KEMAMPUAN MENYIMAK TEKS BERITA DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA AUDIO VISUALSISWA KELAS VIII SMP SATAP NEGERI 1 NANUSA
DOI:
https://doi.org/10.53682/kompetensi.v3i1.5884Keywords:
Kemampuan, Menyimak, Teks Berita, Media AudiovisualAbstract
Penelitian ini dirancang dengan menggunakan pendekatan penelitian tindakan. Tujuan studi tindakan kelas ini adalah untuk mengatasi masalah keterampilan mendengarkan. Karena masih banyak guru yang takut menggunakan media tersebut, maka situasi sebenarnya yang ada di kalangan siswa kelas VIII di SMP Satap Negeri 1 Nanusa masih kurang. Media audio visual serta taktik kerja kelompok digunakan. Penelitian ini diawali dengan hasil fundamental dan dua siklus. Efektivitas setiap siklus diukur dengan mengamati dan mengukur aktivitas dengan dua cara: evaluasi produk dan evaluasi proses. Sedangkan data hasil kapasitas mendengarkan metode kerja kelompok melalui media audio visual dianalisis dengan mendeskripsikan nilai rata-rata siklus untuk mencapai taraster pembelajaran sebesar 75%. Pada pengamatan pertama, rata-rata hasil kelas sebesar 69,44 persen, dan rata-rata kemampuan menyimak pada siklus I sebesar 75,125 persen, namun sebesar 87,50 persen pada siklus II. Berdasarkan hasil 1 dan 2, dapat ditarik kesimpulan sebagai berikut: (1) Kemampuan mendengarkan menggunakan proses kerja kelompok media audio visual di kelas VIII SMP Satap Negeri 1 Nanusa cukup baik; dan (2) Penggunaan media audio visual dalam meningkatkan kapasitas mendengarkan sangat berhasil.
References
Endah Apriliana. 2019. Penggunaan Media Sosial Facebook dalam Pembelajaran Menulis Teks Berita pada Siswa Kelas VII SMK Negeri 2 Tondano Tahun Ajaran 2018-2019. Skripsi. Universitas Negeri Manado.
Mirotoneng, D. Sepang, E. & Monoarfa S. 2021. Pembelajaran Menyimak Teks Pidato Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD pada Siswa Kelas IX SMP Negeri 4 Tabukan. Jurnal BAHTRA Jurusan Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia FBS Unima. Volume 2, No 2 (2021) Desember. Doi:https://doi.org/10.36412/jb.v1i2. ejournal.unima.ac.id.
Mulyasa. E. 2005. Menjadi Guru Profesional. Bandung. Remaja Rosdakarya.
Posumah, Y. Rattu, D.M. & Meruntu, O.S. 2021. Penerapan Teknik Identitas Korporat dalam Pembelajaran Mengidentifikasi Struktur Teks Eksposisi pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 04 Kawangkoan. Jurnal BAHTRA, Jurusan Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, FBS Unima. Volume 1, No 2 (2020) Desember. Doi:https://doi.org/10.36412/jb.v1i2. ejournal.unima.ac.id.
Wuisang, I.J. Wengkang, T.I. & Monoarfa S. 2020. Kemampuan Menganalisis Unsur-unsur Pembentuk Iklan dalam Media Audiovisual pada Siswa Kalas VIII SMP Negeri 3 Tondano. Jurnal BAHTRA, Jurusan Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, FBS Unima. Volume 1, No 2 (2020) Desember. Doi:https://doi.org/10.36412/jb.v1i2. ejournal.unima.ac.id.
Siang, A., Monoarfa, S., Pangemanan, N.J.2021. Pembelajaran Menyimak Teks Anekdot Siswa Kelas X SMK. Jurnal BAHTRA Jurusan Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia FBS Unima. Volume 2, No 2 (2021)Desember. Doi:https://doi.org/10.36412/jb.v1i2. ejournal.unima.ac.id.
Sugiyono. 2 010. Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta.
Tarigan. H.G. 1985. Menyimak Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 KOMPETENSI
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.