PEMBELAJARAN SENI MUSIK BAGI SISWA DI SMP ADVENT RATAHAN
DOI:
https://doi.org/10.53682/kompetensi.v2i8.5634Keywords:
Pembelajaran, Seni Musik, SMP Advent RatahanAbstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengumpulkan informasi tentang bagaimana siswa di SMP Advent Ratahan mempelajari musik sebagai bentuk seni Penelitian ini menggunakan metodologi kualitatif Menggunakan metode observasi wawancara dan dokumentasi untuk mengumpulkan data Langkah pertama dalam proses analisis data adalah pengumpulan data Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran seni musik pada siswa SMP Advent Ratahan tidak berjalan dengan baik karena pengajar seni musik di SMP kurang efektif Advent dari Ratahan tidak memiliki latar belakang pendidikan seni musik tetapi instruktur dengan latar belakang pendidikan bahasa Inggris menjadi guru seni musik di sekolah Advent SMP dari Ratahan juga direktur paduan suara di sekolah dan gereja Journamel Poneke adalah salah satu instruktur Sekolah Menengah Advent Ratahan yang melayani sebagai guru bahasa Inggris Karena tidak ada guru di Ratahan Adventist Middle School yang mengajar musik sebagai seni kepala sekolah mengizinkan Journamell Poneke menjadi guru di bidang musik Karena kemampuan Journamell kepala sekolah mempercayakannya untuk menjadi guru seni musik di Sekolah Menengah Advent Ratahan Karena belajar Seni Musik bukan bidang akademik bagi Journamell Poneke sehingga tidak bisa lagi ditolak Journamell Poneke menghadapi beberapa masalah dan tantangan saat mengajar Seni Musik di Sekolah Menengah Advent Ratahan Karena kemampuan Journamell kepala sekolah mempercayakannya untuk menjadi guru seni musik di Sekolah Menengah Advent Ratahan Karena belajar Seni Musik bukan bidang akademik bagi Journamell Poneke sehingga tidak bisa lagi ditolak Journamell Poneke menghadapi beberapa masalah dan tantangan saat mengajar Seni Musik di Sekolah Menengah Advent Ratahan Karena kemampuan Journamell kepala sekolah mempercayakannya untuk menjadi guru seni musik di Sekolah Menengah Advent Ratahan Karena belajar Seni Musik bukan bidang akademik bagi Journamell Poneke sehingga tidak bisa lagi ditolak Journamell Poneke menghadapi beberapa masalah dan tantangan saat mengajar Seni Musik di Sekolah Menengah Advent Ratahan < p>
References
Amelia i s Suartini L Budiarta I m 2021 Pembelajaran Daring Seni Budaya di Kelas VIII A4 SMP Negeri 1 Singaraja Jurnal Pendidikan Seni Rupa Undiksha 83
Armai 2002 Pengantar Ilmu dan Metodologi Pendidikan Islam Jakarta Penerbit Ciputat Pers
Diki D 1991 Kesuburan Tanah Direktorat Pendidikan Tinggi Departemen Pendidikan Dan Kebudayaan Jakarta
Djamarah 1991 Pengukuran Dan Penelitian Hasil Belajar Bandung
Dkk S 2007 Psikologi Pendidikan Yogyakarta
Hamalik Oemar 2005 Kurikulum dan Pembelajaran Jakarta: Bumi Aksara
Howard G 1993 Multiple Intelligence:The Theory In Practice A Reader USA
Huda U a 2014 Identifikasi Kesulitan Pembelajaran Seni Buadaya di SMP NEGERI 11 Purworejo Purworejo
Maru Mister Gidion Nur Sahril Lengkoan Fergina 2020 Applying Video for Writing Descriptive Text in Senior High School in the Covid 19 Pandemic Transition International Journal of Language Education IJoLE No 04 Vol 03
Maru Mister Gidion et all 2018 Children s Story Books: Introducing Cultural Hybridity Shaping Intercultural Sensitivity for Foreign Language Young Learners An Observation to Gramedia Books in 2017 Proceedings of the 1st International Conference on Social Sciences ICSS 2018 Atlantis Press No 226 Pp 894 899
Maru Mister Gidion 2020 Menulis Esai dalam Bahasa Inggris: Rubrik dan Penilaiannya A Brief Guide to Essay Writing Desolupublisher Yogyakarta
Meleong L J 2017 Metode penelitian kualitatif Bandung: PT Remaja Rosdakarya Offset
Mudjiono D 2006 Belajar dan Pembelajaran Jakarta PT Rineke Cipta
Mukti M W Lestari W 2020 Pelaksanaan Evaluasi Pembelajaran Seni Budaya di SMP 1 Jekulo Kudus Pada Masa Pandemi Covid 19 Sitakara 116 117
Sagala S 2012 Supervisi Pembelajaran Bandung
Sanjaya W 2009 Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan Jakarta : Kencana
Suci D w 2019 Manfaat Seni Musik Dalam Perkembangan Belajar Siswa Sekolah Dasar Ilmu Pendidikan 1 nomor 3 177 184
Sudjana Nana 2009 Dasar Dasar Proses Belajar Mengajar Jakarta: Sinar Baru Algesindo
Sugiono 2017 Metode penelitian kuantitatif kualitatif dan R D Bandung: Alfabeta CV
Sukmadinata N S 2003 Landasan Psikologi Proses Pendidikan Bandung : Remaja Rosdakarya
Suryobroto 1986 Mengenal Metode Pengajaran di Sekolah dan Pendekatan Baru dalam Proses Belajar Mengajar Yogyakarta
Suwadi 2012 Implementasi Pembelajaran Seni Budaya Seni Musik di SMP Negeri 1 Ampel Boyolali Boyolali
Zain D A 1997 Strategi Belajar Mengajar Jakarta Rineke Cipta