KEMAMPUAN BERPIDATO DENGAN MENGGUNAKAN METODE NASKAH SISWA KELAS IX SMP MA’ARIF SAINSTREN KOTAMOBAGU

Authors

  • Nuraini Listiawati Fakultas bahasa dan Seni, Universitas Negeri Manado
  • Wimsje R. Palar
  • Ructh C. Paath

DOI:

https://doi.org/10.53682/kompetensi.v2i10.5514

Keywords:

Berpidato, Siswa, Metode Naskah

Abstract

Tujuan penelitian ini ialah untuk mendeskripsikan “kemampuan berpidato dengan menggunakan metode naskah Siswa Kelas IX SMP Ma’arif Sainstren Kotamobagu”. Jenis penelitian ini menggunakan deskriptif analitik  untuk mendeskripsikan kemampuan membaca pidato siswa. Dalam penelitian ini, Sumber data adalah siswa-siswi kelas IX SMP Ma’arif Saintsren Kotamobagu yang berjumlah 16 siswa. Untuk pengumpulan data maka digunakan teknik observasi dan tes. Hasil analisis data menunjukkan bahwa tingkat kemampuan berpidato siswa kelas IX SMP Ma’arif  dalam ini  tergolong baik dengan rata-rata tingkat penguasaannya 80% berada pada rentangan 70-80%. Kemampuan berpidato siswa dikelompokkan dalam 4 kualifikasi, yaitu : (a) siswa yang tergolong baik berjumlah  11 orang (68,75%); (b) siswa yang tergolong lebih dari cukup 1 orang (6,25%); (c) siswa yang tergolong cukup 4 orang (25%); (d) siswa yang tergolong kurang 0 orang (0%). Akan tetapi masih harus diperhatikan lebih lagi agar kepercayaan diri siswa bisa lebih meningkat karena hasil penelitian menemukan bahwa ada beberapa siswa yang meresa percaya diri yang sehingga memiliki kesalahan dan agar kemampuan berbicara  dapat lebih lancar dengan baik.

References

Arief, Ermawati dan Yarni Munaf. 2003. “Pengajaran Keterampilan Berbicara”. (Buku Ajar). Padang: Jurusan Bahasa dan Sastra Indonesia FBSS UNP.

Arsjad, Maidar G dan Mukti U.S. 1988. Pembinaan Kemampuan Berbicara Bahasa Indonesia. Jakarta: Erlangga.

Badudu dan Shinta. 2013. 9 Tahap Mempersiapkan Pidato & MC. Yogyakarta: Pustaka Cerdas

Haryadi & Zamzani. 1999/2000. Peningkatan Keterampilan Berbahasa Indonesia. Jakarta: Universias Terbuka

Hendrikus, Dori Wuwur. 1991. Retorika: Terampil Berpidato,Berdiskusi, Beragumentasi, Bernegoisasi. Yogyakarta: Kanisius.

Jalaludin Rakhmat, 2001. Retorika Modern Pendekatan Praktis. Bnadung: PT Remaja Rosdakarya.

Nurgiyantoro, Burhan. 2014. Penilaian Pembelajaran Bahasa Berbasis Kompetensi. Yogyakarta: BPFEE-Yogyakarta.

Purwanto, M. Ngalmi. 2013. Prinsip-prinsip dan Teknik Evaluasi Pengajaran. Bandun; PT Remaja Rosdakarya

Rahman Hakim, 2004. Teknik , Pedoman dan Seni Berpidato. Surabaya: Indah

Tarigan, H. G. 2008. Berbicara: Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa

Downloads

Published

2022-12-23

How to Cite

Listiawati, N., Palar, W. R., & Paath, R. C. (2022). KEMAMPUAN BERPIDATO DENGAN MENGGUNAKAN METODE NASKAH SISWA KELAS IX SMP MA’ARIF SAINSTREN KOTAMOBAGU. KOMPETENSI, 2(10), 1728-1734. https://doi.org/10.53682/kompetensi.v2i10.5514