PEMBELAJARAN KETERAMPILAN BERBICARA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL TALKING STICK PADA SISWA KELAS VII SMP
DOI:
https://doi.org/10.53682/kompetensi.v2i11.5598Keywords:
Kemampuan berbicara, Teks pengalaman, Talking stickAbstract
Berbicara merupakan aktivitas yang sulit karena berbicara tidak sekedar mengeluarkan kata dan bunyi-bunyi, melainkan penyusunan gagasan yang dikembangkan sesuai dengan pendengar atau penyimak. Kesulitan seseorang untuk berbicara di depan umum dipengaruhi oleh beberapa hal yang dapat menghambat kelancaran seseorang saat berbicara di depan umum. Kecemasan berkomunikasi yang dialami siswa berpengaruh terhadap kualitas pesan yang disampaikan. Rumusan masalah ini ialah Bagaimanakah tahapan pembelajaran berbicara di depan umum pengalaman yang mengesankan dengan menggunakan model Talking Stick pada siswa kelas VII SMP Negeri 13 Dumoga. Bagaimanakah kemampuan berbicara di depan umum pengalaman yang mengesankan dengan menggunakan model Talking Stick pada siswa kelas VII SMP Negeri 13 Dumoga. Tujuan penelitian ini ialah Mendeskripsikan tahapan pembelajaran berbicara di depan umum pengalaman yang mengesankan dengan menggunakan model Talking Stick pada siswa kelas VII SMP Negeri 13 Dumoga . Mendeskripsikan kemampuan berbicara di depan umum pengalaman yang mengesankan dengan menggunakan model Talking Stick pada siswa kelas VII SMP Negeri 13 Dumoga. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif analitik. Metode yang bersifat mengamati secara langsung kejadian apa yang sebenarnya terjadi di lapangan yang kemudian ditarik kesimpulan mengenai hal apa yang telah diteliti. Teknik pengumpulan data yaitu observasi, teknik tes dan wawancara. Instrumen penelitian, penelitian ini menggunakan teknik tes, adapun tes yang digunakan dalam penelitian adalah tes dalam bentuk lisan(berbicara di depan umum)dimana peserta didik ditugaskan untuk berbicara mengenai pengalaman yang mengesankan sesuai dengan aspek pilihan kata, keefektifan kalimat dan kelancaran. Peneliti menggunakan dua teknik analisis data. Yang pertama untuk menganalisis data nilai siswa secara individu dengan rumus nilai akhir = perolehan skor/skor maksimum(9) x skor ideal(100). Yang kedua Untuk menganalisis nilai rata-rata kelas(nilai siswa secara keseluruhan) dengan rumus % = n/N x 100. Penelitian dilaksanakan di kelas VII SMP Negeri 13 Dumoga yang berjumlah 25 siswa. Hasil penelitian, menunjukkan bahwa pembelajaran keterampilan berbicara dengan menggunakan model Talking Stick telah terlaksana dengan baik dan nilai rata-rata siswa yaitu 83,24% masuk dalam kategori mampu.
References
Dapertemen Pendidikan Indonesia. 2008. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.
Isnani. 2013. “Peningkatan Keterampilan Berbicara Melalui Metode Bermain”, skrpsi fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Yogyakarta.
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. 2013. Buku Guru Bahasa Indonesia SMP/MTs Kelas VII. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
Khusnul, Khotimah. 2016. “Pengaruh Kecemasan Berbicara di Depan Umum Peserta Didik Terhadap Motivasi Belajar Dalam Pembelajaran Bidang Studi Biologi di Kelas XI MA MADANI”, skripsi Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Alauddin Makasar.
Kiaking, N.A., Pangemanan, N.J., & Meruntu, O.S. 2014. Penggunaan Media Gambar dalam Pembelajaran Berbicara Siswa Kelas VII SMP Berea Tondano. Jurnal Fakultas Bahasa dan Seni-Kompetensi. Vol 2, No 2, (2014). http://portalgaruda.fti.unisula.ac.id.
Leksono, Gilar Pandu. 2013. “Kemampuan Berbicara”, skripsi fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Yogyakarta.
Maru, Mister Gidion et.all. (2021). The Internet Use for Autonomous Learning During COVID-19 Pandemic and its Hindrances. International Journal of Interactive Mobile Technologies (iJIM) Vol 15, No 18. PP.65-79
Maru, M. G. 2009. Engaging Literary Text to Language Exposures for Foreign English Learners. International Conference on TEFL/COTEFL in Muhammadiyah University.
Maru, Mister Gidion. (2018). The Jeremiad Approach: From Language Learning to Text Interpretation. Lembah Manah. Yogyakarta.
Noviasari, Winda. 2018, “Penggunaan Metode Talking Stick Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa”, skripsi Fakultas Tarbiyah Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Metro.
Sarenusa, J., Monoarfa S., dan Meruntu, O.S. 2015. Kooperatif Tipe Jigsaw dalam Pembelajaran Keterampilan Berbicara Siswa Kelas X SMA Negeri 2 Tondano. Jurnal Fakultas Bahasa dan Seni-Kompetensi. Vol 3, No 2, (2015). http://portalgaruda.fti.unisula.ac.id.
Tuilan, C.H.A., Iroth, S., & Pangemanan, N.J. 2015. Penerapan Model Kooperati Tipe STAD dalam Keterampilan Bernicara Siswa Kelas VII SMP Negeri 1 Tondano. Jurnal Fakultas Bahasa dan Seni-Kompetensi. Vol 3, No 1, (2015). http://portalgaruda.fti.unisula.ac.id.
PT Tiga Serangkai Pustaka Mandiri Solo. MODEL Silabus dan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) Bahasaku BAHASA INDONESIA untuk kelas VII SMP dan MTS.
Warow, A.T., Pangemanan, N.J. & Wengkang, T.I. 2013. Penggunaan Model Talking Sticks dalam Pembelajaran Kepewaraan Siswa Kelas VIII SMP Negeri 4 Amurang Barat. Jurnal Fakultas Bahasa dan Seni-Kompetensi. Vol 1, No 3, (2013). http://portalgaruda.fti.unisula.ac.id.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 KOMPETENSI
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.