KEMAMPUAN SISWA SMP NEGERI 4 BITUNG MENGUASAI STRUKTUR TEKS FABEL “BURUNG KEKEKOW DAN GADIS MISKIN” DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA

Authors

  • Arianti Indah Ode Buang Fakultas bahasa dan Seni, Universitas Negeri Manado
  • Kamajaya Al Katuuk
  • Santje I. Iroth

DOI:

https://doi.org/10.53682/kompetensi.v3i1.5858

Keywords:

Kemampuan Menguasai, Struktur, Teks Fabel

Abstract

Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan kemampuan menguasai struktur teks fabel cerita “Burung Kekekow dan Gadis Miskin” pada siswa kelas VII SMP Negeri 4 Bitung dan kemampuan siswa Kelas VII SMP Negeri 4 Bitung dalam menguasai karakter tokoh dalam teks fabel “Burung Kekekow Dan Gadis Miskin”. Metode yang di gunakan dalam penelitian ini ialah deskriptif.  Penelitian ini  menggunakan  teknik pengumpulan data observasi dan tes. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa kemampuan siswa dalam menguasai struktur teks fabel dan menguasai karakter tokoh dalam teks nilai rata-rata siswa yaitu 68,24%. masuk dalam ketegori baik/mampu.

References

Brainly 2017. Perbedaan Cerita Fiksi dan Cerita Fabel” Jakarta: elokkunizakiyah

Direklorat Pendidikan dan Pembelajaran 2019. Apa Itu Pembelajaran

Dhany dan Riaka 2013. Sastra Daerah dan Folklor

Faozan Tri Nugroho 2020. Pengertian, Ciri-ciri, Struktur, dan Unsur-unsur

Fabel

Gamal Thabroni 2019 revisi 2022. Penertian, Sejara, Fungsi, Pendapat Para Ahli

Kompasiana 2016. Keterampilan Berbahasa

Kompasiana 2020. Pengertian dan Jenis-jenis Karya Sastra

Mas Min 2021. Pengertian Sastra Beserta Ciri-Ciri, Fungsi, Jenis dan Macam

Bentuk Karya Sastra Terlengkap

Natalia Intan Pertiwi 2018 Skipsi Judul Analisis Certa Fabel

Pena Cidekia 2020. Cerita Fabel

Rika Pangestu 2022 Kearifan Lokal

Seputar Pengetahuan 2021. Pengertian, Ciri, Jenis, Struktur Teks, Contoh

Statiskian 2012 Penelitian Eksperimen

UIN Tulungagung Hakikat teks faber

UNIMET Pendidikan dan KI, KD Struktur Seks Fabel

UIN Kemampuan Menjelaskan

Windarti Kemampuan Membaca

Polouan, S.M,. Djojosuroto, K., dan Polii J.I. 2014. Kemampuan Menentukan Nilai Noral dalam Fabel Anoa dan Tikus Melalui Model Pembelajaran Think Pair Share Siswa Kelas VII SMP Kristen Lolah. Jurnal Fakultas Bahasa dan Seni-Kompetensi. Vol 2, No2, (2014). http://portalgaruda.fti.unisula.ac.id.

Suwarsono, V.S., Pangemanan, N.J., Meruntu, O.S. 2020. Nilai-nilai Pendidikan karakter dalam Dongeng “Mamanua dan Walansendowa” dan “Burung Kekekow yang Malang” dan Implikasinya bagi Pembelajaran Sastra di Sekolah. Jurnal BAHTRA Jurusan Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia. Vol 1, No.2 Tahun 2020. Desember. Ejournal.unima.ac.id/Php/indeks/bahtra..

Makauntung S.V. Paath, R.C., Meruntu, O.S. 2021. Kemampuan Menganalisis Stuktur Fabel dengan Menggunakan Model Pembelajaran Kontekstual Siswa Kelas VII SMP Negeri 1 Bolaang. Jurnal BAHTRA Jurusan Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia. Vol 2, No.2 Tahun 2021. Desember. Ejournal.unima.ac.id/Php/indeks/bahtra.

Downloads

Published

2023-03-11

How to Cite

Buang, A. I. O., Al Katuuk, K., & Iroth, S. I. (2023). KEMAMPUAN SISWA SMP NEGERI 4 BITUNG MENGUASAI STRUKTUR TEKS FABEL “BURUNG KEKEKOW DAN GADIS MISKIN” DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA. KOMPETENSI, 3(1), 1938-1947. https://doi.org/10.53682/kompetensi.v3i1.5858