IMPLEMENTASI MERDEKA BELAJAR KAMPUS MENGAJAR DALAM PEMBELAJARAN SENI MUSIK DI SD GMIM RINONDOR KAKAS

Authors

  • Audiano Hizkia Mamoto Fakultas bahasa dan Seni, Universitas Negeri Manado
  • Meyny S. C. Kaunang Manado State University image/svg+xml
  • Sri Sunarmi Manado State University image/svg+xml

DOI:

https://doi.org/10.53682/kompetensi.v3i1.5859

Keywords:

Implementasi, Merdeka Belajar Kampus Merdeka, Pembelajaran Seni Musik, SD GMIM Rinondor

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bagaimana mengimplementasikan Merdeka Belajar Kampus Mengajar dalam Pembelajaran Seni Musik di SD GMIM Rinondor Kecamatan Kakas Penelitian ini merupakan penelitian deskripsi kualitatif untuk mengetahui peran dan manfaat Pembelajaran Seni Musik di SD GMIM Rinondor < p>

Data diperoleh dengan teknik observasi wawancara dan dokumentasi data dianalisis dengan teknik analisis data dengan model interaktif Keabsahan data diperoleh melalui uji kredibilitas dan kecukupan referensial < p>

Hasil penelitian menunjukkan bahwa adanya peran serta manfaat Merdeka Belajar Kampus Mengajar dalam Pembelajaran Seni Musik di SD GMIM Rinondor dimana terbantunya SDM di Sekolah bahkan bertambahnya pengetahuan tentang Seni Musik bagi siswa tapi juga wawasan baru bagi para guru serta dalam pembelajaran mahasiswa Kampus Mengajar susasana kelas menjadi lebih menyenangkan dan menumbuhkan semangat baru bagi siswa khusunya pada pelajaran Seni Musik < p>

References

Djohan Psikologi Musik Yogyakarta : Buku Baik 2005

Jamalus Pengajaran Musik melalui Pengalaman Musik Jakarta: Depdikbud 1988

Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan Merdeka Belajar Jakarta : Kemendikbud 2021

Kandouw Vemy Wawancara di Sekolah SD GMIM Rinondor 13 April 2022

Widyastuti Ana Merdeka Belajar dan Implmentasinya PT Elex Media : Jakarta 2022

Yulaelwati Ella Kurikulum dan Pembelajaran Bandung : Pakar Raya 2004

Downloads

Published

2023-03-11

How to Cite

IMPLEMENTASI MERDEKA BELAJAR KAMPUS MENGAJAR DALAM PEMBELAJARAN SENI MUSIK DI SD GMIM RINONDOR KAKAS. (2023). KOMPETENSI, 3(1), 1948 1955. https://doi.org/10.53682/kompetensi.v3i1.5859