KAJIAN UNSUR INTRINSIK NOVEL I AM SARAHZA KARYA HANUM SALSABIELA RAIS DAN RANGGA ALMAHENDRA DAN IMPLIKASINYA PADA PEMBELAJARAN SASTRA DI SEKOLAH

Authors

  • Serina Mokoginta Fakultas bahasa dan Seni, Universitas Negeri Manado
  • Wimsje Palar
  • Thelma I M Wengkang Universitas Negeri Manado

DOI:

https://doi.org/10.53682/kompetensi.v2i8.5513

Keywords:

Unsur Intrinsik, Teori Struktural, Novel I Am Sarahza

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengkaji unsur intrinsik pada Novel I Am Sarahza yaitu tema, tokoh, alur, latar, gaya bahasa, sudut pandang dan amanat serta implikasinya dalam pembelajaran sastra di sekolah. Objek kajian yang menjadi sumber data pada penelitian ini adalah novel, dengan judul dan pengarang seperti yang tercantum di judul. Setiap novel tentunya memiliki unsur-unsur pembentuk salah satunya yaitu unsur intrinsik. Unsur dasar dari sebuah karya sastra yaitu unsur intrinsik, dan berasal dari karya itu sendiri. Tema, plot, tokoh, penokohan, latar, gaya bahasa, sudut pandang, dan amanat adalah bagian dari unsur intrinsik. Tujuan penelitian ini adalah menggunakan teori struktural untuk mendeskripsikan unsur-unsur intrinsik. Bagian akhir skripsi atau kesimpulan merupakan hasil analisis dari unsur-unsur intrinsik yang diperoleh pada Novel I Am Sarahza. Tema yang diperoleh  pada novel ini yaitu religius. Tokoh yang diproleh pada novel ini adalah Hanum, Rangga, Sarahza (roh), Amin Rais, Ibu Amin Rais, Ummy. Alur yang dipakai menggunakan alur campuran maju-mundur. Latar yang digunakan yaitu latar tempat dan social yang bertema luar negeri dan perkotaan sedangkan sudut pandang yang diperoleh adalah menggunakan tiga sudut pandang dari tiga tokoh yang berbeda.

References

Anggraemi,A. 2013. Pengertian Unsur-unsur Intrinsik dan Ekstrinsik

Dedi Wijayanti. 2012. Pengajaran Sastra Di Sekolah, Jangan Hanya Bersifat Reseptif. Yogyakarya: Universitas Ahmad Dahlan

Hanum Salsabiela Rais dan Rangga Almahendra. 2018. I Am sarahza. Jakarta

Hutahaean, Feronika. Analisis Novel Laskar Pelangi Karya Andrea Hirata Dengan Pendekatan Unsur Intrinsik dan Ekstrinsik. Jurnal. Medan: Universitas Negeri Medan

Kokasih. 2008. Apreasiasi Sastra Indonesia. Jakarta : Nobel

Mamonto, F. M., Lensun, S. F., & Aror, S. C. (2021). Analisis Unsur-Unsur Intrinsik Dalam Novel Izana Karya Daruma. Vol. 1, No. 3 (2021)

Marentek, C., Palar, W., & Pangemanan. N. (2021). Citra Perempuan dan Ketidakadilan Gender Dalam Novel “Saat Hati Telah Memilih” Karya Mira W dan Implikasinya Pada Pembelajaran Sastra di Sekolah. Jurnal Bahtra Vol 2, No 1 (2021)

Maru, Mister Gidion. (2020). Menulis Esai dalam Bahasa Inggris: Rubrik dan Penilaiannya (A Brief Guide to Essay Writing). Desolupublisher. Yogyakarta

Maru, Mister Gidion. (2018). The Jeremiad Approach: From Language Learning to Text Interpretation. Lembah Manah. Yogyakarta.

Nurgiyantoro, B. 2009.Teori Pengkajian Fiksi. Yogyakarta: Gajah Mada University Press.

Pantow, M., Ratu, D., & Meruntu. (2020). Nilai Moral dalam Teks Anekdot Abdurrahman Wahid (Gus Dur) dan Implikasinya bagi Pembelajaran Sastra di Sekolah. Jurnal Bahtra Vol 1, No 2 (2020)

Pradopo, Rachmat Djoko. 2003 Teori Pengkajian Fiksi. Yogyakarta: PT. Hanindita Graha Widya

Riama. 2020. Pembelajaran Sastra Bahasa Indonesia Di Sekolah. Universitas Dharmawangsa

Siswantoro. 2010. Metode Penelitian Sastra. Yogyakarya: Pustaka Belajar

Susanti,D. 2012. Unsur Intrinsik Dalam Cerita

Suwarsono, V., Pangemanan, N., & Meruntu. (2020). Nilai Pendidikan Karakter dalam Dongeng “Mamanua dan Walansendow” dan “Burung Kekekow yang Malang” dan Implikasinya dalam Pembelajaran Sastra di Sekolah. Jurnal Bahtra Vol 1, No 2 (2020)

Tuslianingsih.2010. Analisis Unsur Intrinsik Novel.Depok

Downloads

Published

2022-12-20

How to Cite

Mokoginta, S., Palar, W., & Wengkang, T. I. M. . (2022). KAJIAN UNSUR INTRINSIK NOVEL I AM SARAHZA KARYA HANUM SALSABIELA RAIS DAN RANGGA ALMAHENDRA DAN IMPLIKASINYA PADA PEMBELAJARAN SASTRA DI SEKOLAH. KOMPETENSI, 2(8), 1545-1555. https://doi.org/10.53682/kompetensi.v2i8.5513