PEMBELAJARAN SENI MUSIK BAGI SISWA DI SMP ADVENT RATAHAN
DOI:
https://doi.org/10.53682/kompetensi.v2i8.5634Keywords:
Pembelajaran, Seni Musik, SMP Advent RatahanAbstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengumpulkan informasi tentang bagaimana siswa di SMP Advent Ratahan mempelajari musik sebagai bentuk seni. Penelitian ini menggunakan metodologi kualitatif. Menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi untuk mengumpulkan data. Langkah pertama dalam proses analisis data adalah pengumpulan data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran seni musik pada siswa SMP Advent Ratahan tidak berjalan dengan baik karena pengajar seni musik di SMP kurang efektif. Advent dari Ratahan tidak memiliki latar belakang pendidikan seni musik, tetapi instruktur dengan latar belakang pendidikan bahasa Inggris menjadi guru seni musik di sekolah. Advent SMP dari Ratahan juga direktur paduan suara di sekolah dan gereja. Journamel Poneke adalah salah satu instruktur Sekolah Menengah Advent Ratahan yang melayani sebagai guru bahasa Inggris. Karena tidak ada guru di Ratahan Adventist Middle School yang mengajar musik sebagai seni, kepala sekolah mengizinkan Journamell Poneke menjadi guru di bidang musik. Karena kemampuan Journamell, kepala sekolah mempercayakannya untuk menjadi guru seni musik di Sekolah Menengah Advent Ratahan. Karena belajar Seni Musik bukan bidang akademik bagi Journamell Poneke, sehingga tidak bisa lagi ditolak, Journamell Poneke menghadapi beberapa masalah dan tantangan saat mengajar Seni Musik di Sekolah Menengah Advent Ratahan. Karena kemampuan Journamell, kepala sekolah mempercayakannya untuk menjadi guru seni musik di Sekolah Menengah Advent Ratahan. Karena belajar Seni Musik bukan bidang akademik bagi Journamell Poneke, sehingga tidak bisa lagi ditolak, Journamell Poneke menghadapi beberapa masalah dan tantangan saat mengajar Seni Musik di Sekolah Menengah Advent Ratahan. Karena kemampuan Journamell, kepala sekolah mempercayakannya untuk menjadi guru seni musik di Sekolah Menengah Advent Ratahan. Karena belajar Seni Musik bukan bidang akademik bagi Journamell Poneke, sehingga tidak bisa lagi ditolak, Journamell Poneke menghadapi beberapa masalah dan tantangan saat mengajar Seni Musik di Sekolah Menengah Advent Ratahan.
References
Amelia, i. s., Suartini, L., & Budiarta, I. m. (2021). Pembelajaran Daring Seni Budaya di Kelas VIII A4 SMP Negeri 1 Singaraja. Jurnal Pendidikan Seni Rupa Undiksha, 83.
Armai. (2002). Pengantar Ilmu dan Metodologi Pendidikan Islam. Jakarta Penerbit Ciputat Pers.
Diki, D. (1991). Kesuburan Tanah. Direktorat Pendidikan Tinggi. Departemen Pendidikan Dan Kebudayaan. Jakarta.
Djamarah . (1991). Pengukuran Dan Penelitian Hasil Belajar . Bandung.
Dkk, S. (2007). Psikologi Pendidikan . Yogyakarta.
Hamalik, Oemar. 2005. Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara
Howard, G. (1993). Multiple Intelligence:The Theory In Practice A Reader. USA
Huda, U. a. (2014). Identifikasi Kesulitan Pembelajaran Seni Buadaya di SMP NEGERI 11 Purworejo. Purworejo
Maru, Mister Gidion, Nur, Sahril, Lengkoan, Fergina. (2020). Applying Video for Writing Descriptive Text in Senior High School in the Covid-19 Pandemic Transition. International Journal of Language Education (IJoLE). No 04, Vol 03.
Maru, Mister Gidion, et.all.. (2018). Children’s Story Books: Introducing Cultural Hybridity, Shaping Intercultural Sensitivity for Foreign Language Young Learners (An Observation to Gramedia Books in 2017). Proceedings of the 1st International Conference on Social Sciences (ICSS 2018). Atlantis Press. No 226. Pp 894-899
Maru, Mister Gidion. (2020). Menulis Esai dalam Bahasa Inggris: Rubrik dan Penilaiannya (A Brief Guide to Essay Writing). Desolupublisher. Yogyakarta
Meleong, L. J. (2017). Metode penelitian kualitatif. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya Offset.
Mudjiono , D. (2006). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta PT Rineke Cipta.
Mukti, M. W., & Lestari, W. (2020). Pelaksanaan Evaluasi Pembelajaran Seni Budaya di SMP 1 Jekulo Kudus Pada Masa Pandemi Covid-19. Sitakara , 116-117.
Sagala , S. (2012). Supervisi Pembelajaran. Bandung.
Sanjaya, W.. 2009. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta : Kencana.
Suci, D. w. (2019). Manfaat Seni Musik Dalam Perkembangan Belajar Siswa Sekolah Dasar. Ilmu Pendidikan, 1 nomor 3, 177-184.
Sudjana, Nana. 2009. Dasar – Dasar Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Sinar Baru Algesindo.
Sugiono. (2017). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta CV.
Sukmadinata, N. S. (2003). Landasan Psikologi Proses Pendidikan . Bandung : Remaja Rosdakarya.
Suryobroto. (1986). Mengenal Metode Pengajaran di Sekolah dan Pendekatan Baru dalam Proses Belajar Mengajar. Yogyakarta.
Suwadi. (2012). Implementasi Pembelajaran Seni Budaya (Seni Musik) di SMP Negeri 1 Ampel Boyolali. Boyolali.
Zain, D. A. (1997). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta Rineke Cipta.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 KOMPETENSI
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.