ANALISIS NILAI-NILAI PENDIDIKAN KARAKTER DALAM NOVEL “TRIO DETEKTIF MISTERI KURCACI GAIB” KARYA ROBERT ARTHUR DAN IMPLIKASINYA TERHADAP PEMBELAJARAN DI SEKOLAH

Authors

  • Arly Giverson Soilo Fakultas bahasa dan Seni, Universitas Negeri Manado
  • Santje Iroth
  • Oldie S. Meruntu

DOI:

https://doi.org/10.53682/kompetensi.v2i10.5589

Keywords:

Nilai Pendidikan Karakter, Tokoh, Implementasi

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk menemukan nilai pendidikan karakter dari  novel Trio Detektif Misteri Kurcaci Gaib. Adapun metode yang digunakan adalah metode kualitatif deskriptif yaitu data yang di sajikan berupa kutipan-kutipan di dalam novel. Untuk mengungkapkan isi dalam Novel Trio Detektif Misteri Kurcaci Gaib ,peneliti menganalisis halaman per halaman kemudian meringkas untuk mengumpulkan informasi atau data yang jelas dari novel.Teknik analisis yang digunakan adalah analisis isi atau content analisis dan instrument penelitian adalah peneliti sendiri. Dari hasil penelitian ditemukan nilai pendidikan karakter tokoh dalam novel, yakni  5 nilai dari 18 Nilai Pendidikan Karakter menurut  Diknas yaitu : 1) Nilai rasa ingin tahu, sikap dan tindakan yang selalu berupaya untuk mengetahui lebih mendalam dan meluas dari sesuatu yang dipelajarinya, dilihat, dan didengar. 2) Nilai gemar membaca, kebiasaan menyediakan waktu untuk membaca berbagai bacaan yang memberikan kebajikan bagi dirinya. 3) Nilai mandiri, sikap dan perilaku yang tidak mudah tergantung pada orang lain dalam menyelesaikan tugas-tugas tanpa mengandalkan orang lain untuk menyelesaikan tugasnya. 4) Nilai peduli sosial, sikap dan tindakan yang selalu ingin member bantuan pada orang lain dan masyarakat yang membutuhkan. 5) Nilai disiplin, tindakan yang menunjukkan perilaku tertib dan patuh terhadap peraturan dan norma yang berlaku. 2. Implementasinya dapat dilihat karakter setiap tokoh, ditemukan wujud nilai nyata dalam kehidupan sehari-hari yang bisa di jadikan pembelajaran baik itu berupa negatif atau positif.

References

Aminudin, 2009. Pengantar Apresiasi Karya Sastra. Bandung: Sinar Baru Algesindo.

Atar M, Semi. 1993. Metode Penelitian Sastra, Bandung: Penerbit Angkasa

Arthur, Robert. (2014). Trio Detektif : Misteri Kurcaci Gaib. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Esten, Mursal. 2009. Kesustraan: Pengantar Teori dan Sejarah. Bandung: Angkasa

Khan, S. Paath, R. & , Roty V. 2021). Analisis Nilai Moral Dalam Film “Dua Garis Biru” Karya Gina S. Noer dan Implikasinya pada Pembelajaran Sastra. Jurnal Bahtra. Vol. 1 No. 2. 2021. ejournal.unima.ac.id)

Moleong, Lexy J.(2007). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja

Mustari, M. (2011). Nilai Karakter. Yogyakarta: LaksBang PRESSindo.

Narwanti, S. 2012. Pendidikan Karakter :Pengintegrasian 18 Nilai Pembentuk Karakter dalam Mata Pelajaran. Jakarata : Familia

Nurgiyantoro, B. 2009. Teori Pengkajian Fiksi. Yogyakarta: UGM Press

Pradopo, Rachmad Djoko. 2005. Beberapa Teori Sastra, Metode, Kritik, dan Penerapannya. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Suwarsono, V., Pangemanan N.J, dan Meruntu, O.S., 2020. Nilai Pendidikan karakter dalam Dongeng “Mamanuan dan Walansendow dan Burung Kekekow yang Malang dan Implikasinya bagi Pembelajaran Sastra di Sekolah”. Jurnal Bahtra, vol. 2. 2020. ejournal.unima.ac.id.

Pantow, F., Ratu, D., dan Meruntu O.S. 2020. Nilai-nilai Moral dalam Teks Anekdot Abdurrahman Wahid (Gus Dur) dan Implikasinya bagi Pembelajaran Bahasa Indonesia di Sekolah. Jurnal Bahtra, vol. 2. 2020. ejournal.unima.ac.id.

Downloads

Published

2022-12-23

How to Cite

Soilo, A. G., Iroth, S. ., & Meruntu, O. S. . (2022). ANALISIS NILAI-NILAI PENDIDIKAN KARAKTER DALAM NOVEL “TRIO DETEKTIF MISTERI KURCACI GAIB” KARYA ROBERT ARTHUR DAN IMPLIKASINYA TERHADAP PEMBELAJARAN DI SEKOLAH. KOMPETENSI, 2(10), 1696-1704. https://doi.org/10.53682/kompetensi.v2i10.5589