MUSIK KEMBANG GITAR DI DESA SENDANGAN KECAMATAN KAKAS

Authors

  • Egill Lombogia Fakultas bahasa dan Seni, Universitas Negeri Manado
  • Perry Rumengan Universitas Negeri Manado
  • Franklyn Dumais Universitas Negeri Manado

DOI:

https://doi.org/10.53682/kompetensi.v3i02.5885

Keywords:

Kembang, Gitar

Abstract

Penelitian ini bertujuan memberikan uraian mengenai Musik Kembang Gitar di Desa Sendangan Kakas Kabupaten Minahasa. Penelitian ini adalah bentuk penelitian analitis deskriptif mengenai keberadaan dan struktur Musik Kembang Gitar di Desa Sendangan Kecamatan Kakas. Terkait dengan keberadaan Musik Kembang Gitar di Desa Sendangan Kecamatan Kakas, diuraikan hal-hal yang bersifat historis, kaitannya dengan kondisi atau keadaan masyarakat di Desa Sendangan Kecamatan Kakas, sedangkan kajian mengenai struktur adalah telaah mengenai struktur dan elemen-elemen Musik Kembang Gitar di Desa Sendangan Kecamatan Kakas dalam perspektif musikologi. Melalui hasil penelitian diketahui bahwa, di Desa Sendangan, Kecamatan Kakas, dikenal 3 bentuk permainan Kembang Gitar yaitu Hawayen (Hawaian), Saparua (Los Bas, dan Rosmarik (Rosemary) yang terletak pada scordatura dan alternate tuning yang berbeda dengan gitar standar ataupun gitar Klasik, dimana ketiga bentuk permainan Kembang Gitar ini memiliki prinsip dan teknik yang sama dengan permainan Gitar Makaaruyen dalam hal penjarian dan teknik memetik gitar (tyrando). Tangga nada yang digunakan adalah A Mayor, D mayor, F Mayor dengan scordatura yang berbeda untuk D mayor dan F mayor, sedangkan untuk A Mayor tidak dilakukan scordatura. Penalaan senar menggunakan kemampuan mendengar secara musikal berdasarkan ketegangan jenis senar. Progres akor dalam harmoni musik Kembang Gitar di Desa Sendangan Kecamatan Kakas tidak mengenal status akor, dan hanya menyebutkan istilah 1, 2, 3 dan 4. Penyebutan 1 untuk Tonika, 2 untuk Dominan dan 3 untuk Subdominant, dan 4 untuk Supertonika. Teknik permainan melodi pada musik Kembang Gitar adalah fingerstyle yang dimainkan dengan teknik petik tyrando. Instrumen utama yang digunakan adalah jenis folk guitar atau gitar klasik. Akor-akor dari permainan musik Kembang Gitar menggunakan istilah 1, 2, 3 dan 4, berdasarkan bentuk dan posisi jari tangan kiri.

References

Apel, Willi. 1965. Harvard Dictionary of Music. Cambridge, Massachusetts: Harvard University Press.

Arikunto, Suharsimi. 1989. Prosedur Penelitian, Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Bina Aksara.

Bent, Ian & William Drabkin. 1978. Analysis. London: The McMillan.

Bozkurt, Barış (2012-09-01). "A System for Tuning Instruments Using Recorded Music Instead of Theory-Based Frequency Presets". Computer Music Journal. 36 (3): 43–56.

Broekmann, Andew. 1978. The Music Listener. Iowa: Wm. C. Brown Company Publishers.

Busby, Thomas, n.d. A Complete Dictionary of Music. London, UK: Richard Phillips, Stanford University Library.

Caplin William E., 19??. Classical Form: A Theory of Formal Functions for the Instrumental Music of Haydn, Mozart, and Beethoven Oxford: Oxford University Press.

Daniel E. Smith, Dansm's Fingerpicking Songs, 5-24-99,

Deena Weinstein, 2000. Heavy Metal: The Music and its Culture. s.n: DaCapo Press

Fly, Will. 2011. Fingerpicking The Guitar: A Basic Guide. New York: Oreham Common Press

Frederick Noad. 2002. Playing the Guitar: To The Guide Complete Idiot’s. Second Edition. USA: Pearson Education, Inc.

Gann, Kyle. 1997. American Music in the 20th Century. US: Schirmer Books.

Gann, Kyle. 1997. An Introduction to Historical Tunings. US: Schirmer Books.

Graafland, N. Minahasa: Negeri, Rakyat, dan Budayanya. Terj. Lucy R. Montolalu dari judul asli De Minahasa: Haar Verleden en Haar Tegenwoordige Toestand. Jakarta: Yayasan Parahita

Grassineau, James. 1740. A Musical Dictionary. London: J. Wilcox

Harahap, Irwansyah. 2000. Etnomusikologi. Diktat Pelatihan Produksi Siaran Musik Etnik di Radio. Yogyakarta: FBS UNY.

Harnum, Jonathan, 2001. Basic Music Theory: How to read, write, and understand written music. s.l.: Sol-Ut Press.

Humphrey, Mark. 2004. The Art of Fingerstyle Guitar. Cambridge: Vestapol Production.

Ian Bent & William Drabkin, 1978. Analysis. London: The McMillan Press Ltd.

Jackson, William H. 1998. Cross-Cultural Perception and Structure of Music. Albuquerque, New Mexico, USA: Organizational Learning & Instructional Technologies, College of Education, University of New Mexico.

Jeffrey Pepper Rodgers. 2000. Acoustic Guitar Guides: Songwriting and The Guitar. USA: String Letter Publishing, Inc.

Joe Satriani, Guitar One Approved: Strange Beautiful Music, (New York: Cherry Lane Music Company, 2003)

John Taylor. 1990. Tone Production on Classical Guitar. London: Musical New Services.

Kodijat-Marzuki, Latifah. 2004. Istilah–istilah Musik, Edisi Revisi. Cetakan ke-6. Jakarta: Penerbit Djambatan.

Krenz, Steve. 2006. Learn and Master Guitar. New York: Legacy.

Lapp, David R. 2005. The Physics of Music and Musical Instruments. Medford, Massachusetts: Wright Center for Innovative science Education Tufts University.

Marcuse, Sybil. 1975. Musical Instruments: A Comprehensive Dictionary. New York: W. W. Norton.

Mark Humphrey. 2004. The Art of Fingerstyle Guitar. Cambridge: Vestapol Production.

Mark Phillips and Jon Chappell. 2009. Classical Guitar for Dummies. Indianapolis: Wiley Publishing, Inc.

Moleong, Lexy J. 2004. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Rosda.

Nasir, Moh. 1999. Metode Penelitian. Jakarta: Ghalia Indonesia,

Rumengan, Perry. “Misa OPO Empung Renga-Rengan, Suatu Komposisi Musikal Inkulturatif untuk Liturgi Misa dalam Gereja Katolik, menurut Konteks Atmosfir Musik Etnis Minahasa”. Tesis sebagai sebagian syarat untuk mencapai gelar Magister dalam bidang Penciptaan Seni [Musik] pada Program Pascasarjana di Institut Seni Indonesia Yogyakarta, 2003.

Rumengan, Perry. 2010. Hubungan Fungsional Aspek Musikal-Ekstramusikal Musik Vokal Etnik Minahasa, Volume 1. Jakarta: Program Pasca Sarjana ISI Yogyakarta.

Rumengan, Perry. 2010. Hubungan Fungsional Aspek Musikal-Ekstramusikal Musik Vokal Etnik Minahasa, Volume 2. Jakarta: Program Pasca Sarjana ISI Yogyakarta.

Rumengan, Perry. 2010. Musik Vokal Etnik Minahasa: Gramatika dan Estetika. Jakarta: Kongres Kebudayaan Minahasa.

Rumengan, Perry. Musik Vokal Etnik Minahasa. Disertasi sebagai sebagian syarat untuk mencapai gelar Doktoral dalam bidang Pengkajian [Etnomusikologi] pada Program Pascasarjana di Universitas Gadjah Mada Yogyakarta, 2005.

Sfetcu, Nicolae. 2014. The Music Sound. Nicolae Sfetcu.

Shirlee and Wilbur Watkins Lewis. 2006. Researching the Song: A Lexicon. Oxford and New York: Oxford University Press

Stefan Schyga. 2000. Learn How To Play Guitar. USA: Guitar Studio Publishing.

Taulu, H. M. Sejarah dan Antropologi Budaya Minahasa. Manado: Tunas Harapan, 1981.

Taylor, John. 1990. Tone Production on Classical Guitar. London: Musical New Services.

Traum, Happy (1974). Fingerpicking Styles For Guitar. Oak Publications.

Wenas, Noldy. 2008. Makaaruyen di Minahasa. UNIMA Manado: Skripsi. SI Prodi Sendratasik Fakultas Bahasa dan Seni.

Wikipedia, The Free Encyclopedia, 2010. [Online] (Updated 2009). Available at: http://en.wikipedia.org/wiki/tapping. [Accessed November 2022].

Will Fly. 2011. Fingerpicking The Guitar: A Basic Guide. New York: Oreham Common Press.

Downloads

Published

2023-03-15

How to Cite

Lombogia, E., Rumengan, P. ., & Dumais, F. . (2023). MUSIK KEMBANG GITAR DI DESA SENDANGAN KECAMATAN KAKAS. KOMPETENSI, 3(02), 2032-2044. https://doi.org/10.53682/kompetensi.v3i02.5885