ANALISIS PENGGUNAAN KANDOUSHI AISATSU PADA ANIME HYOUKA
DOI:
https://doi.org/10.53682/kompetensi.v2i11.5622Keywords:
Analisis, Kandoushi Aisatsu, Anime, HyoukaAbstract
Interjeksi dalam bahasa Jepang disebut kandoushi salah satu kelas kata yang termasuk pada jiritsugo (kata yang dapat berdiri sendiri dan memiliki makna) yang tidak dapat berubah bentuknya, tidak dapat menjadi subjek, tidak dapat menjadi keterangan, dan tidak dapat menjadi konjungsi. Dalam Kandôshi Aisatsu, persalaman (greeting) ialah kalimat minor berupa klausa atau bukan, bentuknya tetap, yang dipakai dalam pertemuan antara pembicara, memulai percakapan, minta diri dan sebagainya. Tujuan dari penelitian ini adalah: (1) Untuk mendeskripsikan jenis kata atau kalimat kandoushi aisatsu apa saja yang terdapat dalam anime Hyouka. (2) Untuk mendeskripsikan fungsi kandoushi aisatsu yang terdapat dalam anime Hyouka. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif, yaitu menganalisis bagian percakapan yang mengandung unsur Kandoushi Aisatsu dengan cara menyimak dan mengutip kalimat sapaan atau salam di dalamnya. Dari hasil pengumpulan data yang diambil dari episode 1, episode 3, dan episode 8 dari keseluruhan 22 episode, maka terdapat 3 jenis kata atau kalimat yang mengandung unsur kandoushi aisatsu, yaitu:「おはようございます」ohayô gozaimasu,「こんにちは」konnichiwa, dan「ありがとうございます」arigatô gozaimasu. 「おはようございます」ohayô gozaimasu, berfungsi sebagai ungkapan persalaman atau sapaan pada pagi hari.「こんにちは」konnichiwa, berfungsi sebagai ungkapan persalaman atau sapaan pada siang hari.「ありがとうございます」arigatô gozaimasu, berfungsi sebagai ungkapan yang diucapkan untuk mengungkapkan rasa terima kasih atas suatu pemberian, perhatian, atau bantuan dari orang lain.
References
Adrian, N.C. (2015). The Influence Of The Anime Culture On The Consumer Behavior. Editura Arhipelag XXI.
Aghnia, M. C. 2012. Tingkat Sarjana bidang Senirupa dan Desain; Perancangan Anime Community Center. Jurnal Seni Rupa dan Desain. 1 (1), 1-6.
Bunkachô, Kotoba Shiriizu – Keigo, Ôkurasho Insatsukyoku, Tokyo, 1985.
Chaer, Abdul. 2012. Linguistik Umum. Jakarta: Rineka Cipta.
Chusnawati, Erly Hanif. 2014. Analisis Makna Perubahan Diri Pada Pembaca Manga. Skripsi. Fakultas Psikologi, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang.
Danasasmita, Wawan & Sudjianto, Pengantar Tata Bahasa Jepang, BSC, Bandung, 1983.
Departemen Pendidikan Nasional. 2003. Tata Bahasa Baku Bahasa Indonesia. Jakarta: Depdiknas.
Depdiknas. 2008. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.
Dikta, P. (2017). Pop-Cultuire In Public Diplomacy : Anime and Manga As Japan’s Softpower In Indonesia. Indonesia : President University.
Djomi, Ayu Hidayah Romadlon. 2017. Analisis Kandoushi (Kata Seru) dalam Bahasa Jepang yang Menyatakan Kandou pada Komik Boku Dake ga Inai Machi Volume 1-6 (Kajian Pragmatik). Skripsi. Semarang: FIB UNDIP.
Fuad, Anis., Sapto Nugroho, Kandung. 2014. Panduan Praktis Penelitian Kualitatif. Yogyakarta: Graha Ilmu.
Ikhwanul, Ihsan. 2016. Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Perilaku Konsumen Dalam Membeli Produk Anime (Studi Deskriptif Toko All Blue Distro Anime Padang). Diploma thesis, Universitas Andalas.
Intan, Ayumi. 2021. Pengaruh Anime Kakegurui Terhadap Perilaku Remaja Pecinta Judi Virtual Di Komunitas Roleplayer Quesera. Other thesis, Universitas Darma Persada.
Isnavia, Tika. 2019. Analisis Kandoushi Yobikake dalam Anime Kiseijuu Sei no Kakuritsu. Diss. UNNES.
Kridalaksana, Harimurti. 1983. Kamus Linguistik. Jakarta: PT Gramedia.
Lu, Sen . (2019). The Influence Of Japanese Anime On The Values Of Adolescent. China : University of Jinan.
Maru, Mister Gidion, et.all.. (2018). Children’s Story Books: Introducing Cultural Hybridity, Shaping Intercultural Sensitivity for Foreign Language Young Learners (An Observation to Gramedia Books in 2017). Proceedings of the 1st International Conference on Social Sciences (ICSS 2018). Atlantis Press. No 226. Pp 894-899
Maru, M. G. 2009. Engaging Literary Text to Language Exposures for Foreign English Learners. International Conference on TEFL/COTEFL in Muhammadiyah University.
Masuoka, Takashi., dan Yukinori, Takubo. 1989. Kiso Nihongo Bunpou. Tokyo: Kuroshio Shuppan.A.
Mc.Clain, Yoko. 1981. Handbook of Modern Japanese Grammar. Tokyo: Hokusei Press.
Millah, Isma. 2017. Psikologi Anime (Studi Deskriptif Pada Komunitas Anime UIN Maulana Malik Ibrahim Malang). Skripsi. Fakultas Psikologi Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang.
Minoru, Nishio, Kokugo Jiten, Iwanami Shôten, Tokyo, 1986.
Motojiro, Murakami. 1986. Shoho no Kokubunpô. Shoryûdô, Tokyo.
Mukhtar. 2013. Metode Praktis Penelitian Deskriptif Kualitatif. Jakarta: Referensi.
Nadia, Fradita. 2020. Ilokusi Kandoushi Outou Dalam Drama Seigi No Mikata Karya Satoru Nakajima: Tinjauan Pragmatik. Diss. Universitas Andalas.
Napier, Susan J. 2005. Anime from akira to howl‟s castle: experiencing contemporary japanes animation. New york: palgrave Macmillan. Nelson, Andrew.N. 2008. Kamus Kanji Modern Jepang-Indonesia. Jakarta: Kesaint Blanc.A.
Prastowo, Andi. 2016. Metode Penelitian Kualitatif dalam Perspektif Rancangan Penelitian. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media.
Ruh, Brian. 2014. Stray Dog of Anime. New York, NY: Palgrave Macmillan.
Siswanto Aries, Victorianus. 2012. Strategi dan Langkah-Langkah Penelitian. Jogjakarta: Graha Ilmu.
Soelistyowati, & Diah. (2019). Deskripsi Bahasa Ragam Interjeksi Bahasa. 2(2), 174–181.
Sudaryanto. 1993. Metode dan Aneka Teknik Analisis Bahasa (Pengantar Penelitian Wahana Kebudayaan secara Linguistik). Yogyakarta: Duta Wacana University Press.
Sudjianto, Ahmad Dahidi. 2004. Pengantar Linguistik Bahasa Jepang. Jakarta: Kesaint Blanc.
Sudjianto. 2010. Gramatikal Bahasa Jepang Jepang Seri A. Jakarta: Kesaint Blanc.
Sujarweni, V. Wiratna. 2014. Metodologi Penelitian. Jogjakarta: Pustaka Baru Press.
Sutedi, Dedi. 2011. Dasar-Dasar Linguistik Bahasa Jepang (Edisi IV). Bandung: Humaniora Utama Press.
Sutedi, Dedi. 2011. Penelitian Pendidikan Bahasa Jepang. Bandung: Humaniora.
Takanao, Terada. 1984. Chuugakusei no Kokubunpou. Tokyo: Shoryudo.
Yuliani. 2003. Studi tentang film animasi Jepang (anime) dan perkembangannya di Indonesia: tinjauan deskriptif pada periodisasi 1980-2003 (Skripsi). Surabaya; Universitas Kristen Petra.
Zahrawan, M., Sudjianto, S., Sugihartono, S. ANALISIS KEIGO DALAM FUKUSIMA BI BOOK PT. FUKUSHIMA INDUSTRIES, CO. LTD. EDUJAPAN, 1(1), 35-42.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 KOMPETENSI
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.