KEMAMPUAN MENULIS PUISI MELALUI MEDIA GAMBAR ALAM SISWA KELAS VII SMP
DOI:
https://doi.org/10.53682/kompetensi.v2i10.5600Keywords:
Kemampuan, Media gambar alam, Bahasa IndonesiaAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan menulis unsur-unsur puisi melalui media gambar alam siswa kelas VII SMP Negeri 1 Modayag Barat. Serta penelitian ini untuk dapat ikut mengembangkan ilmu pendidikan, yakni pendidikan bahasa Indonesia di SMP Negeri 1 Modayag Barat, khususnya sekolah yang telah melaksanakan pembelajaran menulis puisi melalui media gambar alam pada mata pelajaran bahasa Indonesia. Metode yang dipakai dalam penelitian ini yaitu metode analitik deskriptif dimana metode ini ialah metode yang digunakan untuk menggambarkan atau menganalisis suatu hasil penelitian tetapi tidak digunakan untuk membuat kesimpulan yang lebih luas. Sumber data dalam penelitian ini di peroleh melalui kemampuan menulis puisi melalui media gambar alam pada Siswa kelas VII di SMP Negeri 1 Modayag Barat yang berjumlah 22 orang. Hasil analisis juga menunjukkan kemampuan siswa menulis puisi pada 4 indikator penilaian yang digunakan. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan diperoleh juga hasil rata-rata kemampuan siswa pada empat indikator penilaian, yang meliputi: rima, diksi, imaji, dan gaya bahasa. Media gambar alam ternyata memiliki kelebihan dimana sangat berpengaruh pada kualitas proses spembelajaran dan hasil pembelajaran. Dari segi proses penggunaan media gambar alam membuat siswa begitu tertarik dan antusias mengikuti pembelajaran dikarenakan daya tarik dan minat siswa pada media yang disajikan, Gambar/ foto lebih realistis menunjukkan pokok masalah dibanding dengan media verbal semata. Namun media gambar juga memiliki kekurangan dalam proses pembelajaran ini dimana gambar atau foto benda yang terlalu kompleks kurang efektif untuk kegiatan pembelajaran disamping itu juga lebih kepada konsep-konsep yang nantinya ditawarkan dari gurunya dimana semakin biasa saja gambar yang disajikan maka minat siswa akan semakin biasa saja.
References
Azis, Sulihin. 2015. Peningkatan Kemampuan Menulis Puisi dengan Menggunakan Teknik Akrostik pada Peserta Didik Kelas VIII B SMP Negeri 1 Wonomulyo Kecamatan Wonomulyo Kabupaten Polewali Mandar. Makassar: Jurnal Pepatuzdu. Vol. 10, No. 1.
Dewi Istiqomah(2012), “Penimgkatan Keterampilan Menulis Puisi Melalui Media Gambar Alam dengan Teknik Khayalan Visual Pada Siswa Kelas VII H SMPN 1 Suruh Kab. Semarang”,
http://lib.unnes.ac.id/14372/?fbclid=IwAR2xsSLTfhObWWYvVrEn1DonWN2v6XA8526DhX1i3AZi5XsxT2t6lqQ6fhA .16 Februari 2022, 23:46
Komaidi,Didik. 2011. MenulisKreatif (Teori dan Praktek). Yogyakarta: Sabda Media.
Maru, M. G. 2009. Engaging Literary Text to Language Exposures for Foreign English Learners. International Conference on TEFL/COTEFL in Muhammadiyah University.
Maru, Mister Gidion, Nur, Sahril, Lengkoan, Fergina. (2020). Applying Video for Writing Descriptive Text in Senior High School in the Covid-19 Pandemic Transition. International Journal of Language Education (IJoLE). No 04, Vol 03.
Maru, Mister Gidion, et.all.. (2018). Children’s Story Books: Introducing Cultural Hybridity, Shaping Intercultural Sensitivity for Foreign Language Young Learners (An Observation to Gramedia Books in 2017). Proceedings of the 1st International Conference on Social Sciences (ICSS 2018). Atlantis Press. No 226. Pp 894-899
Maru, Mister Gidion. (2020). Menulis Esai dalam Bahasa Inggris: Rubrik dan Penilaiannya (A Brief Guide to Essay Writing). Desolupublisher. Yogyakarta
Nurul Janna, 2020. “Pengaruh Penggunaan Media Gambar Terhadap Kemampuan Menulis Puisi Pada Siswa Kelas VII di MTS Ma’arif Banyorang Kabupaten Bantaeng”.Skripsi. Makassar : Universitas Muhammadiah Makassar
Nur Hasnah, 2016. “Kemampuan Menulis Puisi Berbantuan Media Gambar Siswa Kelas VIII SMP Negeri 27 Padang”. Skripsi. Padang : (STKIP) PGRI Sumatera Barat
Rifatun Nisa, 2011. “Peningkatan Kemampuan Menulis Puisi Siswa Kelas VII SMP Negeri 1 Bojong Kabupaten Tegal Melalui Teknik Akrostik dengan Media Smart Card”. Tegal: Universitas Negeri Semarang
Yuliana, 2009. “Peningkatan Kemampuan Menulis Puisi Dengan Media Gambar Karikatur Melalui Teknik Pancingan Kata Kunci Siswa Kelas VIII SMP Negeri 13 Semarang”.Skripsi.Semarang:Universitas Negeri Semarang
Wahyuni, Ristri. 2014.Kitab LengkapPuisi, Prosa, dan Pantun Lama. Yogyakarta: Saufa.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 KOMPETENSI
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.