ANALISIS PENGGUNAAN KANDOUSHI AISATSU PADA ANIME HYOUKA

Authors

  • Jehezkiel J. P. M . Kandou Fakultas bahasa dan Seni, Universitas Negeri Manado
  • Sandra Rakian
  • Marly C. A. Masoko

DOI:

https://doi.org/10.53682/kompetensi.v2i11.5622

Keywords:

Analisis, Kandoushi Aisatsu, Anime, Hyouka

Abstract

Interjeksi dalam bahasa Jepang disebut kandoushi< em> salah satu kelas kata yang termasuk pada jiritsugo < em>kata yang dapat berdiri sendiri dan memiliki makna yang tidak dapat berubah bentuknya tidak dapat nbsp; menjadi subjek tidak dapat menjadi keterangan dan tidak dapat menjadi nbsp; konjungsi Dalam Kand shi Aisatsu < em>persalaman greeting< em> ialah kalimat minor berupa klausa atau bukan bentuknya tetap yang dipakai dalam pertemuan antara pembicara memulai percakapan minta diri dan sebagainya Tujuan dari penelitian ini adalah: 1 Untuk mendeskripsikan jenis kata atau kalimat kandoushi aisatsu< em> apa saja yang terdapat dalam anime Hyouka< em> 2 Untuk mendeskripsikan fungsi kandoushi aisatsu< em> yang terdapat dalam anime Hyouka< em> Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif yaitu menganalisis bagian percakapan yang mengandung unsur Kandoushi Aisatsu< em> dengan cara menyimak dan mengutip kalimat sapaan atau salam di dalamnya Dari hasil pengumpulan data yang diambil dari episode 1 episode 3 dan episode 8 dari keseluruhan 22 episode maka terdapat 3 jenis kata atau kalimat yang mengandung unsur kandoushi aisatsu < em> yaitu: < em> < em> < em>ohay gozaimasu < em> < em> < em> < em>konnichiwa < em>dan < em> < em> < em>arigat gozaimasu < em> ohay gozaimasu < em>berfungsi sebagai ungkapan persalaman atau sapaan pada pagi hari konnichiwa < em>berfungsi sebagai ungkapan persalaman atau sapaan pada siang hari arigat gozaimasu < em> berfungsi sebagai ungkapan yang diucapkan untuk mengungkapkan rasa terima kasih atas suatu pemberian perhatian atau bantuan dari orang lain < p>

References

Adrian N C 2015 The Influence Of The Anime Culture On The Consumer Behavior Editura Arhipelag XXI

Aghnia M C 2012 Tingkat Sarjana bidang Senirupa dan Desain; Perancangan Anime Community Center Jurnal Seni Rupa dan Desain 1 1 1 6

Bunkach Kotoba Shiriizu Keigo kurasho Insatsukyoku Tokyo 1985

Chaer Abdul 2012 Linguistik Umum Jakarta: Rineka Cipta

Chusnawati Erly Hanif 2014 Analisis Makna Perubahan Diri Pada Pembaca Manga Skripsi Fakultas Psikologi Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang

Danasasmita Wawan Sudjianto Pengantar Tata Bahasa Jepang BSC Bandung 1983

Departemen Pendidikan Nasional 2003 Tata Bahasa Baku Bahasa Indonesia Jakarta: Depdiknas

Depdiknas 2008 Kamus Besar Bahasa Indonesia Jakarta: Balai Pustaka

Dikta P 2017 Pop Cultuire In Public Diplomacy : Anime and Manga As Japan s Softpower In Indonesia Indonesia : President University

Djomi Ayu Hidayah Romadlon 2017 Analisis Kandoushi Kata Seru dalam Bahasa Jepang yang Menyatakan Kandou pada Komik Boku Dake ga Inai Machi Volume 1 6 Kajian Pragmatik Skripsi Semarang: FIB UNDIP

Fuad Anis Sapto Nugroho Kandung 2014 Panduan Praktis Penelitian Kualitatif Yogyakarta: Graha Ilmu

Ikhwanul Ihsan 2016 Faktor Faktor Yang Mempengaruhi Perilaku Konsumen Dalam Membeli Produk Anime Studi Deskriptif Toko All Blue Distro Anime Padang Diploma thesis Universitas Andalas

Intan Ayumi 2021 Pengaruh Anime Kakegurui Terhadap Perilaku Remaja Pecinta Judi Virtual Di Komunitas Roleplayer Quesera Other thesis Universitas Darma Persada

Isnavia Tika 2019 Analisis Kandoushi Yobikake dalam Anime Kiseijuu Sei no Kakuritsu Diss UNNES

Kridalaksana Harimurti 1983 Kamus Linguistik Jakarta: PT Gramedia

Lu Sen 2019 The Influence Of Japanese Anime On The Values Of Adolescent China : University of Jinan

Maru Mister Gidion et all 2018 Children s Story Books: Introducing Cultural Hybridity Shaping Intercultural Sensitivity for Foreign Language Young Learners An Observation to Gramedia Books in 2017 Proceedings of the 1st International Conference on Social Sciences ICSS 2018 Atlantis Press No 226 Pp 894 899

Maru M G 2009 Engaging Literary Text to Language Exposures for Foreign English Learners International Conference on TEFL COTEFL in Muhammadiyah University

Masuoka Takashi dan Yukinori Takubo 1989 Kiso Nihongo Bunpou Tokyo: Kuroshio Shuppan A

Mc Clain Yoko 1981 Handbook of Modern Japanese Grammar Tokyo: Hokusei Press

Millah Isma 2017 Psikologi Anime Studi Deskriptif Pada Komunitas Anime UIN Maulana Malik Ibrahim Malang Skripsi Fakultas Psikologi Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang

Minoru Nishio Kokugo Jiten Iwanami Sh ten Tokyo 1986

Motojiro Murakami 1986 Shoho no Kokubunp Shory d Tokyo

Mukhtar 2013 Metode Praktis Penelitian Deskriptif Kualitatif Jakarta: Referensi

Nadia Fradita 2020 Ilokusi Kandoushi Outou Dalam Drama Seigi No Mikata Karya Satoru Nakajima: Tinjauan Pragmatik Diss Universitas Andalas

Napier Susan J 2005 Anime from akira to howl s castle: experiencing contemporary japanes animation New york: palgrave Macmillan Nelson Andrew N 2008 Kamus Kanji Modern Jepang Indonesia Jakarta: Kesaint Blanc A

Prastowo Andi 2016 Metode Penelitian Kualitatif dalam Perspektif Rancangan Penelitian Jogjakarta: Ar Ruzz Media

Ruh Brian 2014 Stray Dog of Anime New York NY: Palgrave Macmillan

Siswanto Aries Victorianus 2012 Strategi dan Langkah Langkah Penelitian Jogjakarta: Graha Ilmu

Soelistyowati Diah 2019 Deskripsi Bahasa Ragam Interjeksi Bahasa 2 2 174 181

Sudaryanto 1993 Metode dan Aneka Teknik Analisis Bahasa Pengantar Penelitian Wahana Kebudayaan secara Linguistik Yogyakarta: Duta Wacana University Press

Sudjianto Ahmad Dahidi 2004 Pengantar Linguistik Bahasa Jepang Jakarta: Kesaint Blanc

Sudjianto 2010 Gramatikal Bahasa Jepang Jepang Seri A Jakarta: Kesaint Blanc

Sujarweni V Wiratna 2014 Metodologi Penelitian Jogjakarta: Pustaka Baru Press

Sutedi Dedi 2011 Dasar Dasar Linguistik Bahasa Jepang Edisi IV Bandung: Humaniora Utama Press

Sutedi Dedi 2011 Penelitian Pendidikan Bahasa Jepang Bandung: Humaniora

Takanao Terada 1984 Chuugakusei no Kokubunpou Tokyo: Shoryudo

Yuliani 2003 Studi tentang film animasi Jepang anime dan perkembangannya di Indonesia: tinjauan deskriptif pada periodisasi 1980 2003 Skripsi Surabaya; Universitas Kristen Petra

Zahrawan M Sudjianto S Sugihartono S ANALISIS KEIGO DALAM FUKUSIMA BI BOOK PT FUKUSHIMA INDUSTRIES CO LTD EDUJAPAN 1 1 35 42

Downloads

Published

2022-12-30

How to Cite

ANALISIS PENGGUNAAN KANDOUSHI AISATSU PADA ANIME HYOUKA. (2022). KOMPETENSI, 2(11), 1762 1770. https://doi.org/10.53682/kompetensi.v2i11.5622