi.v2i07.5464