KEMAMPUAN MENULIS TEKS EKSPOSISI DENGAN MENGGUNAKAN METODE PEMBELAJARAN BRAINSTORMING SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 5 TONDANO
DOI:
https://doi.org/10.53682/kompetensi.v2i11.5627Keywords:
Menulis Teks Eksposisi, Metode BrainstormingAbstract
Tujuan penelitian ini ialah : 1 Mendeskripsikan kemampuan menulis teks eksposisi siswa kelas VIII SMP Negeri 5 Tondano dengan menggunakan metode pembelajaran Brainstorming< em>: 2 Mendeskripsikan pelaksanaan metode Brainstorming < em>dalam pembelajaran menulis teks eksposisi siswa kelas VIII SMP Negeri 5 Tondano Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif analitik Penelitian dilaksanakan di kelas VIII SMP Negeri 5 Tondano yang berjumlah 9 siswa Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi dan tes Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan rumus persentase Berdasarkan hasil penelitian yang didapatkan kemampuan menulis teks eksposisi siswa kelas VIII SMP Negeri 5 Tondano dengan menggunakan metode pembelajaran Brainstorming < em>tergolong mampu dengan rincian nilai rata rata 86 Terdapat satu siswa berada pada kategori sangat mampu pada rentang nilai 90 100 tujuh siswa berada pada kategori mampu pada rentang nilai 80 89 dan satu siswa berada pada kategori cukup mampu pada rentan nilai 70 79 < p>
References
Ali Mohammad 1987 Penelitian Kependidikan Prosedur dan Strategi Bandung: Angkasa
Depdiknas 2001 Kamus Besar Bahasa Indonesia Jakarta: Balai Pustaka
Maru Mister Gidion Ratu Donal Matheos Dukut Ekawati Marhaenny 2018 The Use of the T Ex Approach in Indonesian EFL Essay Writing: Feedback and Knowledge Exploration International Journal of Engineering Technology Vol 7 No 3 25 : Special Issue 25
Maru Mister Gidion et all 2021 The Internet Use for Autonomous Learning During COVID 19 Pandemic and its Hindrances International Journal of Interactive Mobile Technologies iJIM Vol 15 No 18 PP 65 79
Maru M G 2009 Engaging Literary Text to Language Exposures for Foreign English Learners International Conference on TEFL COTEFL in Muhammadiyah University
Maru Mister Gidion Nur Sahril Lengkoan Fergina 2020 Applying Video for Writing Descriptive Text in Senior High School in the Covid 19 Pandemic Transition International Journal of Language Education IJoLE No 04 Vol 03
Sudjana 2005 Metode dan Teknik Pembelajaran Parsipatif Bandung: Falah Produktion
Sugiono 2010 Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif Kualitatif dan R D Bandung: Alfabeta
Zabadi Fairul dan Sutejo 2014 Buku Guru Bahasa Indonesia Wahana Pengetahuan SMP MTs Kelas VIII Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan