KEMAMPUAN MENULIS TEKS EKSPOSISI DENGAN MENGGUNAKAN METODE PEMBELAJARAN BRAINSTORMING SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 5 TONDANO
DOI:
https://doi.org/10.53682/kompetensi.v2i11.5627Keywords:
Menulis Teks Eksposisi, Metode BrainstormingAbstract
Tujuan penelitian ini ialah : (1) Mendeskripsikan kemampuan menulis teks eksposisi siswa kelas VIII SMP Negeri 5 Tondano dengan menggunakan metode pembelajaran Brainstorming: (2) Mendeskripsikan pelaksanaan metode Brainstorming dalam pembelajaran menulis teks eksposisi siswa kelas VIII SMP Negeri 5 Tondano. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif analitik. Penelitian dilaksanakan di kelas VIII SMP Negeri 5 Tondano yang berjumlah 9 siswa. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi dan tes.Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan rumus persentase.Berdasarkan hasil penelitian yang didapatkan, kemampuan menulis teks eksposisi siswa kelas VIII SMP Negeri 5 Tondano dengan menggunakan metode pembelajaran Brainstorming tergolong mampu dengan rincian nilai rata-rata 86%. Terdapat satu siswa berada pada kategori sangat mampu pada rentang nilai 90%-100%, tujuh siswa berada pada kategori mampu pada rentang nilai 80%-89% dan satu siswa berada pada kategori cukup mampu pada rentan nilai 70%-79%.
References
Ali, Mohammad. 1987. Penelitian Kependidikan Prosedur dan Strategi. Bandung: Angkasa.
Depdiknas. 2001. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.
Maru, Mister Gidion. Ratu, Donal Matheos. Dukut, Ekawati Marhaenny. 2018. The Use of the T-Ex Approach in Indonesian EFL Essay Writing: Feedback and Knowledge Exploration. International Journal of Engineering & Technology. Vol 7, No 3.25 : Special Issue 25
Maru, Mister Gidion et.all. (2021). The Internet Use for Autonomous Learning During COVID-19 Pandemic and its Hindrances. International Journal of Interactive Mobile Technologies (iJIM) Vol 15, No 18. PP.65-79
Maru, M. G. 2009. Engaging Literary Text to Language Exposures for Foreign English Learners. International Conference on TEFL/COTEFL in Muhammadiyah University.
Maru, Mister Gidion, Nur, Sahril, Lengkoan, Fergina. (2020). Applying Video for Writing Descriptive Text in Senior High School in the Covid-19 Pandemic Transition. International Journal of Language Education (IJoLE). No 04, Vol 03.
Sudjana. 2005. Metode dan Teknik Pembelajaran Parsipatif. Bandung: Falah Produktion.
Sugiono, 2010. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta
Zabadi, Fairul dan Sutejo, 2014. Buku Guru Bahasa Indonesia Wahana Pengetahuan SMP/MTs Kelas VIII. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 KOMPETENSI
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.