PEMBELAJARAN MENULIS TEKS CERPEN MELALUI MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING (PjBL) PADA SISWA KELAS IX A BINSUS SMP NEGERI 2 TONDANO

Authors

  • Mutiara Gloria Sambuaga Fakultas bahasa dan Seni, Universitas Negeri Manado
  • Wimsje R. Palar
  • Intama Jemy Polii

DOI:

https://doi.org/10.53682/kompetensi.v3i02.5882

Keywords:

Pembelajaran, Menulis, Teks Cerpen

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk : (1) Bagaimana pola pembelajaran menulis teks cerpen melalui model project based learning pada siswa kelas IX A Binsus SMP Negeri 2 Tondano. (2) Mengetahui hasil atau mendapat informasi terkait kemampuan siswa yang menyangkut model  pembelajaran project based learning dalam menulis teks cerpen pada siswa kelas IX A Binsus SMP Negeri 2 Tondano. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengungkapkan kejadian atau fakta, keadaan, fenomena, variabel dan keadaan yang terjadi saat penelitian berlangsung dengan menyuguhkan apa yang sebenarnya terjadi. Penelitian ini menafsirkan dan menguraikan data yang bersangkutan dengan situasi yang sedang terjadi, sikap serta pandangan yang terjadi di dalam suatu masyarakat, pertentangan antara dua keadaan atau lebih, hubungan antarvariabel yang timbul, perbedaan antarfakta yang ada serta pengaruhnya terhadap suatu kondisi, dan sebagainya. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, tes dan wawancara. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan rumus persentase. Berdasarkan hasil penelitian pembelajaran menulis teks cerpen yang di dalamnya mengandung unsur intrinsik cerpen yang mencakup tema, tokoh-penokohan, latar, alur, sudut pandang, dan amanat kelas IX SMP Negeri 2 Tondano  tergolong mampu, dengan rincian nilai rata-rata yang diperoleh siswa yaitu 81,07%

References

Polouan, S.M,. Djojosuroto, K., dan Polii J.I. 2014. Kemampuan Menentukan Nilai Noral dalam Fabel Anoa dan Tikus Melalui Model Pembelajaran Think Pair Share Siswa Kelas VII SMP Kristen Lolah. Jurnal Fakultas Bahasa dan Seni-Kompetensi. Vol 2, No2, (2014). http://portalgaruda.fti.unisula.ac.id.

Gagne, R.M, (1977). The Conditions of Learning, New York: Holt, Renehart and Winston.

Kemendiknas. 2013. Implementasi Kurikulum 2013. Jakarta. Kemendibud.

Koentjaraningrat. (1993). Metode-Metode Penelitian Masyarakat Edisi Ketiga. Jakarta: Gramedia.

Rawis, J.E. Senduk, T.M, dan Torar, S.D. 2021. Kemampuan Memproduksi Teks Eksplanasi Siswa Kelas XI SMK Negeri Amurang. Jurnal BAHTRA Jurusan Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia. Vol. 2, No 1, Tahun 2021. Juni. Ejournal.unima.ac.id/index.php/bahtra.

Sugiyono. 2013. Metode penelitian pendekatan kualitatif, kuantitatif, dan R&D. Bandung. Bandung: Alfabeta.

Tarigan, H.G. 1986. Menyimak sebagai suatu keterampilan berbahasa. Angkasa Bandung.

Tebo, A., Djojosuroto, K. dan Kamagi L. 2014. Kemampuan Menulis Cerpen melalui Model Pembelajaran Mind Map Siswa Kleas VIII SMP Negeri Biaro. Jurnal Fakultas Bahasa dan Seni-Kompetensi. Vol 2, No4, (2014). http://portalgaruda.fti.unisula.ac.id.

Tumbelaka, S.O., Sepang, E. & Pangemanan, N.J. 2014. Kemampuan Menulis Karangan Narasi dengan Menggunakan Model Pembelajaran Inquiri Siswa Kelas VIII. SMP Negeri 1 Poigar. Jurnal KOMPETENSI FBS Unima. Vol 2, No 4 (2014). Ejournal.unima.ac.id.

Wena Made. 2011. Strategi Pembelajaran Inovatif Kontemporer suatu tinjauan konseptual operasional.Jakarta: PT Bumi Aksara.

Wulandari, S., Djojosuroto,K. & Loho, J. 2014. Penerapan Model Pemelajaran Aktif, Inovatif, Kreatif, Efektif, Menyenangkan Menulis Puisi Siswa Kelas VIII SMP Negeri 2 Tondano. Jurnal KOMPETENSI FBS Unima. Vol 2, No 2 (2014). Ejournal.unima.ac.id.

Downloads

Published

2023-03-15

How to Cite

Sambuaga, M. G., Palar, W. R., & Polii, I. J. (2023). PEMBELAJARAN MENULIS TEKS CERPEN MELALUI MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING (PjBL) PADA SISWA KELAS IX A BINSUS SMP NEGERI 2 TONDANO. KOMPETENSI, 3(02), 1980-1989. https://doi.org/10.53682/kompetensi.v3i02.5882