KEMAMPUAN MENYIMAK TEKS BERITA DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA AUDIO VISUALSISWA KELAS VIII SMP SATAP NEGERI 1 NANUSA
DOI:
https://doi.org/10.53682/kompetensi.v3i1.5884Keywords:
Kemampuan, Menyimak, Teks Berita, Media AudiovisualAbstract
Penelitian ini dirancang dengan menggunakan pendekatan penelitian tindakan Tujuan studi tindakan kelas ini adalah untuk mengatasi masalah keterampilan mendengarkan Karena masih banyak guru yang takut menggunakan media tersebut maka situasi sebenarnya yang ada di kalangan siswa kelas VIII di SMP Satap Negeri 1 Nanusa masih kurang Media audio visual serta taktik kerja kelompok digunakan Penelitian ini diawali dengan hasil fundamental dan dua siklus Efektivitas setiap siklus diukur dengan mengamati dan mengukur aktivitas dengan dua cara: evaluasi produk dan evaluasi proses Sedangkan data hasil kapasitas mendengarkan metode kerja kelompok melalui media audio visual dianalisis dengan mendeskripsikan nilai rata rata siklus untuk mencapai taraster pembelajaran sebesar 75 Pada pengamatan pertama rata rata hasil kelas sebesar 69 44 persen dan rata rata kemampuan menyimak pada siklus I sebesar 75 125 persen namun sebesar 87 50 persen pada siklus II Berdasarkan hasil 1 dan 2 dapat ditarik kesimpulan sebagai berikut: 1 Kemampuan mendengarkan menggunakan proses kerja kelompok media audio visual di kelas VIII SMP Satap Negeri 1 Nanusa cukup baik; dan 2 Penggunaan media audio visual dalam meningkatkan kapasitas mendengarkan sangat berhasil < p>
References
Endah Apriliana 2019 Penggunaan Media Sosial Facebook dalam Pembelajaran Menulis Teks Berita pada Siswa Kelas VII SMK Negeri 2 Tondano Tahun Ajaran 2018 2019 Skripsi Universitas Negeri Manado
Mirotoneng D Sepang E Monoarfa S 2021 Pembelajaran Menyimak Teks Pidato Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD pada Siswa Kelas IX SMP Negeri 4 Tabukan Jurnal BAHTRA Jurusan Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia FBS Unima Volume 2 No 2 2021 Desember Doi:https: doi org 10 36412 jb v1i2 ejournal unima ac id
Mulyasa E 2005 Menjadi Guru Profesional Bandung Remaja Rosdakarya
Posumah Y Rattu D M Meruntu O S 2021 Penerapan Teknik Identitas Korporat dalam Pembelajaran Mengidentifikasi Struktur Teks Eksposisi pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 04 Kawangkoan Jurnal BAHTRA Jurusan Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia FBS Unima Volume 1 No 2 2020 Desember Doi:https: doi org 10 36412 jb v1i2 ejournal unima ac id
Wuisang I J Wengkang T I Monoarfa S 2020 Kemampuan Menganalisis Unsur unsur Pembentuk Iklan dalam Media Audiovisual pada Siswa Kalas VIII SMP Negeri 3 Tondano Jurnal BAHTRA Jurusan Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia FBS Unima Volume 1 No 2 2020 Desember Doi:https: doi org 10 36412 jb v1i2 ejournal unima ac id
Siang A Monoarfa S Pangemanan N J 2021 Pembelajaran Menyimak Teks Anekdot Siswa Kelas X SMK Jurnal BAHTRA Jurusan Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia FBS Unima Volume 2 No 2 2021 Desember Doi:https: doi org 10 36412 jb v1i2 ejournal unima ac id
Sugiyono 2 010 Memahami Penelitian Kualitatif Bandung: Alfabeta
Tarigan H G 1985 Menyimak Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa Bandung: Angkasa