KEMAMPUAN BERPIDATO DENGAN MENGGUNAKAN METODE NASKAH SISWA KELAS IX SMP MA’ARIF SAINSTREN KOTAMOBAGU
DOI:
https://doi.org/10.53682/kompetensi.v2i10.5514Keywords:
Berpidato, Siswa, Metode NaskahAbstract
Tujuan penelitian ini ialah untuk mendeskripsikan “kemampuan berpidato dengan menggunakan metode naskah Siswa Kelas IX SMP Ma’arif Sainstren Kotamobagu”. Jenis penelitian ini menggunakan deskriptif analitik untuk mendeskripsikan kemampuan membaca pidato siswa. Dalam penelitian ini, Sumber data adalah siswa-siswi kelas IX SMP Ma’arif Saintsren Kotamobagu yang berjumlah 16 siswa. Untuk pengumpulan data maka digunakan teknik observasi dan tes. Hasil analisis data menunjukkan bahwa tingkat kemampuan berpidato siswa kelas IX SMP Ma’arif dalam ini tergolong baik dengan rata-rata tingkat penguasaannya 80% berada pada rentangan 70-80%. Kemampuan berpidato siswa dikelompokkan dalam 4 kualifikasi, yaitu : (a) siswa yang tergolong baik berjumlah 11 orang (68,75%); (b) siswa yang tergolong lebih dari cukup 1 orang (6,25%); (c) siswa yang tergolong cukup 4 orang (25%); (d) siswa yang tergolong kurang 0 orang (0%). Akan tetapi masih harus diperhatikan lebih lagi agar kepercayaan diri siswa bisa lebih meningkat karena hasil penelitian menemukan bahwa ada beberapa siswa yang meresa percaya diri yang sehingga memiliki kesalahan dan agar kemampuan berbicara dapat lebih lancar dengan baik.
References
Arief, Ermawati dan Yarni Munaf. 2003. “Pengajaran Keterampilan Berbicara”. (Buku Ajar). Padang: Jurusan Bahasa dan Sastra Indonesia FBSS UNP.
Arsjad, Maidar G dan Mukti U.S. 1988. Pembinaan Kemampuan Berbicara Bahasa Indonesia. Jakarta: Erlangga.
Badudu dan Shinta. 2013. 9 Tahap Mempersiapkan Pidato & MC. Yogyakarta: Pustaka Cerdas
Haryadi & Zamzani. 1999/2000. Peningkatan Keterampilan Berbahasa Indonesia. Jakarta: Universias Terbuka
Hendrikus, Dori Wuwur. 1991. Retorika: Terampil Berpidato,Berdiskusi, Beragumentasi, Bernegoisasi. Yogyakarta: Kanisius.
Jalaludin Rakhmat, 2001. Retorika Modern Pendekatan Praktis. Bnadung: PT Remaja Rosdakarya.
Nurgiyantoro, Burhan. 2014. Penilaian Pembelajaran Bahasa Berbasis Kompetensi. Yogyakarta: BPFEE-Yogyakarta.
Purwanto, M. Ngalmi. 2013. Prinsip-prinsip dan Teknik Evaluasi Pengajaran. Bandun; PT Remaja Rosdakarya
Rahman Hakim, 2004. Teknik , Pedoman dan Seni Berpidato. Surabaya: Indah
Tarigan, H. G. 2008. Berbicara: Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 KOMPETENSI
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.