IMPLEMENTASI MERDEKA BELAJAR KAMPUS MENGAJAR DALAM PEMBELAJARAN SENI MUSIK DI SD GMIM RINONDOR, KAKAS
DOI:
https://doi.org/10.53682/kompetensi.v3i1.5859Keywords:
Implementasi, Merdeka Belajar Kampus Merdeka, Pembelajaran Seni Musik, SD GMIM RinondorAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bagaimana mengimplementasikan Merdeka Belajar Kampus Mengajar dalam Pembelajaran Seni Musik di SD GMIM Rinondor Kecamatan Kakas. Penelitian ini merupakan penelitian deskripsi kualitatif, untuk mengetahui peran dan manfaat Pembelajaran Seni Musik di SD GMIM Rinondor.
Data diperoleh dengan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi, data dianalisis dengan teknik analisis data dengan model interaktif. Keabsahan data diperoleh melalui uji kredibilitas dan kecukupan referensial.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa adanya peran serta manfaat Merdeka Belajar Kampus Mengajar dalam Pembelajaran Seni Musik di SD GMIM Rinondor, dimana terbantunya SDM di Sekolah, bahkan bertambahnya pengetahuan tentang Seni Musik bagi siswa, tapi juga wawasan baru bagi para guru, serta dalam pembelajaran mahasiswa Kampus Mengajar susasana kelas menjadi lebih menyenangkan dan menumbuhkan semangat baru bagi siswa khusunya pada pelajaran Seni Musik.
References
Djohan. Psikologi Musik, Yogyakarta : Buku Baik, 2005.
Jamalus. Pengajaran Musik melalui Pengalaman Musik. Jakarta: Depdikbud, 1988.
Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan. Merdeka Belajar. Jakarta : Kemendikbud, 2021.
Kandouw, Vemy. Wawancara di Sekolah SD GMIM Rinondor, 13 April 2022.
Widyastuti, Ana. Merdeka Belajar dan Implmentasinya, PT Elex Media : Jakarta, 2022.
Yulaelwati, Ella. Kurikulum dan Pembelajaran, Bandung : Pakar Raya, 2004.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 KOMPETENSI
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.