PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN TALKING STICK DALAM PELAJARAN BAHASA JEPANG UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DI SMA KATOLIK KARITAS TOMOHON
DOI:
https://doi.org/10.53682/kompetensi.v3i02.5886Keywords:
Talking stic learning model, learning outcomesAbstract
Model pembelajaran yang inovatif dan menarik akan membuat para pelajar tertarik serta nyaman dalam belajar dan paling utama memahami materi pelajaran Model pembelajaran talking stick merupakan model pembelajaran yang berbasis permainan sehingga bisa membuat siswa semangat dalam belajar dan membuat suasana kelas menjadi aktif ketika proses belajar mengajar Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran talking stick dalam pelajaran bahasa Jepang di SMA Katolik Karitas Tomohon Metode penelitian yang digunakan yaitu metode eksperimen dengan desain penelitian one group pretest posttest design < em> Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu menggunakan tes Data yang diperoleh dari hasil pretest dan posttest dimasukkan dalam tabel perhitungan kemudian dihitung dengan menggunakan rumus uji t Setelah dihitung maka diperoleh hasil yang sangat baik yaitu t=7 60 Hasil yang diperoleh dikatakan berhasil karena melewati taraf signifikan tinggi dan taraf signifikan rendah atau trasio < sub> gt; ttabel < sub>Berdasarkan hasil yang telah diperoleh dapat dibuktikan bahwa model pembelajaran talking stick dapat meningkatkan hasil belajar siswa dalam pelajaran bahasa Jepang < p>
References
Arikunto Suharsimi 2010 Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik Jakarta : Rineka Cipta
Lensun Sherly 2019 Pelatihan Model Pembelajaran bagi Guru guru Bahasa Jepang di Manado ABDIMAS: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat 12 1
Maufur Hasan Fauzu 2009 Sejuta Jurus Mengajar Mengasyikkan Semarang: Sindur Press
Ondang Jusuf Daniel 2019 Program
Pengalaman Lapangan 1 Manado:
LP2AI UNIMA
Rakian S 2020 Penggunaan Multimedia Dalam Pembelajaran Bahasa Jepang Praktis Pada Karyawan Objek Wisata Sumaru Endo Kecamatan Remboken Edupreneur: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat bidang Kewirausahaan 3 1 7 12
Runtuwarouw J J 2021 EFEKTIVITAS PENERAPAN METODE QUANTUM TEACHING TERHADAP HASIL BELAJAR BAHASA JEPANG SISWA KELAS XI SMA NEGERI 9 MANADO Jurnal Inovasi Penelitian 1 11 2249 2254
Sarajar D R 2021 EFEKTIFITAS DAN EFISIENSI PEMBELAJARAN BAHASA JERMAN SEBAGAI BAHASA ASING DI SMA NEGERI I TONDANO KOMPETENSI 1 07 644 654
Shoimin Aris 2014 68 Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013 Yogyakarta: AR Ruzz Media
Sugiyono 2016 Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif Kualitatif dan R D Bandung : Alfabeta
Yulianti Nining 2021 Penguasaan Vocabulary dalam Memahami Descriptive Text dengan Make a Match bermedia Tumbar Sukabumi: CV Jejak