KEMAMPUAN MENELAAH STRUKTUR TEKS DAN ASPEK KEBAHASAAN TEKS FABEL MELALUI TEKNIK ACAK SISWA KELAS VII A SMP NEGERI 2 TONDANO

Authors

  • Yilianti Irene Mamato Fakultas bahasa dan Seni, Universitas Negeri Manado
  • Oldie S. Meruntu
  • Thomas Senduk

DOI:

https://doi.org/10.53682/kompetensi.v2i10.5607

Keywords:

Kemampuan, Struktur, Fabel, Teknik Acak

Abstract

Tujuan penelitian ini ialah untuk (1) Untuk mendeskripsikan kemampuan siswa kelas VII A SMP Negeri 2 Tondano dalam menelaah struktur teks dan aspek kebahasaan teks fabel dengan menggunakan teknik acak. (2) Untuk mendeskripsikan penerapan teknik acak dalam pembelajaran memahami struktur teks dan aspek kebahasaan teks fabel pada siswa kelas VII A SMP Negeri 2 Tondano. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif. Sumber data penelitian ini ialah Siswa Kelas VII A SMP Negeri 2 Tondano yang berjumlah 15 siswa. Untuk mengumpulkan data teknik yang digunalan ialah observasi, tes, dan wawancara. Sedangkan untuk menganalisis data, teknik yang digunakan ialah menarik persentase dari setiap aspek penilaian dan nilai-nilai  rata-rata kelas (x). Hasil penelitian menunjukan bahwa : 1) Siswa kelas VII A SMP Negeri 2 Tondano dapat dikategorikan mampu dalam menelaah struktur teks dan aspek kebahasaan teks fabel karena nilai rata-rata kelas (X) yang diperoleh adalah 81%.            Dari kedua aspek yang dinilai kemampuan siswa kelas VII A SMP Negeri 2 Tondano dalam menelaah struktur teks adalah 96 % yang dapat dikategorikan sangat mampu, sedangkan kemampuan aspek kebahasaan adalah 71 % yang dapat dikategorikan cukup mampu. 2) Penerapan teknik acak ini telah mampu memaksimalkan kemampuan siswa kelas VII A SMP Negeri 2 Tondano dalam mengelaah struktur  teks dan aspek kebahasaan teks fabel karena nilai rata-rata kelas (X) yang diperoleh adalah 81%.

References

Suparno. 2007. Terampil berbahasa. Jakarta : Universitas Terbuka.

Titik Harsiati, dkk, 2017. Bahasa Indonesia Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan

Republik Indonesia.

Makauntung S.V., Paath R.C., Meruntu, O.S. 2021. Kemampuan Menganalisis Stuktur Fabel dengan Menggunakan Model Pembelajaran Kontekstual Siswa Kelas VII SMP Negeri 1 Bolaang. Jurnal BAHTRA Jurusan Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia. Vol 2, No.2 Tahun 2021. Desember. Ejournal.unima.ac.id/Php/indeks/bahtra.

Polouan, S.M,. Djojosuroto, K., dan Polii J.I. 2014. Kemampuan Menentukan Nilai Noral dalam Fabel Anoa dan Tikus Melalui Model Pembelajaran Think Pair Share Siswa Kelas VII SMP Kristen Lolah. Jurnal Fakultas Bahasa dan Seni-Kompetensi. Vol 2, No2, (2014). http://portalgaruda.fti.unisula.ac.id.

Pagora, H.P., Paath, R. C., & Meruntu, O.S. 2015. Kemampuan Membaca Paragraf dengan Model Pembelajaran Inkuiri Siswa Kelas X SMA Negeri 2 Tondano. Jurnal Kompetensi Fakultas Bahasa dan Seni. Vol 3, No 1 (2015). http://portalgaruda.fti.unisula.ac.id.

Sugiyono. 2010. Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta.

Downloads

Published

2022-12-23

How to Cite

Mamato, Y. I., Meruntu, O. S. ., & Senduk, T. (2022). KEMAMPUAN MENELAAH STRUKTUR TEKS DAN ASPEK KEBAHASAAN TEKS FABEL MELALUI TEKNIK ACAK SISWA KELAS VII A SMP NEGERI 2 TONDANO. KOMPETENSI, 2(10), 1735-1742. https://doi.org/10.53682/kompetensi.v2i10.5607