PEMBELAJARAN KETERAMPILAN BERBICARA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL TALKING STICK PADA SISWA KELAS VII SMP

Authors

  • Novia Rahmawati Muhaimin Fakultas bahasa dan Seni, Universitas Negeri Manado
  • Selviane E. Mumu
  • Ruth C. Paath

DOI:

https://doi.org/10.53682/kompetensi.v2i11.5598

Keywords:

Kemampuan berbicara, Teks pengalaman, Talking stick

Abstract

Berbicara merupakan aktivitas yang sulit karena berbicara tidak sekedar mengeluarkan kata dan bunyi bunyi melainkan penyusunan gagasan yang dikembangkan sesuai dengan pendengar atau penyimak Kesulitan seseorang untuk berbicara di depan umum dipengaruhi oleh beberapa hal yang dapat menghambat kelancaran seseorang saat berbicara di depan umum Kecemasan berkomunikasi yang dialami siswa berpengaruh terhadap kualitas pesan yang disampaikan Rumusan masalah ini ialah nbsp;Bagaimanakah tahapan pembelajaran berbicara di depan umum pengalaman yang mengesankan dengan menggunakan model Talking Stick < em>pada siswa kelas VII SMP Negeri 13 Dumoga Bagaimanakah kemampuan berbicara di depan umum pengalaman yang mengesankan dengan menggunakan model Talking Stick < em>pada siswa kelas VII SMP Negeri 13 Dumoga Tujuan penelitian ini ialah Mendeskripsikan tahapan pembelajaran berbicara di depan umum pengalaman yang mengesankan dengan menggunakan model Talking Stick < em>pada siswa kelas VII SMP Negeri 13 Dumoga Mendeskripsikan kemampuan berbicara di depan umum pengalaman yang mengesankan dengan menggunakan model Talking Stick < em>pada siswa kelas VII SMP Negeri 13 Dumoga Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif analitik Metode yang bersifat mengamati secara langsung kejadian apa yang sebenarnya terjadi di lapangan yang kemudian ditarik kesimpulan mengenai hal apa yang telah diteliti Teknik pengumpulan data yaitu observasi teknik tes dan wawancara Instrumen penelitian penelitian ini menggunakan teknik tes adapun tes yang digunakan dalam penelitian adalah tes dalam bentuk lisan berbicara di depan umum dimana peserta didik ditugaskan untuk berbicara mengenai pengalaman yang mengesankan sesuai dengan aspek pilihan kata keefektifan kalimat dan kelancaran Peneliti menggunakan dua teknik analisis data Yang pertama untuk menganalisis data nilai siswa secara individu dengan rumus nilai akhir = perolehan skor skor maksimum 9 x skor ideal 100 Yang kedua Untuk menganalisis nilai rata rata kelas nilai siswa secara keseluruhan dengan rumus nbsp; = n N x 100 Penelitian dilaksanakan di kelas VII SMP Negeri 13 Dumoga yang berjumlah 25 siswa Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran keterampilan berbicara dengan menggunakan model Talking Stick < em>telah terlaksana dengan baik dan nilai rata rata siswa yaitu 83 24 masuk dalam kategori mampu < p>

References

Dapertemen Pendidikan Indonesia 2008 Kamus Besar Bahasa Indonesia Jakarta: Balai Pustaka

Isnani 2013 Peningkatan Keterampilan Berbicara Melalui Metode Bermain skrpsi fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Yogyakarta

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan 2013 Buku Guru Bahasa Indonesia SMP MTs Kelas VII Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan

Khusnul Khotimah 2016 Pengaruh Kecemasan Berbicara di Depan Umum Peserta Didik Terhadap Motivasi Belajar Dalam Pembelajaran Bidang Studi Biologi di Kelas XI MA MADANI skripsi Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Alauddin Makasar

Kiaking N A Pangemanan N J Meruntu O S 2014 Penggunaan Media Gambar dalam Pembelajaran Berbicara Siswa Kelas VII SMP Berea Tondano Jurnal Fakultas Bahasa dan Seni Kompetensi Vol 2 No 2 2014 http: portalgaruda fti unisula ac id

Leksono Gilar Pandu 2013 Kemampuan Berbicara skripsi fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Yogyakarta

Maru Mister Gidion et all 2021 The Internet Use for Autonomous Learning During COVID 19 Pandemic and its Hindrances International Journal of Interactive Mobile Technologies iJIM Vol 15 No 18 PP 65 79

Maru M G 2009 Engaging Literary Text to Language Exposures for Foreign English Learners International Conference on TEFL COTEFL in Muhammadiyah University

Maru Mister Gidion 2018 The Jeremiad Approach: From Language Learning to Text Interpretation Lembah Manah Yogyakarta

Noviasari Winda 2018 Penggunaan Metode Talking Stick Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa skripsi Fakultas Tarbiyah Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Metro

Sarenusa J Monoarfa S dan Meruntu O S 2015 Kooperatif Tipe Jigsaw dalam Pembelajaran Keterampilan Berbicara Siswa Kelas X SMA Negeri 2 Tondano Jurnal Fakultas Bahasa dan Seni Kompetensi Vol 3 No 2 2015 http: portalgaruda fti unisula ac id

Tuilan C H A Iroth S Pangemanan N J 2015 Penerapan Model Kooperati Tipe STAD dalam Keterampilan Bernicara Siswa Kelas VII SMP Negeri 1 Tondano Jurnal Fakultas Bahasa dan Seni Kompetensi Vol 3 No 1 2015 http: portalgaruda fti unisula ac id

PT Tiga Serangkai Pustaka Mandiri Solo MODEL Silabus dan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran RPP Bahasaku BAHASA INDONESIA untuk kelas VII SMP dan MTS

Warow A T Pangemanan N J Wengkang T I 2013 Penggunaan Model Talking Sticks dalam Pembelajaran Kepewaraan Siswa Kelas VIII SMP Negeri 4 Amurang Barat Jurnal Fakultas Bahasa dan Seni Kompetensi Vol 1 No 3 2013 http: portalgaruda fti unisula ac id

Downloads

Published

2022-12-30

How to Cite

PEMBELAJARAN KETERAMPILAN BERBICARA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL TALKING STICK PADA SISWA KELAS VII SMP. (2022). KOMPETENSI, 2(11), 1752 1761. https://doi.org/10.53682/kompetensi.v2i11.5598