UPAYA PENINGKATAN PEMBELAJARAN SENI BUDAYA DALAM MASA PANDEMI DI SMA KATOLIK KARITAS

Authors

  • Vijay Liwe Fakultas bahasa dan Seni, Universitas Negeri Manado
  • Meyny Kaunang Universitas Negeri Manado
  • Glenie Latuni Universitas Negeri Manado

DOI:

https://doi.org/10.53682/kompetensi.v2i8.5635

Keywords:

Upaya Peningkatan, Pembelajaran, Masa Pandemi

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana SMA Katolik Caritas Tomohon meningkatkan pembelajaran seni budaya selama masa pandemi. Teknik yang digunakan bersifat kualitatif dan deskriptif. Observasi dan wawancara digunakan untuk pengumpulan data. Temuan penelitian ini menyiratkan bahwa proses pembelajaran harus terus berlanjut sepanjang epidemi. Dalam konteks Covid-19, penerapan pembelajaran daring dengan kurikulum mandiri menjadi jalan tengah untuk mengamankan hak-hak masyarakat Indonesia. Selama wabah di SMA Katolik Caritas Tomohon, kualitas pembelajaran memburuk ketika kurikulum dipelajari sendiri dan bukan di kelas. Hal ini disebabkan mahasiswa dan instruktur seni budaya belum terbiasa dengan pembelajaran daring sehingga memerlukan pelatihan tambahan dan adaptasi. Dimana kurikulum mandiri dirancang dengan memperhatikan kondisi peserta didik dan lembaga pendidikan di daerahnya masing-masing karena keterbatasan waktu dan fasilitas yang tersedia, guru seni budaya harus melakukan upaya penyederhanaan KI/KD, memodifikasi RPP, dan mendorong fleksibilitas belajar. . Pembelajaran online, seperti buku teks PDF, modul, pembelajaran video dan audio, harus disiapkan dan dikirimkan kepada siswa sebelum sesi video conference agar proses pembelajaran dapat berjalan lebih efisien. Pendidik seni budaya juga menggunakan metodologi Blended learning. dan mendorong fleksibilitas belajar. Pembelajaran online, seperti buku teks PDF, modul, pembelajaran video dan audio, harus disiapkan dan dikirimkan kepada siswa sebelum sesi video conference agar proses pembelajaran dapat berjalan lebih efisien. Pendidik seni budaya juga menggunakan metodologi Blended learning. dan mendorong fleksibilitas belajar. Pembelajaran online, seperti buku teks PDF, modul, pembelajaran video dan audio, harus disiapkan dan dikirimkan kepada siswa sebelum sesi video conference agar proses pembelajaran dapat berjalan lebih efisien. Pendidik seni budaya juga menggunakan metodologi Blended learning.

References

Aisyah, Siti dan Muhammad Alif Kurniawan. 2021. Penggunaan Media Pembelajaran Daring Pada Masa Pandemi COVID 19. Jurnal Riset Madrasah Ibtidaiyah, 1(1), 48-56 https://doi.org/10.32665/jurmia.v1i1.195 (Diakses 14 Desember 2021)

Amaliah, Raden Rizky, Abdul Fadhil, dan sari Narulita. 2014. Penerapan Metode Ceramah dan Diskusi dalam Meningkatkan Hasil Belajar PAI Di SMA Negeri 44 Jakarta. Jurnal Studi Al-Qur’an, 10(2). 119-131 http://journal.unj.ac.id/unj/index.php/jsq/article/view/4441/3365 (Diakses 7 Juni 2021)

Anselm Straus dan Juliet Corbin. 2003. Dasar-Dasar Penelitian Kualitatif, Tata Langkah Dan Teknik Teoeritis Data. Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Arikunto, Suharsimi, 1993, Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek, Rieneka Cipta, Jakarta.

Arikunto, Suharsimi. 1989. Prosedur Penelitian. Jakarta: PT. Bina Aksara.

EL SARI - 2021 - digilib.uinkhas.ac.id

K Bagaskara - 2021 - repository.unp.ac.id

Dalam kondisi Khusus. https://www.kemdikbud.go.id/main/blog/2020/08/kemendikbud-terbitkan-kurikulum-darurat-pada-satuan-pendidikan-dalam-kondisi-khusus (Diakses 22 Oktober 2020)

Khoiroh, Nikmatul. 2017. Pengaruh Model Pembelajaran Blended Learning dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas VIII SMPN 1 Gumukmas. Jurnal Penelitian Ilmu Pendidikan, 10(2), 97-110. https://doi.org/10.21831/jpipfip.v10i2.13986 (Diakses 15 Desember 2021)

Koentjaraninggrat. (1981). “ Pengantar Antropologi”. Jakarta: Rineka Cipta.

Lailatul Maskhuroh dkk, Penerapan Cooperative Learning dalam Pembelajaran Materi Tarikh Berbantukan Internet di SMPN 1 Jombang, URWATUL WUTSQO Vol 09, No 1, Maret 2020, https://jurnal.stituwjombang.ac.id/index.php/UrwatulWutsqo/article/view/142/103, (Diakses 07 Maret 2022), 50.

Mardalis, Metode Penelitian Suatu Pendekatan Proposal,Jakarta: Bumi Aksara, 2003.

Maru, Mister Gidion, Nur, Sahril, Lengkoan, Fergina. (2020). Applying Video for Writing Descriptive Text in Senior High School in the Covid-19 Pandemic Transition. International Journal of Language Education (IJoLE). No 04, Vol 03.

Maru, Mister Gidion, et.all.. (2018). Children’s Story Books: Introducing Cultural Hybridity, Shaping Intercultural Sensitivity for Foreign Language Young Learners (An Observation to Gramedia Books in 2017). Proceedings of the 1st International Conference on Social Sciences (ICSS 2018). Atlantis Press. No 226. Pp 894-899

M Ilhaq, Y Fadillah - Besaung: Jurnal Seni Desain dan Budaya, 2021 - ejournal.uigm.ac.id

MPW Mukti, W Lestari - Jurnal Sitakara, 2021 - jurnal.univpgri-palembang.ac.id

Muh. Uzer Usman, Menjadi Guru Profesional. (Bandung: PT. Remaja Rosdakarya, 2008)

Ngalim Purwanto, Prinsip-prinsip dan Teknik Evaluasi Pengajaran, Bandung: Remaja Rosdakarya, 2002.

Nur Halimah, Telaah Komponen dan Pendekatan Pengembangan Kurikulum, Islamika, http://ejournal.unis.ac.id/index.php/ISLAMIKA/article/view/433/pdf, (Diakses 08 Juli 2020), 74.

Nurul Hikmah, Manajemen Implementasi Kurikulum 2013 Pendidikan Agama Islam (PAI) pada MAN 2 Model Banjarmasin dan SMAN 1 Banjarmasin, Institusional Digital Repository, http://idr.uin-antasari.ac.id/13846/, (Diakses 07 Maret 2022), 61.

Permendikbud No. 22 tahun 2016. Tentang Standar Proses Pendidikan Dasar dan Menengah.

Pratama, Rio, Sri Mulyati. 2020. Pembelajaran Daring dan Luring pada Masa Pandemi Covid-19. Gagasan Pendidikan Indonesia, 1(2), 49-59. http://dx.doi.org/10.30870/gpi.v1i2.9405 (Diakses 28 Juni 2021)

Sanjaya, Jaka dan Rastini. 2020. Implementasi Kurikulum Darurat di Masa Pandemi Covid-19 Dalam Upaya Pemenuhan Hak Pendidikan. Journal Of Indonesia Law, 1(2). 161-174. https://doi.org/10.18326/jil.v1i2.161-174 (Diakses 7 Juni 2021)

Suciyati, Rina, Nurhaida dan Vitoria. 2017. Pelaksanaan Penilaian Hasil Belajar Siswa Pada Sub Tema Hidup Rukun Pada Tema Bermain di Kelas II SDN 14 Banda Aceh. Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 2(1). 59-72. https://media.neliti.com/media/publications/188361-ID-pelaksanaan-penilaian-hasil-belajar-sisw.pdf (Diakses 7 Juni 2021)

Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, R&D. Bandung : IKAPI J Lexy, Moleong. 2016

Supriyati, Ika. 2020. Penerapan Metode Diskusi dalam Pembelajaran Keterampilan Berbicara pada Siswa Kelas Viii MTSN 4 Palu. Jurnal Bahasa dan Sastra, 5(1). 104-116 http://jurnal.untad.ac.id/jurnal/index.php/BDS/article/view/12468/9683 (Diakses 7 Juni 2021)

Downloads

Published

2022-12-20

How to Cite

Liwe, V., Kaunang, M., & Latuni, G. (2022). UPAYA PENINGKATAN PEMBELAJARAN SENI BUDAYA DALAM MASA PANDEMI DI SMA KATOLIK KARITAS. KOMPETENSI, 2(8), 1566-1574. https://doi.org/10.53682/kompetensi.v2i8.5635