PEMBELAJARAN MENULIS TEKS CERPEN MELALUI MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING PjBL PADA SISWA KELAS IX A BINSUS SMP NEGERI 2 TONDANO

Authors

  • Mutiara Gloria Sambuaga Fakultas bahasa dan Seni, Universitas Negeri Manado
  • Wimsje R. Palar
  • Intama Jemy Polii

DOI:

https://doi.org/10.53682/kompetensi.v3i02.5882

Keywords:

Pembelajaran, Menulis, Teks Cerpen

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk : 1 < em> Bagaimana pola pembelajaran menulis teks cerpen melalui model project based learning< em> pada siswa kelas IX A Binsus SMP Negeri 2 Tondano 2 < em> Mengetahui hasil atau mendapat informasi terkait kemampuan siswa yang menyangkut model nbsp; pembelajaran project based learning< em> dalam menulis teks cerpen pada siswa kelas IX A Binsus SMP Negeri 2 Tondano Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengungkapkan kejadian atau fakta keadaan fenomena variabel dan keadaan yang terjadi saat penelitian berlangsung dengan menyuguhkan apa yang sebenarnya terjadi Penelitian ini menafsirkan dan menguraikan data yang bersangkutan dengan situasi yang sedang terjadi sikap serta pandangan yang terjadi di dalam suatu masyarakat pertentangan antara dua keadaan atau lebih hubungan antarvariabel yang timbul perbedaan antarfakta yang ada serta pengaruhnya terhadap suatu kondisi dan sebagainya Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi tes dan wawancara Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan rumus persentase Berdasarkan hasil penelitian pembelajaran menulis teks cerpen yang di dalamnya mengandung unsur intrinsik cerpen yang mencakup tema tokoh penokohan latar alur sudut pandang dan amanat kelas IX SMP Negeri 2 Tondano nbsp; tergolong mampu dengan rincian nilai rata rata yang diperoleh siswa yaitu 81 07 < strong>< p>

References

Polouan S M Djojosuroto K dan Polii J I 2014 Kemampuan Menentukan Nilai Noral dalam Fabel Anoa dan Tikus Melalui Model Pembelajaran Think Pair Share Siswa Kelas VII SMP Kristen Lolah Jurnal Fakultas Bahasa dan Seni Kompetensi Vol 2 No2 2014 http: portalgaruda fti unisula ac id

Gagne R M 1977 The Conditions of Learning New York: Holt Renehart and Winston

Kemendiknas 2013 Implementasi Kurikulum 2013 Jakarta Kemendibud

Koentjaraningrat 1993 Metode Metode Penelitian Masyarakat Edisi Ketiga Jakarta: Gramedia

Rawis J E Senduk T M dan Torar S D 2021 Kemampuan Memproduksi Teks Eksplanasi Siswa Kelas XI SMK Negeri Amurang Jurnal BAHTRA Jurusan Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Vol 2 No 1 Tahun 2021 Juni Ejournal unima ac id index php bahtra

Sugiyono 2013 Metode penelitian pendekatan kualitatif kuantitatif dan R D Bandung Bandung: Alfabeta

Tarigan H G 1986 Menyimak sebagai suatu keterampilan berbahasa Angkasa Bandung

Tebo A Djojosuroto K dan Kamagi L 2014 Kemampuan Menulis Cerpen melalui Model Pembelajaran Mind Map Siswa Kleas VIII SMP Negeri Biaro Jurnal Fakultas Bahasa dan Seni Kompetensi Vol 2 No4 2014 http: portalgaruda fti unisula ac id

Tumbelaka S O Sepang E Pangemanan N J 2014 Kemampuan Menulis Karangan Narasi dengan Menggunakan Model Pembelajaran Inquiri Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Poigar Jurnal KOMPETENSI FBS Unima Vol 2 No 4 2014 Ejournal unima ac id

Wena Made 2011 Strategi Pembelajaran Inovatif Kontemporer suatu tinjauan konseptual operasional Jakarta: PT Bumi Aksara

Wulandari S Djojosuroto K Loho J 2014 Penerapan Model Pemelajaran Aktif Inovatif Kreatif Efektif Menyenangkan Menulis Puisi Siswa Kelas VIII SMP Negeri 2 Tondano Jurnal KOMPETENSI FBS Unima Vol 2 No 2 2014 Ejournal unima ac id

Downloads

Published

2023-03-15

How to Cite

PEMBELAJARAN MENULIS TEKS CERPEN MELALUI MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING PjBL PADA SISWA KELAS IX A BINSUS SMP NEGERI 2 TONDANO. (2023). KOMPETENSI, 3(02), 1980 1989. https://doi.org/10.53682/kompetensi.v3i02.5882