PEMBELAJARAN MUSIK KOLINTANG DI SMP NEGERI 1 ERIS
DOI:
https://doi.org/10.53682/kompetensi.v2i12.5756Keywords:
Pembelajaran, Musik Kolintang, SMP Negeri 1 ErisAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui metode dalam pembelejaran Seni Musik Kolintang di SMP Negeri 1 Eris. Seni Musik Kolintang di SMP Negeri 1 Eris termasuk dalam mata pelajaran Seni Budaya pada kelas VII sampai dengan IX. Kolintang adalah salah satu musik tradisi Minahasa yang masuk dalam mata pelajaran seni budaya (seni musik) pada Sekolah Menengah Pertama (SMP) daerah Sulawesi Utara. “Kolintang adalah satu jenis (genre) musik, yang terdiri dari seperangkat instrumen yang terbuat dari bilah-bilah kayu. Jenis musik ini berbentuk ansambel, yang saat ini umumnya terdiri dari 7 sampai 10 instrumen yaitu instrumen Melodi terdiri dari 1 atau 2 buah, dan pengiringnya yang terdiri dari Banyo, Ukulele, Gitar, Celo, dan Bass. Instrumen-instrumen musik ini terbuat dari bilah-bilah kayu yang menghasilkan suara (Xylophone), dan sumber bunyinya berasal dari kayu itu sendiri (Idiophone). Untuk menghasilkan bunyi, Kolintang dibunyikan dengan cara dipukul sehingga Kolintang tergolong dalam musik perkusi. Permasalahan yang menjadi perhatian utama adalah bagaimana metode yang dipakai dalam pembelajaran musik Kolintang di SMP Negeri1 Eris. Peneliti menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan Musikologi dalam penelitian. Pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara dan dokumentasi. Saat ini peneliti mengambil beberapa contoh tentang pembelajaran yang akan dibahas yaitu pembelajaran Pattern Dangdut, Pattern Slow Rock, metode PAIKEM, dan strategi pemebelajaran musik kolintang pada group Bapontar. Berdasarkan hal-hal diatas maka dengan ini peneliti menyimpulan bahwa dengan metode PAKEM yang digunakan dalam pembelajaran musik Kolintang di SMP Negeri 1 Eris menjadikan Group Musik Kolintang yang anggotanya merupakan para remaja yang berumur 11 tahun sampai 15 tahun ini paling sering diminta untuk menampilkan permainan Musik Kolintangnya dalam acara-acara bahkan ditempat peribadatan umat kristiani. Di setiap penampilan dari group kolintang SMP Negeri 1 Tandengan ini selalu mengibur dan memukau para penimat yang menikmati penampilan mereka. Karena dalam permainan kolintangnya, grup ini juga menyertakan sedikit koreografi pada setiap aksen-aksen yang terdapat dalam lagu, sehingga grup ini bukan hanya enak didengar akan tetapi dengan dipandang juga dapat menikmati musiknya”.
References
Aldiano Andi. 2014. Buku Lengkap Belajar Alat Musik. Yogyakarta: Saufa Ari Sudana, Antonius (2013) Konsep Dasar Pendidikan Anak Berkebutuhan Khusus. Yogyakarta: Familia
Andi Prastowo. 2012. Metode Penelitian Kualitatif: Dalam Perspektif Rancangan Penelitian. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.
Dick, dll. 2008. Strategi Pembelajaran. Yogyakarta: CV Abadi Jaya.
Febriyanto, A.W. 2011. Pembelajaran Anasambel Musik di Kelas VIII Pada SMPN 1 Pangkah Tegal. Skripsi. Sendratasik Unnes.
Gagne. 2006. . Pembelajara, Jakarta: CV Pustka.
Hamdani. 2011. Strategi Belajar Mengajar. Bandung: CV. Pustaka Setia
KBBI, 1991. Pembelajara, Jakarta: CV Pustka.
Khanifatul. 2014. Pembelajaran Inovatif. Yogyakarta: Ar-ruzz Media.
Lexy J. Moelong, 2002, Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya
Mahilon, dkk. 2010. Penggolongan Sumber bunyi. Bandung: CV Pustaka Jaya.
Matthew B. Miles & A.Michael Huberman. 2007. Penerjemah Tjetjep Rohandi Rohadi, (2007), Analisis Data Kualitatif, Jakarta: Universitas Indonesia Press.
Nana Saodih Sukmadinata. 2008, Metode Penelitian Pendidikan. Bandung Rosda Karya
Rachman, Abdul. 2016. Penggunaan Media Bcking Track Pada Pembelajaran Mata Kuliah Keroncong di Jurusan Sendratasik Universitas Negeri Semarang. Harmonia. Semarang: Jurusan Sendratasik UNNES.
Raditya Indrariyana. 2013. Strategi Pembelajaran Musik Kolintang Bagi Lansia Di Desa Nyemoh Kecamatan Bringin Kabupaten Semarang
Sanjaya,. 2006 . Pembelajara, Jakarta: CV Pustka.
Setiawan. 2006. Pengertian Strategi. (https://globalisasi.wordpres.com)
Sudjana, 1988. Pembelajara, Jakarta: CV Pustka.
Sudjana, 1988. Pembelajara, Jakarta: CV Pustka.
Suharsimi Arikunto. 2010, Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta
Suharsimi Arikunto. 2010, Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta
Sunardi. Meningkatkan Hasil Beajar Bermain Musik Ansambel Melalui Metode Tutor Sebaya Kelas VIII D SMPN 14 Purworejo Tahun Pelajaran 2012/2013. Skripsi. Sendratasik Unnes
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 KOMPETENSI
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.